Tagihan Indihome Tidak Masuk Akal

Saya pelanggan Indihome hampir 3 tahun dengan nomor pelanggan 131629110337 atas nama Novi Eriyanti. Saya mau mengeluhkan tagihan indihome saya yang naik secara sepihak. Kejadian tagihan naik secara sepihak ini sudah 2 kali saya rasakan dari bulan Januari 2020.

Pada bulan Januari tiba-tiba saya kaget tagihan saya mencapai 500rb lebih yang seharusnya 350rb. Karena saya tidak merasa menambahkan add-on apapun. Setelah saya komplain ke customer service indihome di nomor 080016344663 (bulan Februari) setelah dicek katanya saya berlangganan aplikasi gameqoo_ultimate 140rb/bulan. Saya dan orang rumah tidak pernah mendapat penawaran apapun perihal berlangganan aplikasi tersebut. Dan saya minta untuk distop berlangganan. Akhirnya indihome membantu stop berlangganan aplikasi tersebut dan tagihan saya normal kembali.

Pada bulan Maret, karena takut kejadian itu terulang akhirnya saya install aplikasi myindihome di handphone untuk mengecek tagihan saya tiap bulannya. Setiap awal bulan saya pantau dan pada tanggal 6 April saya kaget ketika cek status berlangganan di aplikasi myindihome tercantum saya belangganan gameqoo_ultimate sebesar 99rb/bulan.

Saya mulai curiga ada yang aneh, lalu saya menelpon cs indihome ke nomor yang sama. Awalnya saya tanya mengenai paket berlangganan saya dan minta dicek status berlangganan saya apa saja. CS-nya menjawab paket langganan indihome saya normal dengan tarif 350rb tidak berlangganan apapun.

Saya heran kenapa data di aplikasi myindihome dan data di mereka gak sinkron. Lalu saya bilang ini maksudnya apa saya cek di status berlangganan aplikasi indihome ada gameqoo_ultimate 99rb/bulan. Lalu mereka kroscek sekali lagi dan ternyata katanya memang iya saya telah aktif berlangganan mulai tanggal 4 April 2020.

Karena saya tidak merasa mengaktifkan add-on gameqoo tersebut saya minta distop. Lalu cs nya memandu saya untuk membuka aplikasi useeappstore di TV dan cari aplikasi gameqoo apakah ada tulisan uninstall? Saya lihat cuma ada tulisan install yang artinya aplikasi tersebut belum saya install. Makin aneh kenapa saya bisa berlangganan sementara aplikasinya saja tidak saya install. Dan yang bikin ajaib saya cek di TV di my akun indihome tidak tercantum saya berlangganan gameqoo. Bagaimana saya bisa stop berlangganan sementara di tv saja tidak tercantum.

Saya sudah 6x bolak-balik telpon cs indihome dan sudah 4x ganti nomor pengaduan,yang pertama IN65254176 (tgl 6 April) yang ke-2 IN65436494 (tgl 9 april) ke-3 IN65611669 (tgl 14 April) ke-4 IN66354227 (tgl 25 April).

Dari 6 kali pengaduan jawabannya selalu sama nanti akan kami buatkan laporkan untuk menghentikan aplikasi tersebut. Saya bilang jangan sampai tagihan saya bulan depan naik gara-gara aplikasi ini. Dan benar saja tanggal 4 Mei saya cek tagihan saya di aplikasi myindihome sudah naik menjadi 447rb tanpa pemberitahuan apapun.

Lalu saya cek status berlangganan di aplikasi myindihome tanggal 4 Mei sudah tidak ada gameqoo tadi. Saya jadi mengambil kesimpulan aplikasi gameqoo ini memang sengaja pihak indihome menambahkan sendiri dan tidak buru-buru menghentikannya agar masuk ke tagihan saya dibulan berikutnya. Terbukti dari tanggal aktif aplikasi itu 4 April dan dihilangkan tgl 4 Mei, padahal saya minta distop tgl 6 April sampai 6 kali laporan tapi gak ada tindakan apapun. Kenapa harus menunggu tgl 4 Mei baru dihapus??

Bukan masalah nominal uangnya tapi sangat disayangkan sekelas indihome bisa berbuat seperti itu. Bbagaimana kalo orang awam yang tidak tahu apa-apa dan menerima saja tagihannya naik setiap bulan?

Saya menulis ini di media karena sudah lelah dengan jawaban cs yang tidak membantu, dan sulit untuk melakukan pengaduan ke Plasa Telkom semua tutup karna covid-19. Tidak ada jaminan kalau saya bayar tagihan yang sekarang pihak indihome tidak mengulangi perbuatan yang sama. Maka dari itu melalui media ini saya minta tagihan saya dikembalikan normal seperti semula atau saya berhenti berlangganan karena muak terus dipermainkan seperti ini!!!

Novi Eriyanti
Sukabumi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:268    Rata-Rata: 4.4/5]
Tanggapan PT Telkom Regional III atas Surat Ibu Novi Eriyanti

Kepada Yth Redaksi mediakonsumen.com, Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah menayangkan surat keluhan pembaca Ibu Novi Eriyanti pada tanggal 5...
Baca Selengkapnya

Loading...

10 komentar untuk “Tagihan Indihome Tidak Masuk Akal

  • 5 Mei 2020 - (21:58 WIB)
    Permalink

    Belum ada masalah dengan indihome sejauh ini kecuali tambahan sebesar rp 3000 untuk materai sejak maret 2020. Sebelumnya tidak ada tagihan itu. Padahal bayarnya online kenapa pakai materai. Biaya admin lebih masuk akal walaupun pelanggan yang transfer.

  • 6 Mei 2020 - (01:39 WIB)
    Permalink

    Betul kejadiannya persis sama dengan yang saya alami, tanpa sepengetahuan saya dan tanpa saya merasa menambahkan Add On atau Upgarade layanan dengan sendiri nya automatis afa penambahan Add On aplikasi MOVIN PHONE padahal saya tidak meminta untuk berlangganan saya udah coba untuk uninstall aplikasi dan berhenti berlangganan tapi tidak bisa dan ini sudah saya bikin laporan ke cs indihome tetapi sampai saat ini belum ada tindakan apapun dari pihak indihome, sangat disayangkan perusahaan sekelas BUMN Indihome kinerja nya tidak profesional.

    • 6 Mei 2020 - (04:17 WIB)
      Permalink

      Kalo saya lucunya ga bisa berhenti berlangganan karna di TV di menu My Akun Indihome tidak tercantum saya berlangganan Gameqoo sehingga tidak ada opsi untuk berhenti berlangganan,saya bisa tau kalo saya berlangganan Gameqoo itu di Aplikasi Myindihome yang saya download di handphone disitu ada opsi berhenti berlangganan tapi ga bisa karna error terus,sekalipun berhasil diberhentikan oleh pihak indohome tetap masuk ke tagihan dan harus saya bayar,padahal menikmati Add-on Gameqoo saja tidak,minta tolong dihentikan harus mengemis dulu!!!

      • 6 Mei 2020 - (04:49 WIB)
        Permalink

        Udah ga aneh itu, sayapun kejadiannya sama, sampe sengaja ga saya bayar tunggu ada petugas datang atau ada yg telepon, setelah ada telepon langsung saya ceritakan duduk perkaranya, apa yang ga kita gunakan apa yang ga kita beli tapi kita bayar, sampe akhirnya datang petugas saya kasih bukti, di aplikasi dengan tagihan sekian , dan bukti foto di usee tv, bahwa layanan yg di klaim oleh system disana, ternyata ga terinstal di useetvnya, bagaimana ceritanya muncul tagihan, sedangkan layanan di tvnya aja ga ada, hitam alias ga bisa ditonton, sampai pada akhirnya, petugas tersebut memperbaiki system tagihannya sehingga kembali normal sesuai dengan semestinya, sayangnya walaupun sudah mengecewakan namun ditempat saya hanya indihome yg tersedia, jadi terpaksa masih berlayanan

  • 6 Mei 2020 - (04:03 WIB)
    Permalink

    Mending putuskan langganan useetv nya … Cukup internet saja … Tvnya langganan Dari yang lain

  • 6 Mei 2020 - (06:42 WIB)
    Permalink

    Indihome memang parah … ngerampok pelanggan secara halus ..saya nga pake add on aja di suruh bayar ..katanya bundling koh masih ada tagihan terpisah ..kan aneh

  • 6 Mei 2020 - (10:57 WIB)
    Permalink

    Dulu saya berlangganan indihome juga, tapi saya pindah me provider lain xlhome, harga nya murah kecepatan nya lebih cepat Dari indihome, walaupun Chanel tv nya gak lengkap, tapi saya jarang juga ntn tv. Opsi terbaik sih pindah provider.

  • 6 Mei 2020 - (14:36 WIB)
    Permalink

    Itu kenapa saya ndak pernah mau pakai indi home banyak jebakannya, sangat merugikan kalo ada provider lain yg lebih baik, ngapain pakai indihome, bukan kepuasan yang di dapat, mau berenti aja susah, ujung2nya kayak kerampokan

  • 13 Mei 2020 - (04:59 WIB)
    Permalink

    oh korbannya bukan cuma saya ternyata ya. saya baru langganan Biznet Home sekitar 6 bulan, sudah naik tagihan 2x. Awal 300rb naik jadi 350rb terus skrg naik jadi 415rb dan itu semua sepihak dan lsg di tagihkan, saya sudah komplain ke CS dan mereka bilang ada penyesuaian dari paket 1A ke 1B tapi kenapa ga ada konfirmasi, dari pihak CS selalu menjelaskan muter2 ga ada juntrungan, akhirnya saya minta cabut layanan, saya ga mau bayar yg bulan ini kalau tagihan saya ga balik normal dan saya request utk cabut layanan dan saya ga mau bayar pinalty, seenaknya naikin harga, udah tau lagi tahun2 susah. Biznethome payah.

 Apa Komentar Anda?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

Tagihan Indihome Tidak Masuk Akal

oleh Novi Eriyanti dibaca dalam: 2 min
10