Sulit Mendapat Program Keringanan Pembayaran dari Bank DBS

Selamat pagi. Saya Dody Gati Susanto dengan nomor pinjaman 7801205993, telah 1 bulan menunggak dan dari bulan Maret telah mengajukan permintaan restrukturisasi pinjaman.

Namun pihak desk collection menyatakan saya belum dapat mengajukan karena pinjaman saya belum masuk 1 tahun pembayaran. Saya sudah tidak sanggup kalau harus tiap bulannya membayar Rp 2.395.057 juta, karena bekerja pun sekarang telah dirumahkan.

Profesi saya sebagai designer textile yang mengandalkan pendapatan dari Premi design itu sendiri atau penjualan design. Saya mendapatkan gaji bulanan sebesar Rp 3.000.000 per bulan, lebihnya dari hasil premi atau penjualan design yang saya buat. Karena dampak dari virus Covid-19 pembelipun gak ada sama sekali, malah yang ada dirumahkan. Kebutuhan saat ini sedang susah dimana-mana. Cari uang sampingan pun susah sekarang.

Pihak DBS hanya mengatakan akan dihubungi. Tapi tak kunjung datang solusinya, malah yang nelepon desk collection. Sulit sekali meminta restrukturisasi ke pihak DBS. Setiap Senin selalu ditelepon ke HP. Saya selalu angkat dan tidak ada solusi, hanya menagih dan menagih. Saya kalau tidak sulit seperti ini tidak akan menunggak ataupun macet pembayaran.

Saya sangat kecewa bank besar sekelas DBS tidak bisa melihat niat dari nasabah yang niat bayar dan yang tidak. Mereka tetap tidak mau memberikan keringanan. Padahal sudah jelas ada kebijakan yang dikeluarkan OJK. Juga sehubungan dengan kebijakan OJK tentang restrukturisasi terdampak Covid-19, dimana di dalam surat itu dinyatakan, bahwa debitur dapat kelonggaran pembayaran.

Saya selalu berusaha bekerja sama kepada pihak Bank DBS untuk mencari solusi pinjaman saya yang macet. Saya juga mencoba menulis ke Media Konsumen permasalahan saya. Mudah-mudahan dengan niat baik saya untuk menyelesaikan pinjaman saya kepada Bank DBS, ada jalan keluarnya. Saya mohon dengan sangat jangan dipersulit yang niat bayar dan tidak akan kabur dari tanggung jawab.

Dari saya yang hanya minta diberikan keringanan pembayaran tiap bulannya sebesar Rp 600.000. Itu yang saya mampu. Perihal tempo cicilan menjadi lama, saya pikir tidak apa-apa yang penting saya mampu dan pinjaman saya lunas.

Terima kasih.

Dody Gati Susanto
Bandung

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bank DBS Indonesia:
[Total:16    Rata-Rata: 4.3/5]
Tanggapan Bank DBS Indonesia atas Surat Sdr. Dody Gati Susanto

Redaksi Surat Pembaca Mediakonsumen.com Yth., Pertama-tama, kami ingin mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Mediakonsumen.com. Melalui surat ini, kami...
Baca Selengkapnya

Loading...

13 komentar untuk “Sulit Mendapat Program Keringanan Pembayaran dari Bank DBS

  • 8 Mei 2020 - (13:01 WIB)
    Permalink

    kasusnya sama seperti saya pa tapi saya sudah dapat pencerahan dari pihak DBS untu resechduling tetapi angkanya masih terlalu besar.
    kalau belum ada uang menurut saYya tunda dulu pa pentingkan kebutuhan pokok bapa.
    dan semoga kita bisa terbebas dari hutang.

    • 8 Mei 2020 - (13:59 WIB)
      Permalink

      Bu nur maripah.

      Yg ibu sempat pos di medkon jg ya nominalnya.aku sempat baca. Ga bisa di perkecil or diperpanjang bu tenor nya?sya juga alhmdllh dpt bu. Skalian ma CC saya.tapi belum di hub lagi nominal yg perlu saya bayarkan brapanya.katanya lagi di hitungkan. Bu nur akhirnya tetap bayar atau gimana?

      • 8 Mei 2020 - (14:02 WIB)
        Permalink

        Pak Dody

        Smoga segera mendapatkan program nya ya. Tpi ini aku hanya berbagi pengalaman aja ya. Jauh sblm covid ini aku sbnrnya jg sempat mengajukan.saat itu aku blm 1th cicilan.ya di tolak terus pak.sampe aku cuma bs bayar semampuku. Akhrnya pas covid ini. Pas banget setaun. Alhmdllh dpt. Ya wlpn itungannya masih besar. Klo sya boleh saran pak. Coba terus di nego pak. Sbnrnya ada beberapa deskcoll yg sangat cooperative pak. Bisa ngobrol dengan baik. Nanti d arahkan pak..smoga lancar ya pak usahanya.aamiin

        • 9 Mei 2020 - (14:16 WIB)
          Permalink

          Asalamualaikum wb..
          Terimakasih udah komen dimari.
          Aamin…. mudah2 terkabul buat saya pribadi dan buat semuanya yang merasa tidak mampu bayar dan minta keringanan…buat yang masih mampu bayar silahkan di lanjutkan…
          Kl saya pribadi bukan minta penghapusan bunga tapi minta keringanan cicilan minimal cicilanya mampu buat saya bayar perkara waktu lunasnya lama gak msalah yg penting saya niat melunasi hutang saya. Dan tidak akan menjadi beban buat saya di kemudian hari. Saya pikir jg gak mungkin bank tanpa bunga pasti ada walaun menurun bunganya karna ada pertimbangan2 tertentu…daripada kredit macet mending waktu lama tapi balik modal itu akan lebih bagus 🙏🙏

          • 22 Mei 2020 - (02:29 WIB)
            Permalink

            Sudah ada tanggapan tuh.. Akhirnya dikasih solusi apa?

          • 22 Mei 2020 - (05:08 WIB)
            Permalink

            Alhamdulillah….udah ada solusinya tetap nyicil yg jelas sampe lunas utangnya…? Tentunya dengan cicilan yg lebih kecil dari nominal normalnya. Dan penambahan waktu atw tempo tentunya jd nominal per bulanya lebih kecil. Bagaimanapun jg harus sy terima dengan lapang dada mungkin itu sudah solusi yg terbaik. Gak mungkin kan, kl utang sy di lunasin begitu saja? Sy pribadi jg mengucapkan terimakasih kepada bank DBS yg udah kasih tanggapan dan keringanan atas credit saya. Mudah2an bisa berjalan lancar sesuai yang kita harapkan. Aamin….begitu pula untuk semuanya…

          • 22 Mei 2020 - (15:24 WIB)
            Permalink

            Mantaaapp.. Seneng denger nya Bank sudah mulai memberikan solusi

  • 8 Mei 2020 - (21:41 WIB)
    Permalink

    Saya juga ada punya pinjaman d kta dbs…saya udh mengjukan rekstrukrisasi tpi g dtlp2 pas jatuh tempo dtlp terus sx2 saya angkat sy blg sudah mengajukan restrukrisasi …tpi dtlp2 terus malez saya angkatny..sms juga klo denda 250…saya bingung klo bs byr ngapain diundur2 padahal byr saya selalu bener seblom covid..apalagi didenda…sampe skg klo da tlp masuk g saya angkat…percuma juga nego tpi g bisa byr..jdi ya biarin aja dlu…buat hari2 morat marit…mauny penanguhan pembayarn tanpa embel2 klo 3 bulan ya jgn brubah limit ma tenorny…klo diperpanjang y utg ga kelar2….pusingggg dah

    • 11 Mei 2020 - (19:54 WIB)
      Permalink

      Persis sama dengan saya alami, coba chat lewat aplikasi bank DBS dengan jawaban pihak bank akan menghubungi tapi belom ada juga, saya tlp ke cs DBS susah sekali masuk bahkan hanya mesin yg menjawab saat ini tlp tidak bisa digunakan, saya coba email tidak ada tanggapan juga, tolong pihak bank agar cepat merespon untuk keringan cicilan karena dampak covid 19 ini..

  • 9 Mei 2020 - (09:52 WIB)
    Permalink

    Biasanya yg saya alami pengajuan restrukturisasi kredit dibank itu ada persyaratan dan ketentuannya. Soalnya kalau semua debitur dibank itu direstrukturisasi,yg bayar bungan tabungan/deposito nasabah dibank tsb siapa?? .

    • 16 Mei 2020 - (16:16 WIB)
      Permalink

      Saya juga punya KTA di DBS.baru telat bulan Mei ini.di tlp setiap hari.padahal dari April saya sudah ajukan keringanan kredit KTa. Namun sudah 1 bukan belum di tlp juga.sama kasusnya dengan ibu2 bapak2 diatas.Des collection menawarankan solusi yg mencekik.niatnya baik tapi mencekik.dengan cara restrukrur.padahal saya punya KPR BTN dan cicilan mobil di BCa 3 Minggu langsung dapat kelonggaran.saya bingung knp KTA DBS kok kebijakannya tidak kyk Bank besar itu ya.kita kan lagi kesusahan tapi dikasih solusi mencekik.mudah2an Bank DBS sadar dengan kebijakannya.saran saya mendingan email ke OJk tentang kasus DBS ini.terimaksih

  • 12 Juni 2020 - (00:32 WIB)
    Permalink

    Saya juga punya KTA DBS cicilan slama 3 thn. Saya sebelum covid19 slalu tepat waktu membayar dan 7x lagi lunas. Saya mengajukan keringanan penangguhan sementara dr tgl 4 april tapi sampai juni saya tdk di beri kejelasan. Di tawari tenor perpanjang smpai 12 bulan tapi masih tinggi bgt cicilannya sedangkan saat ini saya kena dampak keuangan dari covid 19 ini dan saya blm mampu membayar walau tenor di perpanjang menjadi 12 bulan. Pihak collection terkadang kasar . Tolong pihak DBS untuk memberikan solusi yg terbaik bukan solusi yg mencekik ,untuk nasabah yg mempunyai kendala pembayaran KTA atau kartu kredit jgn di persulit karna kami sedang sulit saat ini. Penangguhan cicilan smntara di bank lain bisa knapa di DBS ga bisa?

 Apa Komentar Anda mengenai Bank DBS Indonesia?

Ada 13 komentar sampai saat ini..

Sulit Mendapat Program Keringanan Pembayaran dari Bank DBS

oleh dody dibaca dalam: 1 min
13