Sangat Kecewa Menggunakan Jasa JNE Trucking,14 Hari Tanpa Kejelasan

Perkenalkan nama saya Vina dari Kota Surabaya. Pada tanggal 1 Juni 2020, saya melakukan sebuah transaksi jual-beli senilai 5 juta dengan seorang supplier di Tangerang. Kami sepakat menggunakan jasa pengiriman JNE Trucking dengan estimasi 3-4 hari untuk sampai ke alamat tujuan di Surabaya.

Tanggal 1 Juni 2020 pukul 15:23, supplier mengirimkan paket saya ke JNE Gemilang di Tangerang dengan nomor resi 541990122901320. Kemudian di hari yang sama pada pukul 23:17, JNE Gemilang telah meneruskan paket ke Sorting Center Tangerang. Keesokan harinya, 2 Juni 2020 pada pukul 08:08, paket telah terkonfirmasi diterima di Sorting Center Tangerang.

Pada tanggal 3 Juni 2020, status paket belum berubah sama sekali. Saya bertanya kepada beberapa teman yang pernah menggunakan jasa pengiriman serupa, apakah JNE Trucking jarang mengupdate status paket, dan ternyata benar. Karena itu saya tetap positif, sabar menanti dan mengecek status paket secara berkala hingga tanggal 5 Juni 2020.

Status paket sejak tanggal 1 Juni hingga 14 Juni 2020

Karena status paket tetap tidak berubah dan barang tak kunjung sampai, tanggal 5 Juni 2020 saya memulai kisah menelepon JNE.

5 Juni 2020.

Saya menelepon CS JNE pukul 12:55. CS JNE mengatakan akan melacak status paket saya dan akan diinfokan kembali dalam 2-3 hari (masa melacak paket saja selama itu ya?). Karena saya kurang puas dengan jawaban yang diberikan, saya kembali menghubungi CS JNE dan setelah sedikit mendesak, saya akhirnya diberikan nomor pelaporan TGR0506200192. Setelah itu saya menghubungi JNE Tangerang, dan mereka mengatakan bahwa ada keterlambatan dalam penjadwalan sehingga paket saya baru dijadwalkan untuk pengiriman pada tanggal 4.


6 – 7 Juni 2020.

Status paket tak kunjung juga berubah. Saya hanya dapat menelepon CS JNE dan Tangerang secara bergantian untuk menanyakan kepastian paket. Jawaban yang diberikan selalu sama, yaitu “kami akan sampaikan ke tim terkait” dan “kami akan bantu proses pengecekan dan pelacakan paketnya” (hasil sama setelah 2 hari berturut-turut).

8 Juni 2020.

Saya meminta supplier untuk menghubungi pihak JNE Gemilang. Pihak JNE Gemilang mengatakan bahwa barang saya masih di gudang dan proses pengiriman JNE Trucking membutuhkan waktu s/d 14 hari ! Pertanyaannya, apakah penjadwalan dari tanggal 4 belum juga dikirim hingga tanggal 8? Misalkan saja akhirnya dikirim pada tanggal 8, haruskah saya bersabar hingga tanggal 22 untuk pengiriman dari Tangerang menuju Surabaya? Yang benar saja ! Jika tahu akan selama ini, sudah pasti saya akan menggunakan jasa kirim lain.

JNE Gemilang mengatakan bahwa pengiriman normal membutuhkan waktu 1-14 hari

9 Juni 2020.

Saya kembali menelepon CS JNE pukul 11:17 pagi. Kali ini jawaban yang diberikan cukup menyenangkan, yaitu bahwa paket saya telah dikirim menuju Surabaya per tanggal 9 Juni 2020 pukul 10:32. Kemudian pukul 12:31 siang, pihak JNE Surabaya menghubungi saya namun langsung terputus setelah saya angkat. Saya mencoba menelepon kembali namun tidak berhasil. Karena berpikir paket telah berangkat, saya berencana akan menelepon kembali keesokan harinya.


10 Juni 2020.

Saya menelepon CS JNE pada pukul 10:01 untuk menanyakan status paket karena di website belum juga berubah. CS mengatakan bahwa “status JNE Trucking memang jarang terupdate”, dan meminta saya untuk bersabar. Pada pukul 13:14, JNE Surabaya menghubungi saya dan menyarankan saya untuk “MENGAJUKAN KLAIM PAKET HILANG” karena paket yang seharusnya telah sampai di Sorting Center Surabaya belum juga sampai. Saya protes keras, dan karena tidak bisa mendapatkan jawaban dari Surabaya, saya menelepon JNE Tangerang. Lalu lagi-lagi TIM TERKAIT akan membantu investigasi :).

Jadi sebenarnya apakah keprofesionalannya tim terkait ini bisa diandalkan? Kenapa status paket saya seperti main kucing-kucingan, kadang ada kadang hilang? TIDAK ADA KEJELASAN SAMA SEKALI. Sore harinya saya menelepon CS JNE lagi dan diberikan nomor bagging TR09323836, untuk membuktikan bahwa barang saya SUDAH TERKIRIM namun BELUM SAMPAI di Surabaya, dan lagi-lagi saya disarankan untuk mengajukan klaim paket hilang. Malam harinya saya memutuskan untuk mengirim email.

Email yang tidak ditanggapi oleh pihak JNE

11 Juni 2020.

Saya kembali menelepon JNE Tangerang pada pukul 10:25 pagi. Kali ini yang mengangkat adalah CS Tangerang bernama Eki. Ketika saya bertanya tentang kejelasan paket saya, CS bernama Eki tersebut malah BALIK MEMPERTANYAKAN saya : “Siapa yang memberi tahu Ibu bahwa paket tersebut telah dikirim tanggal 9 pagi? Karena di sistem kami tidak tertulis informasi apapun mengenai hal tersebut”. Jadi apakah maksud CS Eki ini adalah pihak JNE telah mengatakan hal yang tidak sebenarnya mengenai paket saya yang sudah dikirimkan pada tanggal 9 pukul 10:32 pagi? Siapakah gerangan yang mengupdate status paket sedemikian rupa sehingga pihak JNE bisa menginformasikan hal tersebut kepada saya pada tanggal 9 dan 10? Malamnya saya kembali menelepon JNE Tangerang. CS berkata bahwa “barang tidak hilang, tunggu saja 3-4 hari”.

12 Juni 2020.

Siang hari saya dihubungi kembali oleh JNE Surabaya. Tim terkait Surabaya bernama Mba Putri mengatakan “Tidak ada info lebih lanjut serta tidak ada surat jalan. Kami sudah mencoba menghubungi Tangerang namun tidak ada respon.”

————————————————————————————————————

Saya SUNGGUH SANGAT KECEWA dengan pelayanan JNE Trucking. Yang saya butuhkan hanya KEPASTIAN, apakah paket saya itu masih ada atau sudah hilang dicuri. Saya tidak masalah apabila harus menunggu lama karena, misalnya saja, JNE sedang menunggu agar kargo termuat penuh/overload, asalkan saya diberikan kejelasan yang pasti. Hingga saat ini 14 Juni 2020 saat surat pembaca ini saya tulis, barang saya masih berstatus “Received at Sorting Center Tangerang”. Email saya pun tidak dibalas oleh JNE. Berarti sudah 14 hari barang saya “ditimbun” oleh pihak JNE tanpa status yang jelas.

Saya MOHON agar pihak JNE dapat menjawab dengan jujur dan bertanggung jawab sebagai perusahaan yang terhormat !! Saya ini pelanggan yang bayar, bukan gratis numpang kirim. Jangan hanya memperdulikan keuntungan namun mengabaikan hak pelanggan. JNE bisa besar seperti sekarang ini karena adanya pelanggan yang setia. Jika kinerja JNE terus-menerus lamban dan tidak tanggap seperti ini, tidak menjadi keraguan bahwa JNE bisa kehilangan semakin banyak pelanggan. Saya tunggu tanggapan professional dari Pihak JNE. Terima Kasih.

Vina
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai JNE Express:
[Total:9    Rata-Rata: 1.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

10 komentar untuk “Sangat Kecewa Menggunakan Jasa JNE Trucking,14 Hari Tanpa Kejelasan

  • 15 Juni 2020 - (09:07 WIB)
    Permalink

    Sama mba, saya juga dari tanggal 1 Juni sampai dengan sekarang belum juga diterima paketnya . JNE JTR dari Bandung ke Mataram, Lombok. Udah email customer care, belum ada kejelasan, cuma dapat balasan “dalam perjalanan ke kota tujuan”, tapi ga tau berangkatnya dari mana. hadeh

    • 15 Juni 2020 - (20:57 WIB)
      Permalink

      wah sama nih kak.. ini kiriman aku baruuu aja nyampe. Telponin tiap hari kak siapa tau akhir minggu ini bisa nyampe

      • 15 Juni 2020 - (21:03 WIB)
        Permalink

        sykurlah mba, tinggal yg saya lagi nih hehe, nyebrang 1 pulau lagi kalo dari surabaya kalo barangnya masih ada dan aman haha
        siap mba, mudah2an yang saya sampai juga dalam minggu ini

        • 19 Juni 2020 - (16:46 WIB)
          Permalink

          Benerr tinggal 1 selat aja semoga skrg uda sampe dengan selamat ya mas barangnya

        • 2 September 2020 - (19:59 WIB)
          Permalink

          Boleh tanya berapa lama sampai ke lombok soalnya saya juga baru kirim barang dr bandung ke lombok mataram.

  • 15 Juni 2020 - (21:01 WIB)
    Permalink

    Pada tanggal 15 Juni 2020 pukul 20.50 malam alhamdulillah akhirnya saya telah menerima paket saya dari JNE.

    Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada pihak Media Konsumen yang telah membantu saya menyampaikan keluhan ini. Saya juga turut berterima kasih kepada pihak JNE yang telah bertanggung jawab dalam menyelesaikan masalah ini.

    Semoga JNE dapat meningkatkan pelayanan nya dan semoga pelanggan-pelanggan yang lain tidak mengalami masalah yang sama dengan saya. Sukses untuk semua 🙂

    • 19 Juni 2020 - (15:27 WIB)
      Permalink

      Saya kebetulan mengalami hal yang sama bu, tetapi menggunakan Lion Parcel dr tanggal 4 juni 2020 hingga hari ini belum sampai tujuan SUB-TMC (waikabubak). Dan kurang lebih jawabannya sama seperti yang ibu dapatkan hari ini saya disarankan untuk mengajukan claim sambil menunggu proses investigasi dan itu membuat saya lebih khawatir dari sebelumnya. Tetapi setelah membaca artikel ini saya jadi masih berharap barang itu tidak hilang. Terima kasih

      • 19 Juni 2020 - (16:48 WIB)
        Permalink

        Sama” pak.. mgkn sebaiknya jgn diajuin dulu claim nya, tunggu sampe batas maksimal waktu yg dijanjikan. Soalnya kan takut juga kalo kita uda ajuin, eh ternyata barangnya on process trus malah batal dikirim dan kita ga terima barangnya 🙁 semoga segera sampe ya pak

 Apa Komentar Anda mengenai JNE Express?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

Sangat Kecewa Menggunakan Jasa JNE Trucking,14 Hari Tanpa Kejelasan

oleh Devina dibaca dalam: 3 menit
10