Status Refund Melalui Traveloka yang Sangat Tidak Kredible

Berawal pada tanggal 17 April 2020 saya submit refund kepada Traveloka setelah pada tanggal 11 April 2020 saya menerima Email dari Emirates Airlines bahwa flight saya di cancel tertanggal 20 September 2020 rute PEN – SIN. Perlu diketahui saya mempunyai 2 tanggal keberangkatan dan yang terdekat itu 28 Juni 2020 dengan rute dan maskapai yang sama dan di submit hanya beda 1 hari dengan flight bulan September.

22 April 2020 saya mendapatkan notif via aplikasi traveloka status refund menjadi AWAITING APPROVAL. Saya dengan sabar menunggu hingga 15 Juni 2020 sampai teman saya memberi tahu bahwa flight yang dia ajukan sudah menjadi REFUND APPROVE karena kita memang berencana pergi berbarengan pada September.

Di sinilah mulai letak kemurkaan saya kepada traveloka, di saat saya sudah sabar sabar mengikuti dan bersedia menunggu 90 hari kenapa pemesanan teman saya bisa approved duluan dibandingkan saya? Sedangkan 2 nomor pemesanan saya 2-2 nya belum ada yang approved padahal rute sama, airlines sama, jelas jelas salah satu flight saya lebih dulu daripada flight teman saya yang September.

Disini jelas refund disetujui sementara pemesanan saya masih awaiting approval

Melalu inbox saya tidak bosan-bosan memfollow up case saya dan mendapatkan jawaban: “Anda tidak perlu khawatir, saat ini kendala Anda sedang di proses oleh tim Flight Specialist kami di nomor tiket 15948517” . Sampai akhirnya teman saya yang menjabat sebagai HEAD OF TICKETING yang pernah bekerja untuk salah satu travel agency dan memiliki sertifikat IATA berbagi cerita kalau pengajuan refund dilakukan dengan CRS (computer reservation system) baik itu pakai Amadeus, Galileo , Sabre, Abacus etc yang mana saat itu juga mendapat approval dari maskapai. Pengembalian Dana Refund pun sudah diatur lewat BSP (Billing Settlement Plan)

Saya selalu mendapat jawaban standar menunggu 90 hari bahkan mereka menambahkan kata lebih dari 90 hari dengan alasan tingginya permintaan approval, hingga saya memutuskan menulis surat ini kepada mediakonsumen.com. saya hanya meminta pada TIM FLIGHT SPESIALIST untuk mengirimi saya semua bukti kalian mengajukan REFUND saya kepada maskapai, bukan sekedar tulisan copy paste /template tanpa bukti.

Saya hanya mau lihat apakah ticket saya sudah di refund atau belum. Jika terbukti status ticket masih ‘OK’ , berarti OTA belum ngajuin refund ke maskapai, kalau status ticket ‘REF’, berarti ticket sudah di refund. Saya tidak habis pikir flight september bisa approved lebih dulu daripada flight juni itu membuat krisis kepercayaan saya menurun akan OTA satu ini yang mengklaim sebagai unicron tetapi ternyata dalam masa pandemi ini kinerja mereka untuk melakukan refund dipertanyakan kredibilitasnya??

Hadjah Andayani
Jakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Traveloka:
[Total:17    Rata-Rata: 1.8/5]
Tanggapan Traveloka untuk Ibu Hadjah Andayani

Kepada Yth., Ibu Hadjah Andayani Terima kasih telah menjadi pengguna setia Traveloka. Pertama-tama, perkenankan kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang...
Baca Selengkapnya

4 komentar untuk “Status Refund Melalui Traveloka yang Sangat Tidak Kredible

  • 21 Juni 2020 - (18:31 WIB)
    Permalink

    saya juga bernasib sama sudah jalan 3 bulan dari bulan april tgl 19 sampai skg tgl 21 juni belom ada kabar mungkin traveloka kagak ada perputaran uang untuk bayar atau ada alasan lain sangat2 kurang bagus pakai traveloka lain kali pakai travel yg lain aja nunggunnya lama banget bisa 6 bulan kali yah soalnnya temen saya yg nominalnnya lebih besar didahulukan dulu nominal kecil dibelakang baru dibayar semoga ada itikat baik dari si travelokannya

    • 23 Juni 2020 - (14:02 WIB)
      Permalink

      Nasibnya sama dengan saya, harus bekerja keras sendiri konfirmasi ke pihak maskapai, emang ga bertanggung jawab traveloka dalam keadaan wabah seperti ini, saya 1 bulan harus konfirmasi dgn pihak maskapai, untung alhamdulillah di bantu teman orang dalam akhirnya bisa reschedule tanpa biaya tambahan lagi

  • 23 Juni 2020 - (07:30 WIB)
    Permalink

    Saya justru lebih lama lagi. Sejak 17 Februari pengajuan, sampai saat ini belum status ada persetujuan dari maskapai. Sudah lewat dari 3 bulan!

 Apa Komentar Anda mengenai Traveloka?

Ada 4 komentar sampai saat ini..

Status Refund Melalui Traveloka yang Sangat Tidak Kredible

oleh Hadjah Andayani dibaca dalam: 2 menit
4