Penundaan Pembayaran, Diminta Pelunasan Langsung Selesai dan Ancaman Sanksi Tindakan Hukum

Saya memiliki kontrak di Home Credit Pembiayaan Multiguna No.Kontrak 3801010459 dengan rincian pinjaman 14.300.000 tenor 36 bulan, yang sudah membayar 21 bulan, sisa pembayaran 15 bulan. Kemarin saya menerima pemberitahuan bahwa Cicilan Multiguna saya dengan no.kontrak 3801010459 dihentikan dan saya diwajibkan membayar total 12.507.500 agar terhindar dari tindakan hukum.

Saya menunggak cicilan selama 4 bulan, karena memang kesulitan keuangan saya yang tidak dapat saya atasi. Pekerjaan saya di bidang pariwisata di Yogyakarta dalam 4 bulan terakhir sangat lesu bahkan tidak ada sama sekali. Saya tetap mengingat bahwa saya memiliki kewajiban untuk membayar sisa kontrak Home Credit.

Saya merasa keberatan jika harus membayar total Rp 12.507.500. Saya tidak memiliki kemampuan membayar tagihan sebesar itu, karena memang saya dalam kesulitan keuangan. Meski begitu saya tetap akan melunasi, saya minta tolong sekali untuk penundaan pembayaran, di bulan Agustus nanti saya mendapatkan pekerjaan baru insyaAllah saya cicil dan lunasi.

Mohon kepada Home Credit untuk memberi keringanan atas pembayaran Kontrak No.3801010459, saya memang tidak mampu untuk membayar sebesar itu, dalam pendemi seperti ini tidak ada barang yang bisa dijual atau digadaikan demi menyelesaikan pembayaran sebesar Rp 12.507.500 itu. Masalah lainnya adalah hubungan saya dengan nomor darurat lainnya menjadi rusak karena telpon dari HCI yang masuk tak kenal waktu sehingga dinilai mengganggu mereka semua.

Apakah karena ketidakmampuan membayar dengan total yang tersebut di atas maka saya akan dijatuhi sanksi hukum hingga berakhir di penjara? Sekali lagi mohon kebijakan dari Pihak Home Credit atas permasalahan ini
Terima kasih.

Hendra Setiawan
Yogyakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Home Credit atas Surat Bapak Hendra Setiawan

Yth. Redaksi Surat Pembaca MediaKonsumen.com, Sehubungan dengan keluhan dari Bapak Hendra Setiawan di MediaKonsumen.com pada 19 Juli 2020 di kolom...
Baca Selengkapnya

2 komentar untuk “Penundaan Pembayaran, Diminta Pelunasan Langsung Selesai dan Ancaman Sanksi Tindakan Hukum

  • 20 Juli 2020 - (01:22 WIB)
    Permalink

    Itu pinjam 14 jutaan, sudh membayar sekitar 21 bulan. Tp anehnya sisa pembayaran sebesar 12,5 juta. Ya ampun jd selama ini hanya bayar bunga buka. Pokok. Segeralah bertobat dengan tdk berhutang lagi di lembaga riba

  • 1 Desember 2020 - (19:04 WIB)
    Permalink

    Ajegile bunganya ???
    Yang saya heranin masih ada ajah yang mau pinjem ke homecredit LINTAH DARAT apa gak di kalkulasiin dlu hitung2an bunga nya?

 Apa Komentar Anda mengenai Home Credit Indonesia?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Penundaan Pembayaran, Diminta Pelunasan Langsung Selesai dan Ancaman S…

oleh Hendra dibaca dalam: 1 menit
2