Order, Proses Refund dan Komunikasi Customer Care Hargadunia.com yang Buruk

Saya melakukan order di hargadunia.com pada tanggal 1 Oktober 2019, dimana order yang saya lakukan diestimasikan akan tiba dari Amerika sekitar 3 bulan dari tanggal order. Singkat cerita pada bulan Januari 2020 saya menanyakan perihal order saya namun tidak bisa ditanggapi dengan cepat, dan baru diinformasikan bahwa pesanan saya tidak ada di tanggal 28 Januari 2020. Butuh waktu sekitar 4 bulan hanya untuk memberi informasi bahwa order saya tidak ada. Kenapa tidak sejak bulan Oktober 2019 diinformasikan? Karena customer sangat berhak diinformasikan untuk order yang telah dilakukan, sangat mengecewakan bukan?

Lalu tanggal 29 Januari 2020 saya mengajukan proses refund via email ke customer service, pada awalnya ditawarkan kembali apakah akan diganti dengan item yang lain. Tetapi saya sudah kecewa dan meminta hak saya dikembalikan sepenuhnya. Namun seiring waktu berjalan, sudah bolak balik terhitung Januari 2020 sampai saat ini entah sudah berapa email yang saya kirimkan dan jawabannya selalu sama, yaitu mohon maaf, akan kami upayakan, sedang diproses di bagian finance.

Logika sederhana saja, ketika uang yang saya titipkan untuk memesan barang, dan ternyata barangnya tidak ada, maka kewajiban pihak yang dititipkan adalah mengembalikan hak kepada pemesan, simple kan? Tapi nyatanya berbelit sekali, dan seperti benang kusut. Customer service yang hanya bisa copy paste, diminta nomor telepon dan PIC yang bisa dihubungi tidak pernah diberikan, hanya nomor WA Customer Service yang sama saja jawabannya, dan media sosial (Instagram) juga fitur commentnya dimatikan.

Saya lampirkan di bawah ini, capture dan kronologis lengkap order saya dan pembicaraan baik melalui WA dan email dengan customer service hargadunia.com:

Saya sekali lagi meminta itikad baik kepada hargadunia.com untuk segera meyelesaikan kewajibannya untuk mnegembalikan sepenuhnya uang atas pesanan saya yang tidak ada barangnya.

Surat ini saya buat, agar teman-teman bisa berhati-hati jika berbelanja di hargadunia.com, dikhawatirkan akan mengalami hal yang sama seperti saya.

Tommy Darmadi
Tangerang Selatan, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:2    Rata-Rata: 5/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

Satu komentar untuk “Order, Proses Refund dan Komunikasi Customer Care Hargadunia.com yang Buruk

  • 2 September 2020 - (10:26 WIB)
    Permalink

    Ya kali proses hampir 1 tahun, sementara duit konsumen sudah di tangan.
    Sudah pasti lah duit sedang diputar dulu itu.
    Btw, emang nominalnya besar ya, kok sampe susah sekali mereka melakukan refund.
    Ini kalau makelar tiket, pasti enak tinggal ngasih alasan covid, lah berhubung ini makelar belanja, jadi mereka bingung mau alasan apa…

 Apa Komentar Anda?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Order, Proses Refund dan Komunikasi Customer Care Hargadunia.com yang …

oleh Tommy dibaca dalam: 1 min
1