Ketidakpastian Pengembalian Pendanaan di Platform Investree

Pada tanggal 4 Desember 2019, ada notifikasi di email atas pinjaman PT OMN-75. Saya tergiur karena investree memberikan credit scoring A2 dengan jaminan Invoice Financing dan payor PT Signify Commercial Indonesia (Philips Lighting), ditambah lagi investree memberikan informasi di factsheet borrower yaitu riwayat pelunasan pinjaman tanpa pernah telat bayar sama sekali (60 dipercepat, 14 tepak waktu, 0 terlambat), tapi pada saat itu investree tidak memberitahu definisi terlambat yaitu diatas 30 hari, jadi terkesan borrower lancar dalam pelunasan pinjaman.

Jatuh tempo pinjaman seharusnya tanggal 6 Maret 2020, saat ini sudah memasuki keterlambatan 193 hari tanpa ada email resmi update penagihan sama sekali setelah H+1 telat bayar (pernah sekali dikirim update email resmi H+1 telat bayar).

Saya pernah bertanya tentang update proses penagihan via live chat, CS nya memberikan informasi borrower mendapatkan kontrak baru dari Payor yang berbeda (menggunakan sumber pendanaan lain). Investree belum pernah menjawab tentang pelunasan invoice financing via live chat maupun email apalagi tindakan recovery procedure apa yang telah dilaksanakan.

Borrower tidak terdampak covid19 karena jaminannya adalah invoice financing bulan November 2019, kecuali kalau payor-nya bisa jadi. Tapi anehnya tidak ada pemberitahuan tentang pelunasan invoice financing oleh investree.

Simpulan keluhan saya yaitu:

  1. Keterbukaan atas update proses penagihan yang telat bayar 193 hari (still on going)
  2. Pemberian credit scoring yang perlu dipertanyakan
  3. Pelayanan customer service yang kurang memuaskan (email tidak pernah dibalas)
  4. Tindak lanjut pelaksanaan Recovery Procedure terkait NPL ( telat melebihi 90 hari), dan fungsi joint account di investree untuk meminimalisasi borrower menggunakan pelunasan Invoice untuk kepentingan operasional

Rido Ansyori
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Investree:
[Total:5    Rata-Rata: 5/5]
Tanggapan Investree atas Surat Bapak Rido Ansyori

Kepada Yth. Bapak Rido Ansyori di Jakarta Barat Terima kasih atas informasi yang Bapak sampaikan di atas. Dalam menanggapi keluhan...
Baca Selengkapnya

Loading...

 Apa Komentar Anda mengenai Investree?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Ketidakpastian Pengembalian Pendanaan di Platform Investree

oleh Rido dibaca dalam: 1 min
0