Jebakan Promo Bundling Indosat Ooredoo

Dear Indosat Ooredoo,

Tahun lalu sekitar Mei 2019 saya membeli HP baru di gerai Xiaomi Semarang. Saat membeli hp tersebut saya ditawari bundling dengan paket internet setiap bulan mendapat 8 GB selama 12 bulan, dengan hanya menambah Rp200 ribu bernomor 081548******. Karena tawaran ini menarik, maka saya menanyakan apakah ada ketentuan yang berlaku untuk mendapatkan kuota tersebut. Katanya tidak ada ketentuan khusus dan tidak perlu mengisi pulsa, bahkan di sini saya tidak tahu itu nomor pascabayar.

Setelah mendapat HP dan nomor tersebut, baru tahu kalau itu nomor pascabayar, tetapi pikir saya ya apa salahnya kan saya tidak keluar uang lagi habis ini untuk membeli kuota. Saya juga yakin saat itu benar-benar hanya 12 bulan dan tidak akan diperpanjang, karena namanya sendiri Freedom Internet bla bla 12 bulan.

Nyatanya yang terjadi tiba-tiba sekitar 3 bulan setelah nomor tersebut saya buang (September 2020) tagihan datang ke rumah saya. Tertulis tagihan sebesar Rp424.174. Padahal kartu itu sudah tidak pernah saya pakai dan sudah saya buang.

Kemudian saya segera menelepon CS Indosat, CS tersebut bersikeras bahwa sistem mereka sudah benar. Sedangkan, faktanya saya bahkan tidak menandatangani surat perjanjian tentang pascabayar tersebut. CS mengatakan bahwa jika tidak dinonaktifkan setelah 12 bulan paket akan terus diperpanjang. Tentu saja ini membuat saya geram karena menurut saya ini sangat tidak wajar. Saat saya masih memegang kartu tersebut sama sekali tidak ada konfirmasi untuk memperpanjang paket ataupun harus menonaktifkan kartu.

Paket terus diperpanjang tanpa konfirmasi ataupun pemberitahuan. Bukankah ini hal yang tidak wajar? Bisa-bisanya juga mereka mengatakan bahwa sistem tersebut sudah benar. CS berulang kali mengatakan bahwa sistem mereka sudah benar dan jika ingin melakukan penutupan harus membayar lunas terlebih dahulu. Apakah yang mereka maksud sistem mereka benar itu sistem yang dirancang memang untuk menjebak pelanggan? Jika iya, benar-benar keterlaluan sistem yang dibuat Indosat.

Dengan permasalahan tersebut tentu saja saya enggan untuk membayar tagihan tersebut. Saya sama sekali tidak puas akan layanan Indosat Ooredoo yang notabene perusahaan operator seluler terkenal. Syarat dan ketentuan seharusnya dijelaskan secara rinci dari awal jika memang ada perpanjangan otomatis, tapi faktanya nihil.

Saya menulis surat pembaca ini bukan tanpa riset. Faktanya, banyak orang juga yang terjebak dengan “promo” bundling tipu-tipu seperti saya dan Bapak Albert dari Bogor. Jika ini terus berlanjut bukan hanya pihak customer yang akan dirugikan. Namun, kepercayaan customer terhadap nama Indosat Ooredoo lama kelamaan akan semakin tidak dipercaya lagi. Seharusnya jika benar-benar berniat memberi promo dijelaskan dengan baik syarat dan ketentuannya. Tidak semua orang paham akan sistem Indosat tersebut dan itu kewajiban bagi Indosat maupun penjual untuk menjelaskan cara kerja sistem dari awal. Jika seperti ini orang hanya akan berpikir bahwa Indosat adalah penipu bukannya memberi untung malah meraup uang konsumen.

Thomas Budiarjo
Semarang, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Indosat Ooredoo:
[Total:37    Rata-Rata: 1.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

14 komentar untuk “Jebakan Promo Bundling Indosat Ooredoo

  • 21 September 2020 - (17:57 WIB)
    Permalink

    Wahaha banyak yang kejebak termasuk saya, ketika dikonfirmasi ke indosat disuruh bayar dulu, ketika komplen ke samsung katanya salesnya udah resign, sekarang saya udah ndak mau beli hp samsung lagi, ndak tahu yang njebak indosatnya atau sales samsungnya, yang jelas konsumen susah menang dalam kasus ini

    • 21 September 2020 - (20:12 WIB)
      Permalink

      Bukan salah merk HP nya sih menurut saya, yang beginian ini di semua merk kok.
      Kalau saya sih gak pernah mau kena bujuk “harga diskon dengan bundling” macam begini, apalagi sejak mulai banyak komplen, semakin mantap hati saya.

      • 22 September 2020 - (01:46 WIB)
        Permalink

        Ya mas, menurut saya ini juga salah dari pihak indosat oreedonya. Memang ini kebetulan saya baru pernah denger promo bundling kayak gini makanya tertarik, lain kali gak mau lagi deh apalagi sama indosat promo palsu aja.

  • 22 September 2020 - (07:41 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah kena,sama persis karena beli hape xiaomi,malah saya lebih parah,karena saya beli hapenya pake kartu kredit debet otomatis rekening,saya tidak pernah periksa tagihan,ntah sudah berapa lama berjalan,suatu hari iseng isi amplop bill kartu kredit saya baca,ternyata ada tagihan indosat 150rb…..ini sudah berlangsung brp lama?berarti saya tiap bulan terpotong otomatis buat bayar indosat,padahal kartu yg mana,saya saja sdh lupa,karena saya pake kartu halo,istri halo dan indosat tapi nomer tdk sama,anak juga tidak…..tentu saya komplain ke kk bca saya,untungnya bisa di hentikan dg catatan tagihan bulan ini tetap harus bayar…

    • 23 September 2020 - (06:49 WIB)
      Permalink

      Aduh mas itu udah kehilangan berapa uang secara gak sadar. Emang bahaya banget kalau pakai kartu kredit. Indosat harus bener-bener ngerombak sistemnya yang bikin rugi mulu.

  • 23 September 2020 - (00:09 WIB)
    Permalink

    Beruntung saya dapat informsi ini. Setelah baca keluhan dan komentar-komentar, semakin mantap hati untuk tidak menggunakan layanan Indosat.

    • 23 September 2020 - (06:50 WIB)
      Permalink

      Sayangnya saya baru tahu hal semacam ini saat sudah terkena karena selama ini memang jarang baca-baca surat pembaca. Ini pelajaran juga buat saya untuk cari tahu banyak dulu sebelum memakai layanan.

  • 23 September 2020 - (06:37 WIB)
    Permalink

    Kalo saya kasusnya beda lagi, waktu itu saya ganti kartu PRABAYAR yg rusak, kata petugasnya kena biaya 150rb dan nominal akan diganti dalam bentuk Paket Data di kartu dan nomor yg berbeda, belakangan saya ternyata didaftarkan di PASCABAYAR, Form yg saya tandatangani jelas tertulis REPLACEMENT CARD, padahal sudah berhati-hati dengan nih operator tapi ternyata masih kena, apakah ini termasuk sebagai bentuk penipuan???

  • 23 September 2020 - (06:57 WIB)
    Permalink

    Wah parah sih ini. Saya juga tidak merasa menandatangani perjanjian pascabayar untuk kartu ini, tapi ada kemungkinan mungkin saja ditanda tangan oleh pihak ketiga dengan data KTP yang saya berikan karena hanya dilakukan di gerai xiaomi saja waktu itu (yang seharusnya tidak boleh). Kalau kasus bapak/ibu ini sudah keterlaluan masa bisa di gerai Indosat sendiri melakukan tindak penipuan, jika memang seperti itu sudah jelas layanan Indosat lah yang banyak tindak kecurangannya. Lalu lanjutannya bagaimana pak?

  • 23 September 2020 - (16:56 WIB)
    Permalink

    Update 23 September 2020
    Pihak Indosat telah menghubungi saya dan melakukan investigasi ulang terhadap masalah ini dan telah menghapuskan tagihan tersebut. Terima kasih atas semua dukungannya.

    • 23 September 2020 - (19:22 WIB)
      Permalink

      Waah selamat pak, klo saya masih belum ke gerai pak, mudah2xan proses stop pascanya gak dipersulit, semoga ini operator segera bertaubat, tidak pake tipu-tipu buat cari pelanggan, mestinya pake cara yg jujur dan beretika

  • 23 September 2020 - (16:58 WIB)
    Permalink

    Update 23 September 2020
    Pihak Indosat telah menghubungi saya untuk melakukan investigasi ulang terhadap masalah ini dan telah menghapuskan tagihan tersebut. Terima kasih atas semua dukungannya.

    • 24 September 2020 - (09:40 WIB)
      Permalink

      untuk updatenya apakah setelah di investigasi dan dihapuskan tagihannya, nomornya juga ditutup mas? saya juga dapet kasus yang sama banget soalnya diinfoin mati stelah kontrak berakhir tp ternyata ada tagihan yg hampir sama jumlahnya. tadi juga sudah ikutan mention di twitter mas krn ga ada solusi dari cs nya jawabanya template semua

      • 28 September 2020 - (07:59 WIB)
        Permalink

        iya tagihannya dihapus dan nomornya disuspend. Coba aja mas nulis surat pembaca disini juga trus diretweet di twitter.

 Apa Komentar Anda mengenai Indosat Ooredoo?

Ada 14 komentar sampai saat ini..

Jebakan Promo Bundling Indosat Ooredoo

oleh Thomas dibaca dalam: 2 min
14