Hati-hati Menggunakan Promo GoPay, Notifikasinya Menjebak

Tanggal 19 September 2020, saya transaksi di Blibli dengan promo GoPay (https://www.blibli.com/promosi/gopay-baper?appsWebview=true). Pada layar detail pembayaran tercatat “cashback applied“, yang tentu artinya akun saya memenuhi S&K promo dan kuota promo tersedia, sehingga saya lanjutkan pembayaran tersebut.

Setelah pembayaran berhasil, transaksi saya tercatat dapat cashback (“You saved Rp50.000“). Namun sampai saat ini, tanggal 24 September 2020, cashback saya belum dikreditkan.

Saya kontak via twitter @gopayindonesia, tidak ada tanggapan sama sekali (parah). Kemudian saya kontak via email per tanggal 19 September 2020, jawaban CS Gojek cuma,

Cashback akan diterima maksimal 1×24 jam dan jumlahnya terbatas setiap harinya. Apabila dalam 1×24 jam cashback belum masuk atau tidak mendapatkan cashback, maka kuota tersebut sudah habis.”

Selesai. Email lanjutan tidak ditanggapi lagi.

Jadi maksud notifikasi “cashback applied” dan “You saved Rp50.000” itu apa??? Jika kuota sudah habis, seharusnya sejak awal pembayaran tidak akan bisa pakai promo alias tidak tercatat sebagai “cashback applied“, jadi konsumen tidak perlu melanjutkan transaksi karena tahu kuota promo sudah habis.

Tapi kalau saat pembayaran sudah dinyatakan berlaku promo (“cashback applied“) dan setelah transaksi juga tertulis dapat cashback (“You saved Rp50.000“), kemudian malah berkelit dengan alasan kuota habis, berarti Gojek memang sengaja memberikan informasi/notifikasi yang menipu, supaya konsumen terjebak melanjutkan pembayaran.

Terima kasih atas pembelajaran Gojek, saya baru tahu ternyata kebijakan Gojek “dapat cashback” artinya “kuota habis”. Etika bisnis yang luar biasa dari sebuah aplikasi karya anak bangsa.

Djuwanda
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Promo GoPay:
[Total:7    Rata-Rata: 2.3/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

8 komentar untuk “Hati-hati Menggunakan Promo GoPay, Notifikasinya Menjebak

  • 25 September 2020 - (10:07 WIB)
    Permalink

    Kurang cepat saja…lambat belinya. Coba bru saat dibuka promo lgsng beli..dapat!!

    1
    2
  • 25 September 2020 - (10:39 WIB)
    Permalink

    Kalau sudah tertulis seperti itu, harusnya berarti kuota masih ada & Anda sudah confirmed mendapatkan cashback.
    Coba di-push aja terus ke pihak terkait. Apalagi dengan tayangnya surat ini, biasanya auto-prioritas hehehe.

    Kalau berdasar pengalaman saya, gopai sistemnya cukup canggih kok, & mereka ada audit secara berkala soal cashback2 ini.
    Saya mengalami sendiri, kasusnya mirip seperti Anda, cuma bedanya saya yang kurang teliti (atau sistemnya yang pas lagi error) & saya transaksi tanpa memastikan bahwa tulisan “cashback” tersebut sudah muncul (seperti di kasus Anda) sebelum saya transaksi.
    Saya transaksi aja. Baru setelah itu saya sadar: kok rasanya gak ada tulisan dapat cashback ya.
    Saya kontak CS & dapat tanggapan persis seperti Anda juga (cashback ada kuotanya). Padahal saya merasa saya cukup cepat & kuota rasanya cukup banyak & seller rasanya cukup sepi. Tapi karena saya juga sadar ada kesalahan (tidak memastikan keluar tulisan “cashback”) maka ya sudah saya terima saja. (Memang beda dengan kasus Anda di mana tulisan “cashback” sudah keluar.)

    Eh, ternyata beberapa waktu kemudian tiba2 muncul cashback dengan tulisan “manual adjustment.” 😀
    Padahal saya sama sekali tidak melanjutkan komplen.

    Btw, itu kelihatannya yang balas e-mail = CS level pertama (tingkat terrendah), yang cuma sekedar copas s & k setiap x ada komplen, & sama sekali tidak mengecek akun user, transaksi yang dilakukan dll.
    Ngeselin memang kalau ketemu korporasi yang pake sistem CS berjenjang begini, di mana CS level yang lebih tinggi (& lebih sophisticated) baru turun tangan kalau kasusnya sudah viral doang.

    • 25 September 2020 - (11:33 WIB)
      Permalink

      betul sekali.. sdh jelas notifikasi dpt cashback koq mau berkelit. malah email keluhan tidak direspon lbh lanjut. jadi terpaksa saya share di MediaKonsumen.

      kalau pengalaman saya, CS gojek emang parah, logikanya kagak jalan.. dulu pernah akun saya tdk bisa pakai promo gobills, dan CS gojek ngotot alasan kuota terbatas. padahal teman2 lain akunnya masih bisa pakai promo tsb (jadi jelas masih ada kuota). gilanya, bukan cuma 1x, tapi beberapa bulan seperti itu terus.. komplain tiap bulan sampai naik darah juga mereka menganggap tdk ada yg error pd akun saya ataupun sistem gojek. parah khan..

      btw thx pak Samuel, saya sering baca komentar/ulasan bapak di MediaKonsumen, bagus sekali, tepat pada permasalahan dan fair. 👍

  • 25 September 2020 - (15:02 WIB)
    Permalink

    Ahk sama saja saya juga pernah kena tipu promo baper gopay. Cashback 50ribu gak masuk. Tanyain cs gopay udah abis padahal berhasil pakai promo cashbacknya dan dapat notif hemat 50ribu juga.

    • 25 September 2020 - (15:13 WIB)
      Permalink

      nahh.. makin jelas modus jebakan/penipuan promo gojek.
      @bliblidotcom @bliblicare tolong jangan bekerja sama dgn perusahaan yg mencelakakan konsumen anda.

 Apa Komentar Anda mengenai Promo GoPay?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Hati-hati Menggunakan Promo GoPay, Notifikasinya Menjebak

oleh Djuwanda dibaca dalam: 1 min
8