Nominal Angsuran MAF Tidak Sesuai Perjanjian, Minta Penjelasan dari Kolektor Malah Dimaki

Saya adalah peminjam di leasing MAF (Mega Auto Finance) cabang Medan, dengan perjanjian awal angsuran Rp535.000 x 18 bulan. Dari angsuran pertama hingga keempat, saya membayar dengan tepat waktu. Kemudian pada angsuran ke-5, pada waktu covid, saya mengajukan restrukturisasi, tapi tidak direspon. Hingga akhirnya saya terhitung telat 2 bulan, dan setelah membayar angsuran ke-5, baru diproses restrukturisasi.

Awalnya dikatakan, angsuran selama restrukturisasi adalah sebesar Rp226 ribu selama 3 bulan. Setelahnya angsuran menjadi 584.000 x 13 bulan. Namun kenyataannya, saya membayar Rp261.000 di 2 bulan restrukturisasi, dan sekarang angsuran normal malah jadi Rp625.000.

Saya meminta penjelasan pada kolektor, tapi dia malah memaki saya, mengucapkan kata kotor, serta mengancam. Saya sudah mencoba menghubungi call centre MAF, tapi tidak ada tanggapan yang berarti.

Coba pikir, saya meminjam Rp6 juta, tapi yang harus saya bayar jika dihitung dari angsuran totalnya, hingga Rp11.548.000. Saya meminjam bukan tangan kosong, tapi pakai jaminan yang nominalnya jauh lebih besar dari pinjaman saya. Mengapa malah seperti rentenir?

Bagaimana tanggapan OJK mengenai ini? Keringanan selama covid yang saya harapkan malah membuat saya terjepit. Ditambah lagi dengan ancaman dan sikap kasar dari kolektor MAF. Mohon solusinya. Terima kasih.

Frengki Pandapotan Sianipar
Deli Serdang, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

4 komentar untuk “Nominal Angsuran MAF Tidak Sesuai Perjanjian, Minta Penjelasan dari Kolektor Malah Dimaki

  • 12 November 2020 - (13:34 WIB)
    Permalink

    itu salah anda sendiri, kenapa pembayaran tidak tepat wktu, dan sudah di jelaskan sebelum anda mengikuti restrukturisasi tentang kenaikan angsuran
    1 hal lagi, jika anda telaah chat wa kolektor tsb, itu bukan untuk mengatain anda tetapi sikap anda
    karna anda sudah berulang x memberi kan janji palsu untuk pembayaran angsuran dan ternyata tidak ada juga pembayaran sama sekali sehingga performance kolektor tsb hancur akibat konsumen spt anda

    salam dari preman sumut

    1
    3
    • 14 September 2022 - (23:21 WIB)
      Permalink

      Memang bunga mega auto finance ini sangat tidak manusiawi, kelas lintah darat sekali. saya sendiri meminjam kredit multiguna sebesar 7.5 juta, angsuran 18 kali. Kalau ditotali menjadi 12 juta lebih. Hampir 100% total bunganya dari pinjaman pokok.

      Kedepannya saya tidak pernah akan menggunakan kelas multifinance seperti ini lagi.

      Buat konsumen bijak-bijaklah memilih multifinance.

    • 14 September 2022 - (23:26 WIB)
      Permalink

      Dilihat dari komentar Anda sepertinya jelas sekali anda debt collector.

      Percayalah gak ada satupun nasabah yang mau telat membayar angsuran, karena selain kena denda juga jaminan bpkb pun tak bisa diambil.

      Bukan berarti karena alasan itu anda sebagai debt kolektor boleh memaki2 karena nasabah ya.

  • 7 Juni 2023 - (08:49 WIB)
    Permalink

    Saya juga begitu,
    Ambil pinjaman untuk kuliah dengan biaya 8 juta tenor 24 bulan pada bulan januari 2022, cicilan perbulan 557.000.

    pembayaran disiplin tanpa denda, bahkan belum bulan februari 2022 langsung saya bayar cicilannya. Lakok terakhir saya minta tolong cek bulan Mei 2023,

    Terhitung kurang 13 Bulan???? Seharusnya ya 4 bulan dong.
    Ini saya yang buta atau bagaimana??? Stress karena selama ini saya cuma mbayar ampasnya, bukan cicilan saya.

    Mau kumpulin bukti pembayaran, sayangnya saya bayarnya lewat aplikasi dana. Mutasi cuma bisa kedetect 3 bulan terakhir.

    Kalaupun ada yang salah dari saya, kayanya engga sih. Soalnya sebelum pengambilan biaya, saya pastikan sudah BACA DI KONTRAK nya.

    Kalau memang tidak ada respon dari MMF, saya harap buat anak muda yang ingin melanjutkan studi jangan sekali kali ambil di jasa layanan beginian. Plis jangan. Mending Menabung,

    Saya sudah menabung, tapi Ibu saya yang bikin saya begini. Sudah tabungan saya di kuras, di jebak di perusahaan layanan begini.
    Saya beci MMF, juga ibu saya. Paket combo!

 Apa Komentar Anda mengenai Mega Auto Finance (MAF)?

Ada 4 komentar sampai saat ini..

Nominal Angsuran MAF Tidak Sesuai Perjanjian, Minta Penjelasan dari Ko…

oleh Mishima dibaca dalam: 1 menit
4