Promo GoPay yang Menjebak Customer

Pada tanggal 11 November 2020 saya membuka aplikasi Alfacart dan tertera promo belanja online GoPay 90%. Lalu saya melakukan pembelanjaan dan saat pembayaran di aplikasi Gojek, tertera cashback promo. Saya klik dan muncul informasi jumlah cashback yang akan saya terima. Hal ini menyatakan bahwa kuota masih tersedia, karena kalau tidak muncul tulisan cashback saat pembayaran maka kuota habis. Inilah kelebihan GoPay disbanding aplikasi lainnya yang sifatnya untung-untungan.

Dikarenakan tulisan cashback sudah muncul, langsung saya bayar transaksi tersebut. Tertulis pula keterangan: “Anda Menghemat 11.000”. Sayangnya untuk halaman ini tidak saya screenshot, karena saya yakin bahwa cashback pasti masuk. Berdasarkan pengalaman sebelumnya, jika ada notifikasi keterangan saat bayar, maka cashback pasti masuk.

Keyakinan saya berbuah simalakama, ternyata cashback tidak masuk. Komplain ke CS (ticket number: 47736935) bisa ditebak, jawaban standar, minta screenshot ini itu, lalu ujung-ujung nya menunggu 1×24 jam. Malah saya dikuliahi berulang kali, kalau mau mendapatkan promo artinya harus muncul keterangan cashback di halaman pembayaran, jika tidak muncul maka kuota habis. Sesuatu yang tidak perlu dijelaskan berulang-ulang, secara screenshot yang saya kirim sudah jelas tertulis cashback.

Setelah 1×24 jam berlalu, cashback masih belum masuk (sesuai perkiraan saya). Saya komplain lagi, dan dengan konyolnya si CS meminta screenshot yang sama yang sudah pernah saya kirim. CS GoPay ini mungkin malas sekali membaca history laporan saya. Bahkan telepon ke call center-nya juga tidak ada gunanya, cuma bisa mengulangi apa yang sudah dibalas oleh CS via email. Kalau kalian dibayar cuma buat membaca ulang email yang sudah saya terima, terus apa gunanya kalian? Apa gunanya saya diminta menunggu ditelepon sampai lama hanya untuk mendapatkan jawaban yang sama seperti yang saya terima di email?

Sampai sekarang tidak ada kejelasan dari pihak GoPay. Saya masih ingat dengan kejadian serupa seperti surat berikut ini: Hati-hati Menggunakan Promo GoPay, Notifikasinya Menjebak

Kita sebagai customer harus secara sadar dan wajib melakukan screenshot semua hal jika ingin bertransaksi di GoPay. Karena ujung-ujung nya kalau kita tidak mempunyai screenshot bukti-bukti, maka GoPay pasti akan dengan seenaknya menganggap kita tidak berhak mendapatkan cashback tersebut. Padahal bisa saja kita lupa karena buru-buru atau terlalu bersemangat dalam bertransaksi sehingga lupa screenshot.

Di history transaksi GoPay juga tidak menyediakan informasi terkait apakah transaksi kita ini ber-cashback atau tidak. Seperti contoh Blibli, Shopee atau Tokopedia, kita masih bisa melihat history transaksi bersama keterangan info cashback yang akan kita terima. Sedangkan di GoPay jangan harap bisa berdebat dengan mereka jika semua screenshot tidak kalian simpan, dan itu memang cara mereka untuk tidak memberikan kewajibannya.

Bayangkan saja, yang sudah menyimpan screenshot masih saja mereka berusaha mengelak dengan berbagai jawaban. Ironis memang, yang mendirikan jadi Mendikbud, tapi sayangnya, dompet digital milik kebangaan bangsa ini tidak meningkatkan kecerdasan malah terlihat mengajarkan pembodohan ke masyarakat. Harusnya pendirinya malu. Sangat mengecewakan!

Hendra Sastra Wijaya
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai GoPay:
[Total:25    Rata-Rata: 1.7/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

5 komentar untuk “Promo GoPay yang Menjebak Customer

  • 16 November 2020 - (12:19 WIB)
    Permalink

    Biaya telp pasti lebih dari cashback.udah ikhlaskan aja dan stop transaksi dengan digital money spt itu.sabar ya

  • 16 November 2020 - (14:32 WIB)
    Permalink

    Berapa banyak sih casback nya sampe segitu ngotornya buat ngejar cashback. Apa uda dipikirkan biaya sakit hati, pulsa dll nya. Setimpal ga semua?

  • 16 November 2020 - (15:31 WIB)
    Permalink

    Memang akal2an saja cashback2 spt itu sy juga transaksi dgn shopback di jd.id ada 27 transaksi dalam waktu 1.5bln rasanya msh wajar ya nggak tiap hari juga kan, eh semua cashback ditolak alasannya fraud/reseller/transaksi tdk wajar macam2 alasan dikeluarkan padahal sdh dijelaskan klw sy bukan reseller/fraud tetap mereka nggak bergeming, komplain juga nggak guna krn shopback tetap nuduh kita fraud/reseller sehingga tdk berhak dpt cashback, nominal cashback dari 27 transaksi tsb lumayan sekitar 500rban, buat yg ngarep dapat cashback dari shopback lbh baik mikir2 lagi deh aplikasi itu cuma bisa nuduh2 kita fraud/reseller klw kita sering belanja pakai aplikasi mereka krn ujungnya2 mereka merasa rugi klw hrs ksh cashback ke konsumennya dlm jumlah yg lumayan besar.

 Apa Komentar Anda mengenai GoPay?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Promo GoPay yang Menjebak Customer

oleh Hendra Sastra dibaca dalam: 2 min
5