Sulitnya Meminta Keringanan KTA DBS di Kala Pandemi

Bersama dengan surat ini saya mengirimkan pengaduan saya yang kedua mengenai sulitnya minta keringanan cicilan KTA DBS di saat pandemi. Saya memiliki fasilitas KTA DBS dengan nomor pinjaman 7801482188 atas nama Magdalena Natali.

Saat ini pinjaman saya sudah masuk cicilan ke 7 dengan total lama pinjaman 36 bulan, namun dengan sulitnya keadaan disaat pandemi seperti ini dan penghasilan keluarga yang terdampak karena penghasilan suami saat ini berkurang. Saya memiliki itikad baik untuk meminta keringanan kepada DBS supaya cicilan saya tetap bisa berjalan dengan kemampuan yang saya miliki saat ini, namun pihak DBS hanya bisa menagih saja tanpa ada solusi untuk program keringanan.

Padahal dari pemerintah sudah menghimbau untuk bank dapat memberikan restruktur kepada nasabah, tapi DBS ini sepertinya tutup mata dan tidak mau mengerti kondisi nasabahnya. Padahal saya sudah memiliki itikad baik untuk meminta keringanan daripada pinjaman saya terganggu pembayarannya.

Mohon untuk pimpinan DBS bisa mengakomodir dan menyesuaikan untuk keadaan saat ini.

Magdalena Natali
Solo

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bank DBS Indonesia:
[Total:2    Rata-Rata: 1.5/5]
Tanggapan Bank DBS Indonesia atas Surat Sdri. Magdalena Natali

Redaksi Surat Pembaca Mediakonsumen.com Yth., Pertama-tama, kami ingin mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Mediakonsumen.com.. Melalui surat ini, kami...
Baca Selengkapnya

Loading...

13 komentar untuk “Sulitnya Meminta Keringanan KTA DBS di Kala Pandemi

  • 15 Desember 2020 - (17:02 WIB)
    Permalink

    Restrukturisasi itu bukan berarti cuti bayar. Anda hanya diberi 2 opsi : memperpanjang masa cicilan atau bayar bunganya saja. Anda baru masuk cicilan ke-7 dimana bunganya masih besar di awal. Sama seperti saya KPR diberi pilihan tersebut. Tidak ada penghasilan mana bisa bayar, akhirnya dijual rugi.

  • 16 Desember 2020 - (18:41 WIB)
    Permalink

    Hati terasa begitu senang dan gembira ketika menerima pencairan KTA dari Bank, tapi jika kredit tidak digunakan secara produktif, maka kemungkinan besar akan terjerat utang, tiap hari bunga bertambah dan semakin menggunung dan akhirnya akan jadi bencana bagi nasabah itu sendiri.

    Kondisi pandemi bukan alasan untuk tidak membayar atau meminta keringanan dan kebijakan pemerintah tentang relaksasi kredit mungkin tidak berlaku untuk fasilitas pinjaman KTA. Meminta restrukturisasi KTA itu hak nasabah tapi keputusan ada pada bank itu sendiri, apakah layak diberikan atau tidak.

    Mengambil kredit atau KTA boleh-boleh saja asal untuk tujuan produktif, bukan konsumtif, dan sudah diperhitungkan segala resikonya, terutama sumber pengembalian. Bank memberikan kredit kepada nasabah jika nasabah punya track record yang baik, tapi begitu macet Bank akan melihat sebaliknya, nasabah akan dikejar-kejar oleh debt colector!

  • 21 Desember 2020 - (09:36 WIB)
    Permalink

    Hallo mba Magdalena…

    ya mba saya pun mengalami hal yg mba rasakan,hanya saja saya saat ini sedang dalam proses cicil pelunasan dengan diskon. itupun saya sudah masuk ke agency dlu baru bisa di diskon. saya memilih untuk tidak restruktur karena malah makin jadi beban saya banyak mba. saya kmrn itu sudah d titik tidak tau harus bagaimana krn bank ini dari awal alot bgt. saran saya,bila sudah ada dana nanti d nego saja mba pelunasan daripada resktruktur krn tenor makin panjang dan seperti mengulang dari awal.smoga permasalahan mba cepat selesai ya.semangat buat kita.

    • 18 Januari 2021 - (12:58 WIB)
      Permalink

      mba Ayu aizah caranya datang ke banknya langsung yah?
      sy pun sedang ingin melakukan pelunasan tp tidak tahu caranya.
      terima kasih

      • 18 Januari 2021 - (13:19 WIB)
        Permalink

        Pak ahmad

        saya di telp pak oleh pihak DBS pas keterlambatan 7bulan mau ke 8bln.di tawari diskon sekali bayar saya ga sanggup.saya tunggu bebrpa hari ditawari diskon cicil 8x. diskon nya sekitar 60% alhmdllh. saat ini lagi usaha kelarin yg cicilan ini. in syaa Allah 4bln lg kelar.

        • 22 Maret 2021 - (14:51 WIB)
          Permalink

          mba azizah ini diskon 60% maksudnya dari sisa tagihan tanpa bunga atau sisa tagihan pokok saja?saya jg mau ajuin slnya

        • 28 Maret 2021 - (15:40 WIB)
          Permalink

          Hallo mba ayu,,
          Gmn ya mba caranya ,, dtg ke bank atau tlp yaa.. sy blz comment mba ayu di halaman 1 nya yg mau ikut group wa ..

    • 22 Juli 2021 - (21:51 WIB)
      Permalink

      Mbak Ayu, untuk masuk ke agency mesti dibulan keberapa mbak? saya sudah bulan ke 7 mau masuk bulan ke 8. katanya tidak ada program restruktur mbak. yang ada hanya penghapusan denda. tlg infonya ya. terimakasih.

    • 22 Juli 2021 - (22:23 WIB)
      Permalink

      Mbak kalau boleh tau untuk bisa minta pelunasan di tenor berapa bukan keterlambatan mbak? saya bulan ke 7 dan masuk bulan ke 8 dan katanya tdk ada program restruktur

  • 3 Januari 2021 - (20:25 WIB)
    Permalink

    Masih lama ya.. kalo mau, dimacetin dulu aja tapi ditahan2in diteror sama dc nanti baru minta perpanjangan tenor dan cicilan dikurangin..
    Saya kamaren kurang lebih sekitar 20-17x cicilan lagi, karena emang udah telat sebelom ada pandemi, pas ada pandemi bisa dapet diskon pelunasan 50% dari total 30jutaan jadi 18juta. Itu juga dc dateng ke rumah 2x gak ketemu saya, ketemunya ortu. Dateng ke kantor sekali dan ketemu saya, alhamdulillah datengnya baik2 dan ngobrol2 sekitar 15 menitan. Dan dc minta bayar sekali 2,5jt (tagihan saya 2,2jt) nanti dibantu buat pelunasan. Alhamdulillah sekitar sebulan-2bulanan ditelpon ada program pelunasan atau bayar cicil sejuta selama 33bulan.
    Semoga cepet selesai masalahnya ya dan lancar rejekinya. Aamiin

    1
    1
    • 22 Maret 2021 - (15:02 WIB)
      Permalink

      mau tanya itu diskon dari 30 juta jadi 18 juta,trs cicilan sejuta selama 22 bulan?
      jadinya 33 juta atau gmn bu?

      • 2 April 2021 - (18:58 WIB)
        Permalink

        Jadi gini, awalnya sisa utang saya sekitar 30jutaan (kata mereka) bayar tiap bulannya 2,2jt sisa bayarnya sekitar 17-20bulanan lagi. Naah alhamdulillah saya dihubungi sm pihak dbs dapet promo diskon pelunasan atau cicilan dikurangin tp bulannya jadi nambah.
        Sebelomnya pihak dc udah dateng ke saya dan saya nego sm dia supaya dapet diskon pelunasan (awalnya kata dia gak ada tp saya paksa terus) akhirnya bisa tuh tp kata dc-nya suru bayar 1 bulan dulu 2,5jt (plus bunga keterlambatan 😭) supaya nanti dia bisa sampein ke kantornya kalo kita emang ada niat buat lunasin (oiya bayarnya bukan ke dc-nya ya tp ke rek dbs kita lgsg) trus kasih bukti transfernya ke dc yg dateng itu. Sekitar sebulan di tlp sm dbs kalo saya dapet diskon gt. Ada yg cicilan, ada yg diskon lgsg lunas, Nah saya ambil yg diskon pelunasan jadi bayar 18,4jt dan saya minta waktu sebulan buat ngumpulin duitnya, saya minjem sm sodara (bayar ke sodara gak pake bunga dan bisa cicil selama 18bulan bayar sejuta, lebih aman) Kalo yg Cicilan jadinya sejuta selama 30 bulanan lebih keknya, saya lupa 🙈. Gituuuu…
        Ngerti gak? 🙈😁

  • 1 Februari 2021 - (10:38 WIB)
    Permalink

    terima kasih bu Ayu, tapi caranya saya harus ke bank dbs bu?
    karena kolektornya tidak kunjung datang dan telp?
    semoga masalah cepat selesai.
    amiin

 Apa Komentar Anda mengenai Bank DBS Indonesia?

Ada 13 komentar sampai saat ini..

Sulitnya Meminta Keringanan KTA DBS di Kala Pandemi

oleh Magdalena dibaca dalam: 1 menit
13