Pengalaman Buruk Belanja di Blibli InStore

Saya sering sekali melakukan pembelanjaan di Blibli (Apps dan Website) karena promonya yang cukup menarik dan saya pun sudah pernah belanja di Blibli InStore sebelumnya. Namun saya mendapatkan pengalaman yang membuat saya kecewa dengan Blibli pada pembelanjaan saya tanggal 12 Desember 2020 menggunakan Blibli InStore di toko PesanComputer.com SDC Tangerang.

Pada 12 Desember 2020 lalu, dimana hari itu disebut Harbolnas, saya dan suami melakukan pembelian 2 unit Laptop Lenovo Legion dengan menggunakan fasilitas Blibli InStore di toko PesanComputer.com SDC Tangerang.

Sebelum saya melakukan pembelian, saya menanyakan terlebih dahulu ke penjaga toko terkait promo Blibli InStore, dan penjaga toko pun menginformasikan “Biasanya dari tab Blibli InStore ada informasi terkait promo tersebut”.

Karena hal tersebut, penjaga toko pun memperlihatkan kepada kami isi tab Blibli InStore kepada kami dan benar saja di bagian atas Blibli InStore terdapat iklan promo yang sedang berjalan saat itu (sama halnya dengan Blibli Apps dan Website). Cukup lama kami mencari promo yang bisa digunakan untuk melakukan pembelian Laptop Legion tersebut. Sampai akhirnya kami menemukan promo dengan kode “CB8-12” dengan Syarat & Ketentuan seperti yang ada pada gambar.

Dengan adanya promo tersebut kami coba untuk melakukan pembelian tersebut, dan berhasil sampai akhir. Pada tanggal 14 Desember 2020, suami saya pun menginformasikan kalau suami saya sudah mendapatkan cashback dari promo yang kami gunakan saat pembelian. Suami saya menanyakan kepada saya “Apakah sudah dapat cashback-nya juga?”. Saya pun menjawab, “Belum, biasanya akan masuk maksimal 3 hari setelah transaksi/tanggal diterima”. Kalau saya hitung, harusnya di tanggal 15 Desember 2020, cashback tersebut akan masuk ke akun Blibli saya.

Benar saja, sampai dengan 16 Desember 2020, cashback tersebut belum masuk juga ke akun saya dan saya berinisiatif untuk menanyakan ke Customer Service Blibli melalui Whatsapp. Yang mengecewakan, CS Blibli menginformasikan hal yang berbeda-beda. Pertama, saya diinformasikan tidak menggunakan kode promo. Kedua, CS Blibli ini menginformasikan bahwa promo “CB8-12” tersebut tidak dapat digunakan pada platform Blibli InStore, padahal suami saya sudah sampai mendapatkan cashback dari pembelian Blibli Instore tersebut.

Ketiga, CS Blibli tersebut menginformasikan kalau kode promo tersebut tidak berhasil karena saya tidak memenuhi Syarat & Ketentuan. Saya tanyakan Syarat dan Ketentuan apa yang tidak sesuai, CS tidak dapat memberikan jawaban.

Beberapa pengalaman saya belanja di Blibli, apabila kode promo tidak berhasil digunakan akan muncul notifikasi “Terjadi perubahan pada keranjang belanja anda”, kemudian pembayaran tidak dilanjutkan dan akan kembali ke halaman belanja. Namun hal ini tidak saya dapatkan saya melakukan pembelian tersebut.

Pada akhirnya, CS ini pun akan menindaklanjuti laporan saya. Sore hari, tanggal 16 Desember 2020 sekitar pukul 5 sore, dari pihak Blibli menghubungi saya kembali karena laporan untuk tindak lanjutnya. Pihak Blibli pun menginformasikan bahwa dari pengecekan di IT mereka, yang saya sebagai customer tidak mengetahui sama sekali, ada log history bahwa memang saya gagal menggunakan kode promo tersebut karena sifat promo ini kuota terbatas.

Yang membuat saya kecewa, saya tahu kuota promo ini terbatas, dan saya tahu promo ini akan diisi kembali kuotanya secara berkala. Jika memang tidak berhasil digunakan, pasti saya akan tunggu kode promo tersebut atau menggunakan kode promo lainnya. Sekedar diketahui, untuk pembelian menggunakan akun suami saya, saya sampai menunggu kuota promo tersebut, dan bisa ditanyakan juga ke pihak toko PesanComputer.com tersebut.

Jadi, yang mau belanja di Blibli harap hati-hati. CS kurang tau terkait promo yang sedang berjalan dan juga sistem yang sangat merugikan customer.

Mellisa Kurniawan
Tangerang Selatan, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Blibli InStore:
[Total:6    Rata-Rata: 3.2/5]
Tanggapan Blibli untuk Ibu Mellisa Kurniawan

Pertama-tama, kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Ibu Mellisa Kurniawan untuk bertransaksi di Blibli. Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami...
Baca Selengkapnya

Loading...

2 komentar untuk “Pengalaman Buruk Belanja di Blibli InStore

  • 18 Desember 2020 - (14:49 WIB)
    Permalink

    coba dicek dulu di daftar pesanan Bu.. pada invoice pesanan 12062475879 kalau berhasil pakai promo akan tercatat cashbacknya. (jika di apps tdk muncul, coba dibuka pakai komp/laptop)

    memang betul, jika kita berhasil dapat kupon/kode promo tapi saat lanjut ke pembayaran kuota promo habis terpakai akan muncul notifikasi ada perubahan.. tapi kalau kita tetap melanjutkan pembayaran tersebut, transaksi akan diproses tanpa promo… hal ini bisa terjadi tanpa konsumen sadari, karena tidak ada perbedaan harga pembayaran antara pakai promo atau tdk pakai promo.
    hal ini yg saya kawatirkan terjadi pada kasus Ibu Mellisa.

    sudah beberapa kali saya memberi masukan kpd blibli.com supaya promo yg bersifat cashback diberikan tanda perbedaan harga, entah minus atau plus Rp 1 s/d 100.. dengan adanya perbedaan harga tsb, maka konsumen tdk akan salah tafsir lagi, promo berhasil terpakai atau tidak, bisa terlihat jelas pada perbedaan harganya.. sehingga tidak akan terjadi kasus macam begini..

    padahal dulu promo blibli yg bersifat cashback diberi tanda minus Rp100.. sayang sekali, kebijakan yg tepat/benar tersebut sekarang malah dihilangkan..

 Apa Komentar Anda mengenai Blibli InStore?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Pengalaman Buruk Belanja di Blibli InStore

oleh Mellisa Kurniawan dibaca dalam: 2 menit
2