Penipuan Jual Beli HP Online di Facebook

Tanggal 26 November 2020 saya melihat di FB ada orang yang menawarkan jual hp dengan harga murah. Nama FB Fahlevi lill’go (https://www.facebook.com/pakgoid.co ). Saya pun tertarik membeli barangnya karena saya lihat banyak testimoni di postingannya. Saya juga bertanya ke orang yang pernah transaksi dengan penipu ini, terkait barang yang dibeli apakah sampai barangnya? Dia menjawab sudah dan mengirim foto hp-nya. Saya belum curiga kalau orang ini akun clone si penipu ini.

Tanggal 26 November 2020 saya mulai kirim pesan dan berniat transaksi dengan penipu ini. Saya setuju melakukan pembelian barang senilai Rp900.000 (harga barang Rp800 ribu + ongkir + packing kayu “katanya”) dengan syarat DP dulu Rp500.000, sisanya jika barang sampai.

Pada tanggal 27 November saya bayarlah DP sebesar Rp500 ribu itu. Setelah transfer berhasil, dia ngomong mau kirim barangnya setelah sarapan. Akan tetapi setelah saya tungguin sampai 2 jam dia tidak online akun Facebooknya. Setelah akhirnya online, dia bilang suruh lunasin pesanan saya, padahal barangnya belum dikirim.

Saya merasa aneh dong, soalnya di awal kan udah ada kesepakatan bahwa transaksi ini menggunakan sistem DP (DP>barang dikirim>pelunasan), tapi dia malah merubah sepihak dan keukeuh minta pelunasan. Saya udah curiga dari situ. Lalu saya minta request cancel aja transaksinya dan minta balikin uang saya, karena transaksi ini udah kelihatan unsur penipuannya, tapi dia tidak mau balikin. Makin jelas unsur penipuannya.

Kemudian dia terus-terusan ngerayu saya buat lunasin, via pesan chat, pesan suara, telepon messenger ataupun vc messenger (tapi dia tidak menampakan mukanya). Saya tolak permintaan pelunasannya karena saya takut uang saya dilahap habis sama si penipu ini.

Di akhir percakapan dia ngancem mau pake data saya buat pinjol, karena saya udah kirim ke dia alamat lengkap dan foto KTP. 😔

Si penipu ini awalnya bilang dia orang Lampung, tapi pas di tengah perdebatan dia bilang kalau dia orang Medan. Mohon kepada pihak yang berwajib, untuk menindak kasus ini, supaya tidak ada lagi yang tertipu, karena sampai sekarang dia masih aktif menipu orang. Tolong buat si penipu ini jera sejera-jeranya. 🙏

Percakapan terakhir

Data si penipu:

Nama FB : fahlevi lill’go (dia suka ganti-ganti nama)
Link profil FB-nya: https://www.facebook.com/pakgoid.co
Nomor e-wallet OVO: 085831080356 a.n. vivin

Mohamad Mahfudz
Kabupaten Serang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai pengalaman ini:
[Total:4    Rata-Rata: 4.3/5]

7 komentar untuk “Penipuan Jual Beli HP Online di Facebook

  • 16 Februari 2021 - (18:39 WIB)
    Permalink

    ** Mohon kepada pihak yang berwajib, untuk menindak kasus ini** – sudahkah anda kekantor polisi? Kalau belum….. jawab sendiri yah.

    Memang sekolah itu mahal. Anggap saja ini biaya sekolah. Anyway, waktu sekolah ngapain aja?

    3
    1
    • 16 Februari 2021 - (19:25 WIB)
      Permalink

      Belum bang jago,emang saya bodoh,tidak bisa merangkai kata²,tapi setidaknya saya mau berusaha supaya penipuan yang saya alami tidak terjadi lagi pada orang lain 🙂

      3
      3
      • 17 Februari 2021 - (10:57 WIB)
        Permalink

        Kebanyakan nonton bang jago sih di tik tok. Jadi begini nih errornya.

        “setidaknya saya mau berusaha supaya penipuan yang saya alami tidak terjadi lagi pada orang lain” – tampaknya sudah ga ada lagi yg tertipu. Tinggal anda saja.

        3
        1
      • 17 Februari 2021 - (19:48 WIB)
        Permalink

        Intinya Facebook bukan Marketplace. Semanis apapun promonya jangan melakukan transaksi dengan orang dari antah berantah.

  • 16 Februari 2021 - (19:17 WIB)
    Permalink

    Hari gini masih ketipu modus lama kaya gitu
    Pasti ketipu ama postingan serba 1 juta all tipe hp 😅😅

    • 16 Februari 2021 - (19:21 WIB)
      Permalink

      Bukan,ini dia pake akun fb pribadi(bukan fanspage) tapi samar²…

  • 17 Februari 2021 - (08:24 WIB)
    Permalink

    hari gini tergiur hape murah apalagi di fb?marketplace padahal banyak, ada toped, ada sopi, lbh terjamin, tp masih ada aja yg tergiur (dan tertipu) hape murah dari fb hehe

 Apa Komentar Anda mengenai pengalaman ini?

Ada 7 komentar sampai saat ini..

Penipuan Jual Beli HP Online di Facebook

oleh Mohamad Mahfudz dibaca dalam: 1 menit
7