Tidak Pesan Dapat Kiriman Paket dengan Sistem COD

Kronologinya seperti ini, saya biasa membelikan keluarga saya yang di rumah, tapi selalu Non COD. Nah pada tanggal 19 Maret 2021 saya dapat kiriman paket dari MPO Store Kab Cirebon, salah satu seller Lazada dengan sistem COD padahal saya nggak ada pesanan sama sekali.

Dan nomor hp milik seller MPO Store juga tidak dapat dihubungi. Berhubung saya kerja di luar kota, jadi keluarga saya asal bayar saja.

Saya cuma minta untuk pihak Lazada tolong ditertibkan untuk seller-seller yang nakal seperti itu karena sangat merugikan bagi kami dan akan memperburuk citra Lazada di mata konsumennya.

Ahmad Zunaidi
Jatirogo Bonang, Demak

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

16 komentar untuk “Tidak Pesan Dapat Kiriman Paket dengan Sistem COD

  • 20 Maret 2021 - (19:43 WIB)
    Permalink

    Saya pernah mengalami hal sama. Karena WFH, barang yang dikirim ke kantor dibayarkan oleh teman saya. Karena memang bukan orderan saya maka saya tetap komplain, dimulai dengan “teriak” di Twitter, yang membuat akhirnya saya dihubungi oleh CS Lazada. CS menyarankan kirim langsung ke Seller, sesuai SOP Lazada , tetapi saya menolak. Mereka juga konfirmasi melalui email. Saya juga membalas email. Justru dengan ini saya menyerang Lazada, karena tidak ada jaminan barang itu diterima atau tidak, karena alamat kirim balik TIDAK ADA nomor dan nama penerima, hanya alamat biasa. Yang aneh, mereka memberikan alamat kirim balik, lengkap sampai nomor RT RW tapi tanpa nama penerima dan nomor telepon, padahal di percakapan mereka bilang tidak bisa melacak Seller. Tapi kenapa ada nomor orderan yang tercatat di System (walaupun tidak tercatat di Account Lazada saya) Anehnya lagi, ekspedisi nya dari Lex yang secara system terintegrasi otomatis dengan aplikasi. Di sini letak kekuatan “serangan” saya. Bahwa Lazada sekarang yang berusaha “menipu” saya, sengaja menyembunyikan Seller nakal atau berpihak di posisi Seller penipu. Dengan ini mereka melindungi, memfasilitasi dan memelihara Seller penipu. Intinya, saya tetap tidak terima, bahkan saya katakan barang itu harus dijemput sendiri oleh Lex atau Sellernya (kalau berani menampakkan diri) Kemudian saya ditelpon lagi oleh CS yang berbeda, dan saya tetap tidak terima bahkan saya memberi somasi dengan enam point point pernyataan dan tuntutan yang membuat Lazada “tak berkutik”, termasuk ancaman untuk membuat video Modus Penipuan Toko Online dan Usaha Lazada Melindungi Seller Penipu, yang nantinya akan saya posting ke IG, FB, Twitter dan TikTok.
    Ta…daaaa…. Akhirnya mereka minta nomor rekening saya, dan uang 120.000,-tambah ongkir 6.900,- masuk ke rekening saya. Sementara barangnya, berupa Jaket berbahan Jeans masih di laci meja saya di kantor.
    Selesai? Belum saya masih jengkel karena Seller itu masih eksis di Platform Lazada. Lalu saya email lagi, setelah sebulanan, menanyakan dan menagih janji menertibkan Seller nakal, tapi jawabannya kasus sudah ditutup.
    Buat penulis artikel, jangan mau dibodohi. Selama barang belum anda buka atau masih utuh saat terima, klaim saja.

    19
    4
      • 21 Maret 2021 - (19:17 WIB)
        Permalink

        Terima kasih untuk pihak lazada karena sudah merespon dengan cepat bahkan dalam hitungan jam

        1
        2
      • 21 Maret 2021 - (22:00 WIB)
        Permalink

        Mantap Brader. Di kolom komentar kita ada satu yang jempol arah bawah (dislike), mungkin dia salah satu penipu nya. Hahaha (devil laugh emoticon)

    • 31 Oktober 2022 - (19:34 WIB)
      Permalink

      Ya Allah aku baru aja kejadian tadi, paket yg ga aku pesen dateng dan bodohnya aku bayar ?

  • 11 Mei 2021 - (14:49 WIB)
    Permalink

    Saya pernah baru baru ini pesan paket dari marketpleace lazada saya pilih COD biar aman. Yang sebelum nya sampe sampe aja meski kurirnya tidak ramah dan baru pertama kali saya order ditempat itu karna saya baru pindah kurir nya tidak jujur dari jumlah paket yang saya terima dan saya langsung membayarnya ternyata pas dihitung ternyata tidak sampe yang dibayarkan, saya kira mungkin salah paham, esoknya lagi datang lagi paket pada istri saya saya titip ke istri dikasih uang ada lebih nya juga tapi gx banyak katanya dia minta ngotot uang lebih nya. Dan ditentukan sama dia, padahal kan saya beli sudah termasuk ongkir malah sudah dilebihin uangnya gx usah kembalian, mahalan ongkir dari pada paket kan aneh? Masih ada kurir JNE yang memperkerjakan orang kaya gitu, udah etika nya sombong gx jelas, besoknya lagi datang paket ku saya tanya berapa paketnya mas? Dia bilang (..) pas sya lihat harganya tidak segitu, kelihatan dia bohongnya, saya kasih uang itu pun sudah ada lebihnya kenapa masih ngotot “katanya” seiklasnya aja…. “Kan itu udah dilebihin “saya bilang”…. Katanya kurir itu saya sudah ada perjanjian harus ada uang lebihnya saya mau nganter paket kesini. “saya bilang” kira kira donk jangan caranya pake nipu konsumen kaya gituh ditentukan lagi minta uang lebihnya, kalau ramah baik saya suka kasih tips nah ini baru pertama kali udah menipu? dia sambil pergii dan tertunduk malu.
    Seminggu kemudian saya order lagi dari kurir yg sama JNE petugasnya masih sama karna dia tiap hari suka lewat depan rumahku. Anehnya paket nya tidak sampei malahan saya tanya dia bilang tidak ada paket buat saya. Ya sudah saya gx rugi karna via COD padahal di aplikasi sudah diterima, besoknya paket yang ke2 itu gagal karena pihak konsumen tidak punya uang cash saya lihat di aplikasi padahal tidak sama sekali saya menolak paket nya boro boro nelpon sms tidak ada apalagi paketnya datang. Dan seolah olah dia menjelekan atas nama saya saya telpon call center JNE saya tidak sama sekali menolak paketnya…. Jadi kira kira kurir seperti itu masih layak dikerjakan di JNE?

  • 30 Mei 2021 - (15:09 WIB)
    Permalink

    Sama Bang!

    datang barang dari LAZADA tanggal 30 mei 2021 ibu saya dapat paket atas nama beliau , no.telp, alamat lengkap, ditulis dibarang tapi tidak ada mesan sama sekali. di aplikasi LAZADANYA pun gak order sama sekali ! gak ada orderan status barang . ini pertama kalinya kejadian kayak begini, karena saya liat banyak drama cod di internet, maka saya bilang ke ibu saya “jangan dibuka kalau gak mesen, biar bisa dibalikin”.

    tapi namanya orang tua rada kolot, atau mungkin karena namanya orang dateng paket bawaannya pengen ngecek/buka biar tau itu barang apa yang dateng , karena bener-bener gak tahu barang apa itu karena gak pesan.
    dibuka itu paket dan isinya baju gak jelas.

    singkat cerita, hampir beliau dijadiin bahan drama sama si kurir, gara-gara ingin balikin paket sementara paket sudah dibuka. saya legowo saya bayarin aja itu paket gak pake banyak bacot (walau dongkolnya bukan main, sedih rasanya kalau ortu sampai dijadiin bahan meme gara2 oknum gak bertanggung jawab )

    buat kalian kalau dapat paket sementara kalian gak mesan,
    TOLAK AJA ! JANGAN DITERIMA ! LANGSUNG BALIKIN KE SI KURIR !

    • 29 Juni 2021 - (22:48 WIB)
      Permalink

      waahhh ini sama banget, kebetulan ibu sy baru bisa COD an, dan lagi rajin2nya cod buat cucu2nya.. tiba2 dateng paket, persis dari cirebon juga, namanya putri matahari store.. kebetulan memang ada beberapa orderan, alamat, no telp dan nama penerima pun sesuai, jadi diterima lah sama beliau dan dibayar, sebetulnya udah agak heran karna sepertinya barangnya bukan yg sedang ditunggu, namun ya namanya org tua, lupa apa aja yg diorder, jadi dibayar dan dibuka lah paketnya.. isinya baju ndak jelas.. sy cek di akun beliau ndak ada orderan tsb, nomor pengirim ndak bs dihubungi pun… lumayan melayang lah 50 ribu.. hahaaaa..

  • 8 Juni 2021 - (13:46 WIB)
    Permalink

    Itu sering terjadi, mayoritas seller dr cirebon ..

    Mungkin ada pembobolan data, sehingga seller nakal bisa tau detail alamat dan memanfaatkan data tsb

  • 9 Juli 2021 - (22:17 WIB)
    Permalink

    Hari ini saya juga dapat paket….tp isinya bukan paket yg saya pesan….udah terlanjur d bayar sama adek saya…nomernya d hubungi tidak terdaftar….mau blikin gimana orang tokonya aja d cari tidak terdaftar…wesss angeeelllll pokokke

  • 16 Juli 2021 - (11:54 WIB)
    Permalink

    Assalamualaikum wr wb, hari ini juga tanggal 16 Juli 2021, kakak saya dapat paket padahal nggak pesan, saat dibuka isinya sprei, melayanglah uang 69.000, di masa pandemi ini kami berusaha berhemat koq tega teganya penipuan ini ya, nggak akan berkah uang yang kalian makan akan jadi penyakit.

  • 16 Juli 2021 - (12:38 WIB)
    Permalink

    Pernah sya di lazada bgtu tapi karna saya tidak merasa pesen double akhire tak balikin kurir ny tak sruh bwa.

  • 26 Juli 2021 - (19:44 WIB)
    Permalink

    Saya juga samaaa. Baru aja kejadiannya. Ada paket kiriman Lazada dari Cirebon (nama toko Afghan Collection). Saya sekeluarga gak ada yang pakai Lazada. Kebetulan Ibu saya juga lagi nunggu paket COD nya dan bukan di Lazada pesen nya. Tapi sudah terlanjur disobek paketnya sama Ibu saya. Untuk pelajaran ke depan, kalau ada paket COD jangan langsung disobek. Harus di cek dulu dari mana, isi paketnya apa. Masih gondok sih, sumpah kok bisa ya cari uang dengan cara kyk gitu. Kasih makan keluarga pakai uang hasil nipu???

  • 8 Agustus 2021 - (21:17 WIB)
    Permalink

    Betul saya juga sudah 2 x ketipu..
    Di lazada dengan sistem cod padahal aplikasinya sudah saya hapus..tetap saja ada paket yang datang
    Ketika yg ke 3 x dan ke 4 saya tau jadi tidak saya terima..
    Bagaimana ya cara supaya tidak ada kiriman lagi..

  • 18 September 2021 - (14:52 WIB)
    Permalink

    Duh saya pun dapat kiriman yang gak jelas dari PADUAN SHOOP, dan sama dari kab .Cirebon , padahal tidak memesan barang tersebut ,no tlpn tidak aktif ..jadi bingung

  • 28 September 2023 - (00:34 WIB)
    Permalink

    Kasus yang saya alami sekarang,saya tidak pesan di lazada tapi kenapa kurir lazada yang mengirim paket ke saya.dan anehnya saya tidak ada di rumah tapi paket di kasihkan ke tetangga sebelah dan harganya cukup banyak 290ribu.kira2 gimana cara pengembalian paket belum di buka dan masih di rumah tetangga.tolong informasi nya.dan kata kurirnya mau di tanya in ke kantor nya dulu.

 Apa Komentar Anda?

Ada 16 komentar sampai saat ini..

Tidak Pesan Dapat Kiriman Paket dengan Sistem COD

oleh ahmad dibaca dalam: <1 menit
16