Penagihan Kartu Kredit Bank Mandiri Tidak Sesuai Aturan

Saya Muhammad Adinofal, pengguna kartu kredit Bank Mandiri dengan nomor 4137196200****37. Pada tanggal 9 April 2021 pihak kartu kredit Bank Mandiri meneror adik ipar saya dengan menelpon ke kantor tempat dia bekerja. Tanggal 12 meneror lagi dengan menelepon pihak HRD tempat adik bekerja. Mereka menghubungi dengan nada yang tidak sopan sama sekali.

Tanggal 12 April 2021 pihak kartu kredit Bank Mandiri juga menghubungi ibu mertua dengan berkata kasar dan bicara kalau mertua saya juga memakai dana. Sebagai catatan, adik ipar dan mertua saya bukan emergency contact yang saya cantumkan.

Sampai dengan menelepon ke kantor, apalagi orang yang tidak ada kaitan sama sekali dengan masalah saya, apakah dari pihak Bank Mandiri memang seperti itu etikanya dalam penagihan? Saya sudah pernah negosiasi tentang cara bayar untuk dibuat cicilan, tapi katanya tidak bisa, harus lunas dalam beberapa hari.

Nasabah sudah mempunyai itikad baik, tapi respon seperti itu. Saat kondisi seperti ini pasti akan kesulitan juga jika harus melunasi sekaligus. Yang saya sesalkan, apakah cara penagihan kartu kredit Bank Mandiri harus seperti itu? Dengan cara menelepon nomor-nomor yang sama sekali tidak seharusnya dihubungi?

Muhammad Adinofal
Tulungagung, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kartu Kredit Bank Mandiri:
[Total:44    Rata-Rata: 2.3/5]
Tanggapan Bank Mandiri atas Pengaduan Bapak Muhammad Adinofal

Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Bapak alami dan terima kasih atas masukannya. Menindaklanjuti pengaduan Bapak, berdasarkan hasil konfirmasi kami...
Baca Selengkapnya

24 komentar untuk “Penagihan Kartu Kredit Bank Mandiri Tidak Sesuai Aturan

  • 14 April 2021 - (12:41 WIB)
    Permalink

    iya, kebanyakan sekarang memang begitu penagihannya
    contact terdekat di “press” biar si debitur merasa tidak enak dan malu

    saya bukan DC dan tidak setuju juga dengan cara-cara begitu
    tetapi barangkali menurut mereka ini cara paling ampuh

  • 14 April 2021 - (12:54 WIB)
    Permalink

    Tidak dijelaskan nunggaknya brp lama. Dan sekali lagi, yg namanya kartu kredit kl tidak bisa bayar full yg bayar dulu minimum. Sehingga tidak macet, br kl sudah ada uang bisa bayar full.

    6
    1
    • 14 April 2021 - (23:17 WIB)
      Permalink

      Maaf klo dijelaskan nominal itu kan privasi ya jd klo beliau TDK menyebutkan sy rasa wajar Krn nominal hutang pribadi bkn untuk jd konsumsi publik kecuali klo yg bertanya nominal hutangnya brp dan mau dilunasi sm yg tanya ya gpp 😂😂😂Klo beliau sampai TDK bisa membayar minimum brarti mmg keadaan keuangan bnr2 susah spt apa yg sy alami bkn Krn gak ada itikad baik untuk sengaja tidak mau bayar hutang tp kita TDK tau kondisi keuangan org lain spt apa di pandemi ini. Krn sy dl awal2 resign sy pun msh ada itikad untuk membayar minimum pembayaran tagihan to lama2 jg ga kuat 🤭

      4
      3
      • 13 Agustus 2021 - (14:55 WIB)
        Permalink

        terus skrg kelanjutannya gmna kak ? saya jg ada tunggakan dimandiri, dan penagihannya kasar sekali. bahkan sampai bawa2 org tua saya.
        apa mereka menyadap data kita diperbankan ya ? kok bisa sampai ke ibu mertua bahkan adik ipar dihubungin ?
        ini email saya kak kalau kk berkenan, saya mau konsul lialais034@gmail.com

  • 14 April 2021 - (23:07 WIB)
    Permalink

    Apa yg anda alami sama dgn saya. Pertama suami saya yg ditagih tagihan nunggak kartu kredit bank mandiri diteror dikantor dan pada hr itu jg saya selesaikan dgn menjual motor saya lunasi yg atas nama suami krn sy pengajuan nego untuk minta potongan pun ditolak. Setelah saya bayar 2minggu kemudian kantor suami sy diteror kembali nagih tunggakan kartu kredit atas nama saya krn sy posisi sdh resign dr perusahaan jadi yg diteror kantor suami. Saya jalani bbrp minggu debat dengan DC bank mandiri dia memaki2 saya dgn kata2 kasar saya pun jg bisa lbh kasar dr mrk. Sy brani lawan mrk krn bbrp pertimbanhan :
    – alasa pertama : dr awal 1bulan sy nunggak setelah sy sdh resign dr perusahaan sy memiliki itikad baik waktu ditagih dr pihak bank mandiri sy mau menyicil pembayaran tagihan tp tdk bisa dan itu berjalan alot selama 3bln ttp tdk bisa ya sdh
    -alasan kedua dr limit saya 20jt setelah saya menunggak selama 6bln sy mendapat WA dr pihak mandiri menagih sebesar 52jt dgn angka nominal yg sgt amazing bunganya 😅😅😅
    – alasan ketiga sy berpegang prinsip pada omongan bapak Irfan org mandiri kepodang semarang yg menangani kasus suami saya pada saat melunasi beliau mengatakan bahwa TDK akan ada penagihan datang atau pun TLP ke kantor suami menagih tagihan tertunggak yg bukan atas nama suami saya. Tp pd kenyataannya jg msh teror ke kantor dan memaki2.
    Oya pada saat teror ke kantor suami saya waktu nagih tagihan suami saya DC juga memaki2 atasan suami saya sampe disumpahi bakal mati kalau membela suami saya, sangat luar biasa cara kerjanya.
    Terakhir sy akhirnya buntu sy kembali nagih ke janji kata2 pak Irfan yg sy rekam bahwa TDK akan ada teror ke kantor suami sy setelah itu sy di wa ditawari untuk nyicil tiap bulan 5jt, saya pengangguran disrh setiap bulan bayar 5jt😂😂😂 saya tolak mentah2 sy jwb klo situ mau sy bisanya nyicil 200rb setelah itu sampai skrg TDK ada teror lagi dan kasus nya msh gantung.
    Klo kasus anda lbh baik dilaporkan ke OJK Krn yg diteror itu TDK ada hubungannya yg diteror itu adik ipar dan mertua. Klo saya yg diteror suami saya msh ada hubungan suami istri jd mrk menganggap suami sy yg hrs bertanggung jwb menyelesaikan. Biasanya mrk bekerja spt itu dgn mencari data dr sosmed. Sebisa mgk semua sosmed ig,FB di privat aja kak jd mrk ga bisa ambil data kontak teman2 /saudara kita disosmed.Klo mrk maksa srh bayar kita ttp kekeh aja bisanya nyicil semampu kita klo mrk blg prosesnya hanya bantu pengajuan cicilan jgn mau TTD kak Krn 100% klo kita mengajukan pengajuan cicilan atau pun minta keringanan TDK akan di ACC klo kita sdh terlanjur TTD mau TDK mau kita hrs membayar sesuai apa yg menjadi keputusan mrk. Makanya waktu sy jwb sy hanya bisanya nyicil sebesar 200rb dan sy TDK mau dtg ke bank mandiri sy mau nya pengajuan lwt online via WA biar semua ada buktinya klo kita ada pengajuan minta keringanan tp TDK di ACC untuk penganan kita di kemudian hr. Krn klo kita dtg ke bank mandiri sdh pasti kita TDK akan bisa berkutik dan hrs menuruti semua peraturan mrk . Mgk itu aja yg bisa sy bagikan

    5
    4
    • 15 April 2021 - (04:17 WIB)
      Permalink

      Terimakasih sudah berbagi pengalaman.sy sudah email ke Bi dan jga ke ojk perihal penagihan yg d luar etika.karna aturan penagihan sudah d atur secara jelas oleh Bi.Apa lagi mandiri bank milik BUMN.harusnya lebih paham

    • 15 April 2021 - (07:04 WIB)
      Permalink

      Terimaksih informasinya.
      Saya jd paham, kmren ada kawan saya yg tb2 menonaktifkan semua medsosnya. Saya kira knp, stlh baca ini saya tau mungkin mreka ngemplang utang.
      Salam

      • 15 April 2021 - (07:17 WIB)
        Permalink

        Maaf ya mgk mrk bukan bermksd mau ngemplang utang. Mgk mmg kondisi spt skrg ini susah jd mrk bkn mau bermaksud lari dr tanggung jwb untuk menyelesaikan utang, menonaktifkan sosmed bkn berarti mau ngemplang utang cm menghindari temen2/saudara kita spy ga dilibatkan /terlibat dan diganggu oleh pihak DC itu aja sih krn penagihan jaman skrg itu ngeri2 sedep asal tabrak siapa aja dimaki2. Krn sy kalau keadaan kondisi keuangan sdh normal pun sy ada itikad untuk bayar mskp nyicil krn hutang itu dibawa sampe mati dan hidup hutang ditagih sana sini jg ga enak lho. Gak orang yg mengharapkan hidup susah kok.

        3
        2
    • 18 April 2021 - (13:29 WIB)
      Permalink

      Mau nnya mba, sudah di acc y mba, pengajuan pembayaran semampunya mb? Soalnya mandiri nih saya ajuin keringanan diminta DP ya besar kali, trs ujung2 ya disuruh bayar minimum,maksa trs hrs tgl yg di tetapkan mereka.trs saya complain nelpn call center mereka mengelak klu saya pasti salah org, kata y penagihan mereka tidak ada yg seperti itu

  • 14 April 2021 - (23:11 WIB)
    Permalink

    Maaf satu lg kak klo pihak DC telp ke handphone lbh baik diangkat aja jd biar mrk ga ganggu atau teror ke adik ipar dan mertua. Dan kalau TLP lbh baik direkam biar kita punya bukti Krn pengalaman sy pihak Bank mandiri selalu berkelit klo pihak penagihan mrk TDK spt itu.

    3
    2
  • 15 April 2021 - (09:24 WIB)
    Permalink

    Bank mandiri memang bank BUMN tapi aturannya lbh kejam dari bank swasta, saya proses lapor ke BI sama dgn yg lain awal tahun 2020 saya dijkt usaha terdampak covid akhirnya ttp krn minus dan kridit kartu yg awalnya bisa dibyr .eski gestun langsung berhenti, bbrp bln ditawari program tapi krn mmg blm ada uang ya nggak bisa ikut, saya pinjam kartu kridit sisa dr usaha lama yg sdh ttp, usaha baru yg saya rintis bln 2 sdh terdampak.covid di jkt. Bln desember saya ngajukan cicilan nggak di acc katanya saya sdh ditawari program nggak direapon, boro2 buat bayar, saya sendiri nggak ada penghasilan. Bulan 8 saya ditawari teman bantu usaha dia mknya bulan 12 saya beritikad baik buat bayar mandiri dgn cicilan kemampuan saya 2 juta perbln tapi ditolak, selalu saya diingatkan sdh ditawari nggak diambil, saya jwb jgnkan mikir hutang mikir makan aja bingung, saya putuskan saya bayar 2 juta berjalan 3 bulan ini, tetap saya ditagih dgn alasan pembyrn saya tdk msk system, saya yg paling penting punya niatan itikad baik dgn bukti mampu saya ya 2 juta itu teror terus berlanjut ditempat usaha yg lama, dikantor anak saya, ditemannya anak perempuan saya, meneror org disekitar saya terakhir di UGD anaknya teman yg nggak ada sangkut pautnya dgn saya, itu yg saya marah, semua dilakukan dgn seolah2 saya sulit dihub, pdhl saya tiap bulan sdh bayar, update terakhir kmrn 14 april saya disuruh melunasi hutang saya 44 juta dgn dp 80% sisanya dicicil, saya nggak bisa, disuruh hutang ke anak saya untuk pinjam kekantornya…malah kemana2. Saya bingung jg apa yg hrs saya lakukan, hari ini mau saya kirim pengajuan keringanan pembayaran dan kronoligi teror ke bank mandiri CC Bank.Indonesia, mgkin ada yg sdh melewati proses panjang ini dan selesai.bisa share disini, krn bukan kita lari dan dananya bukan kita buat lifestyle lbh dr 10 thn saya pakai kk mandiri baik2 saja, sekarang saya jatuh mereka seolah2 ikut mendorong kita agar jatuh lbh dalam, ini pun juga karena Covid…jika dunia sehat usaha makanan kita waktu itu jg msh sehat. Sblmnya saya ucapkan pada yg mau share…

    4
    1
    • 16 April 2021 - (00:43 WIB)
      Permalink

      Kalau saya dengan Bank BNI bunda, saya dipersulit untuk restrukturisasi dengan persyaratan yang tidak masuk akal dengan saya yang wiraswastawan. Tidak saya bayar karena saya mau melunasi dengan cicilan perbulan yang saya mampu. Sudah wa berapa kali pihak BNI akan menghitung berapa cicilan dan menimbang apakah saya layak atau tidak ikut restrukturisasi, tapi nihil tidak ada kabar sampai sekarang dari bulan Des.
      Ya kalau saran saya jangan dipikir terlalu serius, fokus kerja cari duit. Kumpulin duit dikit2 kalau sudah bisa bayar ya kita datangin kantor bank tsb. Yang penting kita ada niat utk byr, walaupun ga bisa sekarang.
      Mereka dpt data dan nomer yang ditagih itu dari medsos dan google sepertinya. Untungnya saya tidak ada yang diteror, saya dari dulu tidak ada akun medsos.

    • 17 April 2021 - (12:36 WIB)
      Permalink

      Y begitu lah…..semoga rejekinya lancar dan dapat segera menyelesaiaknnya

  • 15 April 2021 - (10:34 WIB)
    Permalink

    Bank mandiri emg keterlaluan saya baru dua bulan .nunggak tagihan , mereka langsung datang ke kntor saya, saya di PHK sejak Corona, tidak dapat menemui saya dikantor, dia langsung kerumah saya, Krn dulu waktu pengajuan saya blm menikah, ibu saya yg riwayat y punya sakit jantung, di datangin DC marah2 , trs bilang tagihan sya ke ibu, klu gak mampu gak usah pake CC ya, pokoknya ibu saya di intimidasi padahal saya sudah tidak tinggal di situ,ibu saya langsung masuk RS setelah kejadian itu yang saya lebih kesal DC itu pas datang kekntor lama saya, bilang tagijan saya, jdi satu kntor tau tagihan, apa begitu standard penagihan CC kartu kredit mandiri,nagih kebukan org yg bersangkutan.

    2
    2
    • 15 April 2021 - (11:35 WIB)
      Permalink

      iya balik lagi ke atas, suka atau tidak memang begitulah dunia penagihan saat ini. jika ditagih ke yang bersangkutan dirasa tidak ada hasilnya, akan ditagih ke teman/saudara/rekan kerja agar yang bersangkutan merasa tertekan,stress, dan malu.

      yang bisa dilakukan hanya melapor ke OJK , tapi apakah akan ditanggapi? saya tidak tau. dan tidak yakin
      semoga semua yang bermasalah bisa segera dilancarkan

      • 17 April 2021 - (12:33 WIB)
        Permalink

        Mereka beraninya cuma meneror ke emergency contak.ato kekantor.giliran d ajak ketemu g mau malah alasan.berani berkata2 kasah dan ga enak d telinga cm liat telp.cba klo ketemu langsung brani kagak ngomong apa lagi yg bersifat melecehkan

    • 16 April 2021 - (00:48 WIB)
      Permalink

      Ngeri ya Mandiri nagihnya, ini saya telat byr CC BNI 6 bln lum ada yg datang. Tidak ada teror juga. Bukan ga mau bayar, tp saya minta restrukturisasi utang dipersulit dari bulan Desember kmrin, yaudah tidak saya byr karena kalau cuma byr minimum payment ga bakal lunas2 itu utang.

  • 17 April 2021 - (13:08 WIB)
    Permalink

    Mohon pihak terkait untuk ikut menanggapi perihal ini.bukan untuk menjatuhkan.melainkan untuk mrnjadi pembelajarana dan perbaikan untuk manajemen kalian.
    Trus terang sy masih belum bisa terima dengan kata2 dr cokector yg lelecehkan nama ibu saya yg berkata sebut saja muhammad romlah dan brkata2 dengan santainya pada tgl 14 /04 kemaren.sya masih ingat dan rekamannya ada….
    YUH……KETEMUAN.KATANYA MAU NEMUIN KLO SUDAH BAYAR…….TAK TUNGGU BOS Q.NOMER Q MASIH SAMA.TERIMAKASIH

    • 19 April 2021 - (08:21 WIB)
      Permalink

      Iya benar bukan maksud ingin menjatuhkan pihak manapun, mohon maaf jika ada salah salah kata, tidak bermaksud apapun. emang sih sebenarnya salah kita karena tidak melaksanakan kewajiban tidak membayar, tapi kondisi seperti ini dirasa sangat sulit,mudahan kita semua di permudah dan diberi kelancaran utk menyelesaikan masalah kita.aamiin

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit Bank Mandiri?

Ada 24 komentar sampai saat ini..

Penagihan Kartu Kredit Bank Mandiri Tidak Sesuai Aturan

oleh Muhammad dibaca dalam: 1 menit
24