Pengajuan Penghapusan Annual Fee dan Penutupan Transmart Mega Card

Dengan hormat,

Saya Ira W.P., pemilik Transmart Mega Card nomor 4890-8700-4001-xxxx. Saya dulu punya kartu kredit Carrefour Mega Card sekitar tahun 2009/2010 yang tidak saya gunakan sama sekali dan tidak pernah aktivasi, karena hanya membantu seorang marketing Bank Mega untuk kejar targetnya sebagai marketing.

Mulai tahun 2018 awalnya hanya mendapat email info promo, tapi awal tahun 2020 yang infonya kartu Carrefour Mega Card menjadi Transmart Mega Card ini tiba-tiba ada tagihan Rp 600.000 Annual Fee pada Januari 2020 dan ada penambahan Rp 5.000 setiap bulannya. Sampai Bulan Maret 2021 ada penambahan lagi sekitar Rp 600.000 selain penambahan Rp 5.000 setiap bulannya. Pada tanggal 27 Mei 2021 saya baru menyadari hal tersebut karena baru membuka e-mail saya, ternyata billingnya terus berjalan.

Saya sudah ke Kantor Pusat Bank Mega di kota saya dan menelepon card centernya melalui kantor, CS card center tersebut mencoba membujuk dengan berbagai upaya agar saya untuk tidak menutup.

Saya mohon untuk Bank Mega agar lebih baik lagi dalam mengelola dan tidak sering merugikan pihak manapun, termasuk saya. Mohon sekiranya saya dapat dibantu untuk menghapus tagihan dan untuk menutup kartu kredit yang tidak pernah saya gunakan atau tidak akan pernah saya butuhkan lagi itu.

Tertanggal hari ini Jumat, 28 Mei 2021 saya telah melapor dengan nomor pengaduan REV10970440, dimohon untuk menghapus semua tagihan dan penutupan kartu kemudian untuk dapat segera dikirim surat penutupan kartu kredit saya lewat e-mail saya.

Terima kasih.

Ira Widya Pratiwi
Malang, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:24    Rata-Rata: 3.8/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

19 komentar untuk “Pengajuan Penghapusan Annual Fee dan Penutupan Transmart Mega Card

  • 28 Mei 2021 - (19:05 WIB)
    Permalink

    hal yang tidak diketahui kebanyakan pemilik kartu kredit, menganggap jika tidak digunakan sama sekali maka tidak akan ada tagihan. terlepas dari tujuan mulia membantu marketing, tapi jika kartu dibiarkan saja maka tagihan annual fee ada terus , mending ditutup dengan benar jika memang tidak ingin digunakan.

    semoga ada solusi terbaik dan masalahnya bisa selesai…..

    • 28 Mei 2021 - (20:50 WIB)
      Permalink

      Masalahnya dari call center juga bersih keras ga mau menutup kartu itu padahal saya sudah minta ditutup, katanya ga akan berjalan semua tagihan, nanti kalau mau digunakan sewaktu-waktu bisa diaktifkan. Saya sudah pernah ditelp dan bilang seperti itu juga. Dan marketing yang lama juga bilang ga akan ada tagihan kalau tidak diaktifkan. Paham..

      2
      3
      • 28 Mei 2021 - (20:57 WIB)
        Permalink

        anda harus lebih “bersih keras” untuk menutupnya..kalau tidak, selamanya akan begini terus.. coba baca2 tentang penutupan bank mega di media konsumen ini biar “PAHAM” betapa susahnya menutup kartu..

        5
        1
    • 28 Mei 2021 - (20:57 WIB)
      Permalink

      Jadi kartu itu tidak pernah sama sekali saya aktivasikan, apalagi dipakai untuk belanja atau tarik tunai, tidak pernah!

      1
      2
      • 28 Mei 2021 - (21:04 WIB)
        Permalink

        terserah anda sih!

        ingat jangan sampai nanti ditelp dan terbujuk lagi untuk tidak usah menutupnya, “bersih keras” aja harus TUTUP.

        4
        1
        • 28 Mei 2021 - (21:07 WIB)
          Permalink

          Baik Pak… Terima kasih sarannya, kami juga selalu meminta untuk ditutup dan tidak pernah tertarik lagi untuk menggunakan kartu kredit itu.

          • 29 Mei 2021 - (12:38 WIB)
            Permalink

            Bilang aja lagi susah kalau mau langsung ditutup

  • 29 Mei 2021 - (21:20 WIB)
    Permalink

    Waduh ngeri juga yah Bank Mega ini. Kartu tidak di aktivasi tetapi iuran tahunan bisa muncul.
    Ayo Bank Mega, buktikan kalau kalian bisa untuk membantu ibu ini dengan cara menghapus iuran tahunan yang seharusnya tidak muncul, lalu menutup kartu nya.

    • 30 Mei 2021 - (08:29 WIB)
      Permalink

      Bukannya aturan ini berlaku untuk semua bank penerbit kartu kredit ya?! Kartu tida dipakai (tidak di aktivasi) bukan berart annual fee tidak akan muncul. Kalau orang marketing bilang tidak akan ada biaya apa-apa kalau tidak diaktifkan, itu sih akal-akalan mereka doang. Kecuali jenis kartu-nya adalah free annual fee selamanya.

      • 30 Mei 2021 - (13:47 WIB)
        Permalink

        Untuk Tania, kalau tidak diaktivasi ya ga berjalan iuran tahunannya. Dimana-mana ya aturannya begitu. Saya juga pernah kerja di HSBC. Di penagihan tampilan kartunya Z, ga pernah dipakai.

        • 30 Mei 2021 - (14:04 WIB)
          Permalink

          Aku tidak pernah pake kartu HSBC jadi tidak tahu aturan HSBC, cuma aku memang pernah pake itu Mega, dan pengguna aktif kartu lain. Kalau aku baca-baca blog maupun artikel terkait annual fee sih ada artiket detik.com juga yang menulis untuk hati-hati terhadap kartu kredit yang tidak digunakan (tidak di aktivasi) karena annual fee otomatis keluar di tahun berikutnya begitu kartu diterima nasabah. Mungkin ya itu kali, ketika kita mengajukan harus lebih memastikan apakah annual fee akan terbit atau tidak, apabila kartu tidak di-aktivasi. Tapi kalau tidak salah ingat, sih ya agent kartu kredit tsb (ketika apply) juga memberi tahu kalau tidak ada biaya apabila kartu masih dipegang atau tidak di-aktivasi, malahan ketika telpon ke CS (untuk penutupan) saja, mereka masih meyakinkan kalau annual fee bisa dibantu untuk dihapuskan.

          • 30 Mei 2021 - (14:19 WIB)
            Permalink

            Jadi gini Tania, kartu itu thn 2009/ 2010 (saya juga lupa tahun berapa), namanya Carrefour dan pada tahun 2020 berubah menjadi Transmart. Dari awal tahun 2020 itu iuran tahunan berjalan, padahal saya juga tidak pernah menerima kartu, aktivasi kartu, apalagi menggunakannya.
            Tapi waktu saya buka email saya yang lama pada akhir bulan Mei ini, tagihan iuran tahunan sudah menggulung.
            Saya sudah ke kantor Bank Mega Pusat di kota saya dan menelepon Card centernya untuk dihapus semua tagihan dan ditutup kartunya kemudian meminta nomor pelaporan saya untuk bukti bahwa saya sudah minta ditutup kartunya.

          • 30 Mei 2021 - (14:23 WIB)
            Permalink

            Sekarang saya menunggu surat penutupan kartu lewat email saya, sebagai bukti bahwa kartu sudah saya tutup. Semoga Bank Mega segera menanggapi hal tersebut.

          • 30 Mei 2021 - (14:30 WIB)
            Permalink

            Kmarin CS penerima telp pertama di card center Jakarta bersih keras tidak mau membantu menutup kartu, walaupun saya sdh berupaya meminta ditutup.
            Yang penerima kedua juga begitu dan awalnya tidak mau memberi nomor bukti pelaporan yang saya minta, akhirnya saya ngotot minta nomor, lama… baru diberikan. Intinya mereka mengulur-ngulur kalau saya minta ditutup kartunya.
            Semoga anda tidak mengalami hal demikian dan selalu lancar-lancar semuanya.

  • 30 Mei 2021 - (11:32 WIB)
    Permalink

    daaaannn sama nasibnya seperti saya…persis..sama…dan bertahun2 di gantungin sama bank mega..surat penutupan janji di email tidak ada email sama sekali..ngadunya kemana lg ya..mau nutup aja kok susah..bolak balek telp sampe bosen gk ada keoastian email..suara konsumen sudah berkali2 saya post..jawabannya telp saya tidak bisa dihubungi..psadahal jelas2 email ada..kok kalo tlp gak masuuk kan bsa email..klo ada balesan bank mega tlng segera kirim penutupan saya ke pdatalia@gmail.com (kalo dikasih no telp lg pasti balesannya d media konsumen telp tidak bisa dihubungi..

  • 30 Mei 2021 - (21:46 WIB)
    Permalink

    Sebaiknya mbak lapor ke OJK, bagaimanapun menutup kartu kredit adalah hak nasabah, yang penting jangan ada tagihan yang belum dibayar, saran saya, mbak selalu merekam setiap kali mbak nelepon ke CS, jadikan bukti rekaman itu sebagai barang bukti pelaporan, saya yakin yang mengalami hal seperti ini bukan cuma mbak, tapi banyak nasabah yang lain dan Bank model seperti ini emang harus dikasih pelajaran supaya gak semena2 terhadap para konsumen

 Apa Komentar Anda?

Ada 19 komentar sampai saat ini..

Pengajuan Penghapusan Annual Fee dan Penutupan Transmart Mega Card

oleh Ira dibaca dalam: 1 min
19