Surat Pembaca

Modus Penipuan oleh Penjual di Shopee

Saya Herniati. Saya belanja di Shopee dengan menggunakan akun anak saya dengan username: didieni. Saya belanja HP dengan harga murah banget, tapi saya malah terkena penipuan.

Saya belanja di Shopee pada tanggal 6 Juni 2021. Saya sudah berhasil bayar lewat Alfamart, untuk pembelian HP Infinix Play 10 seharga Rp1.050 ribu. Saya sebenarnya ingin HP Infinix 10s, tapi karena uang tidak cukup, akhirnya saya beli yang bisa kebeli.

Saya cuma heran sama Shopee ini, tidak seperti si ijo (marketplace sebelah) yang kalau ada indikasi kita mau ditipu, itu barang tidak bisa dibeli. Saya merasa setelah kejadian di Shopee ini banyak jebakan. Saya batalkan pesanan yang barusan kebeli, karena ingin beli HP Infinix 10s si penipu. Tadinya CS Shopee bilang bahwa 2 hari lagi dana bisa dicairkan, tapi saya kaget, karena tiba-tiba penipu segera bisa mencairkan.

Penipu itu mengatakan bahwa dia akan membantu mempercepat uang saya kembali ke ShopeePay dan membatalkan HP yang sudah terbeli. Dia memandu saya memakai kode QR via whatsapp. Akhirnya uang tsb ditransfer ke penipu.

Kenapa CS Shopee tidak mengamankan uang konsumen jika ada indikasi penipuan? Mengapa pula jika terlanjur ditransfer tidak ditindaklanjuti dan diusut?

Saya akhirnya tersadar ternyata dia penipu. Sebelumnya saya yakin karena pakai ShopeePay akan aman, karena pihak Shopee akan menindaknya. Kemudian langsung saya laporkan ke CS Shopee. Akibat laporan saya itu, penipu tsb miscall terus sampai pukul sepuluh, tapi tidak saya angkat. Transfer tsb berhasil pukul 6 sore.

Coba pembaca lihat, itu kan kelihatan galaunya si penipu, karena uang saya telah diblokir oleh Shopee di Bank Nobu. Tinggal urusan saya sama Shopee ini yang ribet dan ruwet, muter-muter terus.

Transfer ke penipu, kejadiannya hitungan menit.

Saya minta tolong ke Shopee untuk balikin uang saya, tapi CS Shopee telepon dan bilang ke saya kalau masalah uang ya sudahlah, katanya tidak bisa dikembalikan dan agar lebih berhati-hati ke depannya.

Kok bisa sudahlah? Data transfer jelas di mana dan ke mana. Uang saya siapa yang tilep? Uang untuk makan saya hilang begitu saja. Jadi kita lapor Shopee itu cuma jebakan, dia mengambil uang orang secara tidak halal. Benarkah dugaan saya ini?

Saya mohon uang yang ditransfer ke Bank Nobu dibalikin ke saya Rp550 ribu, yang Rp500 ribu biarlah ke Shopee. Uang segitu sangat lama saya dapatkan. Melalui Media Konsumen ini, tolonglah saya!

Terima kasih.

Herniati
Mataram, NTB


Update (4 Juli 2021): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan apresiasi atas tindak lanjut dari Shopee sbb:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Si oren lagi, lagi lagi oren.. Hati-hati aja yg punya saldo shopepay sama Shopee paylater rawan di bobol.. Kalo udah kejadian siapa yg bakal tanggung jawab, pasti lepas tangan semua..

    • rawan gimana, selagi gak ngasih data dan otp semua aman kok. ini kan si ibu ngeklik link yg diberikan si penipu, ngasih data dia dll sehingga akunnya bisa di hack.

      • Saya pernah mengalami.hpnya sangat murah sekali 3x lipat lebih murah saya chat katanya ada promo.jadi saya transaksi.beberapa jam ada sms melalui wa untuk klik link supaya barang cepat sampai .saya curiga dan hub cs soppe untuk blokir dana dan tutupkan grai yg sudah melanggar perjanjian langsung ditutup tokonya oleh sofee.jangan mau mengkik apapun dari luar sistem sofee.kadang kita jg harus waspada dg chat diluar sistem dan harga sangat murah sekali

      • Jadi klo belanja dgn pihak ke-3 itu masih aman buk.... sy sdh beberapa kali mengembalikan produk karena tdk sesuai dgn deskripsi. Intinya jgn chat diluar market place, jgn ksh kode otp k siapapun, JIKA ADA TLP DARI PENJUAL DAN MENANYAKAN KODE OTP/APAPUN, MULAI LAH BERIKAN NADA KERAS/MARAH. Sekian tips jitu

  • Maap nih maap persaan Shopee udah ngasih peringatan tegas biar gak Share OTP ke orang lain deh, E commerce lain juga gtu jadi sedikitlah cerdas sebelum membeli. jangan tergiur harga murah dan link biar pesanan cepat dikirim malah bikin jadi buntung kalo di nalar ya bukan Shopeenya lah yang salah tapi tu penjual. Kalo uang gak balik ya udah wasalam bukan tanggunjawab Shopee juga buat balikin. Aku rasa kayak Tokped atau Bukalapak pun juga sama kalo ada penipuan dan akun user terbobol karena user ngasih akses akun kayak kode OTP gak bakal di balikin karena setiap E commerce udah peringatin jangan share kode atau data pribadi ke orang lain.

      • Kalau dananya masih di pihak Shopee sepenuhnya, bisa aja. Tergantung seberapa belain CS yang handle masalah ini, seenggaknya bisa ditrack transaksinya dan direfund.

        Lain cerita kalo dari SPay sudah pindah tangan ke pihak/entitas lain. Sekarang tergantung kerjasama Shopee dan pihak tsb. Syukur ditrack, dibalikin, terus Shopee yang nerusin selaku perantara ke Mbak Fitri.

        Yang susah di sini, penipuannya lewat aplikasi di luar Shopee --dan verifikasi serta data diri sudah masuk ke pihak penipu. Masih untung penipuannya ke SPay, secara teori kalau dana belum dicairkan penipu masih bisa balik. Ini kembali ke poin tergantung CS Shopee di atas.

        Banyak kasus lain yang penipuannya transfer ke bank berupa VA abal-abal. Kalau ini mah marketplace juga angkat tangan; urusan utamanya ada di bank tujuan ybs.

        Teori-teori masih kepake, Mbak. Selama kita belanja dengan wajar ya kepake. Contoh SPay aman? Transaksi biasa pake pembayaran SPay, barang dateng, kita konfirmasi penerimaan, bayar deh dengan SPay diterusin ke seller oleh Shopee. Mirip-mirip belanja di toko ijo pake OVO.

        Sama juga dengan beli barang pake OVO, kalo kita bayarnya di luar platform marketplace, ya urusan di tangan kita dan seller. Ngga ada pihak penengah untuk tahan dana sebelum kita konfirmasi "oke, terusin dana ke seller, saya puas".

  • Errrorrr. Bagaimana bisa shopee memblokir rekening bank? Apa bank nobu milik shopee? Kalau blokir akun penipu itu bisa, tp kl blokir rekening bank itu prosesnya tidak mudah. Apalagi uang sdh ditransfer, gmn balikinnya? Apa shopee merangkap teller bank nobu? Anehh !

    Untuk batalkan pesanan, tinggal batalkan selesai, nunggu persetujuan penjual. Kl penjual setuju ya batal, uang balik. Atau tunggu saja nanti batal sendiri.

    Dan itu termasuk transaksi diluar shopee, dan itu dilarang. Ujung2nya paling sistem shopee lemah, mudah dibobol dsb. Lemah syahwat kali.

    • Bisalah shopee market besar kok ..bisa bekukan akun bank penipu..apa susahnya? Shopee dilawan

      • Tidak bisa Ibu....... Shopee dan bank tsb beda institusi. Jadi tidak bisa.
        Utk pemblokiran di bank yang sama saja butuh proses yg ribet.

        Mulai skrg belanja di toko saja. Jangan ikut2 menggunakan yang berhubungan dengan digital.

        Semoga cepat selesai yah kasusnya dan siapkan mental apabila uang tidak kembali.

        • Kan itu pake shopeepay mba , jadi shopee tidak bisa LEPAS TANGAN.LG PULA KELIHATAN KOK CUSTUMER SERVICE AMA PENIPU ADA KOMUNIKASI? BUKTINYA UANG SAYA GAPAKE LAMA DIKUASAI PENIPU.....ASTAGFIRULLAH MAKIN MENJADI2 AJA

        • YA DIBALIKIN DONG MAS ..NYATA KOK PENIPU SAMA COSTUMER CERVICE ADA KOMONIKASI HINGGA AKU KAGET KARENA TIBA2 HARI ITU DANA KU BISA DIBALIKIN TOKO..BENAR KAN? AYO JANGAN BOHONG JADI TIDAK BISA LEPAS TANGAN BEGITU SAJA

          • Saran saya untuk sofee membuat team untuk memantau toko yg mencurigakan dan meminta klarifikasi toko bila toko tersebut mencurigakan dan menerapkan beberapa logika algoritma untuk sensor diaplikasinya

        • Ya karena RIBET KAN AKU BILANG .AKU DAPAT 500RIBU AJA MBA.SISANYA BOLEH DAH KE SHOPEE..MASA IYA PADA LEPAS TANGAN?

      • Nganu (*****) dipelihara. Hanya ada 1 institusi yg bisa langsung blokir rekening, ppatk. Kepolisian pun tidak akan bisa blokir rekening. Panjang prosesnya. Apalagi cuma shopee. Nganu dipelihara.

      • Kliatan banget tololnya.
        Lu kira shopee itu Tuhan apa gimana?
        Liat tu komenan pada nyebutin anda yang salah. Tolonglah berkaca kak, instrospeksi diri.
        Emosi boleh, tapi jangan nampak kali bodohnya.

          • Jujur aja deh,ibu udah berapa kali belanja online,soalnya katanya nggak kayak di toko ijo...tapi d sini kok kayak baru pertama kali belanja online??

    • PEMBIARAN..tidak dihalangi, jadi Gampanglah penipu masuk..ini akun Didieni sudah kena tipu ..penipunya jualan diakun tsbt.no hpnya penipu 087832222412.ya terpaksa kita jawab ini akun ditipu..banyak jg yg berminat..ada yg bersyukur karena kita peringati dan adaspula yg terlanjur marah.. Kenapa penipu tetap saja bisa pasang perangkap?? Mungkin jawabannya karena dibiarkan....jangan heran kalo penipu cepat pegang kendali ya karena DIBIARKAN..APKH BENAR?

  • Gini lo kak
    Kalo pesanan kakak tdk dikirim tunggu saja sampai pembatalan otomatis selesai.
    Ada baiknya jika membeli online tdk pangsung mengklik terima barang, hal ini diperlukan Jika barang yang kakak terima tidak sesuai dgn gambar maupun deskripsi. Nantinya kaka bisa mengajukan pembatalan dan pengirimannta pun sudah di danai shopee (gratis). Bukan bermaksud membela, tapi setau saya shopee sangat bagus customer care nya, masalahnya saya penjual, beberapa kali barang saya di reject pembeli tanpa alasan yg masuk akal. Mau gamau sy harus terima pengembalian.
    lantas untuk masalah kode QR, jgn pernah menscan code QR apapun. Karena metode login shopee web memakai kode QR. SEKALI LAGI JANGAN PERNAH MENSCAN KODE QR, KARENA LOGIN SHOPEE VIA WEB BISA MENGGUNAKAN KODE QR YANG DISCAN VIA APLIKASI SHOPEE.
    Noted: jangan mudah tergiur dengan barang yang harganya tidak masuk akal (sangat jauh dengan harga pasar) bukan mematok semua toko begini penipu, tp gada salahnya untuk lebih kroscek perihal penilaian toko/barang tsb. Terakhir, jgn terlalu berekspektasi tinggi ketika berbelanja online dengan harga yg sangat murah.

  • KARENA DIBIARKAN YA MERAJALELA....market sebelah penjagaan bagus..hp tidak bisa diklik BELI kalo bakalan konsumen kena tipu..penipu tidak bisa mudah masuk ke ovo karena dijaga dgn baik...kenapa tidak DITIRU?

    • kalau kurang paham gimanapun bisanya ya cuma "sambat"..
      sendirinya yg salah malah minta pembenaran..
      si penipu udah bobol akun situ gegara situ isi data melalui link yg diberikan diberikan penipu, biarpun saldo anda dishopeepay itu benar pada awalnya namun setelah dibobol akun itu dipakai untuk transfer ke rekening penipu melalui kode qr..
      mau dikata marketplace sebelah bisa indikasi kayak tapi kalau situ masih mau kasih kode otp dan teken link" ga jelas ya bakal ketipu juga sama aja

      • Dia tidak akan paham, mau dijelasin seperti apapun. Yg dia tau shopee salah, shopee lemah, sistemnya kurang. Pdhl dia sendiri yg ketipu. Aneh.

    • Beberapa kali Ibu menyebut toko ijo penjagaannya lebih bagus.

      Pertanyaan saya, sudah tahu lebih bagus kenapa tidak belanja disana saja?

      Gampang kan?

  • Makin banyak korban Shopee. Saya juga salah satunya. Sudahlah, tinggalkan saja e-marketplace Singapura ini, masih banyak yg lain yg lebih Indonesia.

  • Maaf ni bu, sebenarnya kalau ibu mau menunggu pembatalan pembelian dengan waktu 2x24 jam yang disarankan shopee, uang ibu yang buat beli bakal bisa balik. Tapi kesalahannya di sini, ibu tertipu oleh seller dengan dalih akan mempercepat proses pembatalan transaksi yang sebenarnya adalah proses transfer uang dari shopeepay ke bank nobu. Ibu melakukan transfer uang dari shopeepay ibu ke bank nobu dengan men scan kode QR yang diberikan penipu ke ibu melalui chat WA yang mana proses tersebut merupakan diluar transaksi pembelian hp yang dilakukan ibu di shopee atau bisa dikatakan transfer langsung antar bank (dari shopeepay ke bank nobu). Karena transaksi transfer uang tersebut dilakukan oleh ibu sendiri kemungkinan shopee tidak bisa bantu untuk mengembalikan dana yang ditransfer tersebut, mungkin ibu bisa melakukan proses pelaporan penipuan ke shopee dan ke bank nobu untuk proses penindakan. Semoga setelah itu ibu bisa mendapatkan solusinya.

    • Aduh udah lama jg mbak kejadiannya hampir sebulan....serpertinya Shopee ni LEPAS TANGAN.membuat korban TIDAK ADA SOLUSI.....SELAMAT

    • Udah langsung sy lapor ke shopee tp shopee bilang kalo uang tidak bisa dibalikin...kemaren sihshopee telp rencananya mau kasih saya uang ..tapi sekarang ndak jadi lagi....kok berubah terus si shopee

  • Aku tahu ...kalo udah terlanjur trasnsfer masa iya SHOPEE TIDAK BERTINDAK? KAN ANDA SEKALIAN ORANG PINTAR....INI YG KUTANYA.APAKAH SHOPEE TIDAK MAU BANTU KONSUMENNYA?ATAU PELUANG AMBIL KESEMPATAN???

    • Kalau bantu untuk pengembalian dana baik shopee maupun bank nobu kemungkinan besar tidak bisa bantu karena perkaranya merupakan tanggung jawab nasabah bukan kesalahan sistem bank. Mereka hanya bisa bantu penyerahan data-data penipu untuk bantu penyelidikan polisi kalau memang sudah ada laporan penipuan resmi dari polisi yang ibu lampirkan saat melakukan pengaduan ke pihak shopee dan bank nobu. Dan saya sarankan setelah melakukan pelaporan ke kedua instansi tersebut, ibu wajib selalu follow up atau selalu menanyakan progres atau kemajuan kasus yang dilaporkan ibu terutama ke pihak bank nobu karena uang terakhir ada di bank nobu.

      • Jadi tidak bisakah SHOPEE berperan mMEMBEKUKAN DANAKU MBA?kan kelihatan penipu itu misscall terus.tandanya kan danaku dibekukan shopee?

        • Di jumlah saldo shopeepay ibu masih ada saldo yang 1jt itu? Kalau dilihat di gambar yang terakhir, dana 1jt berhasil ditransfer ke rekening a/n makmur mandiri dengan bank nobu, yang berarti dana sudah berhasil dialihkan dari shopeepay ke bank nobu, jadi tidak ada dana yang bisa dibekukan karena berdasarkan keterangan tersebut uang sudah masuk ke bank nobu. Ibu sempat mengangkat panggilan si penipu setelah transfer uang memalui kode QR? Itu jawaban penipu setelah ibu bilang kalau seller adalah penipu balasannya apa?

          • Kayaknya penipu itu gelisah sampai malam misscall saya..dugaan saya akibat saya cepat lapor ke cs shopee

        • Di jumlah saldo shopeepay ibu masih ada saldo yang 1jt itu? Kalau masih ya berarti berhasil dibekukan, tapi kalau dilihat digambar terakhir itu dananya sudah berhasil dipindahkan ke bank nobu.

      • Wah enak kalo gini pantas saja penipu dishopee kebal. Ndak ketahuan uangx kemana

        • Kalau memang mau mengusut ya ibu buat laporan penipuan ke kepolisian setempat lalu lampirkan ke pengaduan shopee dan bank nobu. Pihak shopee dan bank nobu tidak bisa melakukan tindakan kalau tidak ada laporan resmi dari kepolisian yang dibuat oleh korban. Kalau cuman menulis di sini ya ga akan kelar, toh sepertinya CS shopee maupun bank nobu ga aktif untuk membantu di sini.

          • Oo gitu mba..harus lapor polisi ya..terus uang kita begitu cepat digasak ma penipu..lewat shopeepay kan keliatan dy yg lewatnya.apkh shopee tidak bisa wakilkan?cepat diambil penipu dong mba.kepolisi lama banget....moga polisi baca langsung dah artikel ini.ah payah...moga jadi bahan MASUKAN POLISI UNK BANYAK KASUS DI SHOPEE...YG SELALU MERESAHKAN WARGA....BEGINI LIKU2NYA KEJAHATAN YG ADA KALO TIDAK DIBERANTAS KAN KASIHAN

          • Kan si penipu mengambil uang ibu di shopee pay pakai akun ibu, jadi ya di sistem shopee tercatatnya ibu sendiri yang melakukan transfer ke rekening bank nobu si penipu. Pihak shopee dan bank nobu tidak punya hak untuk membeberkan ataupun melihat data-data nasabahnya semena-mena, makanya saya sarankan untuk buat laporan penipuan ke kepolisian lalu serahkan saat mengadu ke shopee dan bank nobu. Barulah pihak shopee dan bank bisa membuka dan mengecek data-data si penipu yang kemudian bisa digunakan untuk melacak si penipu. Memang bakal lama prosesnya apalagi kalau ga rajin tanya perkembangan kasusnya, bakal berhenti di tengah jalan. Memang seperti itu kalau di Indonesia mah hehe...

          • Pengen ikutan komen, tp ibunya galak plus keras kepala. Padahal udah dijelasin sedetai detailnya sama tmen²
            Apalg bandinginnn trus sama yg ijo, klu gitu stop ajalah bu pakai shopee. Sy udah 7 thn pakai shopee gk pernah namanya ktipu, alhamdulillah. Penipuan itu trjd jg krna ksalahan korban yg mudah percaya..padahal jlas² udah dikash pringatan, jangn memberikan kode OTP, buka link smbarangan, mash aja ngeyel. Syukurnya ortu sy klu dapat sms kagak jlas, disuruh buka link, isi ini itu, slalu tanya dulu k saya. Sbnarnya hal² yg berbau pnipuan gampang kok dikenaliny, tp balik lg kitanya bisa sadar itu pnipuan atau gak
            Apalg dlm kasus ini, ibu udah kash kunci rumah ibu ke maling, walaupn lapor polisi belum tentu malingnya ktangkap. Jd kan saja pembelajrn bu..andaikan ibu blanja di yg ijo pun, klu tindakan ibu jg sama memberi otp, ya wassalam jg, krna ksalahan memang brawal dari ibu
            Pihak ijo memberikan pringatan pd toko² tertentu jg krna adanya laporan dr konsumen, di shopee jg klu toko tsb dilaporkan, pastinya bakal di bekukan, tp tdk mnutup kmungkinan dia buat toki baru lg dgn data orang lain

    • kalau masalah ginian si itumah salah si pembeli nya ngapain ngirimin kode otp ke si penipu nya jelas" kan dari pihak shopee sudah ada peringatan sebelum belanja ( jangan berikan kode otp ke siapapun atau ke pihak shopee juga atau pihak ke tiga conto whatshapp )
      tergiur hp murah mana ada segitu barunya juga hadehhh bu bu .....