Modus Penipuan oleh Penjual di Shopee

Saya Herniati. Saya belanja di Shopee dengan menggunakan akun anak saya dengan username: didieni. Saya belanja HP dengan harga murah banget, tapi saya malah terkena penipuan.

Saya belanja di Shopee pada tanggal 6 Juni 2021. Saya sudah berhasil bayar lewat Alfamart, untuk pembelian HP Infinix Play 10 seharga Rp1.050 ribu. Saya sebenarnya ingin HP Infinix 10s, tapi karena uang tidak cukup, akhirnya saya beli yang bisa kebeli.

Saya cuma heran sama Shopee ini, tidak seperti si ijo (marketplace sebelah) yang kalau ada indikasi kita mau ditipu, itu barang tidak bisa dibeli. Saya merasa setelah kejadian di Shopee ini banyak jebakan. Saya batalkan pesanan yang barusan kebeli, karena ingin beli HP Infinix 10s si penipu. Tadinya CS Shopee bilang bahwa 2 hari lagi dana bisa dicairkan, tapi saya kaget, karena tiba-tiba penipu segera bisa mencairkan.

Penipu itu mengatakan bahwa dia akan membantu mempercepat uang saya kembali ke ShopeePay dan membatalkan HP yang sudah terbeli. Dia memandu saya memakai kode QR via whatsapp. Akhirnya uang tsb ditransfer ke penipu.

Kenapa CS Shopee tidak mengamankan uang konsumen jika ada indikasi penipuan? Mengapa pula jika terlanjur ditransfer tidak ditindaklanjuti dan diusut?

Saya akhirnya tersadar ternyata dia penipu. Sebelumnya saya yakin karena pakai ShopeePay akan aman, karena pihak Shopee akan menindaknya. Kemudian langsung saya laporkan ke CS Shopee. Akibat laporan saya itu, penipu tsb miscall terus sampai pukul sepuluh, tapi tidak saya angkat. Transfer tsb berhasil pukul 6 sore.

Coba pembaca lihat, itu kan kelihatan galaunya si penipu, karena uang saya telah diblokir oleh Shopee di Bank Nobu. Tinggal urusan saya sama Shopee ini yang ribet dan ruwet, muter-muter terus.

Itu transfer ku ke penipu
Transfer ke penipu, kejadiannya hitungan menit.

Saya minta tolong ke Shopee untuk balikin uang saya, tapi CS Shopee telepon dan bilang ke saya kalau masalah uang ya sudahlah, katanya tidak bisa dikembalikan dan agar lebih berhati-hati ke depannya.

Kok bisa sudahlah? Data transfer jelas di mana dan ke mana. Uang saya siapa yang tilep? Uang untuk makan saya hilang begitu saja. Jadi kita lapor Shopee itu cuma jebakan, dia mengambil uang orang secara tidak halal. Benarkah dugaan saya ini?

Saya mohon uang yang ditransfer ke Bank Nobu dibalikin ke saya Rp550 ribu, yang Rp500 ribu biarlah ke Shopee. Uang segitu sangat lama saya dapatkan. Melalui Media Konsumen ini, tolonglah saya!

Terima kasih.

Herniati
Mataram, NTB


Update (4 Juli 2021): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan apresiasi atas tindak lanjut dari Shopee sbb:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

146 komentar untuk “Modus Penipuan oleh Penjual di Shopee

  • 28 Juni 2021 - (09:14 WIB)
    Permalink

    Shopee telp saya pak nnt akan dikembalikan uangx ..tapi kenapa ibu lapor ke media konsumen katanya…saya disuruh hati2 bicara ini kan pencemaran nama baik

    • 28 Juni 2021 - (09:31 WIB)
      Permalink

      Ya syukur bu kalo shopee mau ganti, ibu jawab aja “kalau sudah diganti uangnya, nanti saya perbaiki artikel di media konsumen”. Kalau pihak shopee setuju ya syukur deh bu, walaupun mungkin ga 100% penggantiannya.

      1
      3
      • 28 Juni 2021 - (10:34 WIB)
        Permalink

        Itu fikiran yg naif ka99….mana mungkin shopee mau balikin uang dgn semua komen yg bilang saya yg salah….hukum dunia ini namanya tunggu dah diakherat sejatinya siapa yg benar dan salah

        12
  • 28 Juni 2021 - (09:14 WIB)
    Permalink

    Bu. Saya juga pengguna shopee. Sudah lama malah. Tapi aphamdulillah semuanya aman” saja selagi kita mengikuti syarat dan ketentuan yg berlaku. Dan kalo terjadi masalah dan lapor, pihak cs selalu menindaklanjuti ko. Selalu dikasih solusi. Dalam kasus ibu yg pembatalan pembelian hp murah itu, itu cs udah ngasih solusi bu. Untuk menunggu 2×24 jam setelah ibu klik batal kalo emang penjual ga merespon. Harusnya ibu sabar dan nunggu aja. Nanti jg uangnya balik otomatis kalo penjual ga merspon. Dan kalopun barangnya di kirimkan penjual tp ternyata isinya sabun dll ya ibu bisa ajukan pengembalian barang ke warehouse shopee dengan menyertakan bukti berupa video atau foto barang tsb. Pihak warehouse shopee jg pasti menerima pengajuan pembatalan ibu kalo buktinya kuat. INTINYA UANG IBU BISA KEMBALI KALO IBU MAU SABAR. Kalo masalah shopeepay ilang karna akun dibobol, itu salah ibu sendiri yg teledor ngisi link dr si penipu dg embel” pengiriman cepat. Ngasih kode QR lagi. Enak banget itu penipu dikasih kunci rumah buat ngebobol uang. Wkwk jadi sy pastikan uang shopeepay yg ilang itu gaakan bisa kembali. Karna itu murni kesalahan ibu yg teledor. Sabar aja bu, ikhlas. Jadiin pelajaran berharga untuk ke depannya. Biar ga gampang ditipu orang lagi. Karna jaman sekarang kedok penipuan udah makin canggih.

    • 28 Juni 2021 - (09:24 WIB)
      Permalink

      Ya mba saya faham..jadi walaupun pake shopeepay shopee ndak mau tau gitu y? Beda jadinya dg langkah2 jika kita ditipu kt sendiri yg ke bankx..masalah disini tidak bisa Shopee mengusutkan ke bank nobu..menurut yg saya baca pemerintah bilang shopee juga ikut bertanggung jawab jg

      10
  • 28 Juni 2021 - (09:28 WIB)
    Permalink

    pengalaman emang mahal yaudah gimana lagi, lain kali baca2 dulu caritau dulu gimana cara transaksi dan otp

  • 28 Juni 2021 - (09:35 WIB)
    Permalink

    Ibu sudah melakukan KESALAHAN BESAR karena telah memberikan OTP via whatsapp kepada si penjual/penipu yang mengaku dari shopee.

    Shopee sudah berulang kali mengingatkan untuk TIDAK PERNAH memberikan OTP kepada siapapun.
    Jadi maaf ini murni kesalahan ibu sendiri.

    • 28 Juni 2021 - (09:53 WIB)
      Permalink

      Bukan jebakan maut penipu sama costumernya mba ..itu berperan besar disemua kasus yg kubaca

      10
  • 28 Juni 2021 - (09:48 WIB)
    Permalink

    Biasalah kalo udah ketipu di Shopee, minta tanggung jawabnya sama Shopee, bagus²in tokopedia, ntar kalo udah ditipu di Tokopedia minta tanggung jawabnya sama tokopedia, jelek2in Shopee. Padahal ditipunya jelas2 di whatsapp.

    15
    • 28 Juni 2021 - (10:26 WIB)
      Permalink

      Mantapz,, harusnya whatsupzz yang di salahin?? kenapa tidak mencurigai adanya percakapan penipuan??
      Salah sendiri gak sabaran dan teledor,,
      Tapi kukuh nyalahin Pihak Lain..
      Go**ok

      14
      1
  • 28 Juni 2021 - (10:02 WIB)
    Permalink

    Dikasih tau ngeyel… Temen” Dsini udh kasih tau kesalahan mba dan sudah terlanjur… Lain kali baca ketentuan dan aturan saat belanja online… Sya pikir semua ecomerce kurang lebih sama… Be smart buyer tidak ada yg salah dengan sistemnya tapi diri sendiri kurang hati” Dan tidak waspada… Gk usah bikin pembenaran terima saja kesalahan mba memang begitu adanya. Saran saya next liat rating penjual dan jngan pernah nurutin apapun arahan yg sekiranya sudah melati batas aturan e-commerse tsb… E-commerse gk akan bisa bantu mba karna kesalahan mba diluar wewenangnya dan pdhl sudah tertulis jelas di aturan yg ada.

    11
    1
  • 28 Juni 2021 - (10:16 WIB)
    Permalink

    pelajarn sekali lagi buat pembeli di shopee
    harus smart

    lagi2 tuk kesekian kali kasus penipuan di shopee gegara klik suspicious link

    pelajaran yang bisa dipetik
    jangan sekali2 klik link apapun jika pembeli belum menerima pesanannya sampai di tangan
    termasuk kasih kode2, QR code, dll. mohon jangan diberikan

    pelajaran abru juag buat saya yang kadang2 gak nyadar klik2 link sembarangan

    semoga jadi pelajaran bersama

    5
    1
  • 28 Juni 2021 - (10:30 WIB)
    Permalink

    Anda berkomunikasi bukan dishopee ,ya pantaslah pihak shoppe tidak mau bertanggung jawab ,,kalo mau promo pakai aplikasinya, jangan lewat WhatsApp ,untung bukan akun anda yang keambil ,apalagi ada spylaternya ,waduh kalo udah begini no komen ,, semoga Allah memberi pengganti nya buat bunda

    5
    2
  • 28 Juni 2021 - (11:01 WIB)
    Permalink

    HhhhaAAHA BEda jauh sama hukum AGAMA YA temen uang tu mah diselidiki asalnya dari mana dan kemana,,,ini Mah HUKUM OTP DIATAS SEGALANYA…..OK DAH

    11
    • 28 Juni 2021 - (11:26 WIB)
      Permalink

      Agama jg mengajarkan untuk berilmu agar menjadi manusia yg cerdas dan terima kesalahan lalu introspeksi… Jd manusia kolot bin bebel itu gk baik loh yakin wkwk

      14
    • 28 Juni 2021 - (11:34 WIB)
      Permalink

      Jangan bahas bahas agama. Sedangkan anda melakukan tindakan haram.

      Sengaja isi saldo di ShopeePay, berharap belanja lebih murah adalah tindakan Haram.

      Semua Dompet Digital prinsipnya sama, mencukupi selisih bayar dengan Uang Riba.

      5
      2
    • 28 Juni 2021 - (12:02 WIB)
      Permalink

      Haduhhh ini kepala ibuknya keras amat
      Buk BANGUN BUKK
      Sifat ibuknya ini kayaknya keras kepala , maunya menang sendiri
      INGAT KODE OTP ITU KAYA KUNCI RUMAH
      KALO IBUK KASIH KE ORANG LAIN (WALAUPUN BUKAN PENIPU) ITU SALAH
      YA MASAK IBUK NGASIH KUNCI RUMAH IBU SENDIRI KE ORANG LAIN yangkenal aja mikir-mikir apalagi yang ga kenal

      14
      1
    • 28 Juni 2021 - (17:02 WIB)
      Permalink

      ibuk ini pasti jenis ibuk2 yg naik motor belok kanan tapi retingnya kekiri. ketabraklah. jangan bar bar dong. hati2 dijalan

      10
  • 28 Juni 2021 - (15:23 WIB)
    Permalink

    Ini 100% murni kesalahan pembeli. Ada harga ada barang, ga mungkin hp bagus harganya ga wajar. Lebih waspada lagi

  • 28 Juni 2021 - (16:52 WIB)
    Permalink

    Viralkan shopee uninstall dari sekarang turunkan ratingnya,masa perusahaan sebesar shopee tidak mau tanggung jawab atas kasus penipuan ini, sama halnya dengan saya yang sudah ketipu,shopee tidak mau tanggung jawab… Viralllkan

    • 29 Juni 2021 - (11:14 WIB)
      Permalink

      Klo blm tau ttg kebenarannya anda jgn memprovokasi bro…ente pernah ketipu apa di shopee? Buktinya valid gk?

  • 28 Juni 2021 - (18:11 WIB)
    Permalink

    Sudah ya teman teman masalah saya dg shopee telah diselesaikan dengan baik…saya diberitahu mengenai kode otp yg tidak boleh sembarangan dikasikan ke orang. Jadi teman saya sudahi ya…terima kasih…itu memang kesalahan saya….jadi saya mohon maaf jika ada kata2 yg buat emosi……

    2
    9
    • 28 Juni 2021 - (18:37 WIB)
      Permalink

      Cobalah penipu itu sekali sekali mampirlah ke Media Konsumen ini.

      Bacalah penderitaan orang orang yang sudah kalian tipu.

      Mereka manusia, sama sepertimu, mereka juga tinggal di negerimu. Perut lapar memang sakit, tapi jangan karena untuk menghilangkan rasa lapar malah kalian menyakiti orang lain dan membuat lapar orang lain.

      Tobatlah penipu, sudahi saja, tidak mungkin menipu menjadi cita citamu. Apa cita citamu waktu kecil. Pasti bukan untuk menipu.

      Ingatlah saat sakit betapa tidak berdayanya tubuhmu. Kalian penipu pasti pernah sakit. Ada kesembuhan tentunya ada kesempatan untuk bertobat. Jangan pakai kesempatan ini untuk berbuat jahat.

      Sudahi sajalah, cukup cukup cukup.

      • 29 Juni 2021 - (11:10 WIB)
        Permalink

        Klo d lihat drpd kejadian ini, sy yakiin 100% kesalahan itu dr ibu sndiri krn yg d perlihatkan hanya bukti transfer yg blm d approved oleh shopee namun krnbtdk sabar akhirnya si ibu mengambil jalan pintas via WA..naah efeknya dtanggung sendiri namun d sisi lain ibu ini bisa terjerat pasal pencemeran nama baik yg mana tlah menggunakkan media utk menskreditkan pihak lain yg padahal itu adalah sebuah keteledorannya sendiri…

        7
        1

 Apa Komentar Anda mengenai pengalaman ini?

Ada 146 komentar sampai saat ini..

Modus Penipuan oleh Penjual di Shopee

oleh Fitri dibaca dalam: 2 menit
146