Modus Penipuan oleh Penjual di Shopee

Saya Herniati. Saya belanja di Shopee dengan menggunakan akun anak saya dengan username: didieni. Saya belanja HP dengan harga murah banget, tapi saya malah terkena penipuan.

Saya belanja di Shopee pada tanggal 6 Juni 2021. Saya sudah berhasil bayar lewat Alfamart, untuk pembelian HP Infinix Play 10 seharga Rp1.050 ribu. Saya sebenarnya ingin HP Infinix 10s, tapi karena uang tidak cukup, akhirnya saya beli yang bisa kebeli.

Saya cuma heran sama Shopee ini, tidak seperti si ijo (marketplace sebelah) yang kalau ada indikasi kita mau ditipu, itu barang tidak bisa dibeli. Saya merasa setelah kejadian di Shopee ini banyak jebakan. Saya batalkan pesanan yang barusan kebeli, karena ingin beli HP Infinix 10s si penipu. Tadinya CS Shopee bilang bahwa 2 hari lagi dana bisa dicairkan, tapi saya kaget, karena tiba-tiba penipu segera bisa mencairkan.

Penipu itu mengatakan bahwa dia akan membantu mempercepat uang saya kembali ke ShopeePay dan membatalkan HP yang sudah terbeli. Dia memandu saya memakai kode QR via whatsapp. Akhirnya uang tsb ditransfer ke penipu.

Kenapa CS Shopee tidak mengamankan uang konsumen jika ada indikasi penipuan? Mengapa pula jika terlanjur ditransfer tidak ditindaklanjuti dan diusut?

Saya akhirnya tersadar ternyata dia penipu. Sebelumnya saya yakin karena pakai ShopeePay akan aman, karena pihak Shopee akan menindaknya. Kemudian langsung saya laporkan ke CS Shopee. Akibat laporan saya itu, penipu tsb miscall terus sampai pukul sepuluh, tapi tidak saya angkat. Transfer tsb berhasil pukul 6 sore.

Coba pembaca lihat, itu kan kelihatan galaunya si penipu, karena uang saya telah diblokir oleh Shopee di Bank Nobu. Tinggal urusan saya sama Shopee ini yang ribet dan ruwet, muter-muter terus.

Itu transfer ku ke penipu
Transfer ke penipu, kejadiannya hitungan menit.

Saya minta tolong ke Shopee untuk balikin uang saya, tapi CS Shopee telepon dan bilang ke saya kalau masalah uang ya sudahlah, katanya tidak bisa dikembalikan dan agar lebih berhati-hati ke depannya.

Kok bisa sudahlah? Data transfer jelas di mana dan ke mana. Uang saya siapa yang tilep? Uang untuk makan saya hilang begitu saja. Jadi kita lapor Shopee itu cuma jebakan, dia mengambil uang orang secara tidak halal. Benarkah dugaan saya ini?

Saya mohon uang yang ditransfer ke Bank Nobu dibalikin ke saya Rp550 ribu, yang Rp500 ribu biarlah ke Shopee. Uang segitu sangat lama saya dapatkan. Melalui Media Konsumen ini, tolonglah saya!

Terima kasih.

Herniati
Mataram, NTB


Update (4 Juli 2021): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan apresiasi atas tindak lanjut dari Shopee sbb:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai pengalaman ini:
[Total:423    Rata-Rata: 3.6/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

145 komentar untuk “Modus Penipuan oleh Penjual di Shopee

    • 27 Juni 2021 - (16:42 WIB)
      Permalink

      Saya turut prihatin ya bu,
      Jaman sekarang jangan tergiur barang murah bu,pihak2 tidak bertanggung jawab byk berkeliaran di marketplce..
      Seandai nya ingin beli hp d online belilah di penjual resmi nya,semisal oppo belilah di oppo official nya bu,lbh aman,itu pengalaman sy berkali2 ketika beli hp d online di official resmi nya aman2 aja bu,
      Mudah2n mslh nya bs cpt selesai ya bu,dan bisa mnjd pljran juga untuk yg lain nya supaya kedepan nya lbh berhati2 lagi,

      29
      4
      • 27 Juni 2021 - (17:10 WIB)
        Permalink

        Ya mas ari….kalo market sebelah siijo kalo ada hp murah banget kita langsung di peringati dan barangvtakvbisa dibeli itulah bentuk perlindungan siijo,cuma saat itu uang sy kurang seratus sy jadinya belanja ke shoper

        6
        11
        • 28 Juni 2021 - (10:20 WIB)
          Permalink

          @Fitri

          1. Anda selalu memuji Tokopedia. Mengenai Peringatan Penipuan.

          Memang benar, banyak toko di Tokopedia yang ketika di buka berstatus ‘ Toko ini dalam Pengawasan ‘ atau ‘ Jangan dulu bertransaksi di toko ini ‘.

          Banyaknya toko yang statusnya di awasi itu adalah buah dari Laporan pengguna, bukan inisiatif pihak Tokped sendiri.

          Pengguna Tokopedia (seller dan buyer) di dominasi oleh bapak bapak. Mereka lebih peka dengan hal hal yang mencurigakan. Sehingga mereka rajin melaporkan Toko toko yang mencurigakan itu.

          2. Ibu ibu yang kebanyakan Naif. Sedangkan bapak bapak lebih mengedepankan Logika. Itu yang mendasari penipuan lebih banyak menimpa ibu ibu.

          3. Shopee adalah akun yang berisi uang 13 Juta, sehingga makin banyak orang yang tertarik untuk membobol akun Shopee.

          Tanpa anda sadari ketika anda terdaftar di SPaylater dan SPinjam, akun anda berisi uang 3 Juta limit Paylater dan 10 Juta limit SPinjam.

          Harusnya ketika mengetahui itu, anda wajib meningkatkan kewaspadaan akun anda dari hal hal yang mencurigakan.

          Tapi kebanyakan orang memperlakukan akun sama saja seperti sebelum terdaftar. Itu kesalahan besar.

          HP di taruh di sembarang tempat, mengakses Shopee sambil membuka aplikasi lain yang penuh iklan. Merasa biasa saja padahal HP nya berisi uang 13 Juta.

          4. Kalau sudah kejadian, rugi besar.

          Rugi ketika akun shopee di bobol bukan terhitung sejumlah nominal yang di bobol itu.

          Umpama limit SPaylater dan SPinjam anda terkuras habis sebesar 13 Juta. Anda tidak rugi 13 Juta tapi banyak rentetan kerugian daripada itu.

          Konsentrasi anda terganggu karena sibuk mengurusi itu, berefek pada semua tindakan anda selanjutnya, yang kerugian kerugian dari itu terus bertambah.

          57
          5
        • 29 Juni 2021 - (02:00 WIB)
          Permalink

          Semua toko online wajib melindungi data konsumen, baik pembeli maupun penjual krn itu bentuk tanggung jawab mereka tapi juga harus benar2 memperhatikan berbagai macam transaksi di dalamnya, bukan brarti ikut campur dlm transaksi antara pembeli dan penjual tapi lbh ke hati2an dan kewaspadaan apabila ditmukan adanya harga yg tdk wajar seharusnya pihak Shopee / market palce yg lainnya lbh waspadah trhadap akun2 yg terindikasi melakukan penipuan, dan apabila trjd hal2 yg merugikan ke2 bela pihak seharusnya pihak Shopee tanggung jawab krn biar bagaimanapun juga kejadian ini trjd di shopee / market place yg lainnya, semoga kedepannya semuanya saling teliti, saling jaga dan saling waspadah

          3
          4
          • 29 Juni 2021 - (12:01 WIB)
            Permalink

            Salah nya itu kenapa chat wa diladeni shopee pasti tdk mau bertanggung jawab karna terjadi penipuan akibat melayani chat wa apalagi klik link dan memberikan kode OTP, brrti kesalahan diri sendiri , kalau sdh terjadi pasti yang di salahkan aplikasi nya padahal yg salah manusia nya tdk hati2 ,

            13
            1
        • 29 Juni 2021 - (11:22 WIB)
          Permalink

          Klo dlihat dr apa yg d tampilkan ini adalah murni kesalahan dr ibu sendri, krn bukti pembayarannya msh dlm proses dan blm d aprroved namun krn ibu tdk sabar sehingga chat by WA dtmbah lg memberikan OTP, akhirnya kena tipu deeh, yg sabaar ya bu lain kali hrs cerdas

          14
          1
          • 29 Juni 2021 - (11:58 WIB)
            Permalink

            Betul sekali , murni kesalahan sendiri itu bukan dari aplikasi shopee nya

            5
            1
      • 28 Juni 2021 - (09:59 WIB)
        Permalink

        Kami juga begitu…
        Uang saya ada di shoppeepay sebesar Rp126.000,-
        Blm bisa diambil
        Kenapa ya…
        Kan shoppee sdh legal…
        Dan Promosi di Televisi bisa gencar sekali….

        3
        2
      • 28 Juni 2021 - (12:28 WIB)
        Permalink

        Hahahahha, si jago oren perusahaan asing sialan emang kayak gitu🤣🤣, bakar bakar uang buat mendominasi pasar Indonesia, yg di buat sengsara ya umkm Indonesia, mending di si hebat ijo aja kalo mau belanja

        6
        10
        • 28 Juni 2021 - (22:16 WIB)
          Permalink

          Pihak shopee tdk menyarankan untuk customer di teruskan ke WA,,,ada msalah di marketplace,,,ya di selesaikan di marketplace nya itu,,,bukan di arahkan ke no.WA…klo udh di arahkan ke no.WA,,itu udh jelas penipuan

          21
          1
      • 29 Juni 2021 - (11:54 WIB)
        Permalink

        Menurut saya di sini bukan aplikasi shopee nya yg salah , tapi sangat di sayangkan mengapa anda melayani chat wa dari penipu dan bahkan scan kode itu, sangat dibsayangkan, saya pelanggan shopee dari awal baru buka dan berjuta2 uang saya di shopepay aman2 saja , jika saya membatalkan orderan uang akan masuk ke shopepay kita dalam waktu 15 menit tdk sampai 1×24 jam , dan saya tidak pernah melayani apapaun chat dari wa termasuk ada yg mengatas namakan shopee . Jangan pernah kita mengklik link yang diberikan orang melalui wa

        10
        1
      • 2 Juli 2021 - (06:03 WIB)
        Permalink

        Karena kesalahan sendiri kok nyalahin pihak e-commerce nya, jaman sekarang pembeli itu juga harus pinter2lah milih mana toko yang terpercaya, nggak asal beli aja langsung bayar🤭

        3
        1
    • 28 Juni 2021 - (22:07 WIB)
      Permalink

      Kynya ke salahan si ibu ini…dia mengkonfirmasi via no.WA….trs kode otp di kasih….kode otp itu rahasia….jgn di ksh ke siapapun😌

      9
      1
    • 29 Juni 2021 - (06:17 WIB)
      Permalink

      2 olshop si Sapi ama Laa syahdah dah gua tinggalkan karena banyak reseller bodongnya..
      dah nasibnya bagimu bro kena mafia transaksi setan, buat pengalaman jauhi olshop yg cuma melek omset transaksi doang tp malas mikirin kwalitas layanan..

      1
      5
    • 29 Juni 2021 - (09:14 WIB)
      Permalink

      Kalau saya lihat proses pembeliannya menyalahi prosedur dari pihak Shopee. Pihak Shopee tidak bertanggung jawab jika melakukan transaksi diluar aplikasi Shopee. Saran saya jika membeli sesuatu di market place lihat dulu sellernya terverifikasi atau tidak, kalau di shopee biasanya ada star seller, atau jualannya dicap garansi shopee, atau liat review pembeli sebelumnya. Semoga anda lebih bijak jika membeli barang melalui market place 🙏🏻

      7
      1
    • 1 Juli 2021 - (08:15 WIB)
      Permalink

      Adik sya 4 hari yg lalu,ngasih nmor rekening,uang nya habis hilanh sendiri 450ribu,lapor ke bank Bca ga mau tanggung jawab,dan suruh lapor kepolisi,di polisi ga di tanggapin,akhirnya atm nya di blokir sendiri,dan di buang,bangsat semua

    • 27 Juni 2021 - (22:50 WIB)
      Permalink

      Kita sebagai konsumen kalo sudah terlanjur transfer apakah shopee tidak bisa menolong kunsumennya? coba bagaimana cara kita menyelamatkan uang kita?…coba bisa cara mandiri pasti kulakukan..tp tak mungkinlah ..karena itu transfer pakai shopeepay

      6
      16
      • 28 Juni 2021 - (03:24 WIB)
        Permalink

        Market place yang merah sangat aman,, selama kita belum konfirmasi terima barang,duit kita masih dipegang market place,kalo kita ada komplin duit kita juga ditahan market place gak di terusin ke pelapak..

        9
        2
      • 28 Juni 2021 - (08:18 WIB)
        Permalink

        Shopee itu aman… Jika barang tidak sampai maka uangnya juga akan ditahan oleh pihak shopee… Kalau masalah kepercayaan toko liat ratingnya berapa… Jumlah produk terjual berapa… Respon penjual bgmn… Dan liat harga jika sangat beda jauh dari biasanya maka itu ada indikasi penipuan…

        23
        4
          • 2 Juli 2021 - (09:15 WIB)
            Permalink

            di tiap market place beda beda Pak.
            rating seller (toko) ada yang bisa dibeli.
            yang semisal kita (seller) ada rating jelek, setelah ada beberapa rating bagus, rating jelek kita hilang.

            kalau rating barang saya belum pernah nemu ada yang bisa dibeli.

            beli transaksi, saya belum pernah nemu Pak.
            kalau transaksi palsu, banyak. misal transaksi untuk naikkan rating barang, atau rating toko/seller.

      • 29 Juni 2021 - (06:20 WIB)
        Permalink

        wallet olshop tuh diisi dikit saja 100rb kek, ntar kalau kurang buat bayar transaksi baru ditambah lg sesuai nominal yg dibutuhkan..awas olshop sarangnya mafia reseller bodong dan para hacker jahat.

      • 29 Juni 2021 - (09:20 WIB)
        Permalink

        Sepertinya ibu setelah bayar, melakukan komunikasi dgn seller melalui whatsapp, itu yg berbahaya sebetulnya. Sampai kirimin QR code dan kasih ke seller kode OTP. Shopee tidak akan bisa bantu jika ada interaksi diluar aplikasi shopee dan yang disarankan pihak Shopee.

  • 27 Juni 2021 - (17:21 WIB)
    Permalink

    Kurang jelas, tidak ada kronologisnya.. yang baca juga bingung..
    Mngkin bwt pembaca yg lain jadi pelajaran,jangan gampang tergiur harga murah. Kl org surabaya bilang,murah kok njaluk slamet 🤭
    Dan kalau menulis keluhan di media konsumen tuliskan kronologis kejadiannya dengan detail dan jelas ya. Biar yang dikomplain juga paham masalahnya

    21
    4
    • 27 Juni 2021 - (17:26 WIB)
      Permalink

      Tanyakan aja mas bagian mananya yg kurang jelas..msoalnya hp saya jg jadul ni pengen beli yg bagusan ketipu…yg mana yg ga jelasnya?

      3
      7
    • 28 Juni 2021 - (07:14 WIB)
      Permalink

      Sebenar nya dia udah sering baca kasus kaya gini dari komen di artikel lain penulis udah pernah ngalamin juga aneh memang bisa kena lg wkwkwk

  • 27 Juni 2021 - (19:35 WIB)
    Permalink

    hati-hati belanja online . sudah banyak kejadian penipuan khususnya di marketplace ini.
    kalau masih awam dengan dunia digital mending beli langsung aja ke tokonya.

    • 27 Juni 2021 - (23:27 WIB)
      Permalink

      Saya turut prihatin yaa Bu , sebaiknya ibuk lebih hati2 lagi dalam berbelanja terkhusus bagi yang jual hp murah2 Bu .. dan aku saranin lagi besok2 lagi jangan sampai ada transaksi masukin otp segala masuk ke link dll ya Bu.. dan sebagai pembeli juga harus cerdas jangan sampai mau diarahin buat transaksi di luar market place yaahhh. Be smart buyer pokoknya.

      13
      2
  • 27 Juni 2021 - (20:40 WIB)
    Permalink

    Pasti ngeklik link yg dikasih penipu, niatnya mau dapet hp bagus dengan harga murah.. eh ketipu.

    *Saya cuma heran sama Shopee ini, tidak seperti si ijo (marketplace sebelah) yang kalau ada indikasi kita mau ditipu, itu barang tidak bisa dibeli.*

    Yang namanya ketentuan masing2 marketplacr kan beda beda bu engga sama. selama kita tidak memberikan KODE OTP, PASSWORD, KODE WA, TELEGRAM, ISI LINK YG TIDAK JELAS DLL. Insya Allah akun aman dan tidak terjebak oleh muslihat penipu. semoga cash nya cepet beres yaa.. Dan semoga tim shopee adil memutuskan, gapapa dapet voucher juga..

    15
    1
    • 28 Juni 2021 - (02:29 WIB)
      Permalink

      Ya memang kejadian ini salah pembeli, tapi Loh aneh juga ya, shopee sudah berhasil memblokir rekening penipu, tp tdk berupaya utk menarik dananya kembali. Sebenarnya belanja dimarketplce manapun aman meskipun kita sudah terlanjur beli dan bayar di toko penipu, dengan syarat 1 prinsip yang harus kita pegang “jika ada kendala yang terjadi terkait dana wajib komunikasi dengan CS”

        • 28 Juni 2021 - (07:01 WIB)
          Permalink

          kl uangnya masih di pihak shopee sih bisa balik. tapi ibu “menolong” si penipu mencairkan uangnya dg cara mengikuti petunjuk si penipu hingga masuk ke bank nobu. kalau sudah masuk bank ya pihak bank lah yang harus dihubungi utk pengembalian. dan itu ribet bet bet bet.

          18
          2
          • 28 Juni 2021 - (12:26 WIB)
            Permalink

            lha iya, si ibu ini sudah di iming2i sama si penipu, supaya cepet cair dananya dengan ngasih QR code, tp si ibu nggak ngeh kalo itu jebakan batman si penipu supaya uangnya masuk ke rekening si penipu, maaf ya bu, saya juga pernah batalin pesanan di shopee dengan shopeepay, dan uang itu aman kembali di shopeepay 1 x 24 jam, asal kita sabar nunggu dan tidak tergiur iming dari pihak penjual / penipu, jelas2 si ibu dihubungi via wa pribadi bukan di chat resmi shopee masih nyalahin shopee, ibunya saja yang kurang waspada, lain kali hati-hati saja, semoga ada solusi dari bank…

            13
  • 27 Juni 2021 - (20:48 WIB)
    Permalink

    Mbak merasa sudah pernah dirugikan sebelum nya oleh shopee lalu kenapa masih mau belanja disini?

    • 27 Juni 2021 - (23:15 WIB)
      Permalink

      Ok saran ya bu
      1. Jangan tergiur harga murah, di cek dulu harganya berapa di google kisarannya, kalo ada yg super miring harus hati-hati.
      2. Biasakan baca deskripsi produk dan ulasan konsumen lain siapa tau uda ada yg komen kalo ketipu.
      3. Jangan pernah mau berurusan di luar marketplace tersebut. Misal ni ibu ada masalah di shopee urus lewat aplikasi shopee saja. Jangan mau lewat yg lain2 krna biasanya di aplikasi sdh diberikan fitur2 untuk mengurangi kemungkinan penipuan.
      4. Jangan pernah klik link sembarangan dari siapapun apalagi kalo linknya tidak jelas. Jangan pokoknya
      5. OTP itu kepanjangannya one time password atau sandi sekali pakai dan itu Jangan pernah dikasih tau ke siapapun. Dan hati2 kalo ada kiriman otp padahal ibu sedang tidak memerlukannya berarti ada yg coba masuk akun ibu
      6. Shopee pay itu sama aja kaya bank bedanya dananya di shopee duluan. Dalam kasus ibu sepemahaman saya penipunya bisa masuk akun ibu dan langsung mengirimkan saldo shopee pay ibu ke rekeningnya (kalo sperti ini bisa hubungi cs bank tersebut untuk di cek dan konfirmasi, kadang bank bisa memblokir rekening penipu)
      7. Shopee tidak bertanggung jawab atas kehilangan saldo shopee pay ibu kalo memang akun ibu dibajak (coba ibu baca lagi syarat dan ketentuannya).

      Semoga masalahnya cepat selesai ya bu

      10
      1
  • 27 Juni 2021 - (22:21 WIB)
    Permalink

    Kronologisnya kurang jelas, awal ingin dibatalkannya itu karena apa ya? Terus setelah saya buka bit.ly/garansipesanan yg diinstruksikan penipu, itu mengarah ke pencurian data akun pembeli, jadinya pembeli diarahkan untuk mengisi data akun di situs tsb, setelah itu penipu login ke akun shopee pembeli lalu penipu klik terima pembatalan pesanan di akun tokonya, setelah saldo refund ke shopeepay pembeli, penipu menguras isi saldo ShopeePay pembeli ke QR Bank Nobu

  • 28 Juni 2021 - (00:12 WIB)
    Permalink

    Jangan pernah memberikan kode OTP, id, dan password. Apalagi sampai mengisi di web seperti itu. Kalau sudah sampai sini agak susah itu. Karena kelalaian sendiri. Saya doakan semoga ada titik temu.

    Mau di marketplace apapun, selagi ada celah bisa kok dipakai nipu. Di ijo juga ada. Di merah juga banyak. Kita harus jeli juga, jangan sampai terjebak. Kalau pun kita terlanjur transaksi ke penipu, selagi barang tidak sesuai kan dana akan tetap tertahan. Tinggal lapor aja ke CS. Bahwa barang tidak sesuai.

    10
  • 28 Juni 2021 - (00:24 WIB)
    Permalink

    Si oren lagi, lagi lagi oren.. Hati-hati aja yg punya saldo shopepay sama Shopee paylater rawan di bobol.. Kalo udah kejadian siapa yg bakal tanggung jawab, pasti lepas tangan semua..

    2
    7
    • 28 Juni 2021 - (07:05 WIB)
      Permalink

      rawan gimana, selagi gak ngasih data dan otp semua aman kok. ini kan si ibu ngeklik link yg diberikan si penipu, ngasih data dia dll sehingga akunnya bisa di hack.

      10
      • 28 Juni 2021 - (07:40 WIB)
        Permalink

        Saya pernah mengalami.hpnya sangat murah sekali 3x lipat lebih murah saya chat katanya ada promo.jadi saya transaksi.beberapa jam ada sms melalui wa untuk klik link supaya barang cepat sampai .saya curiga dan hub cs soppe untuk blokir dana dan tutupkan grai yg sudah melanggar perjanjian langsung ditutup tokonya oleh sofee.jangan mau mengkik apapun dari luar sistem sofee.kadang kita jg harus waspada dg chat diluar sistem dan harga sangat murah sekali

      • 28 Juni 2021 - (09:25 WIB)
        Permalink

        Jadi klo belanja dgn pihak ke-3 itu masih aman buk…. sy sdh beberapa kali mengembalikan produk karena tdk sesuai dgn deskripsi. Intinya jgn chat diluar market place, jgn ksh kode otp k siapapun, JIKA ADA TLP DARI PENJUAL DAN MENANYAKAN KODE OTP/APAPUN, MULAI LAH BERIKAN NADA KERAS/MARAH. Sekian tips jitu

  • 28 Juni 2021 - (00:38 WIB)
    Permalink

    Maap nih maap persaan Shopee udah ngasih peringatan tegas biar gak Share OTP ke orang lain deh, E commerce lain juga gtu jadi sedikitlah cerdas sebelum membeli. jangan tergiur harga murah dan link biar pesanan cepat dikirim malah bikin jadi buntung kalo di nalar ya bukan Shopeenya lah yang salah tapi tu penjual. Kalo uang gak balik ya udah wasalam bukan tanggunjawab Shopee juga buat balikin. Aku rasa kayak Tokped atau Bukalapak pun juga sama kalo ada penipuan dan akun user terbobol karena user ngasih akses akun kayak kode OTP gak bakal di balikin karena setiap E commerce udah peringatin jangan share kode atau data pribadi ke orang lain.

    10
      • 28 Juni 2021 - (16:50 WIB)
        Permalink

        Kalau dananya masih di pihak Shopee sepenuhnya, bisa aja. Tergantung seberapa belain CS yang handle masalah ini, seenggaknya bisa ditrack transaksinya dan direfund.

        Lain cerita kalo dari SPay sudah pindah tangan ke pihak/entitas lain. Sekarang tergantung kerjasama Shopee dan pihak tsb. Syukur ditrack, dibalikin, terus Shopee yang nerusin selaku perantara ke Mbak Fitri.

        Yang susah di sini, penipuannya lewat aplikasi di luar Shopee –dan verifikasi serta data diri sudah masuk ke pihak penipu. Masih untung penipuannya ke SPay, secara teori kalau dana belum dicairkan penipu masih bisa balik. Ini kembali ke poin tergantung CS Shopee di atas.

        Banyak kasus lain yang penipuannya transfer ke bank berupa VA abal-abal. Kalau ini mah marketplace juga angkat tangan; urusan utamanya ada di bank tujuan ybs.

        Teori-teori masih kepake, Mbak. Selama kita belanja dengan wajar ya kepake. Contoh SPay aman? Transaksi biasa pake pembayaran SPay, barang dateng, kita konfirmasi penerimaan, bayar deh dengan SPay diterusin ke seller oleh Shopee. Mirip-mirip belanja di toko ijo pake OVO.

        Sama juga dengan beli barang pake OVO, kalo kita bayarnya di luar platform marketplace, ya urusan di tangan kita dan seller. Ngga ada pihak penengah untuk tahan dana sebelum kita konfirmasi “oke, terusin dana ke seller, saya puas”.

  • 28 Juni 2021 - (03:37 WIB)
    Permalink

    Errrorrr. Bagaimana bisa shopee memblokir rekening bank? Apa bank nobu milik shopee? Kalau blokir akun penipu itu bisa, tp kl blokir rekening bank itu prosesnya tidak mudah. Apalagi uang sdh ditransfer, gmn balikinnya? Apa shopee merangkap teller bank nobu? Anehh !

    Untuk batalkan pesanan, tinggal batalkan selesai, nunggu persetujuan penjual. Kl penjual setuju ya batal, uang balik. Atau tunggu saja nanti batal sendiri.

    Dan itu termasuk transaksi diluar shopee, dan itu dilarang. Ujung2nya paling sistem shopee lemah, mudah dibobol dsb. Lemah syahwat kali.

    10
    3
    • 28 Juni 2021 - (03:57 WIB)
      Permalink

      Bisalah shopee market besar kok ..bisa bekukan akun bank penipu..apa susahnya? Shopee dilawan

      2
      23
      • 28 Juni 2021 - (06:26 WIB)
        Permalink

        Tidak bisa Ibu……. Shopee dan bank tsb beda institusi. Jadi tidak bisa.
        Utk pemblokiran di bank yang sama saja butuh proses yg ribet.

        Mulai skrg belanja di toko saja. Jangan ikut2 menggunakan yang berhubungan dengan digital.

        Semoga cepat selesai yah kasusnya dan siapkan mental apabila uang tidak kembali.

        12
        2
        • 28 Juni 2021 - (06:46 WIB)
          Permalink

          Kan itu pake shopeepay mba , jadi shopee tidak bisa LEPAS TANGAN.LG PULA KELIHATAN KOK CUSTUMER SERVICE AMA PENIPU ADA KOMUNIKASI? BUKTINYA UANG SAYA GAPAKE LAMA DIKUASAI PENIPU…..ASTAGFIRULLAH MAKIN MENJADI2 AJA

          2
          11
        • 28 Juni 2021 - (07:06 WIB)
          Permalink

          YA DIBALIKIN DONG MAS ..NYATA KOK PENIPU SAMA COSTUMER CERVICE ADA KOMONIKASI HINGGA AKU KAGET KARENA TIBA2 HARI ITU DANA KU BISA DIBALIKIN TOKO..BENAR KAN? AYO JANGAN BOHONG JADI TIDAK BISA LEPAS TANGAN BEGITU SAJA

          2
          11
          • 28 Juni 2021 - (07:10 WIB)
            Permalink

            jadi dananya sudah balik kan bu? syukurlah.

        • 28 Juni 2021 - (07:10 WIB)
          Permalink

          Anda sekalian kembalikan uangku….ulah anda sekalian yg membuat KlIK MACAM²

          2
          11
          • 28 Juni 2021 - (07:47 WIB)
            Permalink

            Saran saya untuk sofee membuat team untuk memantau toko yg mencurigakan dan meminta klarifikasi toko bila toko tersebut mencurigakan dan menerapkan beberapa logika algoritma untuk sensor diaplikasinya

        • 28 Juni 2021 - (08:10 WIB)
          Permalink

          Ya karena RIBET KAN AKU BILANG .AKU DAPAT 500RIBU AJA MBA.SISANYA BOLEH DAH KE SHOPEE..MASA IYA PADA LEPAS TANGAN?

          1
          9
      • 28 Juni 2021 - (07:38 WIB)
        Permalink

        Nganu (*****) dipelihara. Hanya ada 1 institusi yg bisa langsung blokir rekening, ppatk. Kepolisian pun tidak akan bisa blokir rekening. Panjang prosesnya. Apalagi cuma shopee. Nganu dipelihara.

        8
        2
      • 28 Juni 2021 - (09:03 WIB)
        Permalink

        Kliatan banget tololnya.
        Lu kira shopee itu Tuhan apa gimana?
        Liat tu komenan pada nyebutin anda yang salah. Tolonglah berkaca kak, instrospeksi diri.
        Emosi boleh, tapi jangan nampak kali bodohnya.

        12
        1
          • 7 Juli 2021 - (23:39 WIB)
            Permalink

            Jujur aja deh,ibu udah berapa kali belanja online,soalnya katanya nggak kayak di toko ijo…tapi d sini kok kayak baru pertama kali belanja online??

    • 28 Juni 2021 - (04:12 WIB)
      Permalink

      PEMBIARAN..tidak dihalangi, jadi Gampanglah penipu masuk..ini akun Didieni sudah kena tipu ..penipunya jualan diakun tsbt.no hpnya penipu 087832222412.ya terpaksa kita jawab ini akun ditipu..banyak jg yg berminat..ada yg bersyukur karena kita peringati dan adaspula yg terlanjur marah.. Kenapa penipu tetap saja bisa pasang perangkap?? Mungkin jawabannya karena dibiarkan….jangan heran kalo penipu cepat pegang kendali ya karena DIBIARKAN..APKH BENAR?

      2
      12
  • 28 Juni 2021 - (04:08 WIB)
    Permalink

    Gini lo kak
    Kalo pesanan kakak tdk dikirim tunggu saja sampai pembatalan otomatis selesai.
    Ada baiknya jika membeli online tdk pangsung mengklik terima barang, hal ini diperlukan Jika barang yang kakak terima tidak sesuai dgn gambar maupun deskripsi. Nantinya kaka bisa mengajukan pembatalan dan pengirimannta pun sudah di danai shopee (gratis). Bukan bermaksud membela, tapi setau saya shopee sangat bagus customer care nya, masalahnya saya penjual, beberapa kali barang saya di reject pembeli tanpa alasan yg masuk akal. Mau gamau sy harus terima pengembalian.
    lantas untuk masalah kode QR, jgn pernah menscan code QR apapun. Karena metode login shopee web memakai kode QR. SEKALI LAGI JANGAN PERNAH MENSCAN KODE QR, KARENA LOGIN SHOPEE VIA WEB BISA MENGGUNAKAN KODE QR YANG DISCAN VIA APLIKASI SHOPEE.
    Noted: jangan mudah tergiur dengan barang yang harganya tidak masuk akal (sangat jauh dengan harga pasar) bukan mematok semua toko begini penipu, tp gada salahnya untuk lebih kroscek perihal penilaian toko/barang tsb. Terakhir, jgn terlalu berekspektasi tinggi ketika berbelanja online dengan harga yg sangat murah.

  • 28 Juni 2021 - (04:36 WIB)
    Permalink

    KARENA DIBIARKAN YA MERAJALELA….market sebelah penjagaan bagus..hp tidak bisa diklik BELI kalo bakalan konsumen kena tipu..penipu tidak bisa mudah masuk ke ovo karena dijaga dgn baik…kenapa tidak DITIRU?

    2
    19
    • 28 Juni 2021 - (07:09 WIB)
      Permalink

      kalau kurang paham gimanapun bisanya ya cuma “sambat”..
      sendirinya yg salah malah minta pembenaran..
      si penipu udah bobol akun situ gegara situ isi data melalui link yg diberikan diberikan penipu, biarpun saldo anda dishopeepay itu benar pada awalnya namun setelah dibobol akun itu dipakai untuk transfer ke rekening penipu melalui kode qr..
      mau dikata marketplace sebelah bisa indikasi kayak tapi kalau situ masih mau kasih kode otp dan teken link” ga jelas ya bakal ketipu juga sama aja

      21
      1
      • 28 Juni 2021 - (07:43 WIB)
        Permalink

        Dia tidak akan paham, mau dijelasin seperti apapun. Yg dia tau shopee salah, shopee lemah, sistemnya kurang. Pdhl dia sendiri yg ketipu. Aneh.

        19
        1
    • 28 Juni 2021 - (08:25 WIB)
      Permalink

      Beberapa kali Ibu menyebut toko ijo penjagaannya lebih bagus.

      Pertanyaan saya, sudah tahu lebih bagus kenapa tidak belanja disana saja?

      Gampang kan?

      10
      1
  • 28 Juni 2021 - (04:48 WIB)
    Permalink

    Makin banyak korban Shopee. Saya juga salah satunya. Sudahlah, tinggalkan saja e-marketplace Singapura ini, masih banyak yg lain yg lebih Indonesia.

    1
    6
  • 28 Juni 2021 - (07:11 WIB)
    Permalink

    Maaf ni bu, sebenarnya kalau ibu mau menunggu pembatalan pembelian dengan waktu 2×24 jam yang disarankan shopee, uang ibu yang buat beli bakal bisa balik. Tapi kesalahannya di sini, ibu tertipu oleh seller dengan dalih akan mempercepat proses pembatalan transaksi yang sebenarnya adalah proses transfer uang dari shopeepay ke bank nobu. Ibu melakukan transfer uang dari shopeepay ibu ke bank nobu dengan men scan kode QR yang diberikan penipu ke ibu melalui chat WA yang mana proses tersebut merupakan diluar transaksi pembelian hp yang dilakukan ibu di shopee atau bisa dikatakan transfer langsung antar bank (dari shopeepay ke bank nobu). Karena transaksi transfer uang tersebut dilakukan oleh ibu sendiri kemungkinan shopee tidak bisa bantu untuk mengembalikan dana yang ditransfer tersebut, mungkin ibu bisa melakukan proses pelaporan penipuan ke shopee dan ke bank nobu untuk proses penindakan. Semoga setelah itu ibu bisa mendapatkan solusinya.

    • 28 Juni 2021 - (07:56 WIB)
      Permalink

      Aduh udah lama jg mbak kejadiannya hampir sebulan….serpertinya Shopee ni LEPAS TANGAN.membuat korban TIDAK ADA SOLUSI…..SELAMAT

      11
    • 28 Juni 2021 - (08:58 WIB)
      Permalink

      Udah langsung sy lapor ke shopee tp shopee bilang kalo uang tidak bisa dibalikin…kemaren sihshopee telp rencananya mau kasih saya uang ..tapi sekarang ndak jadi lagi….kok berubah terus si shopee

      11
  • 28 Juni 2021 - (08:01 WIB)
    Permalink

    Aku tahu …kalo udah terlanjur trasnsfer masa iya SHOPEE TIDAK BERTINDAK? KAN ANDA SEKALIAN ORANG PINTAR….INI YG KUTANYA.APAKAH SHOPEE TIDAK MAU BANTU KONSUMENNYA?ATAU PELUANG AMBIL KESEMPATAN???

    1
    10
    • 28 Juni 2021 - (08:34 WIB)
      Permalink

      Kalau bantu untuk pengembalian dana baik shopee maupun bank nobu kemungkinan besar tidak bisa bantu karena perkaranya merupakan tanggung jawab nasabah bukan kesalahan sistem bank. Mereka hanya bisa bantu penyerahan data-data penipu untuk bantu penyelidikan polisi kalau memang sudah ada laporan penipuan resmi dari polisi yang ibu lampirkan saat melakukan pengaduan ke pihak shopee dan bank nobu. Dan saya sarankan setelah melakukan pelaporan ke kedua instansi tersebut, ibu wajib selalu follow up atau selalu menanyakan progres atau kemajuan kasus yang dilaporkan ibu terutama ke pihak bank nobu karena uang terakhir ada di bank nobu.

      9
      1
      • 28 Juni 2021 - (08:46 WIB)
        Permalink

        Jadi tidak bisakah SHOPEE berperan mMEMBEKUKAN DANAKU MBA?kan kelihatan penipu itu misscall terus.tandanya kan danaku dibekukan shopee?

        • 28 Juni 2021 - (09:13 WIB)
          Permalink

          Di jumlah saldo shopeepay ibu masih ada saldo yang 1jt itu? Kalau dilihat di gambar yang terakhir, dana 1jt berhasil ditransfer ke rekening a/n makmur mandiri dengan bank nobu, yang berarti dana sudah berhasil dialihkan dari shopeepay ke bank nobu, jadi tidak ada dana yang bisa dibekukan karena berdasarkan keterangan tersebut uang sudah masuk ke bank nobu. Ibu sempat mengangkat panggilan si penipu setelah transfer uang memalui kode QR? Itu jawaban penipu setelah ibu bilang kalau seller adalah penipu balasannya apa?

          • 28 Juni 2021 - (09:17 WIB)
            Permalink

            Saya tidak angkat..tapi misscall terus sampai jam sepuluh

          • 28 Juni 2021 - (09:29 WIB)
            Permalink

            Kayaknya penipu itu gelisah sampai malam misscall saya..dugaan saya akibat saya cepat lapor ke cs shopee

        • 28 Juni 2021 - (09:36 WIB)
          Permalink

          Di jumlah saldo shopeepay ibu masih ada saldo yang 1jt itu? Kalau masih ya berarti berhasil dibekukan, tapi kalau dilihat digambar terakhir itu dananya sudah berhasil dipindahkan ke bank nobu.

      • 28 Juni 2021 - (09:49 WIB)
        Permalink

        Wah enak kalo gini pantas saja penipu dishopee kebal. Ndak ketahuan uangx kemana

        • 28 Juni 2021 - (10:04 WIB)
          Permalink

          Kalau memang mau mengusut ya ibu buat laporan penipuan ke kepolisian setempat lalu lampirkan ke pengaduan shopee dan bank nobu. Pihak shopee dan bank nobu tidak bisa melakukan tindakan kalau tidak ada laporan resmi dari kepolisian yang dibuat oleh korban. Kalau cuman menulis di sini ya ga akan kelar, toh sepertinya CS shopee maupun bank nobu ga aktif untuk membantu di sini.

          • 28 Juni 2021 - (10:23 WIB)
            Permalink

            Oo gitu mba..harus lapor polisi ya..terus uang kita begitu cepat digasak ma penipu..lewat shopeepay kan keliatan dy yg lewatnya.apkh shopee tidak bisa wakilkan?cepat diambil penipu dong mba.kepolisi lama banget….moga polisi baca langsung dah artikel ini.ah payah…moga jadi bahan MASUKAN POLISI UNK BANYAK KASUS DI SHOPEE…YG SELALU MERESAHKAN WARGA….BEGINI LIKU2NYA KEJAHATAN YG ADA KALO TIDAK DIBERANTAS KAN KASIHAN

            1
            10
          • 28 Juni 2021 - (10:42 WIB)
            Permalink

            Kan si penipu mengambil uang ibu di shopee pay pakai akun ibu, jadi ya di sistem shopee tercatatnya ibu sendiri yang melakukan transfer ke rekening bank nobu si penipu. Pihak shopee dan bank nobu tidak punya hak untuk membeberkan ataupun melihat data-data nasabahnya semena-mena, makanya saya sarankan untuk buat laporan penipuan ke kepolisian lalu serahkan saat mengadu ke shopee dan bank nobu. Barulah pihak shopee dan bank bisa membuka dan mengecek data-data si penipu yang kemudian bisa digunakan untuk melacak si penipu. Memang bakal lama prosesnya apalagi kalau ga rajin tanya perkembangan kasusnya, bakal berhenti di tengah jalan. Memang seperti itu kalau di Indonesia mah hehe…

          • 28 Juni 2021 - (13:03 WIB)
            Permalink

            Pengen ikutan komen, tp ibunya galak plus keras kepala. Padahal udah dijelasin sedetai detailnya sama tmen²
            Apalg bandinginnn trus sama yg ijo, klu gitu stop ajalah bu pakai shopee. Sy udah 7 thn pakai shopee gk pernah namanya ktipu, alhamdulillah. Penipuan itu trjd jg krna ksalahan korban yg mudah percaya..padahal jlas² udah dikash pringatan, jangn memberikan kode OTP, buka link smbarangan, mash aja ngeyel. Syukurnya ortu sy klu dapat sms kagak jlas, disuruh buka link, isi ini itu, slalu tanya dulu k saya. Sbnarnya hal² yg berbau pnipuan gampang kok dikenaliny, tp balik lg kitanya bisa sadar itu pnipuan atau gak
            Apalg dlm kasus ini, ibu udah kash kunci rumah ibu ke maling, walaupn lapor polisi belum tentu malingnya ktangkap. Jd kan saja pembelajrn bu..andaikan ibu blanja di yg ijo pun, klu tindakan ibu jg sama memberi otp, ya wassalam jg, krna ksalahan memang brawal dari ibu
            Pihak ijo memberikan pringatan pd toko² tertentu jg krna adanya laporan dr konsumen, di shopee jg klu toko tsb dilaporkan, pastinya bakal di bekukan, tp tdk mnutup kmungkinan dia buat toki baru lg dgn data orang lain

            11
  • 28 Juni 2021 - (08:02 WIB)
    Permalink

    Naa KALO AMBIL KESEMPATAN DALAM KESEMPITAN YA WASSALAM DAH UANG TSB……

    1
    9
    • 28 Juni 2021 - (09:57 WIB)
      Permalink

      kalau masalah ginian si itumah salah si pembeli nya ngapain ngirimin kode otp ke si penipu nya jelas” kan dari pihak shopee sudah ada peringatan sebelum belanja ( jangan berikan kode otp ke siapapun atau ke pihak shopee juga atau pihak ke tiga conto whatshapp )
      tergiur hp murah mana ada segitu barunya juga hadehhh bu bu …..

      6
      1
  • 28 Juni 2021 - (08:47 WIB)
    Permalink

    Tidak bermaksud merendahkan atau menghina golongan tertentu, tapi jika dilihat dari iklan dan promosi yang digunakan Shopee mereka memang mengincar customer middle/lower income. Yang mana memang golongan terbesar di Indonesia yang juga sayangnya belum sepenuhnya paham internet, digital literacy masih rendah. Ya itu yang dimanfaatkan para penipu,keluguan dan ketidak tahuan customer. Marketplace mana aja sama, di Tokped saya sudah 10 thn dan dgn berbagai kendala juga, namun saya paham bagaimana solusinya. Jadi selalu selesai tanpa kerugian.
    Semoga tidak terjadi lagi seperti ini.

      • 28 Juni 2021 - (08:58 WIB)
        Permalink

        Iklhaskan saja ibu, jadikan pelajaran. Ya itung2 itu SPP sekolah kehidupan. Ibu nurutin pelaku yang intinya itu transaksi diluar Shopee, jadi shopee juga tidak bisa tanggung jawab ibu. Ikhlaskan saja, memang itu uang banyak apalagi jaman seperti ini. Tapi nasi sudah menjadi bubur

        8
        1
          • 28 Juni 2021 - (09:02 WIB)
            Permalink

            Ya kalo memang begitu tunggu aja ibu, biasanya Shopee ngasih voucher kl kejadian gini. Syukurlah kalo uang bisa balik lagi.

          • 28 Juni 2021 - (09:21 WIB)
            Permalink

            Di MP Ijo juga sama, ada aksi pencurian data OTP karena sistem loginnya sama

  • 28 Juni 2021 - (08:47 WIB)
    Permalink

    Jadikan pengalaman Buu ibu juga sih ada kelalaian belanja pake aplikasi tapi chat via wa kirim barcode shoppe ibu lagi yah udah wasalam dana cair

    5
    1
  • 28 Juni 2021 - (09:09 WIB)
    Permalink

    Ia kemaren Shoppe bilsng mau balikin uang saya via telp asal jangan menjelek2an shopee..saya bicara apa adanya kok

  • 28 Juni 2021 - (09:14 WIB)
    Permalink

    Shopee telp saya pak nnt akan dikembalikan uangx ..tapi kenapa ibu lapor ke media konsumen katanya…saya disuruh hati2 bicara ini kan pencemaran nama baik

    • 28 Juni 2021 - (09:31 WIB)
      Permalink

      Ya syukur bu kalo shopee mau ganti, ibu jawab aja “kalau sudah diganti uangnya, nanti saya perbaiki artikel di media konsumen”. Kalau pihak shopee setuju ya syukur deh bu, walaupun mungkin ga 100% penggantiannya.

      1
      3
      • 28 Juni 2021 - (10:34 WIB)
        Permalink

        Itu fikiran yg naif ka99….mana mungkin shopee mau balikin uang dgn semua komen yg bilang saya yg salah….hukum dunia ini namanya tunggu dah diakherat sejatinya siapa yg benar dan salah

        12
  • 28 Juni 2021 - (09:14 WIB)
    Permalink

    Bu. Saya juga pengguna shopee. Sudah lama malah. Tapi aphamdulillah semuanya aman” saja selagi kita mengikuti syarat dan ketentuan yg berlaku. Dan kalo terjadi masalah dan lapor, pihak cs selalu menindaklanjuti ko. Selalu dikasih solusi. Dalam kasus ibu yg pembatalan pembelian hp murah itu, itu cs udah ngasih solusi bu. Untuk menunggu 2×24 jam setelah ibu klik batal kalo emang penjual ga merespon. Harusnya ibu sabar dan nunggu aja. Nanti jg uangnya balik otomatis kalo penjual ga merspon. Dan kalopun barangnya di kirimkan penjual tp ternyata isinya sabun dll ya ibu bisa ajukan pengembalian barang ke warehouse shopee dengan menyertakan bukti berupa video atau foto barang tsb. Pihak warehouse shopee jg pasti menerima pengajuan pembatalan ibu kalo buktinya kuat. INTINYA UANG IBU BISA KEMBALI KALO IBU MAU SABAR. Kalo masalah shopeepay ilang karna akun dibobol, itu salah ibu sendiri yg teledor ngisi link dr si penipu dg embel” pengiriman cepat. Ngasih kode QR lagi. Enak banget itu penipu dikasih kunci rumah buat ngebobol uang. Wkwk jadi sy pastikan uang shopeepay yg ilang itu gaakan bisa kembali. Karna itu murni kesalahan ibu yg teledor. Sabar aja bu, ikhlas. Jadiin pelajaran berharga untuk ke depannya. Biar ga gampang ditipu orang lagi. Karna jaman sekarang kedok penipuan udah makin canggih.

    • 28 Juni 2021 - (09:24 WIB)
      Permalink

      Ya mba saya faham..jadi walaupun pake shopeepay shopee ndak mau tau gitu y? Beda jadinya dg langkah2 jika kita ditipu kt sendiri yg ke bankx..masalah disini tidak bisa Shopee mengusutkan ke bank nobu..menurut yg saya baca pemerintah bilang shopee juga ikut bertanggung jawab jg

  • 28 Juni 2021 - (09:28 WIB)
    Permalink

    pengalaman emang mahal yaudah gimana lagi, lain kali baca2 dulu caritau dulu gimana cara transaksi dan otp

  • 28 Juni 2021 - (09:35 WIB)
    Permalink

    Ibu sudah melakukan KESALAHAN BESAR karena telah memberikan OTP via whatsapp kepada si penjual/penipu yang mengaku dari shopee.

    Shopee sudah berulang kali mengingatkan untuk TIDAK PERNAH memberikan OTP kepada siapapun.
    Jadi maaf ini murni kesalahan ibu sendiri.

    • 28 Juni 2021 - (09:53 WIB)
      Permalink

      Bukan jebakan maut penipu sama costumernya mba ..itu berperan besar disemua kasus yg kubaca

  • 28 Juni 2021 - (09:48 WIB)
    Permalink

    Biasalah kalo udah ketipu di Shopee, minta tanggung jawabnya sama Shopee, bagus²in tokopedia, ntar kalo udah ditipu di Tokopedia minta tanggung jawabnya sama tokopedia, jelek2in Shopee. Padahal ditipunya jelas2 di whatsapp.

    14
    • 28 Juni 2021 - (10:26 WIB)
      Permalink

      Mantapz,, harusnya whatsupzz yang di salahin😁😁 kenapa tidak mencurigai adanya percakapan penipuan🤣🤣
      Salah sendiri gak sabaran dan teledor,,
      Tapi kukuh nyalahin Pihak Lain..
      Go**ok

      13
      1
  • 28 Juni 2021 - (10:02 WIB)
    Permalink

    Dikasih tau ngeyel… Temen” Dsini udh kasih tau kesalahan mba dan sudah terlanjur… Lain kali baca ketentuan dan aturan saat belanja online… Sya pikir semua ecomerce kurang lebih sama… Be smart buyer tidak ada yg salah dengan sistemnya tapi diri sendiri kurang hati” Dan tidak waspada… Gk usah bikin pembenaran terima saja kesalahan mba memang begitu adanya. Saran saya next liat rating penjual dan jngan pernah nurutin apapun arahan yg sekiranya sudah melati batas aturan e-commerse tsb… E-commerse gk akan bisa bantu mba karna kesalahan mba diluar wewenangnya dan pdhl sudah tertulis jelas di aturan yg ada.

    10
    1
  • 28 Juni 2021 - (10:16 WIB)
    Permalink

    pelajarn sekali lagi buat pembeli di shopee
    harus smart

    lagi2 tuk kesekian kali kasus penipuan di shopee gegara klik suspicious link

    pelajaran yang bisa dipetik
    jangan sekali2 klik link apapun jika pembeli belum menerima pesanannya sampai di tangan
    termasuk kasih kode2, QR code, dll. mohon jangan diberikan

    pelajaran abru juag buat saya yang kadang2 gak nyadar klik2 link sembarangan

    semoga jadi pelajaran bersama

    4
    1
  • 28 Juni 2021 - (10:30 WIB)
    Permalink

    Anda berkomunikasi bukan dishopee ,ya pantaslah pihak shoppe tidak mau bertanggung jawab ,,kalo mau promo pakai aplikasinya, jangan lewat WhatsApp ,untung bukan akun anda yang keambil ,apalagi ada spylaternya ,waduh kalo udah begini no komen ,, semoga Allah memberi pengganti nya buat bunda

    4
    2
  • 28 Juni 2021 - (11:01 WIB)
    Permalink

    HhhhaAAHA BEda jauh sama hukum AGAMA YA temen uang tu mah diselidiki asalnya dari mana dan kemana,,,ini Mah HUKUM OTP DIATAS SEGALANYA…..OK DAH

    10
    • 28 Juni 2021 - (11:26 WIB)
      Permalink

      Agama jg mengajarkan untuk berilmu agar menjadi manusia yg cerdas dan terima kesalahan lalu introspeksi… Jd manusia kolot bin bebel itu gk baik loh yakin wkwk

      13
    • 28 Juni 2021 - (11:34 WIB)
      Permalink

      Jangan bahas bahas agama. Sedangkan anda melakukan tindakan haram.

      Sengaja isi saldo di ShopeePay, berharap belanja lebih murah adalah tindakan Haram.

      Semua Dompet Digital prinsipnya sama, mencukupi selisih bayar dengan Uang Riba.

      4
      2
    • 28 Juni 2021 - (12:02 WIB)
      Permalink

      Haduhhh ini kepala ibuknya keras amat
      Buk BANGUN BUKK
      Sifat ibuknya ini kayaknya keras kepala , maunya menang sendiri
      INGAT KODE OTP ITU KAYA KUNCI RUMAH
      KALO IBUK KASIH KE ORANG LAIN (WALAUPUN BUKAN PENIPU) ITU SALAH
      YA MASAK IBUK NGASIH KUNCI RUMAH IBU SENDIRI KE ORANG LAIN yangkenal aja mikir-mikir apalagi yang ga kenal

      13
      1
    • 28 Juni 2021 - (17:02 WIB)
      Permalink

      ibuk ini pasti jenis ibuk2 yg naik motor belok kanan tapi retingnya kekiri. ketabraklah. jangan bar bar dong. hati2 dijalan

  • 28 Juni 2021 - (15:23 WIB)
    Permalink

    Ini 100% murni kesalahan pembeli. Ada harga ada barang, ga mungkin hp bagus harganya ga wajar. Lebih waspada lagi

  • 28 Juni 2021 - (16:52 WIB)
    Permalink

    Viralkan shopee uninstall dari sekarang turunkan ratingnya,masa perusahaan sebesar shopee tidak mau tanggung jawab atas kasus penipuan ini, sama halnya dengan saya yang sudah ketipu,shopee tidak mau tanggung jawab… Viralllkan

    • 29 Juni 2021 - (11:14 WIB)
      Permalink

      Klo blm tau ttg kebenarannya anda jgn memprovokasi bro…ente pernah ketipu apa di shopee? Buktinya valid gk?

  • 28 Juni 2021 - (18:11 WIB)
    Permalink

    Sudah ya teman teman masalah saya dg shopee telah diselesaikan dengan baik…saya diberitahu mengenai kode otp yg tidak boleh sembarangan dikasikan ke orang. Jadi teman saya sudahi ya…terima kasih…itu memang kesalahan saya….jadi saya mohon maaf jika ada kata2 yg buat emosi……

    2
    8
    • 28 Juni 2021 - (18:37 WIB)
      Permalink

      Cobalah penipu itu sekali sekali mampirlah ke Media Konsumen ini.

      Bacalah penderitaan orang orang yang sudah kalian tipu.

      Mereka manusia, sama sepertimu, mereka juga tinggal di negerimu. Perut lapar memang sakit, tapi jangan karena untuk menghilangkan rasa lapar malah kalian menyakiti orang lain dan membuat lapar orang lain.

      Tobatlah penipu, sudahi saja, tidak mungkin menipu menjadi cita citamu. Apa cita citamu waktu kecil. Pasti bukan untuk menipu.

      Ingatlah saat sakit betapa tidak berdayanya tubuhmu. Kalian penipu pasti pernah sakit. Ada kesembuhan tentunya ada kesempatan untuk bertobat. Jangan pakai kesempatan ini untuk berbuat jahat.

      Sudahi sajalah, cukup cukup cukup.

      • 29 Juni 2021 - (11:10 WIB)
        Permalink

        Klo d lihat drpd kejadian ini, sy yakiin 100% kesalahan itu dr ibu sndiri krn yg d perlihatkan hanya bukti transfer yg blm d approved oleh shopee namun krnbtdk sabar akhirnya si ibu mengambil jalan pintas via WA..naah efeknya dtanggung sendiri namun d sisi lain ibu ini bisa terjerat pasal pencemeran nama baik yg mana tlah menggunakkan media utk menskreditkan pihak lain yg padahal itu adalah sebuah keteledorannya sendiri…

        6
        1

 Apa Komentar Anda mengenai pengalaman ini?

Ada 145 komentar sampai saat ini..

Modus Penipuan oleh Penjual di Shopee

oleh Fitri dibaca dalam: 2 menit
145