Didatangi DC Andalan Finance karena Pembayaran Tak Kunjung Diinput ke Sistem

Saya nasabah Andalan Finance dengan nomor kontrak 117115180624. Saya mau menceritakan kejanggalan sistem Andalan Finance yang dapat merugikan nasabah.

Pertama, saya sebagai nasabah sadar akan kewajiban untuk membayar angsuran. Pada bulan-bulan sebelumnya saya sempat menunggak pembayaran. Namun pada bulan berikutnya saya tetap bayar per bulan sesuai dengan angsurannya. Dari bulan Oktober 2020 sampai bulan Mei 2021 pembayaran lancar, ter-input tanpa ada kendala..

Namun tiba-tiba beberapa minggu lalu, datanglah 3 orang yang mengaku sebagai  debt collector Andalan Finance, menanyakan pembayaran angsuran saya. Saya dan keluarga kebingungan, karena untuk bulan Juni 2021 sudah kami bayarkan melalui transfer ke PT Andalan Finance (dokumen terlampir) dan bulan sebelumnya itu juga saya transfer ke rekening yang sama.

Akan tetapi untuk pembayaran saya yang bulan Juni 2021 ini DC bilang tidak terinput dan saya disuruh datang ke kantor. Kondisi saya saat ini sedang isolasi mandiri. Melalui percakapan telepon, DC Andalan Finance tetap memaksa saya untuk klarifikasi perihal pembayaran ke kantor.

Menurut saya ini murni bukan kesalahan saya, melainkan kesalahan sistem Andalan Finance. Karena saya sudah lakukan transfer dan bulan sebelumnya lancar-lancar saja. Setelah percakapan melalui telepon dengan DC Andalan Finance, beliau mengatakan nomor kontrak saya diblokir. Ini kedua kalinya saya ditelepon oleh DC dan mengatakan nomor kontrak saya diblokir.

Beberapa bulan yang lalu, pernah saya mengalami ini dan DC meminta uang untuk membuka blokiran nomor kontrak saya itu. Logikanya, daripada saya bayar itu mending saya bayar cicilan angsuran saya dong.

Singkat cerita, saya mencium modus yang sama terkait hal, yang nanti ujung-ujungnya DC akan meminta uang buka blokiran tsb. Anehnya bulan-bulan kemarin saya masih bisa melakukan pembayaran kok.

Ini sudah akhir bulan, pembayaran saya yang bulan Juni 2021 belum juga masuk ketika saya cek melalui aplikasi Andalan. Saya sudah email juga, no respon. Saya mau melakukan pembayaran untuk bulan ini pun ragu, karena DC juga ujung-ujungnya akan datang ke rumah.

Mohon respon dari pihak Andalan Finance, terutama cabang Pondok Pinang.

Nanda Olivia
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Besar sekali mbak pinjaman nya,tapi memang banyak kasus sudah bayar tetap DC datang menagih dengan alasan seperti itu blok aja mbak gak udah di respon itu mah pemerasan

    • harus di selesaikan mbak, nanti malah masuk ke tagihan di sistem, plus kena denda oleh pihak finance, barang bisa di sita paksa, padahal udah bayar. ini sih murni kesalahan finance. konsumen bisa masuk bi checking mbak nantinya, gak akan bisa ambil kredit lg

      • memang mau diselesaikan,cuma yg saya malas sy dsruh datang ke kantor mereka tapi bertemunya dengan mereka juga utk apa??sama saja sy masuk kandang macan kalo gitu,karna pasti mereka beramai ramai..

        • mbak, harusnya bisa di selesaikan lewat cs dgn kasih bukti pembayaran, kalau gak bisa, berarti buruk sekali itu pelayanannya.

    • iyaa kak itu cicilanan mobil jadi lumayan besar memang...
      yg bikin ga nyaman itu sehari bisa dua kali balik mba DCnya malah terakhir jam 7 malam dateng kerumah..

  • Itu karena penegak hukum masih matre... pernah gak denger finance di hukum karena seperti ini?.. gak bahkan yg lebih parah jg OJK diam saja... jadi wajar mereka seenaknya... OJK itu paling omong ini itu aturan ini aturan itu.. dilanggar DC dan finance...diaaaam saja... ntar ngomong lagi..jadi intinya OJK itu cuma ngomong tanpa berani bertindak..

    • kalo ngomongin OJK kayanya memang tutup mata deh dengan halhal dibawah kaya gini..
      jadi ya konsumen aja yg dirugikan..

  • Selesaikan langsung datang ke kantor andalan finance wilayah anda, jgn ke gubuk DC.

  • Semoga cepat selesai ...dan jangan lagi pernah pinjam atau kredit apapun yg ada bunganya lebih baik tidak punya tapi hidup tenang