Pelayanan Warung Ayam Taliwang Dekat SLG Kediri Sangat Mengecewakan

Hallo semua,

Pagi tadi saya bermaksud untuk pesan sekitar 32 nasi kotak untuk makan siang di Ayam Taliwang, Jl. Erlangga, Joho, Tugurejo, Kec. Ngasem, Kediri. Saya pesan via telpon karena masih berada di Surabaya dan tersambung dengan admin yang menawarkan Paket A seharga 27.000 dan Paket B seharga 35.000.

Saya tertarik dengan paket B dan mencoba nego untuk menyesuaikan budget, lalu dikasih harga 33.000. Saya tanya lagi apakah masih bisa turun lagi jika setting kelengkapan menunya dikurangi yang penting lauknya tetap. Katanya mau ditanyakan dulu ke team dapur dan telpon ditutup.

Setelah itu, ada chat WA masuk yang menginfokan kalau harga ternyata tidak bisa turun jadi tetap 35.000 per paxnya sudah termasuk kotak nasi dan kelengkapan lainnya. Lalu saya telpon lagi, menanyakan kok bisa bisa tadi sudah kasih harga 33.000 tiba-tiba kembali ke 35.000. Admin tersebut menyarankan agar saya langsung berbicara dengan team dapur, karena dia tidak bisa memberikan keputusan.

Saya tersambung dengan team dapur bernama Fa****h (mungkin supervisor dapur). Saya menyampaikan ulang apakah harganya bisa dikurangi jika setting menunya dirubah/dikurangi asal lauknya tetap atau setidaknya sesuai harga yang diberikan tadi yaitu 33.000. Dia bilang tidak bisa, malah untuk nasi kotak ada tambahan charge 1.500 jadi harga totalnya menjadi 36.500, dan harga finalnya diberikan 36.000.

Sayapun kaget kenapa justru harganya semakin naik, dari 33.000 menjadi 35.000 lalu berubah naik lagi jadi 36.000. Fa****h pun menjelaskan panjang lebar dan bilang (-+), “Harga tetap 36.000 kalau mau silakan, gak mau ya sudah!” Kalimat itu disampaikan dengan nada yang seolah hanya disana tempat pesan nasi kotak.

Sayapun menegurnya agar tidak berbicara seperti itu kepada pelanggan dan dia minta maaf dengan nada ogah-ogahan jadi kata maaf hanya seperti formalitas saja. Lalu saya info kalau saya mau pesan lewat admin saja yang menurut saya lebih enak diajak bicara, dan telpon usai.

Saya telpon lagi dengan harapan admin yang mengangkat, tapi ternyata tetap si Fa****h yang mengangkat. Sekali lagi saya minta agar telponnya diberikan kepada admin tapi dia bilang admin sedang tidak ada, sungguh alasan konyol dan kuno.

Sayapun menceritakan kronologi saya pesan dengan admin tadi, tapi bukannya didengarkan malah dia nyrocos menegaskan bahwa harga finalnya tetap di 36.000, bahkan sayapun tidak sampai meneruskan apa yang ingin saya sampaikan karena dia ngomong terus. Disini saya semakin emosi, saya kasih tahu agar kalau ada orang ngomong itu dengarkan dulu. Ternyata telpon malah ditutup begitu saja olehnya, sungguh sangat tidak sopan sekali si Fa****h ini.

Lalu saya chat lagi dan info bahwa saya mau pesan lewat mbak admin saja. Dan dibalas (-+), “Pesan lewat admin atau Fa****h sama saja, harganya tetap 36.000. Kalau jadi silakan gak jadi gak apa-apa.” Sungguh syok saya kata-kata ajaib itu muncul lagi dalam bentuk chat setelah tadi saya komplain waktu bicara langsung.

Apakah ini sengaja memancing emosi pelanggan? Sayapun menjawab bahwa itu bukan soal harga, tapi saya merasa Fa****h ini tidak bisa diajak komunikasi dengan baik tapi malah bikin emosi. Mereka cuma balas, “Ooo.”

Saya masih coba sabar dan coba beberapa kali telpon tapi gak diangkat, sampai saya chat lagi menanyakan apakah adminnya sudah kembali, karena saya mau pesan lewat admin yang menurutku lebih enak diajak ngomong. Tapi nihil, telpon gak diangkat dan chat gak dibalas meskipun dibaca.

Terima kasih untuk Ayam Taliwang Tugurejo Kediri yang telah menolak saya dengan cara kalian. Kalian mengabaikan saya yang berniat pesan 32 nasi kotak seolah saya tak mampu bayar karena saya sempat nego harga. Memang bukan angka yang besar dan customer bukanlah Raja, tapi kami bisa memilih ke tempat lain yang lebih nyaman. Dan hari ini akhirnya pesanan nasi kotak saya alihkan ke Nasi Uduk P** yang pelayannya sungguh sangat ramah kepada customer.

Untuk Ayam Taliwang terkait, tolong dibina dan ditraining lagi pegawainya, terutama si Fa****h agar tidak terlalu congkak dalam berkomunikasi dengan pelanggan. Jangan hanya karena sedikit jabatan lalu seenaknya kepada customer, nego harga bukan berarti customer tidak punya uang untuk membeli dagangan kalian. Karena kalian tidak akan pernah tahu siapa yang akan jadi customer kalian nanti, jangan lihat dari casingnya saja. Selain itu setiap pegawai entah lama atau baru harusnya punya standar yang sama dalam memberikan harga, jangan plin-plan lempar sana sini, dan itu perusahaan harus berani bertanggung jawab jika ada kesalahan info harga.

Sekedar tambahan menurut review google juga ada beberapa pelanggan yang memberikan rating jelek karena pelayanan di sini yang kurang baik dan mengecewakan. Semoga ini bisa menjadi perbaikan kedepannya untuk Ayam Taliwang terkait.

Saya berharap tulisan ini juga bisa menjadi teguran buat semua lini usaha agar bisa selalu memberikan pelayanan yang prima kepada semua pelanggannya.

Terima kasih.

Jumiat Trianto
Surabaya

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:8    Rata-Rata: 2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

13 komentar untuk “Pelayanan Warung Ayam Taliwang Dekat SLG Kediri Sangat Mengecewakan

  • 6 November 2021 - (18:21 WIB)
    Permalink

    Saya rasa pihak resto tak akan
    Memberikan klarifikasi apapun
    Karena mereka sedang sibuk nyabut
    Bulu ayam pak
    😀😀😀

    5
    2
  • 6 November 2021 - (20:29 WIB)
    Permalink

    Dari chat, 7 kali pihak RM *memohon* maaf.

    Barangkali dianggap kurang & harus *memohon* maaf lewat 2 halaman penuh surat kabar nasional.

    Harga belum deal, harga yang *salah* pun masih minta nego ulang yang ternyata ada faktor human error, & bahkan belum ada pembayaran malah minta pertanggungjawaban.

    Masalah siapa yang kasar duluan (entah memang akibat staffnya yang attitudenya kurang atau mungkin seseorang yang tidak bisa menerima kenyataan & penjelasan bahwa ada kekeliruan dalam pemberian harga awal & memaksa pihak RM *harus* memberi harga yg salah ucap tersebut), tanpa ada transkrip/bukti pembicaraan ya gw pribadi gak akan menghakimi salah satu pihak.

    6
    1
    • 6 November 2021 - (23:30 WIB)
      Permalink

      Terima kasih untuk opininya, tujuan tulisan ini bukan untuk membuat atau meminta mereka meminta maaf maupun klarifikasi dan saya juga tidak meminta pertanggungjawaban apapun dari mereka, saya hanya share pengalaman yang sangat mengecewakan bagi saya ini agar mereka bisa berbenah kedepannya.
      Yang saya keluhkan adalah bukan berapa harganya, tapi ada beberapa hal yaitu:
      1. Informasi harga yang berubah2. Saya nego harganya pun juga masih tahap tanya misal jika sett menunya di rubah, bukan minta sett menu full paket tapi harga turun. Oiya saya sempat ditawarkan harga 30.000 ribu untuk paket seperti lauk di paket A yang awalnya di tawarkan dengan harga 27.000.
      2. Nada sinis dari team dapur yang bernama Fa****h waktu berbicara dengan saya, sampai ketika telpon dimatikan secara sepihak ketika saya masih berbicara. Padahal pas saya negoan harga dengan admin kita ngobrol enak, bahkan ketika admin nginfo salah harga, saya tidak marah dan saya di arahkan ngomong langsung dengan team dapur. Kalau saya marah, saya pasti marah ke admin yang memberikan salah harga pertama kali, tapi saya sangat memaklumi itu, bahkan ketika diinfo harga gak bisa turun saya masih chat baik2 menanyakan nomor hp team dapur yang sekiranya bisa membantu saya, tapi ternyata saya dihubungi oleh nomor yang sama tadi hanya beda orang yang bicara dan saya kembali menanyakan apakah bisa kurang harganya jika setting menunya berubah. Tapi nada dan kata2nya menurutku sangat kurang nyaman di dengar.
      3. Perlakuan abai ketika saya mau pesan, dimana saya sudah info waktu telepon dan chat kalau saya tidak mempermasalahkan harganya lagi, tapi saya mau pesannya lewat mbak admin saja yang menurutku lebih enak diajak bicara. Nah ya jelas saya belum bayar karena mau pesan aja di abaikan. Tapi perlu diketahui bahwa sejak awal telpon saya sampaikan pembayaran akan segera saya lakukan setelah deal harga. Dan itu juga yang saya lakukan di tempat lain aku pesan.

      Terima kasih.

      5
      5
  • 7 November 2021 - (05:51 WIB)
    Permalink

    mudah-mudahan baik restoran atau pembeli diberi rejeki berlimpah. agar pembeli tidak pusing lagi minta diskon pas beli makanan, dan pihak resto bisa memberikan tambahan diskon untuk pembelian partai besar untuk orderan selanjutnya

    3
    2
  • 7 November 2021 - (11:11 WIB)
    Permalink

    Dichat pihak resto sudah minta maaf, dengan dimuatnya screenshot tersebut di MediaKonsumen saya rasa sudah cukup. Tinggal TS yang lapang hati atau tidak menerima permintaan maaf tersebut.

    2
    1
  • 7 November 2021 - (14:05 WIB)
    Permalink

    Dih, apa nikmatnya makan makanan yg didiskon 2000 secara tidak rela oleh penjual?

    Pesen 32 box, berarti dsikon 64 rb. Ya ampun, udah pesan via telpon, minta diskon pula. Saya klo jualan ketemu customer gini, dan saya jadi pemilik, saya juga bakal bilang “beli aja ditempat lain kak”.

    lu kalau suka makanannya, ya lu pasti beli 36 rb. Mungkin lu tipe pembeli yg gak puas klo gak dapat diskon ya?

    ceritain lagi donk akhir nya beli dimana dan dapat harga brp? Kalau gak mau cerita gpp, tp gw yakin dia beli ditempat lain lebih dari 35 rb per box. Wkwkwkk….

    apa nikmatnya makan dari diskonan yg dipaksa?? Renungkan itu.

    6
    3
  • 7 November 2021 - (14:33 WIB)
    Permalink

    pembeli adalah raja, pembeli harus berani menawar karena belinya banyak, menawar tidak perlu malu tidak perlu gengsi, ilmu dari orang china.

    1
    3
    • 7 November 2021 - (14:39 WIB)
      Permalink

      32 x 35rb = 1.120rb. andai dapat potongan harga 2rb/pcs maka 1.120rb – 64rb = 1.056rb. Satu orang order dg nominal 1juta itu bukan pembeli biasa, sayang sekali sudah pindah warung.

      • 7 November 2021 - (17:39 WIB)
        Permalink

        Sorry mas bro, saya makan ber 4 habis sejuta masbro. Bahkan berdua bisa sejuta. Sejuta itu uang yang kecil sekarang. Mungkin ente jualan es teh manis makanya sejuta itu besar.

        2
        5
  • 8 November 2021 - (13:50 WIB)
    Permalink

    Astaga Ini mah masalah hati sepertinya.
    Apa penulis meminta sekelas UKM melayani VIP? Mending anda istighfar semoga hati lebih lapang. Rezeki bertambah.

 Apa Komentar Anda?

Ada 13 komentar sampai saat ini..

Pelayanan Warung Ayam Taliwang Dekat SLG Kediri Sangat Mengecewakan

oleh Joe dibaca dalam: 3 menit
13