Anteraja Tidak Kunjung Mengirimkan Paket Saya, Hanya Melempar dari Hub Satu ke Hub Lain.

Pada tanggal 8 November 2021 dini hari, saya melakukan check out di official store salah satu toko elektronik melalui marketplace Tokopedia. Saat pemilihan ekspedisi, saya di-suggest oleh Tokopedia untuk memilih ekspedisi Anteraja, karena ada promo gratis ongkir.

Selama ini, saya tidak pernah ada masalah dengan ekspedisi manapun, jadi saya akhirnya memilih ekspedisi Anteraja untuk pengiriman paket saya. Siang hari Tanggal 8 November, status paket saya berubah dari menunggu konfirmasi menjadi menunggu dijemput kurir.

Tetapi, ternyata pada tanggal 8, paket saya gagal dijemput dan toko melakukan permohonan ulang, untuk dijemput pada keesokan harinya tanggal 9. Saya sudah cukup tenang mengetahui permohonan jemput berhasil. Sesuai estimasi dari marketplace Tokopedia, paket saya akan sampai sekitar tanggal 9 atau 10 November.

Pada tanggal 9 November sekitar pukul 14.00 atau pukul 2 siang, paket saya sudah berstatus “Parcel sudah tiba di SS Kota Jkt Pst – Bendungan Hilir untuk menuju ke hub”. Saya masih optimis paket saya akan segera sampai, mengingat alamat tujuan adalah di Jakarta Pusat, “Oh, sudah dekat” pikir saya waktu itu.

Pada tanggal 10 November, status paket saya tidak kunjung naik menjadi dibawa kurir. Lalu, muncul update sekitar pukul 11 siang “Parcel sedang diproses di Hub Jakarta Utara”, saya mulai was-was dan memutuskan menelepon CS Anteraja. Saya menjelaskan kronologis paket saya, dan berharap untuk segera dikirim. CS menjanjikan akan memasukan resi saya menjadi High Priority. Tidak ada update apapun pada tanggal 10 November setelah ini, dan pada tanggal 11 November sekitar pukul 3 dini hari, paket saya berubah status menjadi “Parcel sedang diproses di Hub Jakarta Timur”.

Di sini, saya mulai bingung dan panik kenapa paket saya seperti hanya dipingpong dari satu Hub ke Hub lain, tidak kunjung diantarkan. Padahal alamat yang saya berikan sangat jelas dan telfon saya selalu aktif. Saya memutuskan menelfon CS Anteraja lagi untuk menanyakan ulang, jawabannya sama “Sudah kami masukan menjadi High Priority”. Saat itu, saya bahkan menawarkan untuk mengambil langsung paket saya ke Hub atau gudang Anteraja jika diberikan alamatnya. Tapi, CS Anteraja beralasan bahwa Anteraja tidak memiliki opsi pengambilan mandiri.

Hasil Tracking Paket Saya. Dari Hari ke Hari, Paket Saya Hanya di Pingpong dari Satu Hub ke Hub Lain

Pada tanggal 12 November, hari terakhir dari estimasi 3×24 jam yang dijanjikan oleh CS Anteraja, paket saya kembali berubah status menjadi “Parcel sedang diproses di Hub Jakarta Utara”. Saya kembali dibuat bingung oleh proses pengiriman Anteraja, kenapa paket saya kembali ke Hub Jakarta Utara?

Saya kembali melakukan panggilan melalui telfon ke CS Anteraja, dan CS berjanji akan dimaksimalkan hingga Pukul 20.00 atau jam 8 malam. Tetapi, hingga waktu tersebut tidak kunjung ada pengiriman ataupun naik status menjadi dibawa kurir.

Pagi hari tanggal 13 November, saya kembali melakukan cek resi, dan status paket saya berubah lagi menjadi “Parcel sedang diproses di Hub Jakarta Timur”. Keheranan saya makin menjadi-jadi, kenapa paket saya balik ke Hub Jakarta Timur?

Saya akhirnya melakukan panggilan ulang ke CS Anteraja, dan diberikan jawaban sama seperti sebelum-sebelumnya, yaitu : Mohon menunggu, sudah kami masukan High Priority. Dan Anteraja kembali beralasan, karena sudah melebihi estimasi 3×24 jam, sudah kami daftarkan untuk proses investigasi, mohon menunggu lagi maksimal 3×24 jam, dan jika melebihi waktu tersebut, silahkan mengajukan klaim hilang.

Wah, enak sekali pikir saya saat itu, saya jadi berkeinginan untuk membuka jasa ekspedisi dan menghilangkan paket customer dan hanya meminta customer untuk menunggu berhari-hari dengan alasan investigasi tanpa ada kejelasan apapun, lalu customer diminta melakukan pengajuan klaim hilang, dan paling hanya mendapat penggantian 10x Ongkos Kirim.

Di sini, saya sudah mulai benar-benar kesal dengan eskpedisi Anteraja, yang tidak kunjung melakukan pengiriman, hanya mem-pingpong paket saya dari satu Hub ke Hub lain. Saat ditawarkan opsi untuk diambil mandiri, mereka tidak mempunyai opsi tersebut. Saat ditanyakan kapan akan dikirimkan, mereka menjawab mohon ditunggu, sudah dimasukan pelaporan dan lain-lain. Saya jadi “suudzon” dengan Anteraja, bahwa paket saya hilang oleh oknum Anteraja dan mereka hanya mengulur-ngulur waktu tanpa memberikan solusi ataupun itikad baik untuk menguhubungi saya.

Saya berpikir untuk tidak menyarankan orang-orang dekat saya ataupun teman-teman Media Konsumen untuk menggunakan ekspedisi ini, karena ekspedisi ini tidak jelas dan tidak amanah. Akhir kata, melalui Media Konsumen. Saya berharap pihak Manajemen Anteraja, dapat membaca surat saya, dan memberikan tanggapan serta kejelasan terkait paket saya. Saya sudah “bosan” menelfon CS yang memberikan jawaban template, dan saya yakin CS Anteraja juga sudah bosa menerima panggilan saya, karena saya memahami tugas CS hanya sebatas itu.

Akhir kata, terima kasih kepada Media Konsumen yang bersedia menayangkan surat saya. Dan kepada ekspedisi Anteraja, mohon kejelasannya untuk paket saya.

Wassalam.

Rosa R.
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Anteraja:
[Total:29    Rata-Rata: 2.2/5]
Tanggapan Anteraja atas Surat Ibu Rosa Rahmadany

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Ibu Rosa Rahmadany yang berjudul: “Anteraja Tidak Kunjung Mengirimkan Paket Saya, Hanya Melempar dari Hub...
Baca Selengkapnya

19 komentar untuk “Anteraja Tidak Kunjung Mengirimkan Paket Saya, Hanya Melempar dari Hub Satu ke Hub Lain.

  • 14 November 2021 - (19:38 WIB)
    Permalink

    Dari Jakarta ke Bali perlu waktu semingguan pas itu beli hp pakai Anteraja. Pokoknya bahaya dah, sejak hari itu saya memutuskan untuk tidak akan memakai ekspedisi Antaraja sebagaimana kurir yang sangat bobrok apalagi Customer Servicenya.

    Pakai Anteraja di Tokopedia, saat harga barang murah, jika barang mahal amit-amit pakai kurir Anteraja. Walaupun itu gratis.

    • 14 November 2021 - (21:53 WIB)
      Permalink

      Saya order ulang kak, tanggal 12 dengan opsi sameday, alhamdulillah kali ini langsung sampe. Order jam 8.30 – sampai jam 20.15. kepada kurirnya saya menanyakan paket saya, untung kurirnya baik, dan responsif (lebih reaponsif dari CSnya). Kurirnya minta no resi saya, dan membantu mengecek. Kata kurirnya sih, paket saya salah kode, sehingga di lempat ke Hub satu dan Hub lain karena merasa bukan lokasinya. Sore tadi dari hasil tracking paket saya di Hub tanah abang (alamat saya di gambir), kurir tersebut bilang insya allah akan diantarkan besok. Besok saya update lagi di sini kabar paket saya. Kakak followup terus ajah CSnya kak. Di nomer yg ada di web anteraja. Walau mereka ga bisa kasih solusi, atleast mereka notice kalau kita sebagai pemilik merasa was was. Highseason pasca 11.11 memang melonjak pemgiriman. Semoga paket kakak juga segera sampai yah.

  • 14 November 2021 - (20:06 WIB)
    Permalink

    Lalu bagaimana kelanjutannya kak?paket ya bagaimana?saya juga mengalami kasus yg sama, order tgl 12 sampai saat ini belum ad ahilal padahal next day

  • 14 November 2021 - (20:26 WIB)
    Permalink

    Saya sampe order ulang kak, barang yg sama di tempat yg sama 🙁 Pengirimannya ternyata anteraja lagi >_< Tapi kali ini sameday dan alhamdulillah langsung sampai.

    Saya sebenernya ga ada masalah dengan ekspedisi manapun. Pernah juga pake beberapa ekspedisi lain dan telat karena 1 atau lain hal. Tp biasanya mereka followup lewat Telfon atau WA masalahnya apa. Misal kesalahan penyortiran, atau masuk ke Hub lain. Yang penting bagi saya ada komuniksi dari pihak terkait bahwa paket saya ada, ga hilang, hanya terkendala masalah yg dijelaskan kepada saya masalahnya apa.

    Tp ini hanya saya yg berkali² menelfon CS dan diberikan jawaban template tanpa dijelaskan masalahnya apa. Benar benar tidak solutif. :((

      • 14 November 2021 - (23:16 WIB)
        Permalink

        Yang order pertama, belum sampai justru hingga hari ini :((( Yang order ke 2 karena pake sameday malah malamnya langsung sampai. CSnya bilang, masa investigasi ditunggu hinggal 3×24 jam dari hari estimasi terakhir. Estimasi terakhir saya tanggal 12. Jadi hari terakhir investigasinya besok di tamggal 15. Semoga sesuai janji CSnya anteraja, besok paketnya diantar 🙁

        • 17 November 2021 - (18:10 WIB)
          Permalink

          Halo kak, bagaimana yang order pertama nya sudah sampe di kakak kah? Aku cek balesan dari AnterAja, 10002693287375 ini udah sampe tgl 15 ya?

    • 15 November 2021 - (13:35 WIB)
      Permalink

      Kalau terlambat sehari atau dua hari, konsumen mungkin masih bisa maklum. tapi ini sudah seminggu lebih paket saya hanya dilempar kesana kemari dari hub satu ke hub lain. Lebih parahnya lagi, Anteraja sama sekali tidak komunikatif, selama ini hanya saya yg bolak balik menefon CS, dan jawabannya template äkan dimasukan High Priority – akan dimaksimalkan – menanyakan alamat tujuan, tapi ga ada hasilnya. Anteraja sama sekali ga pernah menghubungi saya menjelaskan kendala ataupun permintaan maaf. Saya tidak terima alasan bigeven 11.11 karena saya ordernya tanggal 8.

      • 15 November 2021 - (16:52 WIB)
        Permalink

        Saya juga udh 2bulan niii digantung terus statusnya ma anteraja🤦 malah ga ada kabar berita sama sekali kalo bukan kita yg tanya🙈 ga lagi” pake anteraja🥲 parahnya kebangetan.. responnya ga se cepat ekspedisi lain.

    • 15 November 2021 - (16:45 WIB)
      Permalink

      kalau soal overload, even 11.11 hampir bisa dipastikan semua ekspedisi itu overload. jadi untuk yg order tanggal 11 ke atas memang harus butuh kesabaran ekstra kalau paketnya telat (dengan catatan tidak hilang yah). Tapi masalahnya saya order tanggal 8 november kak bukan pas even 11.11 >_<

  • 15 November 2021 - (21:38 WIB)
    Permalink

    info klo jam 20:00 tidak dateng juga suruh hubungi,, eehh di telpon di luar jam operasional..

  • 16 November 2021 - (10:00 WIB)
    Permalink

    Menurut saya ini jasa harus gulung tiker yuk kita blow up ini jasa anteraja biar bangkrut sekalian… Kaga jelas kaga profesional
    Naik pitam banget Ama nih jasa gw baru nemu jasa pengiriman kayak ginif…. Ancur

  • 17 November 2021 - (18:06 WIB)
    Permalink

    Kendala yang sama Saya alami. Padahal cuman Bogor – Jakarta tapi berasa New York – Jakarta. Menurut saya Kak Rosa sudah tepat membawa isu ini ke ranah publik.

 Apa Komentar Anda mengenai Anteraja?

Ada 19 komentar sampai saat ini..

Anteraja Tidak Kunjung Mengirimkan Paket Saya, Hanya Melempar dari Hub…

oleh Rosa Rahmadany dibaca dalam: 3 menit
19