Penagihan Tunaiku Sangat Meresahkan

Saya sebagai konsumen Tunaiku. Ini pinjaman yang kedua kalinya, dengan nomor pinjaman 96498723. Pengajuan pinjaman saat ini menggunakan nama saya, tetapi memang uangnya bukan saya yang pakai. Setelah itu, karena yang pakai uangnya gak bisa bayar, akhirnya saya yang dihubungi oleh DC pihak Tunaiku terus setiap hari.

Saya sudah menjelaskan bahwa saya tidak pakai dananya. Namun memang karena ini pakai akun saya, mau tidak mau saya harus bertanggung jawab. Saya sudah mengutarakan bahwa kemampuan saya tiap bulan sebesar Rp500 ribu sebagai tanggung jawab saya melunasi.

Namun kemudian DC Tunaiku telepon ke kantor dan yang mengangkat atasan saya. Saya memang salah karena meminjamkan nama, tapi apakah perlu sampai atasan saya tahu dan orang-orang kantor diberitahu bahwa saya menunggak, dll.

Saya sudah minta pengajuan restrukturisasi ke pihak Tunaiku via email, tapi selalu jawabannya tidak bisa terus. Solusi yang benar gimana? Apa perlu sampai saya keluar dari pekerjaan? Justru nanti malah saya tidak bisa bayar tagihan.

Michiel Patricia
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Tunaiku Amar Bank:
[Total:83    Rata-Rata: 1.7/5]
Tanggapan Tunaiku atas Surat Ibu Michiel Patricia

Pertama-tama, kami menyampaikan terima kasih untuk informasi yang Ibu Michiel Patricia Santosa sampaikan. Menanggapi surat pembaca yang disampaikan Ibu Michiel...
Baca Selengkapnya

27 komentar untuk “Penagihan Tunaiku Sangat Meresahkan

      • 21 November 2021 - (00:19 WIB)
        Permalink

        Turut prihatin dengan kejadian ini, namun karena yg mengajukan pinjaman adalah anda sendiri maka pihak kreditur akan menjalankan prosedur penagihan sesuai aturan apabila terjadi tunggakan pembayaran cicilan pinjaman, dalam hal ini pihak kreditur pastinya tdk tahu menahu siapa yang mempergunakan dananya karena pasti dana awal yang disetujui di transfer ke rekening yg mengajukan (Anda) jd mau tidak mau Andalah yang harus melunasinya untuk urusan penagihan Anda ke Teman Anda itu adalah urusan internal Anda dengan ybs. Semoga saja teman anda beritikad baik untuk tetep membayar kewajibannya setiap bulan karena sudah ditolong oleh anda dan Anda segera terlepas dari masalah ini.

    • 20 November 2021 - (18:58 WIB)
      Permalink

      Tunaiku memang meresahkan.. bunga sama DC nya gak ngotak.. gini kok legal di bawah pengawasan OJK .. anehh bgt….tutup TUNAIKU

      10
      4
      • 20 November 2021 - (19:15 WIB)
        Permalink

        ya kalau nunggak ya akan di tlp,solusinya gampang kok paksa yang pakai dana bayar.

  • 19 November 2021 - (18:04 WIB)
    Permalink

    Haduh kok ya mau maunya akun anda digunakan pinjam orang lain? Mereka tidak peduli, taunya anda yg pinjam, mau pakai alasan apapun statusnya yg pinjam ya tetap anda. Yg diteror dc ya tetap anda.

    15
    1
    • 19 November 2021 - (18:29 WIB)
      Permalink

      sudah, awalnya saya niat pinjamin nama saya karena ya sdh kenal baik. cicilan pertama juga tdk ada masalah. bahkan sy hubungi by wa, tlp sm dtg ke rmhnya juga seakan kabur gitu.

      5
      2
      • 19 November 2021 - (19:22 WIB)
        Permalink

        Buat pembelajaran ke depannya deh, jangan mudah percaya dengan orang lain, meskipun sudah kenal baik.

      • 19 November 2021 - (22:00 WIB)
        Permalink

        Kalau sudah urusan uang tidak ada teman, tidak ada saudara. Saudara kandung saja bisa bunuh-bunuhan demi uang. Anak bisa menggugat warisan dari orang tua. Apalagi teman bisa makan teman.

        13
  • 19 November 2021 - (19:32 WIB)
    Permalink

    Keluarga aja kadang susah bayar. Kalau minjemin uang ke orang lain kita sudah harus siap kehilangan uang itu. Jadi paling tidak pakai uang sendiri jangan pinjem lagi le pihak lain apalagi rentenir online.

  • 19 November 2021 - (19:43 WIB)
    Permalink

    Tidak ada pertemanan atas nama uang.. Kenapa gk pake namanya sendiri.. Krn emang udah diniatin kabur kalo gk bs bayar.. Banyak sih yg begitu..

  • 19 November 2021 - (20:05 WIB)
    Permalink

    Hati hati,dimasa pandemi karena covid,bnyk orang baik datang ke kita,pinjam 20jt pakai akun kita,kita di tagih teman baik hilang,bsk kita kena prank dr pinjol五五五五五五

  • 19 November 2021 - (23:09 WIB)
    Permalink

    Enak memang kalau berutang dan tidak enak saat ditagih. Ayolah ini kewajiban diingatkan terus bayar. Lucu jg sih nama digunakan orang lain. Uangnya punya bank sih. Ini mah malu maluin diri sendiri. Maaf ya, harusnya datang sejak awal atau cek yg pakai itu utangnya. Tdk ada yg salah juga ditagih selama tdk kasar dan tidak beradab.

    5
    1
  • 20 November 2021 - (08:57 WIB)
    Permalink

    Sekarang ini jgn mudah percaya smaa orang Pak bnr kata temen2 itu sodara aj bisa saling tikam gara2 uang Pak
    Apalagi dengan gampang bgt bapak kasih akun bapak dngn nominal yg waow sekali
    Semoga bisa buat pembelajaran buat bapak juga temen2 yg ada di forum ini
    Semoga masalah bapak cepet selesai

    • 22 November 2021 - (07:21 WIB)
      Permalink

      Memang tunaiku cara penagihannya gitu semua ditelponi sampai kita bayar contoh. Yang kami alami nunggak cicicilan 1hari sdh kena denda 150000 kami diteror terus via telp, wa, kantor terpaksa kami carikan pinjaman buat bayar kita lihat diaplikasi tunaiku tertera jumlah rupiah yg harus dibayar kita byr tidak lama kemudian DC telpon lagi sudah byr tunggaannya aq bilang sdh DC minta srh kirim bukti byr kami kirimlah bukti tersebut DC tlpn lg kok dendanya blm byr ini aq kaget sedangkan sesuai applykasi sejumlah yg kami tranfer DC tiap hr teror terus kami terangkan kami byr sesuai persedur pada apply tunaiku tidak lama kemudian DC telpn lagi aq srh lihat apply tunaiku aq lihat kok berubah dgn informasi bahwa tunggaan saudara 150000 yg trpksa kami byr
      Pesan kami kepada pengguna pinjol kami mhn apa bila memang tidak kepepet jgn gunakan

  • 20 November 2021 - (13:24 WIB)
    Permalink

    Intinya, anda yg salah sdh meminjamkan akun anda untuk kepentingan orng lain, jgn hnya krn sdh kenal baik anda dgn mdh nya memberikan bgtu saja tanpa memikirkan dampak ke dpn nya. Skrg yg hrs anda lakukan adlh menemukan orng tsb smpe dpt untuk meminta pertanggungjawaban nya.

    • 20 November 2021 - (21:54 WIB)
      Permalink

      Solusinya:
      1. Lunasin. Krn itu kesalahan anda meminjamkan akun/nama anda.
      2. Coba laporkan teman anda ke polisi. Walau saya tidak yakin sih laporan anda akan ditindaklanjuti. Krn balik lagi, ya itu kesalahan anda sendiri.
      3. Coba hubungi OJK, konsultasi kalau situasinya seperti ini, gimana cara terbaik utk menyelesaikannya.
      Itu aja sih. Kedepannya jgn sekali2 lagi memberikan akun/nama anda sembarangan ke siapapun.

  • 20 November 2021 - (21:53 WIB)
    Permalink

    Yah Alamat dipecat ini mah, karena debt coll akan terus2n teror kantor anda..

    Solusi jual aset apapun atau pinjam sodara2 anda dan lunasi utang anda jangan alasan bukan anda yang pakai, berani berbuat (meminjamkan nama) berani bertanggung jawab (bayar)..

  • 21 November 2021 - (19:00 WIB)
    Permalink

    Tutup aja semua pinjol baik legal atau ilegal..lebih aman ke pegadaian..ada barang buat jaminan dan tak perlu di bawa2 ke kantor kalau tak bisa bayar

  • 22 November 2021 - (07:25 WIB)
    Permalink

    Semua bukti ada semua kami ajukan komunikasi dgn ojk tidak ada respon sama sekali cuma suruh hubungi layanan 157

  • 24 November 2021 - (15:36 WIB)
    Permalink

    Sama saya sangat kecewakan dr aplikasi tunaiku saya d PHK dr tempat saya bekerja Krn d teror terus oleh pihak DC aplikasi hny Krn telat bbrp hari.. dan saya sekarang sudah tidak bekerja lg susah untuk membayarny… Sangat meresahkan DC tunaiku…..

 Apa Komentar Anda mengenai Tunaiku Amar Bank?

Ada 27 komentar sampai saat ini..

Penagihan Tunaiku Sangat Meresahkan

oleh michiel dibaca dalam: 1 menit
27