Toped (Lagi-lagi) Tidak Memberikan Cashback yang Diiklankan

Cashback untuk pesanan istri saya nomor INV/20211210/MPL/1839137597 SEKALI LAGI dibatalkan oleh Tokopedia karena “adanya penggunaan promo melebihi limit promo per orang atau adanya kesamaan identitas dengan pembeli lain”.

Sebenarnya hal serupa telah puluhan kali terjadi tapi karena biasa hanya berupa pembatalan transaksi (jadi kartu kredit tidak di-charge) dan saya tidak ada waktu urus, maka tidak saya urus. Untuk transaksi kali ini saya tidak bisa berdiam diri lagi karena toped menolak memberikan cashback yang seharusnya diterima yang nilainya cukup besar. Ini merupakan bentuk penipuan karena transaksi di-approved tapi cashback tidak diberikan, padahal alasan beli di Toped karena adanya cashback tsb.

Fakta untuk tokopedia ketahui:

  1. Saya, istri, dan anggota keluarga lainnya punya akun toped sendiri-sendiri, tapi oleh sistem toped yang “super ciamik” kami semua dianggap satu orang. Kami punya KTP sendiri-sendiri, punya CC (kartu kredit) atas nama sendiri-sendiri, punya nomor HP sendiri-sendiri, bahkan alamat pengiriman sampai harus kami pisah-pisah karena hal semacam ini, tapi masih saja sampai sekarang kami tidak bisa menggunakan promo yang sama. Pinter nih si toped. Padahal untuk pesanan tsb alamat kirim sudah berbeda dengan alamat kirim pesanan saya.
  2. Memangnya dalam satu keluarga yang boleh punya akun toped dan pakai promo cuma 1 orang? Apalagi kalau alamatnya berupa kantor atau kos-kosan, cuma 1 yang boleh beli? Pinter nih IT nya toped dalam merugikan pembeli dan penjual (karena transaksi sering dibatalkan jadi penjual tidak dapat omzet). Kalau memang 1 keluarga cuma boleh 1x, harusnya S&K-nya diganti “satu pengguna -dan seluruh anggota keluarga- hanya boleh menggunakan 1 kode promo satu kali” gitu.
  3. Menghubungi CS seperti ngomong dengan robot. Jawabannya diulang-ulang dan TIDAK PERNAH mau (bisa?) mengerti kalau di rumah saya ada orang selain saya. Karena topednya pinter maka CSnya juga paling pinter.

Alasan “1 pembeli pakai promo berulang kali” itu tidak benar, karena pembelinya berbeda-beda. Masalah alamat sama? Saat itu alamat kirim pembelian istri dengan pembelian saya sudah BERBEDA (jadi alasan penolakan tidak cocok). TAPI sebenarnya kenapa alamat tidak boleh sama kalau sesama anggota keluarga? Aneh. Alasan yang Anda berikan untuk menolak memberikan cashback yang merupakan hak saya adalah tidak benar, jadi saya seharusnya tetap menerima cashback tersebut.

Pembelian pun dilakukan di toko yang reputable dan sudah buka lama, bukan di toko ecek-ecek yang baru kemarin sore. Menuduh pembeli asli melakukan fraud harus disertai bukti, tidak bisa hanya “by system” kerena sistem Anda terbukti tidak mampu membedakan transaksi asli dan palsu. Kami juga bisa memberikan bukti sanggahan (KTP, CC, dll) kalau yang membeli adalah benar 2 orang yang BERBEDA kok, tapi apakah Anda mau terima?

Kami terpaksa masih melakukan pembelian di toped karena barang yang kami cari tidak dapat ditemukan di e-commerce lain. Kalau e-commerce lain menyediakan, sudah pasti kami akan beli di e-commerce lain.

Teddy Hermanto
Solo, Jateng

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:29    Rata-Rata: 2.3/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

19 komentar untuk “Toped (Lagi-lagi) Tidak Memberikan Cashback yang Diiklankan

  • 19 Desember 2021 - (13:53 WIB)
    Permalink

    HADEUH SI KOLOR IJO LG BIKIN MASALAH CASHBACK….. TIAP HARI ADA AJA PEMBELI YG GAK DI BAYARKAN CASHBACKNYA. KALAU EMANG GAK SANGGUP BAYAR BIAYA PROMOSI YA JANGAN SOK2AN MAU NGADU PROMOSI SAMA MARKETPLACE LAIN YG DANA PROMOSINYA BENER2 REAL SDH DISEDIAKAN DAN DI BAYARKAN KEPADA PEMBELI YANG MEMANG SDH SEHARUSNYA MENJADI HAKNYA. KATANYA KARYA ANAK BANGSA…?? KALAU BEGINI MAH NAMANYA MENDING DI GANTI AJA JADI KARYA ANAK BANGS**. HAHAHHAA….😁😁

    4
    4
  • 19 Desember 2021 - (13:56 WIB)
    Permalink

    HADEUH SI KOLOR IJO LG BIKIN MASALAH DENGAN IMING2 CASHBACKNYA….. TIAP HARI ADA AJA PEMBELI YG POSTING DI MK GARA2 GAK DI BAYARKAN CASHBACKNYA. KALAU EMANG GAK SANGGUP BAYAR BIAYA PROMOSI YA JANGAN SOK2AN MAU NGADU PROMOSI SAMA MARKETPLACE LAIN YG DANA PROMOSINYA BENER2 REAL SDH DISEDIAKAN DAN DI BAYARKAN KEPADA PEMBELI YANG MEMANG SDH SEHARUSNYA MENJADI HAKNYA. KATANYA KARYA ANAK BANGSA…?? KALAU MAIN AKAL2AN TERUS TERUS MENDING “DITAMBAHIN HURUF T” AZA TUH SLOGAN KARYA ANAK BANGSA NYA. HAHAHHAA….😁😁

    1
    4
  • 19 Desember 2021 - (14:00 WIB)
    Permalink

    MANA NIH ORG YLKI? SI KOLOR IJO INI UDAH GAK SEHAT NIH NAMPAKNYA PERUSAHAANNYA. MASA DANA PROMOSINYA FIKTIF, PROMOSINYA JG OTOMATIS PASTI FIKTIF, TRS SYARAT & KETENTUANNYA JG FIKTIF & ANEH. JGN2 PERUSAHAANNYA JG FIKTIF HANYA REKAAN BELAKA. HAHAHA

    1
    4
    • 19 Desember 2021 - (16:18 WIB)
      Permalink

      Bener brayy… ternyata jika akun tsb sdh pernah di banned & tdk mendapatkan cashback maka akun tsb tdk akan pernah dapat cashbacknya (meskipun jaringan sdh beda, ip adress jg sdh beda, alamat pengiriman jg sdh di ubah, nmr telp jg sdh diubah, metode pembayarannya jg sdh di ubah). Krn ternyata sistem lsg lock sampai selama2nya bahwa akun tsb tdk layak mendapatkan cashback krn sdh pernah terdeteksi melakukan pelanggaran syarat & ketentuan si kolor ijo. Jadi obatnya ya hanya di MK ini. Nanti akun yg bermasalah itu akan dilepaskan terlebih dahulu lock nya atas pelanggaran tsb. Nah setelah itu baru deh coba belanja lg, pasti setelah kita klik terima barang pasti akan masuk tuh cashbacknya.

      1
      1
  • 19 Desember 2021 - (16:21 WIB)
    Permalink

    Udah gak beres lah belanja di duo kolor ijo… jauh mendingan si biru kemana2. Jauh lebih terjamin jg customer satisfied guarantee nya… dan promo diskon / cashbacknya gak pake php & real nyata (bukan settingan)

    1
    3
  • 19 Desember 2021 - (17:26 WIB)
    Permalink

    Meski punya ktp yg berbeda, jika alamatnya sama maka sistem tokopedia dan semua marketplace akan menganggap itu 1 orang. Jadi ya hanya 1 orang yg bisa pakai kupon cashback yg sama.

    1
    4
  • 19 Desember 2021 - (22:10 WIB)
    Permalink

    Mending pakai Lazada, tidak pakai CasBack, langsung voucher potongan harga , apalagi klo iven bonus dadakan , nyata langsung mengurangi harga pembayaran.
    Kalaupun ada Casback besok harus belanja lagi untuk mengurangi harga….

    1
    2
  • 20 Desember 2021 - (01:06 WIB)
    Permalink

    Di TOPED JUGA BANYAK SEKALI PERMAINAN BUSUK YANG MEMANG DISENGAJA AGAR KESANNYA TOPED PALING TOP.
    PADAHAL BANYAK KEBUSUKAN DI KONSEP TOPED…CONTOHNYA …EVENT BARANG 1.200 …ITU EVENT BRENGSEK YG SY TAU…SELAIN HANYA TERBATAS 1PCS SAJA.
    BUSUKNYA LAGI SUDAH MASUK DAFTAR INGATKAN SAYA …TAU BARANG SUDAH HABIS..PADAHAL REMINDERNYA ….5…4…3…2…1….HABIS…PROGRAM ASU MILIK TOPED….PENUH INTRIK PENIPUAN…
    JADI SARAN SAYA JELI2 DALAM MEMBELI TIDAK HARUS PADA TOPED…TERKADANG DI TOPED EVENT MURAH TERNYATA DI BUKALAPAK JAUH LEBIH MURAH…JADI KITA KUDU JADI PEMBELI YG JELI…

    1
    2
  • 20 Desember 2021 - (08:01 WIB)
    Permalink

    Metode fraud detection tokped sekarang ikut punya gojek. Yg dia bakal deteksi kalau2 driver punya lebih dari 1 akun driver. Kalau begini saya jadi takut pakai CB yg gede2. Sekeluarga ada 3 akun, semuanya kebutuhannya sendiri2. 🙁 Udah bayarnya gede, niat pakai vocer, tapi nanti nggak dikasih CB kan j*ncuk bgt tuh.

    Ada yg berniat bondong2 buat bikin bintang 1 di play store atau buat laporan di forum2 terkenal mungkin? Biar viral di berita dan ada yg angkat bicara. Lha ini udah termasuk kriminal lho, namanya kan penipuan skala besar. Oke lah kalau ada keterangan tidak bisa menggunakan voucher sebelum belanja. Lha kalau CB dari vouchernya tidak didapatkan setelah belanja kan A*jing tuh.

    3
    1
  • 20 Desember 2021 - (09:59 WIB)
    Permalink

    Karya Anak Bangsa tetapi tidak bisa menjadi contoh yang baik . Dalam hal pelayanan jasa penyelenggara E Commerce wibawa dipertaruhkan . Dimana integritas perusahaan satu ini .
    Bukankah dengan nama yang sudah besar tidak pernah terpikirkan awal perintisan usaha yang berjuang sampai menjadi besar dan semakin besar . Sangat disayangkan sekali kalau ternyata visi dan misi perjalanan e commerce satu ini ada suatu ketimpangan dan tidak bisa berpegang teguh dalam mempertahankan nilai sosial yang baik . memberikan suatu contoh yang tidak positif dalam hal layanan , integritas maupun visi misi yang semakin hari orang menilai nilai kebaikkan semakin merosot dan tidak transparan . Semoga perusahaan e commerce ini tidak selalu di pertanyakan wibawa nya . Semakin hari banyak orang mempertanyakan janji nya , banyak di tegur dan di komplain berarti pelayanan perusahaan ini sudah tidak sehat dalam berkompetisi di dunia e commerce . Ingat ya roda berputar tidak selalu di posisi ter atas suatu saat akan ada yang nama nya keadilan secara alamiah !
    Hal yang mudah pun tidak bisa di jalankan amanah pelayanan dalam cust service selalu pakai chat box …. itu adalah suatu nilai negatif melayani pelanggan tanpa ada nya nomor telepon layanan yang bisa dihubungi . Tidak bisa menghargai pelanggan , dan hal layanan chat box sangat memalukan untuk perusahaan besar seperti main main dalam berbisnis .
    Layanan chat box sendiri adalah layanan yang tidak profesional dan acuan kepada nilai ketakutan dalam hal menerima komplain secara langsung tidak gentle menghadapi suatu keluhan . Jangan anda bisa menilai diri sendiri berkacalah selalu , dunia e commerce bukan milik sendiri , dan anda pun hanya sebagai penumpang di dalam dunia e commerce

    Kesombongan , keangkuhan , tidak bisa selamanya bertahan . walapun anda menilai sendiri bahwa perusahaan yang anda pimpin dalam keadaan baik baik saja karena nilai value perusahaan anda sudah besar . sewaktu waktu bisa berubah . Titipan kepercayaan dan kekayaan semata mata bisa hilang dalam sekejap . Jadi janganlah terlalu sombong dalam melayani jutaan orang khusus nya di dunia e commerce . Banyaklah bertobat dan berdoa

    2
    2
  • 20 Desember 2021 - (10:21 WIB)
    Permalink

    Pindah ke Bli Bli.com aja Pak …. pelayanan mereka sangat baik dan bisa menghargai calon pembeli . Barang yang di jual pun di jamin sama bli bli . Cari e commerce yang sehat jangan cari yang lagi sakit ….

    1
    3
  • 21 Desember 2021 - (14:11 WIB)
    Permalink

    saya aman aman aja, 2 akun dengan 2 hp…. alamat kirim sama, nama sama.
    cuma email dan nomer hp beda, dan belanja selalu pake gopay di masing2 akun …. yg di isi dr 1 rekening bca yg sama punya saya…
    saat ini saya lg nunggu 5 produk dr toped …. akun yg 1 casback rp 20 ribu dan 30 ribu .
    yg 1 akun casback rp 20 ribu, 50 ribu dan 29.750 rupiah …..

    toped emang hebat , si pinter yg kaya pinter …. ternyata masih bisa di pinterin ama penggan nya
    wkkwkwkwkwkkwkwk

 Apa Komentar Anda?

Ada 19 komentar sampai saat ini..

Toped (Lagi-lagi) Tidak Memberikan Cashback yang Diiklankan

oleh Teddy H dibaca dalam: 2 menit
19