Sistem Bukalapak Sangat Mengecewakan

Pada tanggal 26 Desember 2021, saya melakukan pembelian barang melalui Bukalapak, dengan nomor invoice BL21175GZWA1INV. Yang terdiri dari 2 (dua) transaksi, yaitu nomor 213217333892 dan 213217333889. Dimana transaksi terakhir ini adalah transaksi yang bermasalah. Adapun jasa pengiriman menggunakan Grab Express (Instant Delivery).

Masalah diawali dengan tidak di-pickup-nya barang yang telah dipesan. Walaupun Mitra Grab telah di-assign (nomor resi IN-2-0ITLB26AKLBL5DNL9WT5; Mitra atas nama Samsul dengan nomor hape terdaftar 0858106750**). Hal ini kemudian saya laporkan kepada CS Bukalapak melalui akun twitter @Bukalapak.

Pada tanggal 27 Desember 2021, dibuatkan laporan nomor #30136634. Tanggal 28 Desember 2021, status tiket laporan ter-update menjadi #30142462. Masih tidak ada perubahan status pengantaran (Driver in transit).

Siangnya saya mendapat pesan dari pihak seller, bahwa status pengiriman berubah menjadi “Sedang Mencari Driver“, dengan penjelasan “Driver sebelumnya membatalkan pesanan. Tunggu ya, kami sedang carikan driver baru untukmu.”.

Namun sampai akhir hari tanggal 28 paket tidak juga dikirimkan dan sampai dengan tanggal hari ini, 30 Desember 2021, status tidak berubah (masih melakukan pencarian driver). Dalam rentang waktu tersebut sampai hari ini, nomor tiket pelaporan telah terupdate menjadi #30147190 dan terakhir hari ini menjadi #3016904 (komunikasi terakhir dengan admin twitter @BukaBantuan).

Yang ini saya tanyakan adalah mengapa tidak ada penjelasan dari pihak Bukalapak mengenai apa yang sebenarnya terjadi dan estimasi penyelesaiannya? Baik saya maupun seller hanya diberikan jawaban yang bersifat template saja. Sesulit itukah melakukan input nomor resi pengiriman baru dan mencari driver untuk mengantar paket saya?

Ini jelas menunjukkan ketidakprofesionalan Bukalapak dalam menghadapi keluhan customer (buyer/seller) dan menangani permasalahan teknis semacam ini. Kami ini disuruh menunggu sampai kapan? Tahun depan kah? Pilpres kah? Sudah lebih dari 3 hari berlalu tanpa ada penyelesaian yang jelas.

Uang sudah dibayarkan, tapi barang tidak bisa terkirim karena sistem Bukalapak yang tidak bisa diandalkan. Bagi saya itu barang yang memang benar-benar saya butuhkan dan harganya juga tidak murah. Bukalapak jelas-jelas menyepelekan hal ini dan hanya memberi tahu supaya menunggu update melalui email tanpa ada penjelasan lebih lanjut.

Apakah memang ini visi awal Bapak Achmad Zaky dkk sewaktu beliau mendirikan Bukalapak? Menjadikan Bukalapak sebagai online marketplace terburuk di Indonesia? Saya rasa tidak! Beliau pasti menginginkan Bukalapak menjadi yang terbaik dan terdepan. Untuk dicatat, bahwa transaksi ini tidak bisa dikomplain ataupun dibatalkan dari pihak saya maupun seller (karena fiturnya memang tidak tersedia). Solusi yang kami inginkan adalah agar transaksi dapat cepat diselesaikan, barang saya terima, dan uang diteruskan kepada pihak seller.

Ini adalah pengalaman terburuk saya selama saya menggunakan online marketplace. Saya minta supaya barang segera di-pickup dan diantar secepatnya supaya transaksi dapat terselesaikan. Jangan menggantung kami seperti ini. Tolong segera ditanggapi.

Terima kasih.

Aji Purwono Nugroho
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bukalapak:
[Total:29    Rata-Rata: 1.7/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

5 komentar untuk “Sistem Bukalapak Sangat Mengecewakan

  • 1 Januari 2022 - (17:24 WIB)
    Permalink

    Update 1 Januari 2022

    Transaksi ini pada akhirnya dibatalkan oleh Bukalapak secara sepihak. Terima kasih banyak karena telah membuang-buang waktu saya.

  • 1 Januari 2022 - (17:45 WIB)
    Permalink

    Pernah ngalamin gini juga di Toped. Seller info kalo sistem Grab terus2an cari driver, gak dapat2. Seller minta ke saya supaya batalin pesanan n ganti kurir pake Gosend. Nah di Toped ini, pembatalan pesanannya gak pake ribet. Begitu pembeli cancel n penjual oke, pesanan langsung batal n dana direfund. Jadi kita bisa pesan ulang pake kurir yg lain.

    1
    1
  • 1 Januari 2022 - (19:08 WIB)
    Permalink

    Bukalapak pencuri dan membocorkan no hp pengguna bukalapak, buktinya ada sama aku, dari pihak bukalapak mengirim no ho pengguna bukalapak di forum chat terbuka di instagram.

    Bukalapak juga menipu aku katanya uang hasil penjualan aku akan dikirim 1 x 24 jam tapi nyatanya tidak, aku nggak tau kendalanya di mana kenapa bukalapak tipu aku padahal pembelih sudah klik tanda terima dari tanggal 28 desember 2021 tapi uang hasil penjualan aku tidak di teruskan sebanyak 550.000. No. Tiketnya 30169864 disitu keterangannya 1×24 jam uang diteruskan tapi kenyataanya tidak diteruskan sampai sekarang.

    Dan mengenai bukalapak mengirim no ho pengguna bukalapak di forum chat terbuka instagram masi ada aku simpan buktunya dan bahkan aku sudah sebarkan bukti Scrinshot di beberapa media aku sudah posting di.

    Jadi pesan aku berhati-hati menggunakan bukalapak karena data pribadi tidak aman, kalau ada dari pihak bukalapak menyanggah tentang pengiriman no hp di forum chat terbuka instagram aku bisa kirimkan buktinya sekarang juga karena buktinya masih aku simpan baik-baik dan yang bikin forum juga di instagram aku bukti semua masih ada disitu.

    Terima kasih

    1
    1
  • 2 Januari 2022 - (09:02 WIB)
    Permalink

    Bukan salah bukalapak, saya juga seller dari toko sebelah pun gtu, saat menggunakan jasa intan dari grab entah kenapa lama sekali proses nya, setelah saya ganti ke gojek, itu sangat cepat

 Apa Komentar Anda mengenai Bukalapak?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Sistem Bukalapak Sangat Mengecewakan

oleh Aji Purwono Nugroho dibaca dalam: 2 menit
5