Status BI Cheking Kol-5 Akibat Kartu Kredit BNI JCB yang Tidak Pernah Diaktifkan dan Sudah Ada Bukti Penutupan

Dear Mediakonsumen.com,

Saya customer BNI, sebelumnya terima kasih banyak atas kesempatan saya untuk menulis artikel ini. Saya sebagai custumer BNI merasa saya dirugikan dan mentok harus berbuat apa. Saya akan menceritakan kronologinya:

Sebelumnya saya ditawari kartu kredit BNI informasinyanya annual fee-nya seumur hidup maka dari itu saya terima. Setelah dikirimkan ke kantor saya ternyata BNI JCB yang ada annual fee-nya. Dari itu saya tidak aktifkan kartu kredit tersebut. No kartu kreditnya yang bermasalah 356393******6349.

Selang beberapa waktu/bulan saya dapat tagihan annual fee/tagihan tahunan sebesar 700 ribuan. Saya tidak mau membayarnya soalnya disamping ada annual fee kartu kreditnya saja tidak pernah saya pakai bahkan tidak saya aktifkan. Setelah itu saya confirm ke customer servicenya BNI untuk penyelesaian ini/penutupan. Selanjutnya saya dikirimkan surat penutupan kartu kredit dari BNI ke rumah (terlampir).

Seharusnya saya sudah menerima itu kan ngak ada tagihan kan, tetapi masih ada tagihan. Saya call ke customer service lagi diinfo dibiarkan saja masih proses. Selang beberapa lama saya ditelepon oleh kolektornya untuk membayarnya. Tetapi saya tidak mau dikarenakan sudah ada surat penutupan kartu dan di dalam surat tersebut sudah dijelaskan bahwa saya sudah tidak ada sangkut paut biaya.

Selang beberapa lama saya ada rencana mengajukan pinjaman ke salah satu bank, ternyata diinfo saya ada backlist di BI, ternyata yang related dengan BNI tersebut.

Informasi Slik , backlist BI

Mohon solusinya, kenapa saya disuruh bayar untuk membuka backlist BI sama collector BNI sebesar 800 ribu padahal tak ada salah dan saya tak ada hutang. Saya sebagai customer BNI merasa dirugikan. Sekelas BNI apakah tidak seprofesional itu?

Saya sudah disuruh mengurus ke BNI Graha Pangeran Surabaya tetapi tetap saja masih alot dengan berbagai alasan. Merasa tidak mengeluarkan surat dan tetap disuruh bayar, padahal jelas-jelas surat tersebut dikirimkan dari BNI pusat. Padahal saya customer yang selalu taat pembayaran apapun yang kartu kredit yang saya miliki. Itu seperti saya tidak mencuri tetapi dituduh mencuri. Saya lampirkan surat pentutupan kartu kredit BNInya.

Terima kasih.

M. Faruq Fahmi
Gresik

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:96    Rata-Rata: 3.7/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

40 komentar untuk “Status BI Cheking Kol-5 Akibat Kartu Kredit BNI JCB yang Tidak Pernah Diaktifkan dan Sudah Ada Bukti Penutupan

  • 5 Januari 2022 - (21:31 WIB)
    Permalink

    Bahaya sekali bni ni. Kemarin kalau ga salah ada yg komplain uda lunas lbh dr 2 tahun tp ttp di tulis col 5. Mesti viral baru di selesaikan.

    20
    2
    • 6 Januari 2022 - (08:09 WIB)
      Permalink

      BNI kok bisa separah itu siee sama nasabahnya? Jadi takut aah buka Kartu kredit BNI bahkan Buka Rekening BNI juga saya tidak akan rekomendasikan ke saudara dan teman² sekitar saya.

      10
      1
      • 6 Januari 2022 - (18:18 WIB)
        Permalink

        Lapor ke OJK Black List BI bisa dibuka kalau ada surat dari Bank Yang Melaporkan dalam hal disini Bank BNI

        • 6 Januari 2022 - (18:29 WIB)
          Permalink

          Terima kasih atas sarannya.. Tp sebelumnya saya sudah telfon ke ojk.. katanya yang berwenang bank terkait untuk whitelist .. atau mungkin saya datang aj kali ke kantor ojk..

  • 6 Januari 2022 - (09:32 WIB)
    Permalink

    Jgn mdh percaya kpd sales/telemarketing yg menawarkan kartu kredit dgn iming2 free annual fee seumur hidup, krn mereka hnya menawarkan produk & yg menentukan itu adalah analisnya mulai dari persetujuan, limit maupun jenis kartu. Mgkn anda tdk tau bahwa annual fee kartu kredit akan tetap ditagihkan walopun kartu tsb tdk diaktifkan/digunakan.

    5
    6
    • 6 Januari 2022 - (09:39 WIB)
      Permalink

      y ngk lah saya sudah punya beberapa pengalaman kartu kredit bank lain juga ngak ada masalah ngk di aktifin gpp.. Kata siapa… Yang jadi point utama permasalahan ini kenapa blm di akfin dapat tagihan anual fee, dan selanjutnya diurus sudah ada surat penutupan kartu kredit bni seharusnya case close donk .. Tp ad blacklist BI collect 5 gara2 itu.. Gara2 anual fee doang..

      • 6 Januari 2022 - (10:23 WIB)
        Permalink

        Saya juga pemegang banyak Kartu Kredit, dan tidak pernah ada masalah.
        Harusnya memang sales/marketing itu tanggung jawab pihak Bank, jadi apapun yang di sampaikan ke nasabah tetap saja pihak bank harus bertanggung jawab.

      • 6 Januari 2022 - (12:17 WIB)
        Permalink

        sama, saya juga begitu,, tapi belum bi checking lagi karena katanya sudah di hpuskan, sampe skrang gak ada tagihan lagi seh,, tapi takutnya nanti ada juga.. jdi was was

      • 6 Januari 2022 - (13:32 WIB)
        Permalink

        Ni wajib di viralkan. Tulis ke semua media online aja. Ga blh di biarin. Untung masih simpan surat lunas. Kalau ga? Kita di paksa mengaku salah.

      • 6 Januari 2022 - (20:09 WIB)
        Permalink

        Saya juga pernah dikirim kartu kredit BCA..
        Ng pernah diaktifin..
        Tiba-tiba 2 tahun kemudian, dapat email aktivitasi.. Trus dapat tagihan anual fee selama 2 tahun..
        Padahal tu kartu ng pernah dipakai… Jangankan dipakai, diaktifin aja belom…

    • 6 Januari 2022 - (09:57 WIB)
      Permalink

      Waduh kalo seperti itu saya ga jadi bikin kartu kredit BNI lah..takut dapat case yg sama jika swaktu waktu saya mau tutup kartu kreditnya.
      Btw nice inpoh om Fahmi, komplenannya sangat brarti, mudah mudahan problemnya cepat teratasi dan tidak di rugikan sama sekali.

      • 6 Januari 2022 - (17:52 WIB)
        Permalink

        Paraahh ini mah ga ada akhlak nya, pdhl saham BBNI lagi naik, tapi CC nya begini hadeeuhh.

    • 6 Januari 2022 - (10:06 WIB)
      Permalink

      Mana ada kartu tidak di aktifkan tp annual fee tetap di tagih, logikanya dimana???
      Ada ada aja anda komentar.

  • 6 Januari 2022 - (11:52 WIB)
    Permalink

    Semoga dari pihak Bank dan Customer bisa terselesaikan dengan baik jadi ada titik temu.
    Sekelas BNI harus lebih profesional dengan adanya aduan dari Customer. Jadi ragu kalau mau pengajuan Kredit di BNI.

  • 6 Januari 2022 - (12:19 WIB)
    Permalink

    Inti masalahnya kan dia uda dapat surat lunas dan ga jelas tertulis bahwa tidak ada yg terutang lg. Mutlak kesalahan bni. Paling minta maap? Jelas banget di rugikan ni.

      • 6 Januari 2022 - (15:54 WIB)
        Permalink

        Yang anda maksud pembayaran yang mana.. Kartu aj ngk pernah terpakai.. Saya ngk pernah melakukan pembayaran apapun dengan kartu itu. Sesuai arah dari surat penutupan kartu.. Kartu langsung saya potong

        • 6 Januari 2022 - (16:29 WIB)
          Permalink

          dilihat dari kolom2 yang ada bulan dan tahunnya dari data OJK anda

          terlihat september 2020 kol 2 nunggak 60 hari
          bulan berikut nya kol 1 nunggak 0 hari

          terlihat september 2021 kol 5 nunggak 180 hari
          bulan berikut nya kol 5 nunggak 1 hari

          itu mengindikasikan ada pembayaran

          • 6 Januari 2022 - (16:37 WIB)
            Permalink

            Betul sekali pak, makanya perlu kita runut

          • 6 Januari 2022 - (16:49 WIB)
            Permalink

            Klo itu kurang tau gan saya ngk bisa bacanya yang di informasi slik.. Terima kasih infonya .. Yang intinya terkait cc itu ngk pernah saya aktifin.. Gmn saya ada transaksi kartunya aj saya diemin.. Tetapi saya dapat tagihan annual fee setelah berapa bulan .. Dan lapor ke customer service terus dikirim surat penutupan kartu Dan sudah saya potong sesuai arahan dari bni di surat penutupan.. Di surat itu ada tulisan saya sudah ngk ada tanggungan biaya di masa depan.. Apakah itu relate dengan anual feenya saya ngak tau.. Intinya Saya sebagai customer merasa dirugikan dengan kejadian ini.. Terkait blacklist bi

          • 9 Januari 2022 - (06:25 WIB)
            Permalink

            Waduuh saya juga dikirimkan CC BNI JCB juga pak. Nggak saya aktifkan tapi ternyata ditagih juga annual fee-nya. Terus saya telpon ke CS CC BNI untuk minta tolong ditutup dan dihapus annual fee-nya, Alhamdulillah bisa dihapus dan bisa ditutup. Tapi masalahnya saya nggak dapet surat penutupan tsb Krn dijelaskan sama CS-nya katanya nggak perlu. Saya percaya 2 aja sih tapi melihat kejadian ini saya kok jadi ngeri ya takut saya ketimpa masalah seperti bapak. Btw kata cs CC BNI dijelaskan juga ketika kartu dikirim itu otomatis langsung aktif walaupun tidak diaktifkan oleh sipengguna. Saya minta surat penutupan juga kata cs CC BNI nggak perlu karena saya nggak ada transaksi apa apa. Ngeri juga klo ada kejadian seperti ini…. Semoga lekas selesai masalahnya pak

  • 6 Januari 2022 - (13:14 WIB)
    Permalink

    bapaknya sudah dapat surat penutupan berarti sudah valid lah kondisi dia….
    sudah diurus juga sama bapaknya ke cabang… ini banknya tolong bertanggung jawap..
    moga2 muncul disini orang bninya cepat2 bereskan pak….
    tapi mau tanya kalo uda kol-5 ini butuh berapa lama untuk dihapus dan kalo kesalahan kaya gini datanya dihapus atau ada catatan sudah diselesaikan di status BI?

  • 6 Januari 2022 - (13:18 WIB)
    Permalink

    Solusinya anda datang ke OJK di daerah anda lalu laporkan masalah yg anda hadapi terus minta koreksi laporan BI CHECKING (SLIK) ke BNI dari sejak dikeluarkan surat keterangan Lunas tersebut atau anda bisa menuntut di pengadilan jika anda dirugikan.

    • 6 Januari 2022 - (13:30 WIB)
      Permalink

      Sudah saya coba telfon ke ojk.. Untuk whitelist hanya bisa dilakukan bank terkait gan.. Seperti ini saya merasa sangat dirugikan.. Telfon customer service juga katanya disuruh telfon ke kolektornya langsung.. Pukugnya belibet dah.. Padahal ngk ada salah.. Tapi seperti bersalah.. yang dipertanyakan keprofesionalismenya bni terhadap kenyamanan konsumen..

      • 6 Januari 2022 - (13:32 WIB)
        Permalink

        Padahal sudah menunjukkan bukti.. Tetap aj disuruh bayar… ya saya ngk mau.. saya ngak ada salah

  • 6 Januari 2022 - (13:49 WIB)
    Permalink

    Bank mah badan usaha komersial, kalau nawar-nawarin sesuatu pasti ada suatu maksud utk mengambil untung dari targetnya.
    Jangan terpedaya sedikitpun bujukannya, kalau kita tidak ada kebutuhan yg benar-benar nyata.

  • 6 Januari 2022 - (18:22 WIB)
    Permalink

    Saya baru saja melunasi tunggakan kartu bni tgl 28 Desember 2021 kemarin, hanya di kasih surat lunas dan surat itu agak meragukan karena hnya dkirim via wa dgn format pdf (berupa form yg di scan) dan saya minta surat penutupan kartu kredit nya belum dikirim sampai sekarang. Jadi khawatir suatu saat tiba2 ada tagihan lg..

  • 6 Januari 2022 - (22:07 WIB)
    Permalink

    Kita punya CC 5 bank berbeda semua nya sudah terkoneksi dengan mobile banking… sebenarnya cara lihat kartu sudah aktif atau tdk kelihatan. Nah jika blm aktif biasanya oleh seles CC tlp untuk segera d aktifkan. Jika tdk d aktifkan bisa lngsng aktif. Lngsng aktif otomatis biasanya hanya beberapa bank aja.

    • 6 Januari 2022 - (22:14 WIB)
      Permalink

      Case ini bukan disitu saja.. Tp kartu sudah ada surat penutupan… Seharusnya case close tp.. Di bi Checking jalan / blm dibersihkan oleh pihak bank yang dimana itu ternyata annual fee.. (krtu baru muncul anual feenya) seharusnya kartu sudah tutup case close.. Ngk ada masuk bi checking..

      • 6 Januari 2022 - (22:17 WIB)
        Permalink

        Bahkan saya penasaran coba bayar di no kartu cc itu memang ngak ada penagihan… 0.. Masalahnya itu bi chekingnya jadi susah ngurus ap2 ap lagi kol 5.. Semoga pihak bank cepat menangani ini.. Sehingga konsumen lebih nyaman.. Sebagai nasabah bni

      • 6 Januari 2022 - (22:36 WIB)
        Permalink

        Bang jago, emng cek tagihan tdk ada karena tdk ada pemakain. Fee tahunan biasanya tdk msk k limit tagihan CC. Karena fee tahunan itu kita bisa nego bahkan bisa gratis.
        Solusi skrng buat nomer tiket laporan aja, biar kelihatan laporan nya sudah sampi mna. Tiket laporan lebih baik lewat telp, jika berlarut lama lngsng k KC/kantor cabang. Jgn KCP

        • 6 Januari 2022 - (22:45 WIB)
          Permalink

          Semua sudah dilakukan lapor call center juga sudah diarahkan malah ke collection cabang.. Saya datang di cabang Diarahkan ke collection .. malah Di suruh bayar padahal saya sudah tunjukkan bukti penutupan cc.. maka dari sudah mentok di sini.. Btw terima kasih atas sarannya.. tadi pagi juga sudah ad telfon dari pihak bni.. Moga aj proses whitelistnya cepat..

  • 7 Januari 2022 - (00:04 WIB)
    Permalink

    Turut prihatin atas kejadian, bahkan via Ojk begitu ya, padahal sepengetahuan saya ke OJK langsung bisa nunjukin SKL nya keterangan lunas untuk masalah SLIK, tapi tempo lalu kali ya

    1
    1
  • 8 Januari 2022 - (09:54 WIB)
    Permalink

    TERIMAKASIH ATAS CERITANYA ..
    PASTI BNYK TEMAN² YG MENGURUNGKAN NIATNYA , BUAT KARTU KREDIT B*I YG MENAKUTKAN INI ..

 Apa Komentar Anda?

Ada 40 komentar sampai saat ini..

Status BI Cheking Kol-5 Akibat Kartu Kredit BNI JCB yang Tidak Pernah …

oleh faruq fahmi dibaca dalam: 1 menit
40