Saya Terlambat Bayar, Penagih Akulaku Mengancam Menyebarkan Data Hutang

Selamat siang,

Saya merupakan nasabah Akulaku sejak 2018, dan belum pernah bermasalah. Meski baru ini saya mengalami kesulitan keuangan sehingga beberapa pinjaman saya terlambat bayar, termasuk pinjaman di multifinance Akulaku.

Selama ini saya merasa perusahaan Akulaku merupakan perusahan besar yang terstruktur dan memiliki aturan penagihan yang baik, namun dapat disayangkan hari ini saya menerima chat yang berisi nada ancaman bahwa hutang saya akan disebarkan ke kontak kontak dan perusahaan saya bekerja.

Bukankah mengakses kontak merupakan hal yang dilarang? Serta penyebaran konten bermuatan pencemaran nama baik dan/atau penghinaan di internet dapat dijerat Pasal 27 ayat (3) Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (“UU ITE”).

Apakah tidak ada tawaran untuk restrukturisasi? Malah mengirimkan chat seperti tersebut.

Dwi Purnamasari
Sidoarjo

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Akulaku Indonesia:
[Total:25    Rata-Rata: 2.6/5]
Tanggapan Akulaku atas Surat Pembaca Ibu Dwi Purnamasari

Kepada Yth Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Terkait dengan surat pembaca konsumen dari Ibu Dwi Purnamasari pada tanggal 26...
Baca Selengkapnya

26 komentar untuk “Saya Terlambat Bayar, Penagih Akulaku Mengancam Menyebarkan Data Hutang

    • 26 Januari 2022 - (16:21 WIB)
      Permalink

      apakah SOP nya penagihan memang begitu? Yang dipertanyakan kan itu.. akses kontak boleh ya sekarang?

      2
      6
      • 26 Januari 2022 - (17:49 WIB)
        Permalink

        Mungkin akulaku melihat riwayat hutang anda di pinjol lainnya jelek, jadi begitu telat bayar langsung ditagih dgn cara2 kasar atau hardcore 😀 kl akulaku mungkin cara nagihnya lemah lembut, sabar, penuh kasih sayang. Tp sudah lama telat serahkan pihak ketiga. Ya spt itu. Nanti bentar lagi ada yg nuduh saya dan komen pertama itu sebagai dc 😀

        3
        5
        • 26 Januari 2022 - (19:10 WIB)
          Permalink

          Puji Tuhan tagihan saya di akulaku saja. Dan ini telatnya kurang dari 90 hari, sudah saya cicil juga sebelumnya.. sayang sekali karna akulaku kan sudah bukan pinjol, bisa dicari AFPI sudah gak ada akulaku.. sudah jadi multifinance yang artinya perusahaan besar..

        • 27 Januari 2022 - (16:45 WIB)
          Permalink

          ngga ada kases kontak ya kalau udah di afpi. anda yg mencantumkan atauu ada teman anda yang memberitahu nomer2 yg anda cantum kan dan sudah risih di tlpn gra2 anda blm bayar hutang. jd nomor2 yg sekiranya kenal dengan anda di berikan oleh kontak darurat yg anda cantumkan. makanya kalau ada tagihan mending segera di selesaikan dan bukan konsumsi publik karena itu hutang.

          1
          1
        • 28 Januari 2022 - (12:59 WIB)
          Permalink

          sy juga sdh lunas dari bulan feb 2021 ikut program restruk….minta pelunasan malah muncul tagihan denda sebelum sya ikut restruk…..penipuan akulaku lewat restruk

      • 9 Maret 2022 - (21:26 WIB)
        Permalink

        Ya sekarang di luar kontak darurat juga mereka titip pesan gth padahal telat belum sebulan… dan aplikasi mereka juga minta kontak kayak pinjol ilegal… setau saya karena saya mengalami itu sekarang

    • 27 Januari 2022 - (20:01 WIB)
      Permalink

      Dah sma aja yg legal juga, gk ngerti udah sma situasi, malah kaya sengaja dilanggar aturan2 ojk

  • 26 Januari 2022 - (20:39 WIB)
    Permalink

    Kalau saya hari ini di tagih kemarin jg di tagih tiap hari ada yg nagih..sdh sampai pihak ketiga..hari ini bahkan degan nada ancaman..máu di selesai kan secara baik” atau kami mendatangi rumah anda besok .penagih semua sdh ku kasih bukti pembayaran sdh lunas dari tahun kemarin.tepat ny agustus..jadi ku respon.dia penagih ku suruh dtg kerumah saja bawa preman apa polisi sekalian..saya tunggu ku serlock kalau mau akurat rumah saya..inti nya.gak usah takut jika anda sdh bayar dan ada bukti nya.hnya gertak sambal..apa minta di jadiin sambel..😁😁😁

  • 27 Januari 2022 - (04:54 WIB)
    Permalink

    Orang yg ngomong tinggal bayar itu ngomong gak pakai logika ,sederhana orang yg minjam.uang pasti orang yg lagi kesusahan,dan jika terjadi putus kerja maka pasti akan susah membayar karena keterpaksaan ajah mereka meminjam uang!dan bnyk pinjol atau lembaga keuangan yg menyebarkan data dan memberikan data kepada pihak ketiga buat meneror dan intimidasi yg dimana perbuatan itu melanggar hukum pidana!dan anda wajib melaporkan agar mata pemerintah tebuka untuk menutup yg namanya pinjol dan lain nya ! Karena dalam perjanjian di aplikasi jika nasabah tidak dapat membayar maka mereka akan melayangkan tuntutan hukum perdata yg berlaku dan sesuai aturan ,setelah 90 hari pinjol dalam aturan OJK tidak boleh menagih lagi ,tapi hanya melaporkan data ke OJK yg akan di blacklist,tapi kenyataan nya mereka tetap meneror dari pihak ketiga dan intimidasi,jadi tugas kepolisian agar peristiwa semacam ini cepat diusut karena sudah melanggar perjanjian dan hukum PIDANA!!

    4
    1
      • 28 Januari 2022 - (12:54 WIB)
        Permalink

        baca peraturannya tong, jangan cuma bisa neror aja…ga bayar juga beresiko blacklist smpai buka tabungan aja ga bisa

    • 27 Januari 2022 - (20:11 WIB)
      Permalink

      kebanyakan yg minjem itu bukan terjerat oleh kebutuhan, namun terjerat oleh gaya dan gengsi.

  • 27 Januari 2022 - (05:58 WIB)
    Permalink

    Itu di screen shot nya pake iphone ya, nih kukasih solusi, Jual iphonenya, ganti xiaomi, komunikasi tetap terjaga, hutang lunas, gak nyusahin orang, insya Allah

  • 27 Januari 2022 - (08:40 WIB)
    Permalink

    Klu gk ada uang ya gk usah d bayar,..suruh dtg k rmh,…aplgi ngcam ngancam….rekam,dn scren shot ancamnanya laporkan,..

    • 27 Januari 2022 - (16:49 WIB)
      Permalink

      mending sadar diri saja ngga usah balik mengancam. karena kalau punya keluarga besar kalau mengeluh pasti di bantu ☺️

      1
      1
  • 28 Januari 2022 - (08:17 WIB)
    Permalink

    Kyny ktika u ngurang, u uda tau klo akulaku pst bs pakai data kontak u. Dan u accept karna mo hutang. Jd ga usa aneh lah bakal ky gini. U berharap ditagih hutang layaknya konsumen di BCA. Memang anda presiden. Saran sy klo mereka uda pakai kontak u, y u jgn bayar. Ngapain bayar, ancemanny ud dilakukan kan. Klo misal orang2 nanya, koq. U byr hutang, u jwb aja wong u (disebar datanya) aja tau, ngapain gw bayar, uang gratis.
    Tenang ga akan datengin u, u liat aja kjadian dc yg di tangkap, isiny bocah sama cabe2an yg ngetik y bergaya orang sangar LOL

  • 28 Januari 2022 - (15:48 WIB)
    Permalink

    Trus legal SMA ilegal apa bedanya?kan legal g boleh sebar data..?apakah OJK memperbolehkan buat sebar data?hutang emang harus d bayar tp namanya manusia tdk sllu d atas ada aja musibah atau ekonomi qt memburuk…banyak orang” yg stres akibat teroran dc hga smpai akhiri hidupnya…jelas” legal sma kya ilegal meresahkan qt LG ada uang sllu byr tpt wkt bhkn sebelum waktunya..giliran telat qt d ancam d caci dan sebar data?apa bedanya sm ilegal?

 Apa Komentar Anda mengenai Akulaku Indonesia?

Ada 26 komentar sampai saat ini..

Saya Terlambat Bayar, Penagih Akulaku Mengancam Menyebarkan Data Hutan…

oleh Dwi dibaca dalam: <1 menit
26