Surat Pembaca

Kecewa dengan Pihak Tokopedia yang Memenangkan Seller, Padahal Bukti Saya Kuat dan Produk Error

Pada tanggal 10 Januari 2022, saya chat dengan seller Dreamholic di Tokopedia. Saya tertarik membeli HP Motorola V9 karena harganya terjangkau, hanya minus tombol kamera, penutup charge hilang dan baterai bocor.

Akhirnya saya memberanikan transfer, karena melihat hanya 3 minus itu. Namun nyatanya tidak bisa baca SIM card. Berikut screenshot postingan deskripsi penjual di Tokopedia, hp katanya normal, tapi nyatanya tidak bisa baca SIM card.

Ini bukti chat SIM card tidak dicoba penjual.

Akhirnya saya mengiyakan untuk transfer dan beneran produk error. Namun pihak Tokopedia malah mendukung penjual lewat chat ini, karena alasan tidak ada sambungan dan SIM panjang. Setelah produk sampai, pada hari Minggu 16 Januari 2022, saya komplain tanggal  dengan memberikan bukti foto di bawah ini. Kondisi hp NO SIM card padahal kartu uda dipasang. Kartu dimasukkan, tapi hp tidak terbaca.

Namun pihak Tokopedia malah mendukung penjual, karena saya mengiyakan transfer padahal sudah tahu SIM card error. Padahal sudah saya lampirkan bukti chat, penjual tidak mencoba SIM card karena banyak alasan.

Akhirnya per tanggal 23 Januari 2022, saldo diteruskan ke penjual. Padahal bukti saya kuat, sudah dilampirkan foto hp SIM card tidak terbaca dan foto karet bawah tidak ada. Sebelumnya penjual memberikan kompensasi Rp50 ribu tapi saya tolak. Ini yang rumah SIM card. harganya gak sebanding.

Saya kecewa dengan pihak Tokopedia yang meneruskan dana ke penjual. Padahal sebelumnya pihak Tokopedia memenangkan saya, menyuruh mengirim produk ke penjual. Saya jujur, mempermasalahkan dana tersebut. Mohon pihak Tokopedia mau mengembalikan dana saya dari penjual Dreamholic. Jujur, saya kecewa.

Roy Indra Wijaya
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Saya ada dirumah hp model gini, apa saya sudah buang ya lupa. Kbtulan saya baru join dkpl, nanti deh klo saya pulang kalo situ minat dan hp nya masih ada saya kasih km bro. Minus batre udah hilang, yng lain masih normal, oiya gratis ya sampe ongkirnya gw byarin.

  • "Karena saya mengiyakan transfer padahal sudah tau sim card error"
    Mungkin ada miskomunikasi yg dikatakan pembeli pada admin tokopedia setelah solusi refund, atau ada bukti chat pembeli ke penjual yang sebelumnya sudah iya² aja dapet kondisi rusak itu, mengingat screenshot chat di atas cuma sepotong, bukan dari awal sampai kendala selesai

    • iya mungkin, admin juga aneh malah ngmng uda tahu kalo sim error saya transfer. padahal penjual ngmng tidak bisa coba karena tidak ada sambungan. oh kalo gitu saya coba aja pas nyampe (dalam hati). eh ternyata mesin error ga bisa baca simcard.

  • Apa ada pernyataan penjual jamin simcard normal? Udah dibilangi penjual ga coba. Masih dibeli. Ga heran admin toped menangkan seller. Harga segitu jg. Jadi maksudnya anda coba dulu barubkalau ga cocok dibalikin? Kwkwkwkkk

  • Mungkin cuma support simcard yg maks di 3g pak. Atau network bandnya perlu diubah. Perihal v9 ferrari special edition & versi biasa dari segi mesin bukannya sama? Cmiiw ?

  • Kurang paham dengam ceritanya. Saya enggak melihat penjual tidak jujur. Penjual sudah jujur bilang tidak dicoba. Kemudian tokopedia menawarkan barang diretur dan refund (pengembalian uang). Tapi kenapa kemudian dana diteruskan ke penjual? Ceritanya nggak lengkap. Sepertinya ini pembeli gagal mengirimkan barang ke penjual sampai batas waktu, kemudian menuduh Tokopedia memenangkan seller "penipu".

      • Kurang paham dengan cara komunikasi penulis. Kalau dana dan hp tetap di anda, terus masalahnya di mana?

  • Sebenarnya pihak tokopedia care sudah menganjurkan pembeli untuk pengembalian dana itu sudah benah hanya saja pembeli belum faham karna jelas diketerangan untuk mengajukan refund dana pembeli jadi harusnya pembeli mengajukan komplain lewat aplikasi dan barang dikembalikan maka dana konsumen kembali 100% alias transaksi dibatalkan dan dana konsumen kembali
    Saya sebagai seller pernah melakukannya karna ada keselahan kedua belah pihak antara seller dan buyer dan berhasil dengan sukses
    Mungkin pembeli belum tau cara refund aja biar pembelian dibatalkan dan uang kembali dengan syarat produk dikembalikan ke penjual

  • Kalau beli hp bekas, chat dulu bambanggg,, jngn main bayar2 aja.. Beli hp baru pun usahakan chat dlu konfirmasi..

  • Aduh saya sama2 dari Surabaya, kok ya masih ada yang percaya beli hape BEKAS dari online..... Lah, kalo belinya hape bekas online, trus kegunaan WTC apa dong???!!!