Kecewa dengan Proses Pembatalan Reservasi Hotel dan Proses Refund di Traveloka

Tanggal 17 Januari 2022 dan 21 Januari 2022, saya melakukan booking Hotel di Bandung melalui aplikasi Traveloka untuk 2 hotel, yaitu Hotel Aston Tropicana (tanggal menginap 30 Januari 2022) dan Hotel Horison Green Forest (tanggal Menginap 31 Januari 2022 2022). Dengan nomor pesanan: 764521302 untuk Hotel Aston Tropicana dan nomor pesanan: 765524512 untuk hotel Horison Green Forest.

Namun pada tanggal 28 Januari 2022, anak saya yang masih berumur 1,5 tahun sakit batuk pilek dan sempat demam sehari sebelumnya. Oleh karena itu, pada tanggal 29 Januari 2022, saya menghubungi pihak call center Traveloka untuk membatalkan pesanan saya dan mengajukan refund untuk kedua hotel tersebut. Karena saya tidak mungkin bepergian dengan kondisi anak yang sakit. Pihak call center Traveloka yang mengatakan saya akan dihubungi melalui email oleh tim Hotel specialist/ analyst Traveloka.

Adapun kronologi sebagai berikut:

Tanggal 29 Januari 2022: saya menghubungi pihak Traveloka melalui call centre untuk cancel booking di Hotel Aston Tropicana dan Hotel Horison Green Forest. Pihak Traveloka info akan meneruskan hal ini ke pihak hotel dan nanti saya akan dihubungi oleh team hotel spesialis Traveloka by email.

Tanggal 30 Januari 2022: Saya mencoba menghubungi call centre Traveloka dan menanyakan perihal status refund saya di ke-2 hotel tersebut dan info dari team call centre nanti akan di-update melalui email. Kemudian saya mendapatkan email dari Traveloka yang menginformasikan Traveloka masih membutuhkan waktu untuk melakukan konfirmasi kembali ke pihak hotel.

Tanggal 31 Januari 2022: saya menghubungi call centre Traveloka untuk menanyakan progress cancellation saya, dan pihak call centre Traveloka menginformasikan saya akan dihubungi kembali via email untuk progress-nya. Tidak berapa lama saya mendapatkan email bahwa proses cancellation untuk pihak hotel Aston Tropicana sudah disetujui oleh pihak hotel dan dana refund akan ditransfer kembali ke kartu kredit saya.

Tapi yang saya kaget adalah proses cancellation di hotel Horison Green Forest tidak disetujui. Info yang didapat dari tim Traveloka adalah Traveloka sudah mencoba mengajukan pembatalan sebelum periode check in, tapi tidak ada respons dari pihak hotel.

Tanggal 1 Februari 2022: Saya menghubungi call centre Traveloka dan berbicara dengan Pak Afif. Menurut Pak Afif, saya harus menghubungi pihak hotel perihal cancellation dan refund saya, dan jika pihak hotel setuju, maka saya harus menghubungi kembali Traveloka.

Sebenarnya saya agak kurang setuju dengan advise seperti ini, masa saya sebagai pelanggan harus menghubungi pihak hotel dan kemudian jika setuju harus kembali menghubungi pihak Traveloka? Namun akhirnya saya menghubungi pihak hotel Horison Green Forest untuk mengetahui alasan penolakan dari pihak Hotel Horison Green Forest.

Saya berbicara dengan Bapak Indra (manajer Front Office) dan menanyakan alasan pihak hotel menolak cancellation saya. Menurut Bapak Indra, Pihak hotel menolak pengajuan cancellation saya karena pihak Traveloka baru menginformasikan cancellation saya ini di pagi hari tanggal 1 Februari 2022 dan juga Bapak Indra menginformasikan bahwa kesalahan ada di pihak Traveloka, sehingga menurut dia Pihak Traveloka yang harus bertanggung jawab.

Ybs juga menginformasikan akan membantu saya untuk mengkomunikasikan hal ini ke Pihak Traveloka. Dan tidak berapa lama berselang, saya juga mendapatkan WA dari Hotel Horison Green Forest yang menginformasikan bahwa permintaan pembatalan diterima oleh pihak hotel 1 hari setelah tanggal kedatangan.

Saya sebagai pelanggan tidak tahu pihak mana yang melakukan kelalaian dalam pengajuan refund ini. Saya hanya minta dana yang sudah saya bayarkan dapat dikembalikan full tanpa proses yang berbelit – belit dan menyusahkan saya sebagai pelanggan.

Saya mohon bantuan agar pihak Traveloka dan Pihak Hotel Horison Green Forest dapat segera menyelesaikan permasalahan saya ini. Saya juga siap untuk memberikan semua data history dari transaksi beserta email komunikasi saya dengan pihak Traveloka.

Regards,

Vivi Ristanti
Kota Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Traveloka:
[Total:22    Rata-Rata: 1.9/5]
Surat Tanggapan Traveloka untuk Bapak/Ibu Vivi Ristanti

Kepada Yth., Bapak/Ibu Vivi Ristanti, Terima kasih telah menjadi pengguna setia Traveloka. Menanggapi surat terbuka yang Bapak/Ibu Vivi Ristanti tujukan...
Baca Selengkapnya

6 komentar untuk “Kecewa dengan Proses Pembatalan Reservasi Hotel dan Proses Refund di Traveloka

  • 17 Februari 2022 - (09:17 WIB)
    Permalink

    Fitur refund kan ada di aplikasi traveloka, kenapa via telp ya pak? Kemarin lusa tgl 15 feb saya refund ticket pesawat penerbangan tgl 16 pagi jogja – Balikpapan, prosesnya cepat, sore hari sdh cair uangnya ke rekening mandiri saya..

    • 18 Februari 2022 - (22:59 WIB)
      Permalink

      Hi Pak Bagus, terima kasih untuk comment nya, Dikarenakan urgent dan force major, saya lebih prefer untuk menghubungi call centre supaya dapat ditanggapi segera. Dan tidak berapa lama keluhan saya di posting di media konsumen, pihak Traveloka langsung menghubungi saya untuk melakukan proses refund dari cancellation hotel Horison Green Forest.

  • 17 Februari 2022 - (21:29 WIB)
    Permalink

    Pengalaman saya pembatalan dan refund via aplikasi Traveloka mudah kok dan dana cepat balik..

    • 18 Februari 2022 - (23:02 WIB)
      Permalink

      Hi Pak/Bu Kreasi, seperti yang saya sampaikan dipostingan saya, dari 2 hotel yang saya cancel ada 1 hotel yang proses cancellation dan refund nya mudah. Tapi ada 1 hotel lainnya yang butuh perjuangan sampai saya harus posting di media konsumen, karena berkali – kali saya sampaikan di email dengan CS Traveloka tidak menemui jalan terang.

  • 18 Februari 2022 - (23:06 WIB)
    Permalink

    Dear All,

    Pihak Traveloka sudah menghubungi saya tidak lama setelah postingan saya di muat di media Konsumen. Dana refund sudah di proses oleh Traveloka dan saya tinggal menunggu dana tersebut masuk ke Kartu Kredit saya.
    Terima kasih untuk media konsumen, semoga sukses selalu.

    Case closed.

 Apa Komentar Anda mengenai Traveloka?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan Proses Pembatalan Reservasi Hotel dan Proses Refund di T…

oleh Vivi Ristanti dibaca dalam: 2 menit
6