Permohonan Keringanan Denda Adira

Pada tahun 2019, saya melakukan pembelian motor melalui pembiayaan Adira, dengan nomor kontrak: 013219121291. Saat ini angsuran saya sudah lunas dan terkendala di pengambilan BPKB, dimana dendanya saat ini Rp3.015.595. Sebelumnya saya memang ada keterlambatan waktu di awal pandemi, karena memang kondisi saat itu sangat mempengaruhi pembayaran angsuran saya.

Karena setiap bulannya saya telat membayar (bahkan pernah sampai telat 2 bulan), daripada motor saya ditarik Adira, akhirnya pada tanggal 18 Februari 2022 saya memutuskan untuk melunasi tagihan saya dengan sisa 8 bulan angsuran. Ini juga saya pinjam uang agar dapat melunasinya dan uang sudah ngepas. Saya sudah melakukan kewajiban saya ke Adira dengan membayar LUNAS tanpa mendapatkan keringanan dari Pembayaran Lunas tersebut.

Setelah melakukan pelunasan, muncul kendala lain saat pengambilan BPKB yaitu denda yang harus dibayarkan sebesar Rp3.015.595. Saya sudah melakukan negosiasi dengan pihak Adira agar pembayaran dendanya bisa saya bayar sesuai kesanggupan saya yaitu sebesar Rp1.500.000. Ternyata informasi dari Pihak Adira hanya bisa disetujui maksimal 40% dari total denda. Ini pun harus melakukan proses pengajuan terlebih dahulu secara tertulis sekitar 3-5 hari kerja.

Saya hanya ingin meminta keringanan pembayaran denda kepada pihak ADIRA. Saya sudah berusaha untuk membayar lunas angsuran dan ADIRA sudah mendapatkan keuntungan tanpa saya meminta keringanan PELUNASAN. Denda adalah suatu keuntungan untuk Adira dan kalian tidak dirugikan sama sekali. Saya cuma minta untuk keringanan pembayaran sesuai yang saya sanggupi, yaitu membayar denda sebesar Rp1.500.000, bukan minta gratis.

Saya mohon dengan hormat, agar ADIRA dapat membantu permohonan keringanan pembayaran denda saya dan dapat membalas surat saya melalui Media Konsumen.

Salam hormat,

Reiza Metsya Putra
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Adira Finance:
[Total:127    Rata-Rata: 3.5/5]
Tanggapan Adira Finance untuk Permohonan Keringanan Denda

Tanggapan Adira Finance Untuk Permohonan Konsumen a.n. Bapak Reiza Metsya Putra melalui Website mediakonsumen.com (21/02/2022): Permohonan Keringanan Denda Sehubungan dengan...
Baca Selengkapnya

18 komentar untuk “Permohonan Keringanan Denda Adira

  • 21 Februari 2022 - (18:07 WIB)
    Permalink

    Ngeri banget yah leasing, dendanya ampe 3 juta sendiri. Semoga dikasih keringanan lagi sama Adira.

    3
    1
      • 22 Februari 2022 - (22:41 WIB)
        Permalink

        Bisa,
        saya wktu itu lupa bayar angsuran terakhir/1bulan terakhir jdi nunggaknya smpai 5thn. Haha dan mles ngambil BPKB nya.

        lunasin angsuran, denda dan ambil BPKB sekitar 9jtaan by system.

        Walaupun pertama sperti dioper2,
        setelah itu sya diemin aj.
        Seminggu kemudian sya mau kembali lagi mau nego.
        ketika dijalan ada sumbangan mesjid saya ceritanya nyumbang nih 50rb.
        pas sampai kantor adira mau nego2.
        sekira di2jtaan msih saya tebus.
        eh tapi Alhamdulillah berkat sedekah itu langsung saya ditanya punya uangnya berapa?

        Sya bilang 1.7jt
        angsuran 700rb
        denda 1jta nya.

        langsung diajukan dan langsung di approve pak.

        jdi sedekah itu yg tanpa saya niatkan pun menjadi berkah untuk urusan saya.
        cba saya sedekahnya 100rb.
        mungkin bisa jadi hanya bayar 1jt All-in
        hhhhe

  • 21 Februari 2022 - (23:49 WIB)
    Permalink

    Ini mah modus supaya dapet lebihan lagi, org udah lunas malah dipermasalahkan lagi. Tamak bener tu leasing!

  • 22 Februari 2022 - (09:06 WIB)
    Permalink

    Yang namanya kredit memang begitu tidak hanya kredit motor, kredit lain pun seperti itu. Jika pelunasannya dipercepat akan kena denda. Seharusnya pembayarannya dilakukan secara rutin saja setiap bulan jadi tidak perlu bayar denda sama sekali.

    • 22 Februari 2022 - (09:27 WIB)
      Permalink

      Ini kayaknya denda keterlambatan deh pak. Kredit leasing beda sama KPR. Kalo KPR kita mau lunasin dipercepat, kita cuma perlu bayar sisa hutang pokok aja plus denda/pinalti pelunasan dipercepat. Kalo di leasing, kita mau lunasin dipercepat bayarnya hutang pokok dan bunganya juga, sesuai cicilan x sisa bulan angsuran.

      • 22 Februari 2022 - (09:36 WIB)
        Permalink

        Betul Pak..pelunasan sesuai Pokok dan Bunga..cuma saya hanya mau dapat keringanan dari Dendanya saja. Karena kewajiban sudah saya bayarkan semua.

        2
        1
    • 22 Februari 2022 - (14:05 WIB)
      Permalink

      Adira emang dari dulu gitu,saya dulu emang pernah telat bayar,dan pas udah lunas dan mau ambil bpkb ada aja permasalahannya yoitu dendanya,saya beralih ke fif tiap bulan suka telat bayar tapi ga pernah sampe sebulan,trus saya lunasi dan ambil bpkb langsung bisa diambil bpkbnya malah dikasih diskon karena di lunasi

  • 22 Februari 2022 - (11:22 WIB)
    Permalink

    penulis: minta keringanan 50% dari denda

    adira: kita kasih 40% ya

    penulis: !@^&^%$#@#%^&

    1
    3
    • 22 Februari 2022 - (15:26 WIB)
      Permalink

      potongannya 40% dari 3 juta, berarti dipotong 1.2 juta, jadi sisa denda nya 1.8 juta

      inti surat pembacanya, dia minta potongan 1.5 juta, tapi dikasi cuma 1.2 juta, selisih 300rb dia g mau bayar, makanya dia nulis surat pembaca

  • 22 Februari 2022 - (16:28 WIB)
    Permalink

    motor saya juga ambil dari leasing adira dan karena pandemi bayarnya telat telat juga hingga pas udah lunas dan mau pengambilan bpkb jumlah denda saya 2,8 tapi setelah nego ama kepala kolektor nya cuma disuruh bayar 1,450 aja
    dan saya ga perlu nulis surat di MK perihal hal kaya gini cukup dari kitanya aja pinter nego ke kepala kolektornya dan jelaskan kondisinya

  • 22 Februari 2022 - (20:07 WIB)
    Permalink

    Dari pada nulis di sini mnding cari bantuan dari keluarga, adira udah mau ngasih diskon denda sampai 40%, penulis sanggup bayar 1.5 juta, selisihnya itu tinggal dikit lagi.. Jngan sampai karena nulis disini nanti adira malah diskonnya diturunin, anda ya repot lagi.. Telat bayar kena denda udah ada di kesepakatan awal anda tanda tngan konrak.. Adira gak nyalahi kontrak juga kasih denda, dan udah baik mau kasih potongan denda sampai 40%

    3
    2
    • 22 Februari 2022 - (20:17 WIB)
      Permalink

      Maaf Pak..bapak tidak tau kondisi keuangan saya, baca baik” lg pak jgn judge org seperti ini. Saya sdh jelaskan, utk melunasi seluruh hutang saya saja saya sdh meminjam uang ke keluarga saya dan dananya memang ngepas, masa saya hrs pinjam lagi ke keluarga saya. Mungkin menurut bapak dgn selisih nominal 300rb itu sedikit, tp bagi saya dlm kondisi saat ini sangat sulit, ini aj 1,5jt saya sdh usahakan semaksimal mungkin.

      • 22 Februari 2022 - (20:19 WIB)
        Permalink

        Justru saya saranin bapak, jngan bikin adira kecewa karena tindakan anda, kalo adira merasa kecewa dg tulisan anda bisa saja diskon anda dikurangi. Anda lagi yg rugi, medsos bagai pisau bisa juga nusuk sndiri..

        2
        3

 Apa Komentar Anda mengenai Adira Finance?

Ada 18 komentar sampai saat ini..

Permohonan Keringanan Denda Adira

oleh Reiza dibaca dalam: 1 menit
18