Surat Pembaca

Ganti Kartu SIM Baru Indosat, Dipaksa Beralih ke Pascabayar Tanpa Justifikasi yang Jelas Selain Kebijakan Perusahaan

Saya bermaksud mengganti SIM card Indosat, karena SIM card yang lama hilang saat hp dicuri. Namun ternyata saya diwajibkan untuk ganti ke SIM card pasca bayar, minimal selama 3 bulan. Saya diminta untuk membayar 3 bulan sekaligus di awal sekitar Rp300 ribuan, yang jelas bikin saya kaget. Apalagi saat itu saya tidak memiliki ATM dan uang cash yang banyak, karena dompet juga dicuri.

Saya tanya alasannya apa harus pakai pasca bayar? Cuma dijawab kebijakan Indosat. Padahal saya tidak pernah ada masalah dengan prabayar yang saat ini dipakai, masih ada pulsanya dan juga paket data. Saya cek semua pilihan paket pasca bayar, akhirnya diinfokan boleh bayar untuk sebulan dulu sebesar Rp110 ribu, ditambah dengan deposit Rp50 ribu yang akan hilang kalau saya beralih ke prabayar lagi nantinya. Jadi total Rp160 ribu sekedar untuk ganti kartu baru.

Form yang saya isi pun merupakan FORMULIR PERUBAHAN LAYANAN, yang mana saya tidak pernah menginginkan perubahan layanan, hanya ganti kartu saja!

Setelah terpaksa bayar pun, masih harus menunggu 3×24 jam! Jujur saya sebagai pelanggan setia (10 tahun lebih) ini sangat mengecewakan.

Dari gerai Indosat saya pergi ke XL Center untuk ganti SIM card yang satu lagi. Eh cuma diminta biaya Rp10 ribu untuk penggantian kartu baru. Prosesnya cepat tanpa paksaan ini itu, kartu pun aktif dalam 1×24 jam. Sangat pro konsumen dibandingkan gerai sebelah!

Bulan ini jadi bulan terakhir deh pakai Indosat, ganti semua aplikasi yang ter-registrasi dengan Indosat ke XL saja. See you good bye!

Mohammad Arief Fajryanto
Kab. Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Dari dlu nih provider sering bermasalah, terutama pascabayarnya, yg sering itu maksa berlangganan pasca utk hp bundling, pdhl mau berlangganan atau engga ini kan hak konsumen, dan yg baru2 ini peraturan konyol kalau ganti sim dipaksa jadi pascabayar, harusnya pasca bayar jadi opsional buat yg msih butuh banyak benefit nelp&sms, krn ga semua org skrg butuh banyak nelp&sms, ini kenapa malah perusahaan yg ngatur2 konsumen

  • Saya juga ngalamin di gerai Madiun, dipaksa beli postpaid klo mau kartu aktif. Orang2 di negara kita harusnya sering menyuarakan hal seperti ini jangan mau ngikut saja hal yang ga bener.

  • Wah sudah 10 tahun lalu sampai sekarang masih aja tidak berubah, untung waktu itu saya putuskan gunting kartu dan ganti provider lain

  • Jangan langsung mau kalau ditawari ini itu, hanya jebakan batman. Pengalaman saya ganti SIM card indosat dulu juga begitu, tp ternyata itu kebijakan masing2 gerai/galeri, beda gerai sudah beda lagi syarat dan tarifnya, coba aja pindah beberapa gerai untuk bandingkan. Sekarang sih sudah lama say goodbye sama si kuning ini

  • Pelayanan sangat buruk, mau urus Kartu hilang aja ribet harus 2kali balik dan diharuskan untuk ikut pascabayar jika mau dibantu urus dan nomer tidak hangus, saya diharuskan dan diwajibkan ikut paket 3bulan dan diharuskan membayarkan 330rb tanpa dikasih struk apapun. Setelah saya tanya call center untuk menanyakan apakah harus ikut pascabayar ato tidak dan ternyata tidak perlu dan status kartu saya dia bilang kartu masih aktif di prabayar dan belum ada proses pengajuan ke pascabayar cs pun memberi saran untuk kembali mendatangi gerai untuk minta refund karna masih bisa. Setelah saya datangi kembali untuk melakukan proses refund cs bilang sudah diajukan dan tdk bisa dilakukan proses refund padahal status masih belum diajukan. Untuk saran aja jgn melakukan penipuan berkedok bantu aktivasi kartu lama yg hilang dan customer pun merasa dirugikan karna harus membayar tagihan terakhir lagi untuk kembali ke prabayar. Pelayanan nya bener2 parah dan sangat merugikan customer. Sehari kemudian nomer saya aktif kembali tetapi masih connect ke paket yg sebelumnya. Saya harap ada itikad baik dr Indosat untuk merefund dana saya dan tetap berada di prabayar.

    • Maaf lama balas pertanyaan nya, untuk prihal ganti kartu hrs langganan pascabayar 3 bulan ini indosat TIDAK PERNAH MENGAKUI kalau itu adalah hal yg wajib. Karena itu sebaiknya ketika berbicara dengan cs di gerai rekam saja suara atau video dan buat surat baru di media konsumen ini.

      Dalam kasus saya dulu, beberapa hari setelah media konsumen men-tweet postingan saya disni ke indosat, tidak berapa lama pihak PR Indosat menghubungi saya dan menawarkan refund dengan proses cepat.

  • Baru saja kemarin mengalami hal yg sama persis, kartu rusak disuruh beralih ke pasca bayar dengan "PAKSAAN".
    Setelag sebelumnya diarahkan oleh customer service ke gerai2 yg sudah tutup di Puri Indah dan gerai yg tidak eksis di rawa belong. Dari semua provider di dunia, kayanya indosat ini paling tidak profesional kerjanya. 3x nelpon ke customer service, jawaban beda semua. Karena cape nelpon ke customer service setelah menghabiskan banyak sekali waktu mondar mandir, akhirnya saya memutuskan ke gerai roxy mas. Setelah antri 1jam, hasilnya disuru bayar 300rb buat pindah ke pasca bayar selama 3 bulan. Ini jelas2 pemaksaan dengan memanfaatkan kebutuhan kita karena kartu sudah dipake lama. Dengan mempertimbangkan hal seperti ini mungkin akan terjadi lagi di kemudian hari dengan kasus yg sama maupun kasus yg berbeda, akhirnya kami memutuskan untuk tidak lagi menggunakan indosat, 3 kartu indosat ex mentari dan im3 kami sekeluarga akan saya nonaktifkan semua, meski sudah dipakai lama, tapi dengan service yg minus seperti ini, saya tidak berani ambil resiko dengan indosat. Lebih baik ganti dengan telkomsel yg servicenya jauuuuh lebih baik dan signal yg juga lebih bagus meski harga sedikit lebih mahal.
    Terima kasih

    • Maaf lama balas pertanyaan nya, untuk prihal ganti kartu hrs langganan pascabayar 3 bulan ini indosat TIDAK PERNAH MENGAKUI kalau itu adalah hal yg wajib. Karena itu sebaiknya ketika berbicara dengan cs di gerai rekam saja suara atau video dan buat surat baru di media konsumen ini.

      Dalam kasus saya dulu, beberapa hari setelah media konsumen men-tweet postingan saya disni ke indosat, tidak berapa lama pihak PR Indosat menghubungi saya dan menawarkan refund dengan proses cepat.

      Tapi kalau memang bisa ganti kartu memang lebih baik begitu, karena ini operator licik juga. Sayangnya nomor yg saya pakai sudah sangat lama dan diketahui banyak rekanan jadi merepotkan kalau ganti.

  • pengalaman yang baru kemaren sy alami...HP ilang ootomatis kartu juga hilang....giliran mau ke grapari indosat suruh ganti ke pasca bayar...dan pahitnya lagi infonya sy ada tunggakan sebelumnya yang harus diganti dan kejadian kartu hilanng tahun 2019 dan beralih ke pasca bayar...dan anehhnya apabila saya ada tunggakan kenapa mutasi gk dikirimkan ke alamat rumah saya...pas gini kejadian lagi kartu sy hilang saya hilang lagi dipaksa unt beralih ke pascabayar dan dibebani tunggakan tahun 2019.....anehhh dan gk masuk akal...mau gk mau terpaksa saya bayar dan mau gak mau lagi beralih pascabayar terhitung 3 bulan...dan bulan terakhir disuruh bayar lagi kl mau beralih ke prabayar.....aduhhh udah Hp ilang ganti kartupun juga harus bayar.......udah giitu suruh pake surat keterangan hilang dr kantor polisi...mau gk mau ke ktr polisi duit lagi.....sy masih bertahann di indosat itu hal ....ini nomer pertama kali sy pake hp dan sampe sekarang udah puluhan tahun terhitung....tp pelayanan yg memaksakan konsumen unt beralih dgn pasca bayar setiap kartu hilang....siap2 aja konsumen akan beralih ke diprovider lebih bangus tanpa embel2 disuruh beralihhh...malah lebih gampang tempel KTP di mesin spt Anjungan nomer HP yg hilang udah dapat penggantinya dengan nomer yg sama tanpa ribet apapun......Siap2 ya indosat pelayanan begini kedepannya orang gk akan pakai indosat lagi

  • Dear Indosat Ooredoo Care,

    Mohon dengan bijak untuk menjawab atau menjelaskan perihal komplainan pemakai jasa layanan anda terkait proses penggantian kartu hilang, hingga masalah ini dapat diselesaikan dengan baik dan benar tanpa merugikan pihak manapun, baik konsumen dan ataupun para karyawan di gerai indosat tersebut, dan tidak terulang kembali kejadian hal serupa.

    Terimakasih atas perhatian dan kerjasmanya.

    Salam,

  • ini sama persis dengan yg baru saja saya alami..mau ganti kartu rusak malahan di suruh beli paketan dan beralih ke postpaid,mau ga mau akhirnya ya tetep beli itu paketannya,mengecewakan..harusnya saya baca artikel ini dulu biar bisa adu argumen di gerai