Surat Pembaca

Jualan di Shopee Menggunakan Pengiriman GrabExpress Sameday, Barang Sudah Dikirimkan tapi Dana Dikembalikan ke Pembeli

Pada tanggal 18 Februari 2022, saya mendapatkan orderan melalui Shopee yaitu produk Bear Brand sebanyak 1 slop/30 pcs yang diorder oleh Sdri. L*** A*****. Setelah barang disiapkan, disertai dengan penulisan nama, alamat, dan nomor telepon tujuan, saya melakukan request pick up. Kemudian paket tersebut diambil oleh Bpk. A**** C****** selaku driver Grab Sameday.

Berdasarkan tracking Shopee, paket tersebut telah tiba di tujuan pada tanggal 18 Februari 2022 pukul 15.29.

Pada pukul 16.02, pihak customer melakukan chat kepada saya dan menanyakan mengenai status pengiriman. Sesuai dengan status tracking, barang sudah tiba di tujuan tapi pihak customer merasa belum menerima. Kemudian saya mencoba menghubungi driver Grab yang mengambil pesanan tersebut.

Saat saya berhasil menghubungi bapak driver Grab, saya menanyakan perihal status pengiriman tsb. Pak driver menyatakan bahwa pinpoints maps dengan alamat pengiriman yang tertera tidak sesuai. Pak driver juga sudah berupaya menghubungi pihak customer, tapi tidak diangkat. Sehingga beliau memutuskan untuk mengirim barang tersebut mengikuti petunjuk maps. Pak driver juga menyatakan bahwa ketika tiba di tujuan juga, nama penerimanya ada dan sama.

Setelah mendapatkan penjelasan dari Pak driver, saya menjelaskan juga bahwa customer yang memesan ini belum menerima barang tersebut, sehingga melakukan komplain melalui chat. Kemudian pak driver menjanjikan akan mengambil kembali barang tersebut dari tujuan yang salah itu dan dikembalikan ke saya, selaku seller / pengirim barang.

Saya tunggu hingga malam hari pak driver belum juga sampai di rumah saya dan mengembalikan barang tsb. Saya coba telepon berkali-kali, tapi tidak diangkat. Besok harinya tanggal 19 Februari, saya mencoba kembali menghubungi bapak driver Grab tersebut, tapi hasilnya juga sama, tidak pernah diangkat. Saya coba menghubungi lewat SMS juga tidak dibalas.

Kemudian customer saya mengajukan pengembalian dana melalui Shopee dengan alasan tersebut.

Dari hasil mediasi tersebut, pihak customer berhasil mendapatkan uangnya kembali. Namun saya sebagai seller merasa sangat dirugikan, karena saya kehilangan barang yang saya jual, dan saya kehilangan uang dari penjualan barang tersebut. Di sini juga tampak jelas bahwa Shopee berpihak pada customer, dimana pihak customer mendapatkan telepon langsung dari Shopee, sedangkan pihak seller tidak dihubungi secara langsung.

Dari mediasi tersebut juga dinyatakan bahwa produk yang saja jual sedang dikirim kembali kepada saya. Namun hingga detik saya tulis artikel ini, barang tersebut tidak juga sampai ke saya. Padahal sesama Surabaya dengan pengiriman Grab instan maupun sameday bisa tiba pada hari yang sama.

Di sisi lain harusnya pihak Shopee bisa menilai jelas bahwa kesalahan berada pada customer, karena dia salah menaruh pin point maps yang tidak sesuai dengan alamat pengiriman. Begitu pun dengan pihak Grab yang tidak memastikan lagi apakah alamatnya sudah sesuai atau tidak. Karena saya sebagai seller sudah dengan jelas menulis nama, alamat, dan nomor telepon penerima yang seharusnya menjadi acuan dalam pengiriman barang.

Saya merasa betul-betul kecewa dengan pihak Shopee dan pihak GrabExpress yang tidak berupaya menjalin kerja sama yang baik dengan mitra kerjanya. Saya masih berharap produk ataupun uang saya bisa dikembalikan karena itu menjadi hak saya.

Alfadea Liviarwana Ardhie
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Senoga Abang-abang grab terus menjaga performa & profesionalnya agar makin banyak order grab expressnya, Amin..

  • Alhamdulillah, tertanggal 1 Maret 2022 kasus ini sudah diselesaikan oleh pihak shopee maupun grabexpress. Uang saya sudah dikembalikan seutuhnya, meskipun pada awalnya hanya diganti 10x ongkos kirim grabexpress. Namun saya tidak mau menyerah dgn terus meminta pertanggungjawaban dari pihak shopee juga untuk mengembalikan kekurangannya.

    Semoga hal-hal seperti ini tidak terulang kembali kepada siapapun dan dimanapun. Semoga kita semua bisa lebih bijak lagi bersikap dalam menyelesaikan masalah.

    Terimakasih juga kepada semua pembaca dan juga pihak media konsumen karena sudah memberikan wadah untuk permasalahan seperti ini.