Jualan di Shopee Menggunakan Pengiriman GrabExpress Sameday, Barang Sudah Dikirimkan tapi Dana Dikembalikan ke Pembeli

Pada tanggal 18 Februari 2022, saya mendapatkan orderan melalui Shopee yaitu produk Bear Brand sebanyak 1 slop/30 pcs yang diorder oleh Sdri. L*** A*****. Setelah barang disiapkan, disertai dengan penulisan nama, alamat, dan nomor telepon tujuan, saya melakukan request pick up. Kemudian paket tersebut diambil oleh Bpk. A**** C****** selaku driver Grab Sameday.

Berdasarkan tracking Shopee, paket tersebut telah tiba di tujuan pada tanggal 18 Februari 2022 pukul 15.29.

Pada pukul 16.02, pihak customer melakukan chat kepada saya dan menanyakan mengenai status pengiriman. Sesuai dengan status tracking, barang sudah tiba di tujuan tapi pihak customer merasa belum menerima. Kemudian saya mencoba menghubungi driver Grab yang mengambil pesanan tersebut.

Saat saya berhasil menghubungi bapak driver Grab, saya menanyakan perihal status pengiriman tsb. Pak driver menyatakan bahwa pinpoints maps dengan alamat pengiriman yang tertera tidak sesuai. Pak driver juga sudah berupaya menghubungi pihak customer, tapi tidak diangkat. Sehingga beliau memutuskan untuk mengirim barang tersebut mengikuti petunjuk maps. Pak driver juga menyatakan bahwa ketika tiba di tujuan juga, nama penerimanya ada dan sama.

Setelah mendapatkan penjelasan dari Pak driver, saya menjelaskan juga bahwa customer yang memesan ini belum menerima barang tersebut, sehingga melakukan komplain melalui chat. Kemudian pak driver menjanjikan akan mengambil kembali barang tersebut dari tujuan yang salah itu dan dikembalikan ke saya, selaku seller / pengirim barang.

Saya tunggu hingga malam hari pak driver belum juga sampai di rumah saya dan mengembalikan barang tsb. Saya coba telepon berkali-kali, tapi tidak diangkat. Besok harinya tanggal 19 Februari, saya mencoba kembali menghubungi bapak driver Grab tersebut, tapi hasilnya juga sama, tidak pernah diangkat. Saya coba menghubungi lewat SMS juga tidak dibalas.

Kemudian customer saya mengajukan pengembalian dana melalui Shopee dengan alasan tersebut.

Dari hasil mediasi tersebut, pihak customer berhasil mendapatkan uangnya kembali. Namun saya sebagai seller merasa sangat dirugikan, karena saya kehilangan barang yang saya jual, dan saya kehilangan uang dari penjualan barang tersebut. Di sini juga tampak jelas bahwa Shopee berpihak pada customer, dimana pihak customer mendapatkan telepon langsung dari Shopee, sedangkan pihak seller tidak dihubungi secara langsung.

Dari mediasi tersebut juga dinyatakan bahwa produk yang saja jual sedang dikirim kembali kepada saya. Namun hingga detik saya tulis artikel ini, barang tersebut tidak juga sampai ke saya. Padahal sesama Surabaya dengan pengiriman Grab instan maupun sameday bisa tiba pada hari yang sama.

Di sisi lain harusnya pihak Shopee bisa menilai jelas bahwa kesalahan berada pada customer, karena dia salah menaruh pin point maps yang tidak sesuai dengan alamat pengiriman. Begitu pun dengan pihak Grab yang tidak memastikan lagi apakah alamatnya sudah sesuai atau tidak. Karena saya sebagai seller sudah dengan jelas menulis nama, alamat, dan nomor telepon penerima yang seharusnya menjadi acuan dalam pengiriman barang.

Saya merasa betul-betul kecewa dengan pihak Shopee dan pihak GrabExpress yang tidak berupaya menjalin kerja sama yang baik dengan mitra kerjanya. Saya masih berharap produk ataupun uang saya bisa dikembalikan karena itu menjadi hak saya.

Alfadea Liviarwana Ardhie
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kurir Grab di Shopee:
[Total:91    Rata-Rata: 1.6/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

26 komentar untuk “Jualan di Shopee Menggunakan Pengiriman GrabExpress Sameday, Barang Sudah Dikirimkan tapi Dana Dikembalikan ke Pembeli

    • 25 Februari 2022 - (15:40 WIB)
      Permalink

      Kalau order by grab express kita bisa lihat foto pada saat pengambilan dan penerimaan barang kak,, tapi krn ini via shopee jadi statusnya cuma pesanan telah diambil kurir dan pesanan telah terkirim gitu aja

      • 25 Februari 2022 - (20:54 WIB)
        Permalink

        Tetap bisa melihat proof of pick up dan drop off image nya kak, dengan cara memasukkan alamat url ke browser kk yg tertera di sistem tracking nya shopee contoh https://express.grab.com/s4l4TntO

        Tp masa berlakunya pd hari itu juga, keesokan nya sudah tidak dapat di lihat lagi alias expired

      • 26 Februari 2022 - (19:55 WIB)
        Permalink

        Shopee kalau pake grab itu ajur.
        Titik suka salah kasian juga drivernya.
        Belajar dari tokped nentuin pinpoint itu ada validasi sama alamat yang diinput sedangkan shopee tidak.
        customer input pinpoint saat gps lemah kan bahaya

    • 26 Februari 2022 - (15:54 WIB)
      Permalink

      Mohon di maafkan dari pihak grab ny mba/pak .. saya doakan semoga ada jln keluar nya dan selaku pihak yg di rugikan bisa di ganti kembali barang nya ..

  • 25 Februari 2022 - (13:03 WIB)
    Permalink

    Kalau dilihat dari kronologinya, sepertinya ada sekongkol antara pembeli dan driver Grab tersebut. Titik maps salah, status dibuat terkirim, dan akhirnya driver tidak bisa dihubungi kembali. Apa nomor plat motor di aplikasi sama dengan plat motor yang datang ketika pickup? Mengingat sekarang akun ojok begitu banyak yang diperjualbelikan / disewakan dengan sistem joki. 🤔

    9
    2
    • 25 Februari 2022 - (15:44 WIB)
      Permalink

      Di shopee tidak keluar plat nopol nya kak, hanya nama drivernya saja.. Biasanya akan saya kroscek beserta dgn alamat tujuannya,, kl sama baru saya kasihkan

    • 26 Februari 2022 - (16:14 WIB)
      Permalink

      Berdasarkan pengalamn saya, bukan cuma satu kali, hampir setengah dari CS yang menggunakan grab express sameday.. Tidak menggunakan titik maps yang benar pernah sampai ga nyambung sama sekali dengan titik maps, selisih sampai 14 km,.saya kurang mengerti, apakah dari CSny atau dari aplikasinya. Sekedar informasi ketika kita selaku driver mengirimkan tidak sesuai titik kita terbaca melanggar kode etik dan sangat brpengaruh kedepannya. Mohon untuk CS yang menggunakan layanan sameday ataupun pengiriman lainnya,,, harap untuk lbih mmperhatikan titik lokasi tujuan.

  • 25 Februari 2022 - (14:11 WIB)
    Permalink

    Coba hubungi CS grab dgn melampirkan nomor Resi kalo benar dibawa kabur paling gak kena suspend driver dan mencegah terjadi korban berikutnya

    • 25 Februari 2022 - (15:41 WIB)
      Permalink

      Sudah kak,, dari pihak grab slow respon banget katanya masih dalam proses.. Malah sini yg jadi habis pulsa nelponin grab terus nanya perkembangan kasusnya

      • 26 Februari 2022 - (21:20 WIB)
        Permalink

        sekedar saran ajah kak …kalo next order ada masalah lagi tentang pengiriman(kurir)…nanti kakak saranin ke customer untuk bikin laporan dulu ke cs shopee…biar ada laporan resmi…soalnya kan kakak udah melakukan kewajiban kakak untuk kirim barang…dan masalahnya bukan d kakak sebagai seller tapi dr pihak ekspedisinya…jadi ntr biar pihak shopee yg follUp ke ekspedisi, jangan kakak langsung…soalnya dr case ini kakak yg hubungi lsg driver, trs ada chat bukti bahwa barang bakal dibalikin ke kakak, meskipun pd akhirnya barang g kembali ke kakak bukti itu dipake pembeli untuk pengajuan dana…trs g ada tindak lanjut tim shopee untuk follup lsg ke ekspedisi…next time jgn lagi ya kak hubungi driver lsg…biar pihak shopee ajah yg tanggung jawab buat tracking barang…atau kakak bantu buat laporan ke cs shopee atau cs ekspedisi terkait…biar ada nomor laporannya…karena kakak udah melakukan kewajiban kakak buat kirim barang…seller & ekspedisi itu beda kewajiban & tanggung jawabnya…jadi pembeli jg hrs tau dimana hrs komplain tentang ini, masalah pengiriman,jika seller udah kirim barang ya komplain ke cs ecommerce & pihak ekspedisinya…

  • 26 Februari 2022 - (00:20 WIB)
    Permalink

    Share pengalaman saja, saya pernah grab food dan pesanan saya tidak disampaikan oleh driver tp status terkirim dan driver tidak menelpon atau Chat saya. Akhirnya saya komplain ke grab dengan cara email jadi tidak memakan banyak biaya dan saldo ovo saya kembali.

  • 26 Februari 2022 - (07:50 WIB)
    Permalink

    Sopi lagi sopi lagi,lagi lagi sopi sopi sopi,si oranges yg menakutkan bagi si penjual dan pembeli,semoga ada titik terang,ayo mbk sopi di manjain lah seller dan pembeli,klau kekurangan karyawan profesional saya siap

    2
    1
  • 26 Februari 2022 - (12:58 WIB)
    Permalink

    Kesalahan ada sm driver grab mba
    Coba laporin aja ke pihak grabnya ke cs grab ga usah hub.drivernya dia pasti ga mau angkat tlp dr mba

  • 26 Februari 2022 - (13:56 WIB)
    Permalink

    Dilihat dr kronologi di atas. Yg salah pihak driver. Sy juga driver grab. Juga ambil pesanan express. Klu sy sebelum pickup sy pastikan dulu penerima di tempat (masih di lokasi pengirim). Klu ok. Sy kirim. Dan sy pasti meminta penerima sharelok ke hp sy biar pengantaran lebih mudah. Dan jika sy tdk bertemu dng penerima pasti sy cancel. Jd barang sy kembalikan ke pengirim. Toh driver juga dpt pendapatan juga. Yg jelas driver malas dan nggak mau repot atau tdk mai tanggungjawab.

    • 27 Februari 2022 - (09:46 WIB)
      Permalink

      Buat Abang-abang Mohon jaga performa & profesionalnya please. Kasihani saya & driver lain yang bergantung pada layanan grab express😭.

  • 27 Februari 2022 - (09:51 WIB)
    Permalink

    Senoga Abang-abang grab terus menjaga performa & profesionalnya agar makin banyak order grab expressnya, Amin..

  • 4 Maret 2022 - (12:28 WIB)
    Permalink

    Alhamdulillah, tertanggal 1 Maret 2022 kasus ini sudah diselesaikan oleh pihak shopee maupun grabexpress. Uang saya sudah dikembalikan seutuhnya, meskipun pada awalnya hanya diganti 10x ongkos kirim grabexpress. Namun saya tidak mau menyerah dgn terus meminta pertanggungjawaban dari pihak shopee juga untuk mengembalikan kekurangannya.

    Semoga hal-hal seperti ini tidak terulang kembali kepada siapapun dan dimanapun. Semoga kita semua bisa lebih bijak lagi bersikap dalam menyelesaikan masalah.

    Terimakasih juga kepada semua pembaca dan juga pihak media konsumen karena sudah memberikan wadah untuk permasalahan seperti ini.

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir Grab di Shopee?

Ada 26 komentar sampai saat ini..

Jualan di Shopee Menggunakan Pengiriman GrabExpress Sameday, Barang Su…

oleh alfadea dibaca dalam: 2 menit
26