DC Pinjol Dana Sayur dan Sobat Saku Memaksa Debitur Membayar Sebelum Tanggal Jatuh Tempo

Pada tanggal 7 Maret 2022, karena sedang kepepet, saya mencoba-coba lihat aplikasi pinjol di Google Playstore dan ketemu dengan aplikasi Bantu Cepat. Setelah saya install, di dalamnya ternyata ada aplikasi-aplikasi pinjol lain. Jadi seolah-olah aplikasi Bantu Cepat ini mewadahi pinjol-pinjol yang tidak jelas status legal atau ilegalnya.

Saya diminta memilih maksimal 3 pinjol supaya kesempatan acc lebih besar. Setelah memilih, ternyata 3 aplikasi yang saya pilih tersebut semua mencairkan dana pinjaman. Dana Sayur sebesar Rp1,8 juta, Sobat Saku sebesar Rp1,6 juta dan Bos Duit sebesar Rp1,6 juta, tapi yang saya terima hanya sekitar Rp3,2 jutaan.

Yang bikin saya tambah kaget, di awal dikatakan tenor 30 hari, tapi nyatanya hanya 7 hari. Saya pikir tidak masalah, toh pada tanggal 14 (tanggal jatuh tempo) uang yang untuk membayar pinjol ini sudah ready. Nyatanya, hari Jumat yang notabene H-3 sebelum jatuh tempo, DC pinjol-pinjol ini memaksa saya membayar pada hari itu.

Saya sudah sampaikan di aplikasi jatuh tempo masih tanggal 14 dan saya akan bayar pada tanggal tersebut, tapi tetap mereka SPAM WA, telepon, SMS ke nomor saya, disertai ancaman akan menyebar data, membuat penggalangan dana dan ancaman-ancaman lain, yang sering saya baca di surat-surat yang masuk di MK ini.

Hari ini, tanggal 13 pinjol yang bernama Dana Sayur memaki-maki saya dan menunjukkan kalau dia punya nomor-nomor telepon kontak saya dan akan “menghancurkan” data saya katanya🙄.

Daripada risih, akhirnya saya cari-cari pinjaman ke teman-teman untuk melunasi pinjol-pinjol ini. Saya kirim email juga ke OJK, tapi entah ada gunanya atau tidak.

Saya kirim surat ke sini bukan untuk dapat notice dari pinjol-pinjol itu, karena saya yakin pinjol-pinjol seperti mereka pasti pinjol ilegal. Percuma, gak bakal ada respon apapun dari mereka. Saya kirim surat ke sini, semoga teman-teman yang baca hati-hati. Kalaupun sangat-sangat terdesak sampai harus pinjam ke aplikasi pinjol, jangan ambil di aplikasi Bantu Cepat. Memamg aplikasi ini hanya mewadahi, tapi aplikasi-aplikasi di dalamnya yang harus diwaspadai.

Oh iya, untuk aplikasi Sobat Saku, saya coba untuk penundaan pembayaran, diminta bayar Rp640 ribu untuk biaya penundaan, tapi pinjaman yang dibayar nanti tetap Rp1,6 juta 🤦.

Hati-hati pembaca semua, benar-benar pinjol-pinjol sekarang sangat meresahkan!

Mohon maaf, bukti SMSbanyak yang saya hapus dan chat WA banyak yang saya report ke Whatsapp dan ternyata otomatis terhapus. Saya report karena kesal sekali membaca kalimat-kalimatnya si DC, penasaran kalau ketemu langsungg apa masih punya nyali ngomong sok jago kayak di chat-chat itu.

Yaniarien Pitaloka
Gresik, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Aplikasi Pinjol Bantu Cepat:
[Total:212    Rata-Rata: 2.2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

74 komentar untuk “DC Pinjol Dana Sayur dan Sobat Saku Memaksa Debitur Membayar Sebelum Tanggal Jatuh Tempo

    • 14 Maret 2022 - (09:27 WIB)
      Permalink

      Tetep saya bayar sebelum JT akhirnya Pak. Risih bgt sama spam wa dan teleponnya. Bisa sampe 76 kali dalam jangka waktu 10 menit.

        • 19 Maret 2022 - (09:36 WIB)
          Permalink

          Bener sama kyk saya kejadian ny , lapor ke OJK jg GK bisa bantu malah saya sampe ganti no eh malah semua yg ada di kontak saya di hubungin , tadi ny saya mau bayar tp MLS gara” ny pas sebelum jatuh tempo di tagih di maki” pula

      • 15 Maret 2022 - (17:41 WIB)
        Permalink

        Itu strategi penipuan mereka bu supaya pikiran ibu gelisah dan tidak dapat berpikir dng jernih..

        Alhasil ibu membayar semua tagihan itu tanpa basa basi..

        Sebab, jika sang korban(peminjam) pikiran’a jernih(dalam kondisi tenang), sang peminjam akan sadar bahwasanya dia telah di tipu..

        Tenor pendek dan potongan biaya admin di awal yang sangat besar, bertujuan untuk membuat panik si peminjam dan mendorong korban untuk meminjam cepat di apk pinjol lain untuk melunasi tagihan sesegera mngkn..

        Ad 3 unsur penipuan di pinjol seperti ini:
        1. Tenor tidak sesuai(jauh lebih pendek) dari yang di perlihatkan di awal..
        2. Potongan biaya admin yg sangat besar di awal..
        3. Bunga yang tidak masuk akal(tidak sesuai dng bunga maximum dari ojk)..

        Semoga pembaca di sini dapat terhindar dari penipuan” berkedok pinjol seperti ini..

        17
        • 15 Maret 2022 - (17:46 WIB)
          Permalink

          Iya juga ya Pak…memang waktu mendadak ditagih itu kaget juga. Maksudnya, bukannya saya ga niat bayar atau mau nunggak…masalahnya kan JT masih 3 hr lagi tapi cara mereka nagih kayak yg saya udh lama nunggak dan ga niat bayar. Pake acara ngomong tolong itikad baiknya lah…itu uang perusahaan kami lah….jgn jd penipu lah…helloooo ini jatuh tempo msh lama lho. Bahkan bank gede aja ga gitu cara nagihnya.
          Rasanya pengen ketemu sama dc²nya, pengen nampol mulutnya pake sendal busuk.

          • 21 Maret 2022 - (18:48 WIB)
            Permalink

            Mending bu gitu sedangkan saya sudah lunas tiba” Ada dana masuk lagi mereka bilang klo terjadi kesalahan sistem, saya cek di aplikasi ada pjman atas nama saya dgn bunga 50 % , dan di dlm aplikasi ada tertera no rek bank lain , aampai swkarang dana yg masuk ke rek saya tetep saya biarkan, sy di paksa mengembalikan dana tersebut tetapi di aplikasi msh tetap ada pjman atas nama saya, dan sy di ksh no rek utk pengembalian dg kode dana top up, sy tidak akan pernah mengembalikan dana tersebut sebelum pjman atas nama saya di hps. Sdh lapor ke OJK , cyberpolri , kominfo, Reksa dana hati” Dgn aplikasi ini,,, sy akan buat laporan ke kepolisian dg bukti” Yg saya punya,

        • 20 Maret 2022 - (00:45 WIB)
          Permalink

          Saya juga termasuk korban yg sama, ada jebakan disitu dan Harus teliti, Pinjam cepat sekali klik, dan yg cair ada 5-10 aplikasi..dan tenor 7 hari, Tiga hari sudah neror, ngancam dan lain2, itu di Dana **** tapi isinya banyak aplikasi lain..saking paniknya sampai gali lubang dan tutup lubang dan akhirnya malah nambah banyak hutang Karna diteror..intinya yg ilegal menjebak dan sangat meresahkan waspadalah..waspadalah

          • 21 Maret 2022 - (15:34 WIB)
            Permalink

            Itu modus penipuan’a mas..

            Kalau memang terlanjur terjebak di pinjol seperti ini, hanya 2 solusinya.

            1. Bersikeras untuk mengembalikan uang sesuai dengan jumblah yg di transfer di hari yang sama.
            2. Ganti hp dan nomor baru dan tidak membayar uang yang di tranfer ke anda.

            point nomor 2 itu penting, terlepas anda ingin membayar atau tidak nya ke apk tersebut.
            Kenapa? karena di saat anda mengisi data anda di apk tersebut, data anda sudah 100% di sebar luaskan(tidak aman).

            Lapor polisi juga percuma, karena si peminjam(korban) telah menginstal apk dan mengisi data diri di situ dalam keadaan sadar.

        • 16 Maret 2022 - (08:20 WIB)
          Permalink

          sampai hari ini sih kayaknya ga ada spam kontak2 saya ya Pak..tapi tetep aja was2.

      • 18 Maret 2022 - (20:49 WIB)
        Permalink

        Mau tau kenapa mereka seeprti itu ??
        Karena insentif yg mereka dapat lumayan besar., jika nasabah mereka membayar lebih awal dari jatem., tau sendiri kan bunga pinjol besar.., semakin rajin membayar di awal jatem , semakin senyum lebar karyawan’nya., dan akan membagikan kontak data anda ke pinjol lain., lalu pinjol lain akan spam promo..,

        Tetap aja data anda disebar tanpa sepengetahuan anda.,

      • 22 Maret 2022 - (11:17 WIB)
        Permalink

        Saran GW, klo mau akses pinjol kudu ati2.

        Tips klo terpaksa akses pinjol, ga usah respon pnawaran mrk lewat sms atau WA krn 100 % pinjol tsb adlh ilegal.

        Perlu diketahui, pinjol ilegal ga bisa diberantas. Sama halnya kejahatan, akn terus tumbuh berkembang, ga bisa diberantas meski oleh Polisi atau OJK sekalipun.

        LOGO OJK gampang bagi pinjol ilegal dipasang di Aplikasi mrk. So, ga ada jaminan klo ada logo OJK pasti pinjol legal.

        Tips lain klo dlm proses akses pinjol ilegal diminta foto kedip MATA, anggukan kepala, buka tutup mulut, bisa dipastikan 90% pinjol tsb ilegal.

      • 19 Maret 2022 - (01:14 WIB)
        Permalink

        Setuju kwkwkw
        Saya juga dulu pernah mau minjem ke aplikasi ke gtu tapi sumpah demi apapun ngacooo iklan nya jangka waktu 2-3 bulan .
        Tpi 7 hari harus bayar sesuai yang kita pinjam misal minjam 1.200.000 nah dalam jangka waktu 7 hari harus bayar segitu,
        Sumpah ngacoooo aplikasi ke gtu
        Harus nya di berantass gak benerrr
        Apalagi baca di atass

        • 19 Maret 2022 - (10:25 WIB)
          Permalink

          kayanya pinjol2 ilegal gini perlu dikerjain balik nih. biar bangkrut, usahanya tutup karyawannya ga dibayar.

    • 15 Maret 2022 - (01:37 WIB)
      Permalink

      Saya sama seperti ibu ini mana kontak kerjaan lagi besok jatoh tempo tapi beda apk, saya gatau harus gimana gara² HP ngelag malah masuk rekening

      • 15 Maret 2022 - (09:36 WIB)
        Permalink

        Nah iya….kalo isi kontaknya hanya teman dan keluarga sih ga apa², tapi ada yg nyantol nomor rekan kerja. Kalo saya ga bayar atau lari, wajar mrk spam ngamuk². Lha ini sdh dibayar masih diteror juga. Gimana sih? Kesal bgt rasanya.

    • 15 Maret 2022 - (08:07 WIB)
      Permalink

      Semoga diberikan kemudahan buat menyelesaikannya bu.

      dan tidak terjerat lagi aplikasi GILA

    • 14 Maret 2022 - (18:24 WIB)
      Permalink

      Yang bikin naik darahnya, si dana sayur ini sudah dibayar sebelum jatuh tempo lha kok hari ini saya masih diWA dimaki² diancam² kalo ga bayar rekening dibekukanlah..mau ngirim truk sedot WC lah, saya dikatain maling krn ga mau byr. Pdhl sdh sy share bukti bayar dan ss di apk yg jelas2 tertulis lunas.
      Ini gimana ya? Saya takut kontak² sy dispam sm mrk. Duitnya ga seberapa, malunya itu…terlebih lagi saya sudah bayat tp msh diteror disuruh bayar 😢😢

          • 15 Maret 2022 - (17:49 WIB)
            Permalink

            Sayang nya tidak akan ad tindakan bu, Dikarenakan kesalahan dari kedua belah pihak..

            Mereka salah karena apk pinjol mereka ilegal(tidak terdaftar) dan ibu salah karena dengan sadar telah meminjam di pinjol ilegal itu..

      • 15 Maret 2022 - (17:46 WIB)
        Permalink

        Infokan ke semua kontak ibu untuk mengabaikan semua spam yg berhubungan dengan pinjol..

        Kalau perlu kasih bukti ss pelunasan biar lebih jelas..

        • 15 Maret 2022 - (17:54 WIB)
          Permalink

          Iya Pak…bodohnya saya, ga baca² dulu review ttg apk ini. Setelah ditagih² sebelum JT, saya cek lagi komen² di playstore..lgsg shock waktu banyak yg tulis komen kalo apk ini mewadahi pinjol² illegal.

          Sekarang nomor sy jadi sering dikirimin sms nawarin pinjeman, ditlp nawarin pinjeman..kesel bgt rasanya 😭
          Pdhl si apk nulis di deskripsinya bahwa data aman, data aman…apanya?!

          Saya jd mau ganti nomor aja, biar ga ditelepon² nomor geje nawar²in pinjeman.

          • 15 Maret 2022 - (18:03 WIB)
            Permalink

            Ya gimana ya bu, karena ibu sudah melunasi semua pinjaman..

            Untuk mereka ibu adalah korban yg, mohon maaf sebelumnya, “Bisa” untuk di tipu..

            Jd ibu sudah di tandain di oleh kelompok mereka(ormas tipu2), alhasil banyaklah tawaran pinjaman yg di spam ke nomor ibu..

          • 19 Maret 2022 - (10:30 WIB)
            Permalink

            rame2 minta bantuan teman atau keluarga untuk report balik di playstore aplikasi yg jelas ilegal…kasi 1*. biar dikeluarin dr ps

    • 14 Maret 2022 - (12:06 WIB)
      Permalink

      Risih saya Pak sama spam-nya. Trs kata2nya itu lho kayak manusia ga tau diajarin sopan santun.

    • 14 Maret 2022 - (13:23 WIB)
      Permalink

      Ga tau sih Pak ilegal atau tidak, kalau dr komentar² di playstore kok banyak yg bilang kemungkinan apk² yg di dalam bantu saku itu pinjol² illegal. Saya baru baca komen²nya setelah terlanjur masuk itu dana pinjamannya dan ternyata byk yg mengeluh krn dpt kejadian seperti saya ini.

  • 14 Maret 2022 - (13:05 WIB)
    Permalink

    Dibayar ya ama bapaknya ? Kalau gitu datanya masih bagus nih. Pinjam lagi pak yang banyak. Sekalian donlot aplikasi pinjol ilegal sebanyak mungkin, trus pinjam semua. Mumpung masih laku datanya, lagian udah terlanjur terjerumus. Data si bapak pasti ga aman ditangan pinjol ilegal, mumpung taris semua. Gradak kabeh ben ajur cak. Hehe
    Sekarang semua orang tahu pinjol ilegal macam gimana penagihannya, jadi cuek aja pak kalau ada yang sebar data. Kalau masih ragu ya ganti semua no kontaknya,baru pinjam lagi.
    Saya dulu pernah sehari di wa ampe 175 no pas main pinjol. Lumayan awal2 pandemi dapat puluhan juta buat beli seblak.. Hehehe

    9
    1
    • 14 Maret 2022 - (13:19 WIB)
      Permalink

      Waduuhh enggak deh Mas. Ini aja jd nyesel & takut. Kemarin kalo ga krn kepepet ya ga mau urusan sm pinjol. Kok ya apes nemu pinjol yg kyk gitu. Playstore juga ga selektif ya kelihatannya, sembarang apk bisa masuk ke sana.

      • 14 Maret 2022 - (13:31 WIB)
        Permalink

        Ya pikir² aja dulu. Cari² info dulu. Lumayan loh bisa dapat belasan/puluhan juta cuma modal HP. Ntar duitnya sebagian disumbangkan. Saya ga minta bagian kok. Hehe

        • 15 Maret 2022 - (15:47 WIB)
          Permalink

          Halo semua, aku mau minta saran dong, aku terjerat pinjol di beberapa applikasi ada yang ilegal dan legal, awal nya karan gali lobang tutup lobang, dan akhirnya gak ada uang untuk membayar nya, kontak2 ku sudah di teror di telfon, bahkan beberapa kontak ku yg merespon chat DC ada yang sampai di katai yang tidak-tidak, aku mau minta saran bagaimana caranya agar masalah ini selesai. Terima kasih🙏🏻

      • 14 Maret 2022 - (13:35 WIB)
        Permalink

        Playstore itu umum, tukang gado gado bikin aplikasi boleh..
        Ketemu pinjol ilegal karena kepepet! knapa ga ke bank saja,, pinjol ilegal itu data ga mungkin aman banyak teror…

        1
        1
        • 14 Maret 2022 - (13:51 WIB)
          Permalink

          Krn butuh dananya sedikit, dan kurang dari 2 minggu juga bakal dibayar. Ternyata sama mrk dicairkan ke 3 pinjol, ya kaget dong saya. Wong butuhnya cuma 1,5jt, mlh jd ketransfer 3 juta lebih sementara tagihannya malah 5jt. Makanya wkt di aplikasi jatuh tempo 7 hr saya ya kaget lagi wong awalnya 30hr. Eehh h-3 mlh dpt sms dan wa kalau sdh jatuh tempo dan harus dibayat saat itu juga.

          • 14 Maret 2022 - (19:43 WIB)
            Permalink

            Kan data ibu sdh bagus lg,, mending skrng keruk uang pinjol ilegalnya.. mereka cm berani ancam gertak sambel,, paling cm krm wa ke bbrp temen.. ya nnt ibu tinggal alesan sj akun di pkai saudara.. sy sj udh keruk 35apk ilegal

        • 14 Maret 2022 - (13:55 WIB)
          Permalink

          Dan satu lagi, saya tidak tau kalau endingnya bakal begini. Waktu cek² review dan komentar ttg apk ini di playstore, baru tersadar..jangan² saya kena pinjol illegal, krn dikomen byk yg marah² dan bilang pinjol² di dlm apk bantu saku ini pinjol ilegal.

          Kalau saya butuhnya uang gede dan butuh tempo panjang ya dr awal saya pasti ke bank Paakkkk….

  • 14 Maret 2022 - (18:07 WIB)
    Permalink

    Mbak,
    Lain kali kalau order pinjol jangan pakai HP aslinya . Pakai “HP odong odong” dan nomer pun yg masih baru beli di konter dan isi kontak pun fiktif .
    Dah sekian tips nya.

    • 14 Maret 2022 - (18:19 WIB)
      Permalink

      Ga kepikiran gitu kak…lagipula saya pikir cuma sebentar ini. Lha kok malah apes, kena yg modelan begini.

    • 14 Maret 2022 - (21:12 WIB)
      Permalink

      Mu maen pinjol liat dulu review dan bintang nya di playstore
      ….jgn asal donlod….baca komen2 nya…smg lncar usaha semua nya yg baca aamiin

    • 14 Maret 2022 - (18:21 WIB)
      Permalink

      Ga tau kak kalau di shopee atau akulaku ada fitur pinjam. Lagipula saya pikir cuma sebentar ini, mmg lagi apes kenanya malah pinjol ga beres.

    • 15 Maret 2022 - (12:40 WIB)
      Permalink

      Itu dua apk nya memang bukan dari OJK. Coba cek aja di wa OJK. Perihal harus dibayar atau tidak, lebih baik di bayar. Karena kita sudah berhutang. Tapi sesuai ketentuan di apk nya aja. Next nya yah kalo terdesak lebih baik ke temen atau saudara

  • 14 Maret 2022 - (18:44 WIB)
    Permalink

    Knapa di bayar mbak,, buka yutub mbak banyak info tentang pinjol,itu udah jelas pinjol ilegal gak usah di bayar tadinya,, mending uang nya bwt shoping,, bangkrutian pinjol ilegal

  • 14 Maret 2022 - (18:55 WIB)
    Permalink

    Kan sudah tau pinjol gini gitunya ehhh masih dilakukan juga, mau eksperiment atau mau apa. Kalo sudah tau yaaa udah telen aja. Kalo masih dilakukan.
    Mau namanya apa, mau legal apa ilegal ya kelakuannya gitu dan satu lagi berdosa

  • 14 Maret 2022 - (21:08 WIB)
    Permalink

    Jd pelajaran aja,jgn sekali2 minjem di pinjol apapun alasan nya…lbh baik minjem ke temen atau saudara trs ksh uang lbh…kecuali kl mau bls dendam dgn minjem sebnyk2nya ke semua pinjol yg ada…krn dc nya pd anjing semua,cm berani ngancam di telpon🖕

  • 14 Maret 2022 - (21:08 WIB)
    Permalink

    Ilegal itu pinjol nya, biarkan sajalah kalo pinjol ilegal kalo kuat nahan palg lama 3minggu di teror, selebihnya juga GK diteror lagi. Kalo dr skema pengembalian singkat sekali 7hari pencairan potongan admin bisa 35-45%, memang keterangan tanpa bunga tp tetep aja ilegal, diamkan saja laah biar bangkrut coz dana mereka juga kebanyakan dana nya dr lender..

    • 14 Maret 2022 - (22:24 WIB)
      Permalink

      Sudah saya bayar Pak..krn risih banget dan kesal baca kata²nya. Bukan ga niat bayar sih, cuma kan jatuh tempo msh lama kok heboh bgt nagihnya kayak yg telat 3 thn aja. Lha skrg sdh saya bayar, bahkan 1 hr sebelum JT lho…kok masih ditagih aja. Pdhl jelas² di apk-nya tertera lunas dan sayapun sdh share bukti bayarnya, tapi tetep aja nyerocos ayo bayar ayo bayar. Ga dibaca apa ya reply-an saya sm mrk.

  • 14 Maret 2022 - (22:56 WIB)
    Permalink

    Setau saya ada website pemerintah yang menyediakan layanan pengaduan UU ITE
    Tapi setelah saya cari lagi entah kemana itu website nya.. mungkin ini bisa dibawa ke ranah hukum dan meja hijau…kalau masih terganggu dengan spam nya mungkin bisa donasikan nomor nya ke YouTuber yang biasanya mengadu sesama pinjol lewat telepon (lupa nama channel nya) mungkin itu aja saran saya karena kurang begitu tau UU ITE tentang pinjol dan penyebaran luasan informasi pribadi

  • 15 Maret 2022 - (00:52 WIB)
    Permalink

    Pinjol Ilegal tdk ada DC lapangan, bisa nya ngancam2 aja mereka emang ga sekolah jd kerjanya cuma nagih2 di WA ketemu langsung ga berani. Ga usah di byr klo ada ancaman/intimidasi, bayar sesuai jatuh tempo wajar, kan pinjaman berbunga sesuai jatuh tempo, emang bangsat rentenir pinjol ini, kebanyakan makan uang haram.

    Mau Iegal/Ilegal sama aja klo nagih sblm jatuh tempo hrs dibyr segera, biar mereka bs dpt insentivenya.

    #berantas pinjol#

  • 15 Maret 2022 - (02:01 WIB)
    Permalink

    Wah rejeki tuh dpt pinjol ilegal. gak usah bayar !!
    Gini deh singkatnya. Pemerintah sudah menginstruksikan jika anda terlanjur pinjam di pinjaman oline ilegal, tidak usah bayar. Itu Menko Polhukam yang instruksi.

    “Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud Md meminta korban pinjol ilegal tidak perlu membayar utangnya. ”

    https://finance.detik.com/fintech/d-5938033/dinyinyirin-soal-tak-usah-bayar-utang-pinjol-ilegal-mahfud-jangan-genit

  • 15 Maret 2022 - (02:03 WIB)
    Permalink

    Dah gitu mbak pasang aplikasi TRUE CALLER, nanti bisa ketauan mana yang bandit DC mana yg teman

  • 15 Maret 2022 - (11:24 WIB)
    Permalink

    Astaga! Banyak sekali nasabah tergila gila dg pinjol. Itu sama dg tergila2 dg uang haram. Makan uang harap gak akan berkah hidupmu. Seolah2 pinjol itu sumber uang yg gak habis2nya.
    Lebih baik .memanfaafkan KUR dari pemerintah. Yg gak ada bunganya. dan tanpa jaminan apa pun

    • 17 Maret 2022 - (07:26 WIB)
      Permalink

      Gimana sih Bang…!!!! Apakah anda pernah pinjam KUR? Pinjaman KUR juga ada bunganya… Cuman bunganya sangat-sangat kecil, 6%/th, itu tahun lalu… Kalau sekarang katanya bunganya turun lagi jadi 3%/th. Dan pinjaman KUR juga ada agunan/jaminannya… Kecuali kalau pinjamannya kecil. Saya nggak tahu kalau ditempat anda… Lha terus apa hukumnya bunga KUR ini? Apakah HARAM juga??? Kan ada bunganya!!!

      • 17 Maret 2022 - (07:47 WIB)
        Permalink

        KUR mikro sampai 20jt gak ada bunga.. Tergantung penilaian mantri nya.. Kalau usahanya real mudah cairnya

    • 18 Maret 2022 - (07:20 WIB)
      Permalink

      Mungkin sangking kecilnya bunga sampai gk keliatan hehehe. Bunga ya bunga berapapun ukurannya

  • 16 Maret 2022 - (09:09 WIB)
    Permalink

    Kalau sudah sebar data tidak usah bayar ,,, ya begitu kalau pinjol ilegal udah jelas jadi resikonya seperti itu kalau Galbay ya sebar data ,, sekarang yg jadi persoalan itu pinjo legal tapi bila galbay penagihan nya serasa ilegal ,, mungkin banyak yg merasakan ,, cuman yg buat kita bingung itu kita mau mengadu kemana??? Ke OJK ??? Pasti yg di tanya kan bukti sedangkan DC yg menagih gak bakalan ngaku kalau di utus dri pinjol tersebut , padahal kalau di fikir secara logika dari mana para DC kejam itu tau nomer kita kalau bukan dari pinjol yg kita pinjam ,,, ini yg perlu di bahas,,,

    • 16 Maret 2022 - (15:10 WIB)
      Permalink

      Dari yg saya lihat apk yg isinya pinjol ilegal itu semua yg ngasih bintang lima itu bot semua. Kalimatnya selalu byk yg mode seperti ini “bla,,,,,bla…..bla.,.,.,.,” Dan menggunakan nickname/nama yg aneh contoh : africk damoa, kyen forlerd, lesley lejen.
      Yg lesley lejen mungkin pinjam uang buat topup MLBB wkwk 😂😂🤣

      Saran:kalau mau pinjol jgn liat bintang 5 nya tapi liat yg bintang 1 nya disitu kita bisa menilai

    • 18 Maret 2022 - (08:00 WIB)
      Permalink

      Ga usah sok suci..kamu ga pernah pinjam uang belum tentu kok ga banyak dosa.
      Lagipula semua sudah saya bayar. Yg saya permasalahkan di sini adalah tindakan mereka yang menagih sebelum jatuh tempo! Baca lagi yg bener, jangan dikit² dosa..dikit² dosa. Kayak udah suci bangey hidupmu.

  • 19 Maret 2022 - (14:39 WIB)
    Permalink

    Kalau mau pinjol ilegal siapin 1 hape bodong isi kontak palsu stlah dapat kabur aja wkwkwk

  • 20 Maret 2022 - (22:14 WIB)
    Permalink

    Saya dulu pernah juga begitu. Tapi saya mah cuek. Sampe jadi bahan gosip orang sekampung. Tapi saya mah cuek. Tetangga mana tahu kebutuhan kita kan. Gak ku bayar akhirnya aku ganti nmr hp n ganti hp juga.

 Apa Komentar Anda mengenai Aplikasi Pinjol Bantu Cepat?

Ada 74 komentar sampai saat ini..

DC Pinjol Dana Sayur dan Sobat Saku Memaksa Debitur Membayar Sebelum T…

oleh Yaniarien Pitaloka dibaca dalam: 2 menit
74