Surat Pembaca

Barang Pesanan Hilang oleh Kurir SiCepat, Pengembalian Dana di Tokopedia Sangat Lama dan Tidak Profesional!

Sebelumnya perkenalkan, saya merupakan member Diamond Tokopedia, yang merupakan tier tertinggi di marketplace tersebut, dan infonya hanya 1% dari total member di Tokopedia. Saya menulis surat ini karena sudah frustrasi menanggapi CS Tokopedia Care Prioritas. Semoga saya bisa mendapatkan keadilan yang setimpal dengan kerugian yang saya alami, atas kehilangan barang.

Saya membeli barang di Tokopedia, dari toko official store Atlantic Cellular berupa Xiaomi Pad 5, pada tanggal 30 Januari 2022, dengan menggunakan kurir SiCepat, menggunakan asuransi otomatis, dan pembayaran dengan kartu kredit BCA.

Pada tanggal 2 Februari 2022, saat dilacak barang tersebut dibawa oleh kurir SiCepat untuk diantar ke rumah saya, tapi ternyata fiktif. Pesanan diselesaikan oleh kurir, tanpa mengantar barangnya.

Saya kemudian sudah komplain ke pihak kurir SiCepat dan minta investigasi. Saya juga sudah komplain ke Tokopedia Care. Pihak SiCepat sudah kooperatif di awal, dan menjelaskan bahwa barang tersebut diambil oleh oknum kurir. Bahwa nama kurir yang tercantum pada tracking pesanan bukanlah kurir yang sebenarnya mengantar pesanan saya, tapi diambil oknum lain.

Mereka juga sudah mengirimkan bukti CCTV dan sudah koordinasi dengan pihak Tokopedia. Diskusi tersebut dilakukan beberapa kali via chat WA dan telepon oleh pihak SiCepat. Pihak Tokopedia Care juga sudah menjawab di chat Tokopedia Care.

Sampai pada akhirnya, tanggal 10 Februari 2022, pihak Tokopedia Care menginformasikan bahwa barang tersebut dianggap hilang dan sudah proses klaim asuransi. Saya diminta tunggu pengembalian dana maksimal 14 hari kerja ke kartu kredit. Sedangkan pesanan saya statusnya diselesaikan oleh Tokopedia, sehingga seller sudah mendapatkan uang dari saya pada tanggal 10 Februari 2022.

Saya memaklumi proses tersebut, seller duluan yang mendapatkan uang penggantian, sedangkan saya menunggu maksimal 14 hari, karena saya pakai kartu kredit. Namun masalah muncul setelah ini, pihak Tokopedia ingkar janji berkali-kali.

Tanggal 3 Maret seharusnya sudah hari terakhir batas waktu 14 hari kerja, tapi mereka malah membuat alasan yang tidak masuk akal untuk memperpanjang waktu.

Penjelasan mereka pada tanggal 7 Maret pukul 00.00, disuruh tunggu 1×24 jam, dan menjanjikan giftcard 100 ribu rupiah untuk kompensasi. Saya tidak bersedia.

Setelah itu pada tanggal 8 Maret 2022, saya tanyakan lagi kepada mereka, karena sudah ingkar janji lagi. Namun apa yang mereka lakukan? Mereka menjanjikan giftcard Rp200 ribu untuk kompensasi. Saya tidak terima, sudah dikerjain mereka berbulan-bulan, barang sudah hilang, rugi waktu menunggu, rugi pikiran, emosi. Mereka pikir gampang banget cuma kasih giftcard sampai menunda pengembalian dana, gak mikirin perasaan pembeli karena seller sudah terima penggantian uang duluan. Di mana juga letak tanggung jawab SiCepat atas kasus ini?

Di mana letak keadilan dari kasus ini? Uang saya baru dikembalikan tanggal 10 Maret. Bahkan saya sudah membayar tagihan yang muncul di billing, mereka malah tetap bersikeras bahwa sesuai aturan dikembalikannya ke kartu kredit 7-14 hari kerja. Jadi saya harus talangin hutang mereka ke kartu kredit dulu? Di mana logikanya?

Mereka malah mengiming-imingi giftcard Rp100.000 untuk kompensasi, saya tolak, lalu tawarin lagi Rp200.000, saya bilang saya gak butuh. Yang saya butuh itu uang saya kembali segera. Tetap saja mereka muter-muter jawabnya beralasan sesuai aturan. Padahal Tokopedia yang ingkar janji terus-terusan.

Abrahamson
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

    • Terima kasih pak, betul kalau jangkauannya dekat pasti saya pilih instant. Tapi jarak yg jauh membuat tidak ada pilihan lain, kecuali pakai kurir biasa

  • Saya juga pernah alami dan bukan hanya sekali dan akhirnya pikir2 jika menggunakan CC di Toped:

    1. Ada biaya admin yang cukup besar
    2. Jika ada kasus kehilangan, dari Toped cenderung lepas tanggungjawab dan dipingpong
    3. Ngurus pengembalian dana ke BCA (kebetulan waktu itu saya pake CC BCA) juga butuh waktu lama..untungnya BCA punya fasilitas WA jadi komunikasi langsung direspon
    4. Total lama pengembalian dana waktu itu -+ 2bulan
    5. Dari kasus tersebut jika uang belum bisa transaksi cash maka sebaiknya tahan dulu atau jika pake CC beli di tempat lain secara langsung aja..pake CC di Toped jika ada kendala makan waktu banget

    • Kalau pembayaran pakai kartu kredit dengan metode full payment saat ini di tokopedia tidak kena biaya admin pak. Mungkin kalau pakai cicilan memang ada biaya layanan. Thanks for sharing

      • Benar pak untuk full payment gak kena biaya admin hanya ngurusnya memang lama karena harus konfirmasi ke pihak banknya. Harus kita yang follow up. Kalo pembelian Cash gak pake CC lebih cepat pengembalian dananya yang penting Official Store karna otomatis cover asuransi dan bukti2 pendukungnya ada. Kalo yang lainnya jangan lupa pake asuransi..Gpp pak Pengalaman pait itu pembelajaran hidup

  • Hmm, ya beda lah bro. Uang ente dari asuransi, seller bukan dari asuransi. Mereka nunggu cair dulu uangnya.

    Klo gw ambil hikmahnya, berarti asuransinya bener nih, gk ush khawatir ilang. Asuransi gocengan doang wkwk

    • Asuransi gocengan? Kalau official store asuransi dicover oleh tokopedia, tapi dari harga barang yang saya beli, asuransinya bisa sekitar 20-30 ribuan kalau belanja di toko biasa.

  • Baru tau ternyata sebegitu pasifnya si toped ngehandle kasus. So far sampe jadi member diamond pake toped dan mostly sicepat aman2 saja. (Dan semoga aman2 saja seterusnya). Karena pake alamat kantor, dan staff disini kalo beli di marketplace dialamatin ke kantor juga, jadi saya tau kurirnya itu2 terus yang nganter kesini, akhirnya minta nomernya. Jadi kalo ada apa2 gampang. Biasanya kalo beli barang elektronik bernilai besar saya lebih memilih jdid. (So far nggak pernah ada masalah, dari beli ac, monitor, hp, tv). Kalo nggak ada baru cari di toped yang bisa instant kurir (selisih mahal sedikit tapi pikiran tenang). Dan pake toped buat bayar digital dan top up emoney, dll, karena banyak cashbacknya dan prosesnya instant, jarang delay.

    Kalo saya sering masalah dengan shopee express (kurir inhouse shopee) Barusan kejadian barang terkirim tapi tidak diterima. Ada bukti cctv juga, tidak ada paket datang di jam kurir nganter (jam 23.03??) tapi untungnya di shopee cuman beli brg receh, yg buy and forget. Karena diantara platform market place yg ada, pengalaman saya shopee paling jelek handlingnya kalo ada masalah.

    Semoga toped yang sebentar lagi go public bisa meningkatkan customer carenya lebih aktif dan progesif ya.

    Terima kasih sharing infonya pak.

  • Member tinggallah member ga ada unsur prioritas nya. Kalo toko ijo masalah pembayaran kartu kredit memang lamban. Saya pernah ditagih penuh oleh bank padahal sudah pake tenor cicilan di toko ijo. Dan oleh pihak toko ijo baru diproses ke bank 30 hari kerja atau sekitar hampir 2 bulan.

  • Janggal sih tokped. Ini baru kejadian tiba2 hari ini komplain saya barang rusak diselesaikan sepihak oleh tokped. Lebih aneh lagi, saya ditelpon oleh admin tokped karena saya ajukan banding di tokped care. Dana akan diteruskan ke penjual katanya, padahal penjual yang mengajukan asuransi tapi saya yang harus menunggu penggantian asuransi. Begitu tutup telpon, nah lho... komplain selesai. Padahal saya ajukan banding. Lah ngapain si admin tadi nelpon sok iya gitu kayak yang ngerti keluhan buyer. Di situ saya yg selama seminggu emosi karena komplain yang nggak selesai, tiba2 jadi ketawa. Ooh seperti itu cara tokped. Kalau memang buyer tidak punya hak komplain dgn official store, kenapa buang2 waktu saya untuk unboxing lah, foto ini lah itu lah. Dikasih pilihan ajukan banding tapi ditutup sendiri.

  • Saya sedang mengalaminya saat ini pak, kasusnya hampir sama, saya khawatir tidak di refund, karena kasusnya belum selesai sampe saat ini, dari tgl 14 des 2022, di janjiin tokopedia max tgl 5 jan 2023 di refund tapi nyatanya sampai sekarang tgl 08 jan 2023 belum di refund, alasasannya masih dalam penangangan dan pihak tokped tidak menjawab jika di tanya masalah sampai kapan selesainya, saya bingung harus apa ?