Barang Pesanan Hilang oleh Kurir SiCepat, Pengembalian Dana di Tokopedia Sangat Lama dan Tidak Profesional!

Sebelumnya perkenalkan, saya merupakan member Diamond Tokopedia, yang merupakan tier tertinggi di marketplace tersebut, dan infonya hanya 1% dari total member di Tokopedia. Saya menulis surat ini karena sudah frustrasi menanggapi CS Tokopedia Care Prioritas. Semoga saya bisa mendapatkan keadilan yang setimpal dengan kerugian yang saya alami, atas kehilangan barang.

Saya membeli barang di Tokopedia, dari toko official store Atlantic Cellular berupa Xiaomi Pad 5, pada tanggal 30 Januari 2022, dengan menggunakan kurir SiCepat, menggunakan asuransi otomatis, dan pembayaran dengan kartu kredit BCA.

Pada tanggal 2 Februari 2022, saat dilacak barang tersebut dibawa oleh kurir SiCepat untuk diantar ke rumah saya, tapi ternyata fiktif. Pesanan diselesaikan oleh kurir, tanpa mengantar barangnya.

Saya kemudian sudah komplain ke pihak kurir SiCepat dan minta investigasi. Saya juga sudah komplain ke Tokopedia Care. Pihak SiCepat sudah kooperatif di awal, dan menjelaskan bahwa barang tersebut diambil oleh oknum kurir. Bahwa nama kurir yang tercantum pada tracking pesanan bukanlah kurir yang sebenarnya mengantar pesanan saya, tapi diambil oknum lain.

Mereka juga sudah mengirimkan bukti CCTV dan sudah koordinasi dengan pihak Tokopedia. Diskusi tersebut dilakukan beberapa kali via chat WA dan telepon oleh pihak SiCepat. Pihak Tokopedia Care juga sudah menjawab di chat Tokopedia Care.

Sampai pada akhirnya, tanggal 10 Februari 2022, pihak Tokopedia Care menginformasikan bahwa barang tersebut dianggap hilang dan sudah proses klaim asuransi. Saya diminta tunggu pengembalian dana maksimal 14 hari kerja ke kartu kredit. Sedangkan pesanan saya statusnya diselesaikan oleh Tokopedia, sehingga seller sudah mendapatkan uang dari saya pada tanggal 10 Februari 2022.

Saya memaklumi proses tersebut, seller duluan yang mendapatkan uang penggantian, sedangkan saya menunggu maksimal 14 hari, karena saya pakai kartu kredit. Namun masalah muncul setelah ini, pihak Tokopedia ingkar janji berkali-kali.

Tanggal 3 Maret seharusnya sudah hari terakhir batas waktu 14 hari kerja, tapi mereka malah membuat alasan yang tidak masuk akal untuk memperpanjang waktu.

Penjelasan mereka pada tanggal 7 Maret pukul 00.00, disuruh tunggu 1×24 jam, dan menjanjikan giftcard 100 ribu rupiah untuk kompensasi. Saya tidak bersedia.

Setelah itu pada tanggal 8 Maret 2022, saya tanyakan lagi kepada mereka, karena sudah ingkar janji lagi. Namun apa yang mereka lakukan? Mereka menjanjikan giftcard Rp200 ribu untuk kompensasi. Saya tidak terima, sudah dikerjain mereka berbulan-bulan, barang sudah hilang, rugi waktu menunggu, rugi pikiran, emosi. Mereka pikir gampang banget cuma kasih giftcard sampai menunda pengembalian dana, gak mikirin perasaan pembeli karena seller sudah terima penggantian uang duluan. Di mana juga letak tanggung jawab SiCepat atas kasus ini?

Di mana letak keadilan dari kasus ini? Uang saya baru dikembalikan tanggal 10 Maret. Bahkan saya sudah membayar tagihan yang muncul di billing, mereka malah tetap bersikeras bahwa sesuai aturan dikembalikannya ke kartu kredit 7-14 hari kerja. Jadi saya harus talangin hutang mereka ke kartu kredit dulu? Di mana logikanya?

Mereka malah mengiming-imingi giftcard Rp100.000 untuk kompensasi, saya tolak, lalu tawarin lagi Rp200.000, saya bilang saya gak butuh. Yang saya butuh itu uang saya kembali segera. Tetap saja mereka muter-muter jawabnya beralasan sesuai aturan. Padahal Tokopedia yang ingkar janji terus-terusan.

Abrahamson
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Tokopedia Care:
[Total:100    Rata-Rata: 1.6/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

50 komentar untuk “Barang Pesanan Hilang oleh Kurir SiCepat, Pengembalian Dana di Tokopedia Sangat Lama dan Tidak Profesional!

  • 17 Maret 2022 - (10:24 WIB)
    Permalink

    sudah dikembalikan minggu lalu, kemudian anda masih kesal jadi buat surat pembaca gt kah?
    yang anda minta skrg apa setelah uang sudah kembali? kompensasi juga anda tolak, tujuan surat pembaca ini apa, setelah satu minggu kasus selesai?

    11
    9
    • 17 Maret 2022 - (10:56 WIB)
      Permalink

      Surat ini sudah dibuat sejak minggu lalu sebelum uang saya kembali, namun dari moderasi mediakonsumen cukup lama waktunya, saat dipublish artikel ini, uang sudah kembali. Tetapi saya tetap tidak terima kalau perlakuannya seperti ini, kompensasi hanya giftcard 200ribu? Sedangkan tagihan kartu kredit yang seharusnya mereka batalkan, malah harus saya talangin dulu dibayarkan, padahal sejak laporan barang hilang sampai jatuh tempo kartu kredit cukup lama, 2 minggu, itu cukup waktu untuk pengembalian dana. Tapi malah sampai sebulan lebih diulur-ulur bahkan lebih memilih memberikan iming-iming janji giftcard daripada mengembalikan dana saya saat itu juga, yang disalahin malah pihak asuransi. Justru malah seller yang duluan dikembalikan dananya, dari uang saya. Dimana keadilannya, padahal saya korban atas masalah ini, apa tidak lihat faktor psikologis, waktu yang terbuang hubungi sicepat dan tokopedia berkali-kali bahkan telepon di tengah malam, uang yang ditahan lama, itu semua saya yang duluan jemput bola lho, mereka sangat pasif, harus ditanya dulu, difollow up dulu, padahal layanan prioritas. Dan bahkan dalam hal pengembalian dana juga “dikorbankan” lebih lama daripada seller.

      19
      1
        • 17 Maret 2022 - (11:21 WIB)
          Permalink

          sekarang kalau boleh minta pendapat bapak, apakah pantas pihak tokopedia mengiming-imingi kompensasi giftcard 200ribu lebih dulu, dibanding menyelesaikan masalahnya? seperti orang yang nyogok supaya kita diem ga komplain mulu, dikasih 200ribu, apa iya pantas nominal segitu? apalagi sebelum uangnya balik tgl 10, mereka bikin estimasi tgl 18-29 maret baru dibalikin. wajar kan kalo emosi?

          11
          2
          • 17 Maret 2022 - (15:00 WIB)
            Permalink

            maaf, buat saya kompensasi bukan cuma duit, pak. untuk jadi member diamond aja butuh belanja ratusan juta dalam setahun. banyak yang bisa disampaikan sebagai permohonan maaf, misalnya gratis top ads untuk rentang waktu tertentu untuk berjualan, atau gratis biaya power merchant, atau fasilitas cashback rentang waktu sekian hari sebagai pembeli, atau apapun bisa mereka buat sebetulnya, kupon cashback aja tiap hari dikasih kok bermacem-macem.
            menurut saya giftcard 200 ribu ga bisa mengganti kerugian imateriil.

            6
            2
        • 20 Maret 2022 - (02:45 WIB)
          Permalink

          Setahu sy itu gk murni 14 hari Krn Sabtu Minggu n harlib gk dihitung tarolah 18 hari mepet kalo mundur tambahin 7 hari jadi 25 hari Krn proses pengembalian dana ke CC itu emang ribet prosedurnya

          Ada pengalaman refund dari google ads ke cc katanya prosesnya 3 bulan tapi gk cair2 sampe sekarang udah setahunan kali sampe lupa lagi.

          Btw tx sharingnya buat pelajaran sy

      • 17 Maret 2022 - (12:23 WIB)
        Permalink

        Ya lumayan 200rb daripada ngga sama sekali. 5jt taruh deposito 1 bulan juga cuma dapet 10rb.

        5
        11
        • 17 Maret 2022 - (13:45 WIB)
          Permalink

          kok ga nyambung dibandingin sama deposito pak? deposito itu persetujuan kedua pihak, bank dan nasabah yg mau taro duitnya disitu. ini uang saya ditahan sepihak, bisa buat bayar listrik, bayar cicilan ini itu, buat jualan juga bisa diputer berkali-kali. ini saya nalangin tokopedia/asuransi yang ngutang ke bank, kalo mau dibandingin sama pinjol aja sekalian, liat tuh berapa bunganya minjemin uang.

          11
          1
    • 19 Maret 2022 - (00:10 WIB)
      Permalink

      Selalu akan bermasalah ketika menggunakan Kurir Si Cepat (Khususnya Area Timur ex.NTT) Sy alami berulang kali. Tokopedia sgt lambat merespon dan seolah2 memihak si ekspedisi tsb. Sy member Diamond Juga, tapi seolah2 ga ada arti bagi pihak Tokped. Sampai sekarang masalah Kompensasi kerrlambatan 1 bulan dan barang rusak dr Si Cepat ga ada penyelesaian. Dari Case ini Anda yg blm pernah mengalami SPT Kami yg dirugikan janga Terlalu banyak Bacot, karena kami sdh mengalami kerugiannya. Atau Anda yg nyinyir kalau kami komplain ini adalah pihak Bayaran atau MMG pihak dr Seberang sana yg kami komplain !!! Media Konsumen ini sangat penting dan Sy dukung utk itu. Tks

  • 17 Maret 2022 - (10:24 WIB)
    Permalink

    Kok kebalik yah? Biasanya pembeli yang dananya duluan dibalikin, karena hanya tinggal refund oleh pihak marketplace. Sedangkan penjual biasanya belakangan, karena harus proses klaim ke kurir n asuransinya dulu. 🤔

    12
    • 17 Maret 2022 - (11:03 WIB)
      Permalink

      iya, karena itu juga saya tanyakan ke tokopedia. Kenapa uang pembelian saya malah diteruskan ke seller? Bukan dikembalikan aja ke saya, biar barang seller yang diurus asuransi. Mereka malah tetep kekeuh bahwa sesuai aturan katanya dikembalikan ke limit kartu kredit. Padahal udah saya bayarin tagihannya jatuh tempo tanggal 3 Maret. Saya kasih solusi ke tokopedia untuk dibalikin ke saldo tokopedia juga mereka ga mau.
      Di satu sisi mereka ngomongin aturan, tapi di sisi lain mereka sendiri yang langgar janji mereka sendiri.

      13
      1
      • 21 Maret 2022 - (23:40 WIB)
        Permalink

        boleh nimbrung dikit ya kak untk permasalahan transaksi baik itu seller mau pun buyer ( sebagai pembeli )
        utk permasalahan brg nich kak ( baik itu rusak / penyok / hilang )
        bukan utk membela penjual nich kk biasa nya pihak penjual memang mendapatkan dana penjualan nya terlebih dahulu . untuk pembeli ( biasa nya tergantung pihak asuransi seumpama tokopedia menggunakan asuransi tokio marine ) bisa di cek di google setau kami tokio marine merupakan asuransi jiwa asuransi rumah asuransi kendaraan tapi knp tokopedia menggunakan asuransi tokio marine utk bekerjasama di asuransi barang nya. coba kakak tanya ke ojk surat ijin usaha tokio marine apakan termasuk dlm surat ijin asuransi barang di market place tokopedia
        Jika tidak termasuk maka kakak bisa tuntut tokopedia kk sebab menyalahi aturan main kak krn tokopedia mengikut sertakan asuransi tsb maaf nich ya kk sblm nya dicek dahulu kak di google

    • 17 Maret 2022 - (11:12 WIB)
      Permalink

      iya pak, sudah balik. tapi harus pakai urat dan emosi seperti saya debt collector penagih hutang. Padahal saya korban.

      9
      2
      • 17 Maret 2022 - (11:28 WIB)
        Permalink

        ya seller memang ga salah dalam hal ini apalagi dia posisi official store. Barang sudah diberikan kepada kurir dan berasuransi maka tugas seller sudah selesai dan berhak menerima pembayaran. Bayangkan kalo kita di posisi seller kan.

        Trus tokped juga menunggu cair uang dari asuransi pengiriman, yg sudah tentu mereka berasumsi akan cepat cair seperti biasa. Tetapi tentu saja pihak asuransi pun akan menyelidiki terlebih dahulu sebelum membayar. Dan investigasi tersebut memakan waktu karena nilainya cukup lumayan.

        Dalam hal ini buyer yg paling dirugikan tapi paling tidak dengan membayar asuransi lebih tenang dan terjamin, hanya masalah waktu.

        syukurlah kalo akhirnya cair juga uang klaim asuransinya. Ada beberapa buyer yg tidak dicairkan karena paket diterima orang lain dan pihak kurir tidak mau bertanggung jawab demikian juga asuransinya. Maka prosesnya lebih lama lagi

        8
        1
        • 17 Maret 2022 - (11:48 WIB)
          Permalink

          Seharusnya yang adil ya seller dan buyer sama-sama dikembalikan uangnya di waktu bersamaan, kan sama-sama klaim dengan asuransi yang sama.
          atau karena saya dibilang pakai kartu kredit, okelah 14 hari kerja. Tapi ini jaraknya 1 bulan.
          Dan pertanyaan saya, pihak sicepat dimana tanggung jawabnya? Kok pelihara maling di perusahaan? Ini sudah kedua kali saya alami, sejak tahun lalu juga.
          kesannya cuma tokopedia dan pihak asuransi yang bertanggung jawab, padahal malingnya dari sicepat.

          8
          2
  • 17 Maret 2022 - (11:11 WIB)
    Permalink

    Y itu resiko bayar pakai kartu kredit…pembelian gagal..jatuh tempo memang harus d bayar cc..ntar bulan berikutny dikredit kan lg..

    1
    1
    • 17 Maret 2022 - (11:14 WIB)
      Permalink

      ya memang awalnya saya terima kalau pengembalian limit 14 hari kerja. Kalau dalam kasus normal pun misalnya dibatalkan seller/stoknya kosong, saya tidak masalah. Ini kasus barang hilang, ada 3 pihak yang bertanggung jawab, asuransi, sicepat, dan tokopedia. Saya korban kriminal, eh yang diduluin uangnya malah seller.

      2
      5
  • 17 Maret 2022 - (11:23 WIB)
    Permalink

    Dari dulu kalau Tokped beli pakai CC balikin ke limit , saya dulu juga pernah sebulan baru balik. Hampir semua marketplace begitu kecuali Shopee ya. Kalau beli pakai VA ya langsung balik duit refund ke saldo.

    https://www.tokopedia.com/help/article/saya-belum-menerima-pengembalian-dana-atas-pembatalan-pesanan

    Diamond sama aja, saya saat ini sedang ada komplain di Tokopedia juga. Pesan dari tgl 10 sampai sekarang belum dikirim oleh official store, member Diamond tapi chat juga antri 15 mnit baru dibalas. Ya paling untung di free ongkir yang banyak, lainnya ga ada. Cuma embel² aja..

    • 17 Maret 2022 - (11:43 WIB)
      Permalink

      iya betul kalau soal pengembalian ke limit memang aturan mereka, tapi kenapa double standard? kenapa mereka di tanggal 10 Februari mereka janji pengembalian 14 Hari Kerja, estimasi tanggal 3 maret maksimal, tapi di tgl 3 mereka janji lagi akan ditindaklanjuti, lalu tanggal 7 Maret mereka bilang sedang investigasi lanjutan oleh tim asuransi. Dan di tgl 10 uang kembali, itupun karena saya tanya terus setiap hari. Pertanyaan saya kan, kenapa tgl 10 Februari itu dana saya langsung diteruskan ke seller? Mereka ingkar janji berkali-kali, tapi di sisi lain mau ikutin aturan pengembalian dana? Omongan CS nya aja ga bisa dipegang

      1
      1
      • 17 Maret 2022 - (12:05 WIB)
        Permalink

        Hanya Tokopedia yang bisa jawab pertanyaan tersebut, semoga dijawab agar Anda terobati kekecewaannya.. Syukur sudah balik, dan semoga lain kali tidak terulang lagi.

        • 18 Maret 2022 - (11:04 WIB)
          Permalink

          Walaupun saya cuma member Platinum, saya belum pernah kejadian seperti ini dari Toped. Sementara bisa dibilang semua transaksi mahal atau elektronik dilakukan dari tokopedia. Termasuk beli laptop gaming.
          Saya rasa sih kendalanya sih di kartu kredit ya yg pengembaliannya emang biasanya lama, mau di e-commerce manapun. Bisa jadi juga proses dari Banknya jg lama.

          Saya pernah kejadian jg soal barang rusak, yg dari seller blg ga usah dikembalikan. Cm di sistemnya kan ga ada opsi tidak perlu retur jdnya perlu isi resi. Jd ya saya chat di bagian adminnya bahwa sesuai dgn kesepakatan, tidak perlu retur. Tetapi proses retur tidak dibatalkan oleh admin toped sampai dgn akhir masa pengisian resi berakhir. Sehingga dana penjualan diteruskan sementara masalah belum kelar. Stlh itu baru saya dihubungi pihak toped. Padahal adminnya byk tp tak ada yg merespon. Untung aja penjual bertanggung jawab walau agak berbulan baru dikirim kembali barangnya.

          Memang sih kesel rasanya kita mesti kejar terus. Ya mgkn jg sistem dari topednya perlu dibenerin kali ya soal penanganan komplain seperti ini? Misalnya pastikan dihandle oleh 1 org admin yg sama n dinotif terus ke mrk jika blm selesai. Jgn sampai admin yg handle jg terlalu byk ntar saling mengira masalahnya sudah diselesaikan yg lain, jdnya ga difollow up. Tp anyway bukan cm toped sih yg seperti ini. Ada jg instansi lain yg lbh parah. Cm jgn sampailah hal yg jelek seperti ini ga diperbaiki.

  • 17 Maret 2022 - (11:55 WIB)
    Permalink

    Emang riskan sih beli barang mahal kalo lewat marketplace. Diasuransikan saja bisa dimaling, apalagi tidak. Terlalu byk oknum kurir yg maling di jasa ekspedisi. Perketat lg jalur masuk rekrutan kurir.

    • 17 Maret 2022 - (13:41 WIB)
      Permalink

      betul pak, ini antara sindikat maling / sindikat cairin asuransi. parah

      1
      1
        • 19 Maret 2022 - (14:42 WIB)
          Permalink

          Karena status toko official store dan otomatis dapat asuransi dicover oleh tokopedia pak.

  • 17 Maret 2022 - (15:34 WIB)
    Permalink

    Handphone sering dimaling sama kurir ya kalau beli online, rata rata barang seperti itu yang sering dicuri oleh kurir, masih untung anda beli di Toped yang ada asuransi, coba beli shopee yang nggak ada asuransi nya lebih ribet urusanya

    • 18 Maret 2022 - (10:07 WIB)
      Permalink

      Karna kurir skrang cashless bisa baca isi paket disistem jelas dimaling toh kalo tau nominal besar menurut sy kebijakan kurir bisa tau isi paket itu tdk benar karna menambah oknum maling saja

    • 19 Maret 2022 - (14:32 WIB)
      Permalink

      makasih pak tanggapannya. Memang saya pilih tokopedia karena ada asuransi, terutama belanja di official store.

  • 17 Maret 2022 - (18:00 WIB)
    Permalink

    Bukanya belain tokopedia sih tp ya emang kadang pembayaran kembali ke limit kartu kredit memang kadang terlambat walaupun pada kenyataanya juga kebanyakan lebih cepat bahkan saya dulu pernah hampir 3 bulan dana baru kembali krn pd urutan prosesnya klo pake cc itu urutanya agak ribet nggak seperti klo kita make uang cash,,yg kirim langsung masuk,,,

    • 19 Maret 2022 - (14:34 WIB)
      Permalink

      Bapak dikembalikan 3 bulan lama sekali, apa tidak takut lupa? Apalagi kalau nominalnya besar

  • 17 Maret 2022 - (18:21 WIB)
    Permalink

    Saya salahsatu yang kapok pake sicepat.
    Barang saya juga hilang
    Paketnya nyampe tapi isinya ga ada cuma bungkusnya doang. untungnya diganti sama shopee tapi tetap saya rugi waktu, pengiriman yang seharusnya 2-3 hari menjadi lebih dari 1 minggu.

    6
    1
    • 19 Maret 2022 - (05:57 WIB)
      Permalink

      Benerrr saya udah 2x pengalaman pake sicepat, yg pertama paket hilang, yang kedua hampir hilang, paket harusnya dikirim dari Bandung ke Jakarta tapi malah nyasar sampe ke probolinggo dan setelah itu ga ada kabar 3 hari, ketika dilaporkan baru dikirimkan lagi ke jakarta, dan ketika sdh diterima kemasan packingan sudah digunting salam keadaan sdh terbuka, berarti memang kurang ajar mereka ini kurir2nya banyak yg maling

  • 17 Maret 2022 - (18:38 WIB)
    Permalink

    Kalau harga barang dibawah 100rb, boleh lah pake kurir milenial. Kalau barang jutaan mending pakai kurir pemain lama.

    • 18 Maret 2022 - (12:47 WIB)
      Permalink

      Benar ini. Kalau beli laptop dan hp yang sangat digemari maling, mendingan pakai pemain lama seperti JNE. Perekrutan jelas, status karyawan jelas. Kalau berani maling, sangat mudah untuk ditangkap.

      Kalau sicepat atau anteraja kayaknya terlalu longgar. Siapa saja bisa jadi kurir nya.

    • 19 Maret 2022 - (14:37 WIB)
      Permalink

      Terima kasih pak atas sarannya, sayangnya memang sebagai pembeli, masih suka lihat gratis ongkir daripada pakai kurir pemain lama yang tidak dicover ongkirnya.

    • 19 Maret 2022 - (14:38 WIB)
      Permalink

      Terima kasih pak, betul kalau jangkauannya dekat pasti saya pilih instant. Tapi jarak yg jauh membuat tidak ada pilihan lain, kecuali pakai kurir biasa

  • 18 Maret 2022 - (07:54 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah alami dan bukan hanya sekali dan akhirnya pikir2 jika menggunakan CC di Toped:

    1. Ada biaya admin yang cukup besar
    2. Jika ada kasus kehilangan, dari Toped cenderung lepas tanggungjawab dan dipingpong
    3. Ngurus pengembalian dana ke BCA (kebetulan waktu itu saya pake CC BCA) juga butuh waktu lama..untungnya BCA punya fasilitas WA jadi komunikasi langsung direspon
    4. Total lama pengembalian dana waktu itu -+ 2bulan
    5. Dari kasus tersebut jika uang belum bisa transaksi cash maka sebaiknya tahan dulu atau jika pake CC beli di tempat lain secara langsung aja..pake CC di Toped jika ada kendala makan waktu banget

    • 19 Maret 2022 - (14:39 WIB)
      Permalink

      Kalau pembayaran pakai kartu kredit dengan metode full payment saat ini di tokopedia tidak kena biaya admin pak. Mungkin kalau pakai cicilan memang ada biaya layanan. Thanks for sharing

      • 19 Maret 2022 - (15:06 WIB)
        Permalink

        Benar pak untuk full payment gak kena biaya admin hanya ngurusnya memang lama karena harus konfirmasi ke pihak banknya. Harus kita yang follow up. Kalo pembelian Cash gak pake CC lebih cepat pengembalian dananya yang penting Official Store karna otomatis cover asuransi dan bukti2 pendukungnya ada. Kalo yang lainnya jangan lupa pake asuransi..Gpp pak Pengalaman pait itu pembelajaran hidup

  • 18 Maret 2022 - (22:58 WIB)
    Permalink

    Hmm, ya beda lah bro. Uang ente dari asuransi, seller bukan dari asuransi. Mereka nunggu cair dulu uangnya.

    Klo gw ambil hikmahnya, berarti asuransinya bener nih, gk ush khawatir ilang. Asuransi gocengan doang wkwk

    • 19 Maret 2022 - (14:41 WIB)
      Permalink

      Asuransi gocengan? Kalau official store asuransi dicover oleh tokopedia, tapi dari harga barang yang saya beli, asuransinya bisa sekitar 20-30 ribuan kalau belanja di toko biasa.

  • 19 Maret 2022 - (15:08 WIB)
    Permalink

    Baru tau ternyata sebegitu pasifnya si toped ngehandle kasus. So far sampe jadi member diamond pake toped dan mostly sicepat aman2 saja. (Dan semoga aman2 saja seterusnya). Karena pake alamat kantor, dan staff disini kalo beli di marketplace dialamatin ke kantor juga, jadi saya tau kurirnya itu2 terus yang nganter kesini, akhirnya minta nomernya. Jadi kalo ada apa2 gampang. Biasanya kalo beli barang elektronik bernilai besar saya lebih memilih jdid. (So far nggak pernah ada masalah, dari beli ac, monitor, hp, tv). Kalo nggak ada baru cari di toped yang bisa instant kurir (selisih mahal sedikit tapi pikiran tenang). Dan pake toped buat bayar digital dan top up emoney, dll, karena banyak cashbacknya dan prosesnya instant, jarang delay.

    Kalo saya sering masalah dengan shopee express (kurir inhouse shopee) Barusan kejadian barang terkirim tapi tidak diterima. Ada bukti cctv juga, tidak ada paket datang di jam kurir nganter (jam 23.03??) tapi untungnya di shopee cuman beli brg receh, yg buy and forget. Karena diantara platform market place yg ada, pengalaman saya shopee paling jelek handlingnya kalo ada masalah.

    Semoga toped yang sebentar lagi go public bisa meningkatkan customer carenya lebih aktif dan progesif ya.

    Terima kasih sharing infonya pak.

  • 21 Maret 2022 - (12:11 WIB)
    Permalink

    Member tinggallah member ga ada unsur prioritas nya. Kalo toko ijo masalah pembayaran kartu kredit memang lamban. Saya pernah ditagih penuh oleh bank padahal sudah pake tenor cicilan di toko ijo. Dan oleh pihak toko ijo baru diproses ke bank 30 hari kerja atau sekitar hampir 2 bulan.

  • 7 Mei 2022 - (15:23 WIB)
    Permalink

    Janggal sih tokped. Ini baru kejadian tiba2 hari ini komplain saya barang rusak diselesaikan sepihak oleh tokped. Lebih aneh lagi, saya ditelpon oleh admin tokped karena saya ajukan banding di tokped care. Dana akan diteruskan ke penjual katanya, padahal penjual yang mengajukan asuransi tapi saya yang harus menunggu penggantian asuransi. Begitu tutup telpon, nah lho… komplain selesai. Padahal saya ajukan banding. Lah ngapain si admin tadi nelpon sok iya gitu kayak yang ngerti keluhan buyer. Di situ saya yg selama seminggu emosi karena komplain yang nggak selesai, tiba2 jadi ketawa. Ooh seperti itu cara tokped. Kalau memang buyer tidak punya hak komplain dgn official store, kenapa buang2 waktu saya untuk unboxing lah, foto ini lah itu lah. Dikasih pilihan ajukan banding tapi ditutup sendiri.

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia Care?

Ada 50 komentar sampai saat ini..

Barang Pesanan Hilang oleh Kurir SiCepat, Pengembalian Dana di Tokoped…

oleh Abrahamson dibaca dalam: 2 menit
50