Kecewa dengan Pelayanan Ayam Tulang Lunak Mbok Surip Kabupaten Malang

Pada tanggal 19 Maret 2022 pukul 16.29, saya bersama istri berkunjung ke Ayam Tulang Lunak Mbok Surip, Jalan Raya Ngijo Karangploso No. 3C-3D, Kendalsari, Ngijo, Kecamatan Karang Ploso, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65152, untuk makan seusai beraktivitas seharian.

Saya membeli makanan senilai Rp60.500 untuk makan di tempat (dine in). Setelahnya kami pun menambah paket oleh-oleh, dengan menambah sambal dan kriukan, sehingga menghabiskan Rp117.000 untuk keluarga di rumah. Jadi total saya menghabiskan Rp177.500. Ini adalah kunjungan saya untuk kedua kalinya.

Struk Pembelian
Setruk Pembelian

Betapa kagetnya saya ketika sampai di rumah, bonus kriukan dan tambahan kriukan yang kami beli Rp5.000 tidak ada di paket oleh-oleh yang kami beli. Maka kami menghubungi manajemen melalui akun Instagram. Setelah beberapa saat mendapat balasan dan saya minta telepon untuk saya hubungi.

Setelah saya menghubungi, dengan mudahnya SPV atau kontak yang saya hubungi menyampaikan akan mengembalikan Rp5.000 yang sudah saya bayar, untuk tambahan kremesan tanpa menyesal. Saya pun tidak setuju dan meminta pertanggungjawaban pihak rumah makan untuk mengirimkan keesokan harinya. Karena makan ayam goreng tanpa kremesan terasa kurang lengkap. Yang bersangkutan mengatakan akan mengembalikan 3x Rp5.000, tapi saya menolaknya. Ini bukan masalah uang, tapi pelayanan yang tidak sesuai dan saya minta dikirim kremesan-nya.

Pihak rumah makan pun meminta apakah ada alternatif lain selain mengirim kremesan, karena weekend. Saya bilang tidak ada, karena saya ingin menikmati ayam goreng tersebut dengan kremesan. Namun setelah didesak alternatif lain, maka saya meminta agar 3x dari total pembelian sebagai bentuk pertanggungjawaban atau mengirimkan kremesan-nya saja. Namun hingga surat ini saya kirim, pihak rumah makan tidak da itikad baik untuk bertanggung jawab.

Terima kasih.

Andy Yuwono
Kota Mojokerto, Jawa Timur 61317

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

232 komentar untuk “Kecewa dengan Pelayanan Ayam Tulang Lunak Mbok Surip Kabupaten Malang

  • 23 Maret 2022 - (20:02 WIB)
    Permalink

    Mas Andy klo sya saran biar gx kepikiran trs & bisa mkn pake kremesan bisa bikin sndri liat resep dri YOUTUBE, dan ikhlaskan masalh kremesan ini….

    • 23 Maret 2022 - (22:01 WIB)
      Permalink

      Terima kasih buat sarannya Mbak Septiana, boleh dicoba nih. Ya Mbak, kalau dengan surat pembaca ini saya malah disalahkan, diserang gpp saya ikhlas. Bahkan hingga tanggapan ini saya tulis pihak resto hanya membaca WA saya, tidak dibalas. Saya telpon pun tidak diangkat, semoga berkah restonya, Amin.

      13
      • 24 Maret 2022 - (13:58 WIB)
        Permalink

        Coba kirim video unboxing nya Mas… Jangan jangan kremesan nya nyempil… Kalo ngga ada video unboxing ngga bisa di proses ya keluhannya

        1
        1
      • 24 Maret 2022 - (16:15 WIB)
        Permalink

        Ampun dah ini konsumen duit goceng saja jadi masalah , padahal.jelas sampeyan sendiri yang ga ngecek , bukan masalah percaya yang namanya manusia kadang lupa ya periksa lagi dong , aku saja sama resto langganan kalu bawa pulang di periksa lagi …pak … pak biar sampeyan minta keadilan sama mk juga tetep saja sampeyan yang kurang teliti nyadar diri kenapa pokoknya sampeyan orang paling leeeebbbbbaaayyyy deh , jajan mau gratis + bonus jadi minta 3x pembelian
        Ga ada rasa syukur nya ni orang makan ayam tanpa kremesan bikin heboh , masih banyak yang ga bisa makan dan beli ayam …. emang tujuannya dapat ganti dapat ayam wkwkwk

      • 24 Maret 2022 - (22:03 WIB)
        Permalink

        Tuhan maha pemaaf, memberi kita pengampunan atas hilaf, kesalahan dan dosa kita kepadanya, asalkan kita meminta maaf.
        Klo artikelnya memang seperti itu (gak ditambahin atau dikurangi), CS atau SPV haruslah meminta maaf, penggantian 5rb atau berapa itu hanya solusi atas kesalahan jangan disamakan dg permintaan maaf.
        Klo seorang CS atau SPV tidak meminta maaf ke konsumen itu perlu di didik lagi

      • 24 Maret 2022 - (23:07 WIB)
        Permalink

        Mas ****** udah sini tak buatin keremesan tak jejelno culukmu seng keakean omong aku ini langganan di ayam tulang lunak situ salah pesanan berkali” Malah di jumlah yang besar, ingat ketika pihak resto mau minta maaf dan berusaha mengembalikan hakmu apapun bentuknya terima lah ****, jngn jadi sok paling bener ****, pake ngancurin nama restonya oramg yang udah di bangun susah payah, ayoo lah mas ******,
        Yaa jelas pihal resto gak bales chatmu **** di tlfn gak di angkat wong ruwet kyk wong gak tau sekolah ae gak tau orep ngelakukno kesalahan ae sak umur” Sok nyalahno wong liyo, sego sak sambel ee seng mbok badok dek kono iku gratis sepuasee gentenono ayoo, tak pancal lambemu cek gak keakean cangkem ****

    • 24 Maret 2022 - (06:00 WIB)
      Permalink

      Hidupmu ruwet

  • 23 Maret 2022 - (20:12 WIB)
    Permalink

    Makin banyak yg komentar makin kocak. Karena selalu di balas dengan keras hati juga.
    Seriusan baru tau masih ada org seperti ini di tahun 2022.

    Ngeri2 sedap nih buat penjual.

    Udah bayar aja 3x belanja nya. Itu solusi dari mbak kremes

    Keren abis…
    Bisa d lihat seperti apa mbak kremes ini…

    Lucu dan kocak.
    Semoga mbak kremes cuma satu-satunya pembeli yg super2 ribet sedunia dan seakhirat.
    Salam waras bagi warga Vietnam dan tetangga2nya…. Negeri +62

    • 23 Maret 2022 - (20:42 WIB)
      Permalink

      Assalamualaikum
      Pak andy mantap juara semoga ayam kremes yg udah dibelinya ga mubazir
      Buat penjual udah aja refund 3X pembelian sodaqoh biar tambah maju usahanya.

      • 23 Maret 2022 - (21:56 WIB)
        Permalink

        Ya Mas, terima kasih masukannya. Saya hanya ingin itikad baik dari pihak resto, karena menurut saya pihak resto menyepelehkan kami sebagai customer, semoga berkah restonya, Amin.

        18
    • 23 Maret 2022 - (21:59 WIB)
      Permalink

      Terima kasih masukannya Mas Yadi, saya bukan keras hati.

      Coba kalau jadi saya, pulang-pulang bawa ayam goreng dengan kremesan. Beli jauh-jauh dari Malang dengan ekspektasi pulang bisa makan ayam goreng panas2 dengan kremesan dan sambal bawang.

      Begitu sampai rumah ternyata nggak ada, rasanya gimana gitu? :'(

      17
      • 24 Maret 2022 - (07:06 WIB)
        Permalink

        “Coba kalau jadi saya, pulang-pulang bawa ayam goreng dengan kremesan. Beli jauh-jauh dari Malang dengan ekspektasi pulang bisa makan ayam goreng panas2 dengan kremesan dan sambal bawang.”

        Saya rasa kalau ini terjadi sama komentator2 disini, 99% cuma bakal ngerasa bete dikit, trus yaudah ayam nya dimakan aja tanpa kremesan. Ga bakal keukeuh minta dikirimin kremesan 5000 doang dr mojokerto ke Malang. Ga bakal nuntut diganti 3x belanjaan. Ga bakal nulis di media konsumen.
        Dari semua komen, 99% nya ngga ada yg setuju sama Anda Pak. Harusnya itu jadi introspeksi buat Anda. Normalkah Anda bersikap seperti ini?

        10
      • 24 Maret 2022 - (08:18 WIB)
        Permalink

        Ga usah sebut nama saya…. Jijik tau. baca nya. Ketikan anda terlihat bijak, tapi sangat memalukan… Anda kekeuh minta hak minta hak… Namanya khilaf itu manusiawi.
        “Coba kalau jadi saya”
        TIDAK SEMUA ORANG PUNYA PEMIKIRAN SEPERTI MBAK.

  • 23 Maret 2022 - (20:32 WIB)
    Permalink

    Ya Allah kok ada ya manusia modelan kayak gini yg hati nuraninya sudah mati.. resto sudah beritikad baik membayar 3x lipat dari kerugian tp dia keukeuh malah ujung²nya mnta ganti rugi sebesar 3x harga seluruh pembelian.. apa bisa dipastikan kl kremesan itu benar tdk ada atau jangan² malah sudah anda makan ?
    Manusia tak ada yg sempurna pak, jgn egois atau sombong merasa paling benar agar karma tdk berbalik pd anda, siapa tau kelak anda melakukan suatu kesalahan dan dimintai pertanggungjawaban yg sangat berat melebihi “harga” kesalahan yg telah anda lakukan, spt saat ini anda lakukan pd orang lain. ingat pak, karma itu nyata ada, cepat atau lambat akan menemui sampeyan. Buru² periksa ke psikiater pak, jangan² ada yg konslet dg kepribadian anda.. dan puji Tuhan syukur alhamdulillah istri anda sejauh ini masih setia menemani orang dg kepribadian spt anda, semoga awet.

    14
    • 23 Maret 2022 - (21:55 WIB)
      Permalink

      Saya tidak minta uang, tetapi itikad baik untuk datang, meminta maaf dan memberikan apa yang menjadi hak saya, itu cukup.

      Saya minta 3x lipat dari pembelian karena pihak resto yang meminta alternatif lain karena kalau weekend restonya ramai. Dia menyepelehkan saya sebagai customer.

      Terima kasih buat masukannya dan kata-katanya yang menyuruh saya ke psikiater, semoga berkah.

      1
      19
      • 24 Maret 2022 - (06:03 WIB)
        Permalink

        Bilang aja lagi butuh uang

      • 25 Maret 2022 - (12:36 WIB)
        Permalink

        Sampeyan memang awalnya tidak minta uang, krn kl lsg minta uang akan nampak sekali modus memeras. Tp dg tidak meyetujui itikad baik resto yg akan mengganti 3x lipat harga kremesan, dan tetap minta resto kirim kremesannya (tp tdk dikirim oleh resto dg berbagai pertimbangan: mgkn pertimbangan jarak & waktu, krn pengiriman jne butuh waktu bbrp hari akan membuat kremesan jd makin remuk dan akan menimbulkan komplain bru lagi dari anda)…krn niat baik resto tdk anda setujui, tentu resto akan bertanya alternatif lain selain mengantar kremesan (sekali lagi krn jarak yg teramat jauh) l, maka disitulah kesempatan anda untuk mengeluarkan jurus MEMERAS dg meminta 3x lipat dari total belanjaan ??? tentu saja permintaan anda diabaikan oleh resto, krn mrk mencurigai tindakan anda hanyalah upaya PEMERASAN!!!
        apalagi anda tidak mampu menunjukkan video unboxing kan, apa benar kremesan yg anda maksud betul tidak ada di dalam kardus paketan atau sebenarnya sudah anda makan dan anda bersikap seolah² kremesan tsb tidak ada agar anda bisa MEMERAS resto tsb wkwkwkk..
        Dan krn permintaan 3x lipat total harga belanjaan tdk diindahkan oleh resto, anda mencoba lewat MK, yg syukurlah pembaca MK masih banyak orang waras yg bisa berpikir jernih, bisa membedakan mana kasus urgent dan mana kasus lebay (atau terindikasi modus pemerasan)
        pandemi membuat otak orang jadi kreatif cari modis utk bisa makan gratis, masih bawa oleh² ke rumah, tp sayang sekali keinginan anda utk makan gratis tidak dikabulkan oleh resto ???
        Btw, ini bisa jadi iklan gratis utk resto tsb, seenak itu ternyata kremesan di resto tsb, hingga ada oknum yg menjadikan kremesan sbg modusnya ?

  • 23 Maret 2022 - (20:48 WIB)
    Permalink

    malang mojokerjo itu jauh.. ampun gusti.. ini konsumen hatinya terbuat dr apa ya hatinya? mental rentenir minta ganti 3x lipat dr total belanjaan dia.. jgn sok terzolimi dehhh

  • 23 Maret 2022 - (21:10 WIB)
    Permalink

    Saya paham dengan situasi yang dialami oleh mas Andy Yuwono. Beliau sangat menginginkan kremes dari ayam tulang mbok surip sampai-sampai beliau tidak mau diganti dengan apapun, termasuk uang. Hal ini menunjukan produk dari resto tersebut yang sangat luar biasa setidaknya dari tulisan Mas Yuwono.

    Nah dari sini permasalahan muncul. Ketika Mas Yuwono telah pergi jauh dan kremesnya ketinggalan padahal sudah dibayar. Dia merasa dirugikan. Dia ingin kremesnya dikirim ke tempatnya kini. Karena satu dan lain hal pihak manajemen memberikan solusi lain yaitu uang kembali, bahkan 3 kali lipat. Mas Yuwono tidak mau dan keukeuh kremesnya dikirim ke tempatnya.

    Pertanyaan pertama adalah apakah ketika konsumen telah meninggalkan restoran dan ada pesanan yang tidak sesuai menjadi tanggung jawab restoran? Saya rasa itu tidak mungkin karena sudah di luar kontrol restoran. Ketika customer telah pergi meninggalkan tempat tersebut, banyak hal yang mungkin terjadi. Entah terjatuh, diambil kucing, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, pada beberapa tempat seperti bank, minimarket, atau restoran tertulis “Periksa kembali sebelum meninggalkan kasir”.

    Pertanyaan kedua adalah apakah harus restoran mengirimkan ke tempat konsumen? Saya rasa juga tidak bisa demikian. Anda beli secara dine-in, bukan takeaway maka semua permasalahan harus diselesaikan di restoran. Kecuali Anda pesan melalu takeaway secara online, nah baru deh anda berhak menuntut untuk dikirim ke tempat Anda karena Anda telah membayar servis pengiriman. Jadi jika Anda mau hak kremes Anda (tidak mau uang), yaudah dateng ke restoran, minta kremesnya sana. Beres deh. Salah sendiri pulang duluan~

    21
  • 23 Maret 2022 - (21:14 WIB)
    Permalink

    Anda jangan merasa diri anda sempurna, tanpa kesalahan, tanpa cacat, tanpa cela. All perfect!
    Disini anda juga punya kesalahan, anda tidak crosscheck kembali isi pesanan anda sebelum meninggalkan lokasi. Mau mengakui atau tidak?

    Kalau anda memang tipe orang perfeksionis seharusnya anda crosscheck semua tuh pesanan anda, sesuaikan dengan apa yang ada di struk.

    Tapi kalau anda masih punya sisi kecerobohan, sudahlah jangan bergaya seperti manusia sempurna. Kalau saya jadi owner restonya pun, saya lebih baik kehilangan 1 orang pelanggan seperti anda, atau bahkan 1 keluarga anda dari semua cabang usaha saya.

    Gak rugi mas bro, daripada melayani manusia yang hanya mau melihat kekurangan orang lain tanpa melihat kekurangan dirinya sendiri.
    Pesan terakhir: berkacalah terlebih dahulu sebelum membuat surat di media konsumen. Terimakasih.

    17
    1
    • 23 Maret 2022 - (21:49 WIB)
      Permalink

      Terima kasih buat saran dan masukannya. Sebagai konsumen yang percaya kepada pihak resto maka saya tidak melakukan crosscheck, karena kunjungan saya yang pertama kali pun tidak ada masalah, next time jadi pelajaran buat saya meskipun punya banyak cabang, itu bukan jaminan dan harus kita cek ulang lagi.

      Saya hanya meminta itikad baik dari pihak resto datang untuk meminta maaf dan membawakan hak saya yakni kremesan bawaan dan tanbahan yang saya beli, tidak lebih.

      Saya bukan tipikal perfeksionis. Saya hanya minta itikad baik dari pihak resto untuk datang, meminta maaf dan memberikan hak kami.

      Sekali lagi, terima kasih banyak buat masukannya.

      1
      18
  • 23 Maret 2022 - (21:51 WIB)
    Permalink

    Kadang2 suka lucu aja bacanya.. Peluang bisnis nich jual kremesan siap kirim online .. M u ngkin mereka lupa..

    • 23 Maret 2022 - (21:56 WIB)
      Permalink

      Menarik Mas, terima kasih buat masukannya.

  • 23 Maret 2022 - (22:36 WIB)
    Permalink

    cocok nih dibuatkan film indosiar…
    “AKU, AYAM DAN KREMESAN YANG TERTINGGAL”

    10
    • 24 Maret 2022 - (17:45 WIB)
      Permalink

      ???

  • 24 Maret 2022 - (01:27 WIB)
    Permalink

    Kalau bicara itikad baik, saya rasa pihak resto sdh punya itikad baik dengan cara mengembalikan uang anda sebagai bentuk “Pertanggung Jawaban”.
    Dan kalau bicara hak, pihak resto juga berhak menolak permintaan anda.

    Yang jadi masalah adalah anda menuntut pihak resto untuk ber ” Itikad baik” Sesuai permintaan anda dan bertanggung jawab sesuai permintaan anda.

    Namanya transaksi jual beli, meskipun sudah di bayarkan kalau barang tidak ada otomatis uang di kembalikan. Contoh beli di marketplace tokped, meskipun anda sudah bayar tp penjual berhak menolak pembelian anda, otomati uang anda akan di kembalikan sesuai yg di bayarkan.

    Sebagai bentuk pertanggungjawaban dari pihak resto, mereka bahkan rela rugi untuk mengembalikan uang anda 3x lipat dari yg di bayarkan.

    Anda hanya memikirkan hak anda tp anda gk memikirkan hak orang lain.
    Anda berhak membeli, pihak resto juga berhak menolak. Bahkan sdh mau bertanggungjawab.

    Saran saya cukup jadi pelajaran, ambil hikmahnya, ikhlas. Kalau pengen tinggal order lagi dan minta kremesan di lebihkan. Itu jauh lebih baik dari pada harus menjatuhkan usaha orang lain.

    15
    • 24 Maret 2022 - (06:04 WIB)
      Permalink

      Cuakeppp ??
      Logis banget smpean mas.

    • 24 Maret 2022 - (06:33 WIB)
      Permalink

      Betul. Sebelum menuliskan sesuatu tidak berpikir dulu apa itu logis atau tidak. Dengan alasan hak hak hak. Tapi tidak memikirkan kondisi lainnya. Pembeli punya hak penjual juga punya hak. Tapi ini malah dikasih hati minta jantung. Minta 3x pengembalian total belanja. Hmmmm. Parah parah. Butuh duit dan pengen makan gratis penulis ini.

  • 24 Maret 2022 - (03:43 WIB)
    Permalink

    Semoga yang punya resto bisa meneruskan usaha restonya sampai 7 keturunan lebih.

    Semoga anak cucu Andy Yuwono bisa mendirikan usaha sendiri tetapi selalu mendapat pelanggan seperti bapak Andy Yuwono selama 7 keturunan lebih, biar anak cucu nya merasakan sifat ajaibnya Andy Yuwono.

    Amiiin…

    10
  • 24 Maret 2022 - (04:40 WIB)
    Permalink

    Yang jelas itu pihak resto kan sudah ada tanggung jawab mau mengembalikan dana. Yang kurang itu kan cuma side dish. Kemungkinan besar sudah habis atau ada kendala lain. Jangan memperbesar masalah kecil pak. Anda buat surat kayak gini seolah menutup rezeki pihak resto dan karyawan yany bekerja disana.

  • 24 Maret 2022 - (05:52 WIB)
    Permalink

    Ngelus dada aku mas Andy, sama komplek angkasa sampeyan…. Aku pernah beli oleh2 di batu Malang satu dus setara 200ribu gak di masukkan ke bagasi sama porternya saja cuma jengkel sebentar,.. Pernah juga beli rawon juga di daerah malang yang dagingnya agak basi juga aku kirim komplen lewat tulisan di kertas tisu yang aku kasih ke kasirnya diam diam… Kok sampeyan gitu amat mas… Wajar kan kalau saya malah curiga sampeyan punya niat tidak baik ke manajemen mbok surip??? Duit mangewu mbok beritake nganti media nasional koyo ngene…. Melas temen awakmu

  • 24 Maret 2022 - (06:01 WIB)
    Permalink

    Kalau ane jadi pemilik restorannya, saya sangat berterimakasih kepada anda, karena sudah membuat banyak orang yang awalnya belum tau restoran saya, jadi banyak yang tau ???
    Kalau bisa sih angkat sekalian ke media media besar, biar tambah banyak yg penasaran ?? dan akhirnya datang buat nyobain.
    Kan katanya masalah kepuasan, biar sekalian puas kalau ngangkat ke media ??
    Lumayan kan, cuman gara2 5000, anda jadi keluar banyak pikiran, waktu, tenaga, atau bahkan sampai uang ????

    LOL wkwkwkwkwkwk.
    Salam akal sehat dan waras

  • 24 Maret 2022 - (06:31 WIB)
    Permalink

    Restoran sudah kasih solusi dengan memberikan refund berupa 3x dari nilai belanjaannya yang kurang. Lah ini dikasih alternatif lain malah minta 3x dari total Belanja. Itu kan pemerasan namanya. Dibawa ke Mahkamah Agung juga customernya bakalan kalah. Perkara kecil ini mas. Masalah toleransi. Dan ini juga sudah menjatuhkan usaha orang lain. Sebagai manusia harusnya bisa berpikir logis dan punya nurani. Itu yang membedakan manusia dengan ciptaan Tuhan yang lain.

  • 24 Maret 2022 - (07:19 WIB)
    Permalink

    Masya Allah….paaakk…belajar lah untuk ikhlas lah….ko ngeyel tenan sampean kuwi…ngisin2i… dpt nya apa dari semua ini… apa jd merasa puas kah jd viral…????

  • 24 Maret 2022 - (08:03 WIB)
    Permalink

    Gagal paham w,sama isi otak nh orang?
    Masih waras kan?
    Bales komen orang juga seperti template,?

    Mdh2n cm trick marketing aja lah y…
    Tapi klo ternyata bener kejadian,…waduh..
    Anda termasuk manusia langka,wajib di taro dalem musium ?

  • 24 Maret 2022 - (08:40 WIB)
    Permalink

    Ga dapet kremesan saat beli ayam kenapa ga bunuh diri saja pak?

    • 24 Maret 2022 - (12:48 WIB)
      Permalink

      Mas andy….kemauan dan keinginan anda dipertahankan terus…saya yakin anda ngak enak makan dan ngak enak tidur…lama lama orang dengan karakter seperti ini biasa nee kena stroke ….wes..pertahankan terus sampe mati….merdeka…ojok lali kalo wes kena stroke mbok mikir ojok ruwet ruwet neh

  • 24 Maret 2022 - (09:20 WIB)
    Permalink

    mungkin Andy org nya perfeksionis, dan kagak pernah bikin kesalahan sedikit pun …
    rajin menabung, suka berhemat dan tidak pernah terlambat …..

    HaHaHaHa…..

    gw Kira masalah nya Harga 5.000 jadi 50.000 atau 500.000….

  • 24 Maret 2022 - (10:20 WIB)
    Permalink

    kok malah jadi media untuk orang2 reseh

  • 24 Maret 2022 - (10:41 WIB)
    Permalink

    Dear Mas Andy,
    Dengan anda menyampaikan kekecewaan dan menegur pihak penjual yang sudah anda lakukan lewat telfon, itu sudah menjadi alasan penjual untuk meneruskan teguran anda ke karyawannya dan merubah SOP agar kejadian serupa tidak terjadi kembali. Tapi yang anda inginkan sudah bukan kritikan yang membangun untuk penjual, melainkan memberi pelajaran. Saya paham, sebagai pembeli anda menginginkan hak anda dipenuhi. Coba posisi dibalik, anda sebagai penjual dan mendapat pembeli seperti anda dari luar pulau. Permintaan maaf anda tidak diterima pembeli dan menginginkan anda datang ke rumahnya, mengantarkan haknya, meminta maaf dan bersilaturahmi. How? Sekarang anda hitung, berapa % komentar yang gemas dengan anda vs semua komentar yang masuk. Itu berarti ada yang perlu anda instropeksi. Ada kosakata toleransi, ada kosakata memaafkan. Mungkin alternatif lainnya adalah anda terima uang 15ribu itu untuk beli kremesan di Mojokerto. Bisa jadi dapat lebih banyak. Tapi kalau anda tidak mau karena jadi capek, rugi bensin, rasa gak sama (tetep pengen kremesan Mbok Surip), saya bersedia membantu. Tolong nama, alamat, & nomor telfon anda kasih ke saya. Saya kirimkan kremesnya. Kebetulan saya orang Malang. Kalau masih gak mau lagi, yah mboh maneh wes

  • 24 Maret 2022 - (10:52 WIB)
    Permalink

    wah ini masalah serius Andy, seharusnya anda juga melaporkan ke komnas HAM dan kak Seto, agar makin jelas kegob**** anda… dengan lima ribu anda terverifikasi sifat aslimu dan keruwetan hidupmu. Selamat!

  • 24 Maret 2022 - (10:52 WIB)
    Permalink

    Bos andy ini kelihatan gabut ya, hampir smua komen dibalesin. pantes aja kremesan dibesarbesarkan, padahal bisa diganti krupuk. Ngga kebayang jadi kluarganya ktemu orang kaya gini

  • 24 Maret 2022 - (12:57 WIB)
    Permalink

    Buat Pak Andy ntar kalo pengen makan di resto/warung lagi, silakan mampir ke warung atau restaurant Padang Pak, pesan gulai otak sama rendang hati biar nanti bisa pinteran dikit dan punya hati nurani.

  • 24 Maret 2022 - (13:16 WIB)
    Permalink

    5000???????
    Hatimu kemana andy andy

  • 24 Maret 2022 - (13:23 WIB)
    Permalink

    Kocak2 yg pada komen di mari. Mau ngakak takut dosa.

    udahlah Andy, anda yg sabar ya menghadapi cobaan ini. Lain kali lebih berhati2 belanja di mana pun kalo take away.

    Untung anda hanya ketinggalan kremesan. Saya pernah beli ayam goreng di resto terkenal masa isinya cuman bumbu dan sambel. Saya telp lagi restonya dan mereka cuman minta maaf. Mana udah jauh.

    Tapi pas kapan2 saya dtg lagi ke kota tersebut dan mampir ke restonya mereka kasih free ayam goreng yg ketinggalan hampir setahun lalu plus diganti uang pembayarannya. Syukurlah sy ga tulis di media konsumen waktu itu

    2
    1

Kecewa dengan Pelayanan Ayam Tulang Lunak Mbok Surip Kabupaten Malang…

oleh Andy Yuwono dibaca dalam: 1 menit
232