Kecewa dengan Pelayanan Ayam Tulang Lunak Mbok Surip Kabupaten Malang

Pada tanggal 19 Maret 2022 pukul 16.29, saya bersama istri berkunjung ke Ayam Tulang Lunak Mbok Surip, Jalan Raya Ngijo Karangploso No. 3C-3D, Kendalsari, Ngijo, Kecamatan Karang Ploso, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65152, untuk makan seusai beraktivitas seharian.

Saya membeli makanan senilai Rp60.500 untuk makan di tempat (dine in). Setelahnya kami pun menambah paket oleh-oleh, dengan menambah sambal dan kriukan, sehingga menghabiskan Rp117.000 untuk keluarga di rumah. Jadi total saya menghabiskan Rp177.500. Ini adalah kunjungan saya untuk kedua kalinya.

Struk Pembelian
Setruk Pembelian

Betapa kagetnya saya ketika sampai di rumah, bonus kriukan dan tambahan kriukan yang kami beli Rp5.000 tidak ada di paket oleh-oleh yang kami beli. Maka kami menghubungi manajemen melalui akun Instagram. Setelah beberapa saat mendapat balasan dan saya minta telepon untuk saya hubungi.

Setelah saya menghubungi, dengan mudahnya SPV atau kontak yang saya hubungi menyampaikan akan mengembalikan Rp5.000 yang sudah saya bayar, untuk tambahan kremesan tanpa menyesal. Saya pun tidak setuju dan meminta pertanggungjawaban pihak rumah makan untuk mengirimkan keesokan harinya. Karena makan ayam goreng tanpa kremesan terasa kurang lengkap. Yang bersangkutan mengatakan akan mengembalikan 3x Rp5.000, tapi saya menolaknya. Ini bukan masalah uang, tapi pelayanan yang tidak sesuai dan saya minta dikirim kremesan-nya.

Pihak rumah makan pun meminta apakah ada alternatif lain selain mengirim kremesan, karena weekend. Saya bilang tidak ada, karena saya ingin menikmati ayam goreng tersebut dengan kremesan. Namun setelah didesak alternatif lain, maka saya meminta agar 3x dari total pembelian sebagai bentuk pertanggungjawaban atau mengirimkan kremesan-nya saja. Namun hingga surat ini saya kirim, pihak rumah makan tidak da itikad baik untuk bertanggung jawab.

Terima kasih.

Andy Yuwono
Kota Mojokerto, Jawa Timur 61317

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

232 komentar untuk “Kecewa dengan Pelayanan Ayam Tulang Lunak Mbok Surip Kabupaten Malang

  • 24 Maret 2022 - (13:53 WIB)
    Permalink

    Ini sih sudah masuk dalam pencemaran nama baik, restoran jelas sangat dirugikan dengan berita murahan yang anda buat krn lupa memasukan “bonus” . Apalagi tulisan anda ini sudah masuk ranah publik, sehingga pihak restoran terasa tersudutkan. Ingat lo ada hukuman ttg pencemaran nama baik.

    6
    2
  • 24 Maret 2022 - (13:57 WIB)
    Permalink

    Hidup lebih indah kalau anda lebih berlapang dada.

    2
    2
  • 24 Maret 2022 - (14:07 WIB)
    Permalink

    Gara-gara keremesan ketinggalan terus mesti datang jauh2 dan mohon sama situ ya biar diampuni kesalahanya ? Melebihi R1 nie orang ?

    3
    1
  • 24 Maret 2022 - (14:32 WIB)
    Permalink

    Itikad baik itu bukan tergantung jidat anda mas, reimbursement sampai 3 kali lipat, itu udah itikad baik. Anda pikir itikad baik itu adalah menuruti semua permintaan situ? Masnya comedian ya? Ngelawak kok di mediakonsumen.

    4
    2
  • 24 Maret 2022 - (15:39 WIB)
    Permalink

    Masih mengelak saja pak andy ini..
    Hati2 pak, sebelum masalahnya jadi lebih besar dan masuk ke rana hukum..

    Karena jelas anda akan kalah dan di tindak pidana dengan kasus:

    1.Pencemaran nama baik/Pembohongan publik.

    (Namun hingga surat ini saya kirim, pihak rumah makan tidak da itikad baik untuk bertanggung jawab.)

    Di kalimat itu anda ber-statement bahwa pihak resto tidak ada niat? sedangkan di kalimat (Setelah saya menghubungi, dengan mudahnya SPV atau kontak yang saya hubungi menyampaikan akan mengembalikan Rp5.000 yang sudah saya bayar, untuk tambahan kremesan tanpa menyesal.)

    Di situ tertulis jelas bahwa pihak resto sudah beritikad baik sebelum anda mengirimkan surat ini ke MK.

    Jadi statement anda salah dan sudah jelas akan kalah.. Mungkin beda cerita jika anda hanya menuliskan inisial resto saja, sayangnya anda menulis nama resto dengan lengkap beserta alamatnya.

    2. Tindak pemerasan.

    (Namun setelah didesak alternatif lain, maka saya meminta agar 3x dari total pembelian sebagai bentuk pertanggungjawaban atau mengirimkan kremesan-nya saja.)

    Permintaan anda yang tidak masuk akal dengan meminta pihak resto mengirim orang untuk menempuh perjalanan 2 jam(total 4 jam pulang pergi) hanya untuk mengirim dan meminta maaf kepada anda itu adalah hal yang memberatkan pihak resto. Sedangkan kesalahan terjadi karena salah anda juga tidak memeriksa barang yang di beli sebelum di bawa pulang.
    Di saat pihak resto meminta alternatif lain, anda malah memberikan pilihan yang lebih tidak masuk akal, mengganti 3x lipat dari total belanja(bukan total kerugian)..

    Hal ini terjadi karena kesalahan di kedua belah pihak, sedangkan pilihan yang di beri terlalu memberatkan 1 pihak.. itu pemerasan namanya.
    Mgkn bisa di benarkan jika anda memesan secara online, itu jelas penjual yang salah. Tapi kasus transaksi di tempat seperti ini? jelas anda yang salah karena tidak memeriksa barang yang di beli sebelum di bawa pulang.

    Sebaiknya sudahi saja sebelum nanti malah anda yang berada di posisi penjual, di haruskan memilih dari 2 pilihan yang sulit. Antara masuk penjara, atau membayar denda dan sanki yang di tentukan oleh pihak pelapor..

    Sekian dan terima kasih.

    12
    1
  • 24 Maret 2022 - (15:58 WIB)
    Permalink

    Iya, sekarang jaman susah, jangan macem-macem lah, saya pribadi kalau cuma kriukan seharga 5000 ya sudahlah, masa pandemi ini banyak restoran dan warung makan terdampak dan tutup, kalau ada yang bisa buka, masakannya cukup enak, dan melayani dengan cukup baik itu kita harus merasa bersyukur bisa dilayani.

    Atau, mungkin saya salah tangkap ya, apa sebenarnya semua ini cuma strategi viral marketing warungnya yah? Hebat betul, sehari sudah 180+ komentar di sini, promosi gratis itu namanya.

    1
    3
  • 24 Maret 2022 - (16:33 WIB)
    Permalink

    Kok kesel ya bacanya? bukan kesel ke resto nya, tp kesel sama penulisnya.
    masalah goceng bisa sampe mejeng di MK.
    bener2. lagian resto nya juga udah mau ganti rugi 3x lipat masih ga puas. padahal ga ada bukti juga resto salah, seharusnya sebelum pergi, pembeli udah harus cek kelengkapan.

    3
    1
  • 24 Maret 2022 - (16:54 WIB)
    Permalink

    Duh nggak kebayang kalo yang ketinggalan itu ayamnya, bisa gempar dunia keknya. Yang ketinggalan kremesan doank udah heboh begini.

    Kalau kemaren heboh berita soal Crazy Rich nah kalo ini CRAZY POOR! lol

    4
    1
  • 24 Maret 2022 - (17:11 WIB)
    Permalink

    Astaghfirullah pak pak… Kirain ada permainan di struk nya ternyata cuma ketinggalan kremesan aja. Di suruh ngantar kremesan yg ketinggalan emang nya d ayam tulang lunak ada delivery nya? Emang semua malah akan ada solusi klo di share di sosmed. Yg ada bapak dinilai lebay.

    3
    1
  • 24 Maret 2022 - (21:03 WIB)
    Permalink

    Malam2, ada hiburan..
    Terimakasih saya ya TS terhibur..

    2
    1
  • 24 Maret 2022 - (21:48 WIB)
    Permalink

    Yaa ampyunn oom andy cm sambel doang
    Sy ja prnah beli pecel ayam cm diksh nasi sm sambel doang ayamnya lupa hahaaaa
    Sloww baee sy mahh

    3
    1
  • 24 Maret 2022 - (23:39 WIB)
    Permalink

    Yg lain pada menyalahkan kenapa anda tidak cek dulu, Lah anda jawab dengan enteng nya “Oleh karena saya percaya dan sudah dua kali nggak ada masalah makanya tidak saya periksa”, Dan klo anda sudah percaya tanpa mengecek kembali berarti dengan segala resiko anda harus terima resiko nya lah, itu kan kesalahan anda sendiri kenapa ga di cek di awal, hidup ini jangan hanya modal kepercayaan aja, harus dengan KETELITIAN juga!!!
    Perinsip dagang itu ADA UANG ADA BARANG, jika tidak ada barang nya ya uang anda harus di kembalikan, dengan pengembelian 3x lipat ya itu udh fair+fair+fair dalam hukum berdagang… yang tidak fair itu anda meminta 3x lipat yang bukan hak anda… intinya anda ga bisa seenak nya juga dengan hanya modal percaya, terus barang yg anda mau ternyata ga ada dan lalu anda menyalahkan penjual nya, jelas pure murni 1000% kesalahan anda karena anda tidak mengecek kembali barang yg anda BELI!!!

    4
    2
  • 25 Maret 2022 - (00:01 WIB)
    Permalink

    Saya tau sebagai pembeli anda kecewa, tpi mohon jg agar di pahami dari segi penjual bahwa mungkin klo d kirim tidk akan sebanding dg apa yg tertera.
    Pihak penjual juga manusia, mrk bs khilaf dan lupa.
    Saya klo beli ssuatu juga gitu, kdg ada yg trlupa ya sudh lah mau di apain lagi, toh masih bs makan ayamnya walau di rasa kurang nikmat tanpa kremesan.

    Sedikit saran, krn saya sering kelupaan klo beli2 begini. Pas bayaran di ingatkan juga apa yg menjadi tambahan kita biar d cek ulang.

    Semisal pas bayar ayam 2, kremesan 2 smbel tambah 3. Nah, lgsg deh di ingetin smuanya udh masukkan mba, coba d cek ulang yaa drpd ketinggalan. Metode ini efektif di saya.

    Berbesar hati yaa pak, smoga ketika bapak melapangkan mereka, memaafkan mereka, bapaknya juga di berikan hal yang sama ?

    4
    1
  • 25 Maret 2022 - (08:30 WIB)
    Permalink

    Pembeli sok iye, cuman uang gak seberapa pihak manajemen mau ganti rugi 3x lipat tp sok iye gak mau, dg alasan mau makan segela klu Lo gentleman ya dtg langsung aja ke merchant nya dan selesai di TKP gak usah nulis2x di MK bikin malau tau uang gak seberapa, dan pihak manajemen merchant juga dah ada itikat baik ente aja sok kuat Sok pro…. Dasar samvah

  • 25 Maret 2022 - (08:31 WIB)
    Permalink

    Pak Andy Mohon maap sebelum nya.

    Saya sering mengalami hal seperti ini, membeli ayam goreng untuk di bawa pulang tapi kadang penjual lupa memasukkan menu pelengkap ( lalapan / kremesan ) ke dalam belanjaan, tapi saya juga lupa tidak cross cek terlebih dahulu.

    Setelah di cek ternyata ada yang tidak komplit, bagi saya itu hal yang wajar walaupun makan ayam tanpa lalapan / kremes kurang mantab jiwa ya Pak, namun ya sudah lah yang penting bukan menu utama nya ( ayam goreng ) yang ketinggalan, kan nggak lucu kalo makan nasi doank hahaha….

    Karena bagi saya yang penting masih bisa di nikmati, perut kenyang tidur pun nyaman.

    Terima kasih

  • 25 Maret 2022 - (13:55 WIB)
    Permalink

    Haha kremesan 5rb sampai ditulis di media konsumen. Kurang puas kayak mana pak? Pihak resto sudah itikad baik untuk mengganti uang sesuai harga menu bahkan 3x lipat artinya 15rb. Tapi koq anda makin menjadi minta ganti uang 3x lipat dari harga total makanan anda? Ini tipikal customer habit compliment. Saya terbiasa handling customer model begini, dikasih hati minta jantung, dikasih jantung malah nglunjak. Kesimpulannya pihak resto sudah beritikad recovery keluhan anda dg win2 solution tapi malah anda oportunis mencari peluang ingin dapat ganti rugi lebih besar yg nonsense. Ini arahnya udh masuk pemerasan loh ya. Tolong jd konsumen yg cerdas dan bijak. Kecuali pihak resto mengabaikan anda dan tidak ada call recovery, anda berhak membela hak anda sebagai konsumen sesuai uu yg berlaku!

  • 25 Maret 2022 - (14:49 WIB)
    Permalink

    Konsumen ribet nih kaya gini, bisa jadi kelupaann masukin pak, apalagi harganya juga 5000, mohon dimaklumi aja lah, gak usah menyulitkan orang, diketawain orang kaya gini, masalah kremesan aja masuk ke media, datengin aja lagi restonya, ribet banget

  • 25 Maret 2022 - (15:57 WIB)
    Permalink

    Wkwkwk malah dibully netizen. Kirain ayamnya yg lupa, ternyata kremesannya doank. Kenapa gak balik aja ke sono. Kalau jauh ya suruh kirim pake jne. Paling ayamnya ud keburu basi wkwkwkwk. Namanya jg khilaf.

  • 25 Maret 2022 - (16:00 WIB)
    Permalink

    Gara2 kremesan lupa akhirnya jd pikiran dan stress. Tensi darahpun naik dan musti minum obat yg lebih mahal. Hayaaahhhh….

Kecewa dengan Pelayanan Ayam Tulang Lunak Mbok Surip Kabupaten Malang…

oleh Andy Yuwono dibaca dalam: 1 menit
232