Pembatalan Polis BRI Life Tidak Semudah ketika Telemarketing Mengikutsertakan Saya

Ini adalah lanjutan dari tulisan saya sebelumnya yang berjudul “Telepon Telemarketing Cigna Mengatasnamakan BRI Pusat, Berujung Berkurangnya Saldo di Rekening BritAma“. Secara singkat beginilah kronologinya:

  •  Tanggal 15 Maret 2022, saya dapat telepon dari +622151019210, yang mengaku dari BRI pusat memberikan asuransi gratis selama 2 tahun karena saya pengguna BritAma. Setelah itu saya chat kontak BRI, mengatakan itu bukan dari BRI pusat, dan saya disuruh hubungi nomor itu kembali. Namun setiap aku telepon, tidak pernah bisa dan mengatakan nomor itu tidak terdaftar. Saya chat kontak BRI dan menyampaikan hal tersebut, dan dia menyuruh menghubungi nomor tersebut secara berkala.
  • Tanggal 18 Maret 2022 ,saldo saya hilang sebesar Rp1.022.500. Setelah mengetahui hal tersebut lalu saya langsung pergi ke Bank Bri unit terdekat. Sampai di sana pukul 14.50, tapi sudah tidak diterima. Katanya sudah mau tutup, dan antrean masih ada. Kemudian pihak security menyarankan untuk telepon BRI pusat, setelah di telepon jawabannya adalah saldo saya didebit oleh pihak asuransi Cigna.
  • Tanggal 21 Maret 2022, saya menulis surat pembaca di Media Konsumen, lalu mendapat respons dari pihak Cigna yang mengatakan saldo itu tidak masuk asuransi Cigna. Setelah itu dapat telepon BRI pusat, uang tersebut masuk ke asuransi BRI Life.
  • Sebagai orang yang awam mengenai perihal seperti itu, saya coba datang ke bank BRI terdekat, menyampaikan masalah yang menimpa saya, yaitu tertipu dan terjebak ke asuransi BRI Life. Namun CS BRI mengatakan untuk masalah itu tidak bisa membantu, karena Bank BRI dan BRI Life adalah perusahaan yang saling berdiri sendiri, dan saya harus mengurusnya secara pribadi.
  • Kemudian saya telepon pihak BRI Life di 1500087, mau mengurus pembatalan polis dan pengajuan pengembalian dana, karena keikutsertaan saya terhadap asuransi tersebut tidak dengan penuh kesadaran dan keinginan saya. CS bilang untuk polis bisa dibatalkan, tapi premi yang sudah masuk tidak bisa dikembalikan, tapi menyuruh saya mencoba mengurusnya dengan menghubungi lewat email dan mengikuti prosedurnya.
  • Setelah itu saya menghubungi lewat email dan mengajukan permohonan pengembalian dana dan pembatalan polis. CS menyuruh membuat surat pernyataan beserta mengisi dokumen pembatalan polis dan menyerahkan foto KTP dan rekening dalam bentuk pdf. Yang semua itu sudah saya buat dan saya kirimkan pada tanggal 21 Maret 2022 pukul 17.30. Namun kutunggu sampai jam kerja hari berikutnya tidak ada balasan. Bahkan tanggal 22 Maret 2022 pukul 10.20 saya kirim email lagi dengan format berbeda, mengharapkan ada balasan. Namun sama sekali tidak ada balasan.
  • Kemudian setelah lama menunggu sebelum pukul 12.00 pm saya coba hubungi CS BRI Life di nomor 1500087. Namun tidak bisa berbicara dengan CS secara langsung, dikarenakan sedang melayani pelanggan lain, dan disuruh menunggu tanpa mematikan telepon, sambil diperdengarkan musik seperti ringtone. Setelah itu seperti sudah mau bisa berbicara langsung, tapi hanya pemberitahuan suruh menunggu lagi, sambil diputarkan musik. Setelah musiknya habis lalu sambungan telepon, dimatikan. Saya coba hingga 3 kali, tapi tetap sama.
  • Saya coba kembali pukul 1.08 PM. Namun tetap sama tidak bisa berbicara langsung, dengan alasan yang serupa yaitu sedang melayani nasabah lain. Lalu saya menulis dan memutuskan akan mengirimkan tulisan ini.

Ternyata prosesnya sangat sulit sekali. Tidak seperti ketika telemarketing mengikutsertakan saya ke asuransi BRI Life, yang begitu dengan mudahnya lewat telepon dan sudah mengetahui semua data pribadi saya, suruh mengiyakan menerima hadiah asuransi gratis selama 2 tahun, sebagai hadiah untuk pengguna BritAma. Sampai sekarang ketika saya hampir menyelesaikan tulisan ini, hampir pukul 02.00 pm, email pun tidak ada balasan dan tanggapan dari BRI Life.

Saya sudah tidak tahu lagi harus bagaimana, jika saja saya adalah orang yang berada, mungkin tidak akan mau sampai lelah mengurus ini itu ke sana kemari hanya untuk mendapatkan hak yang hilang (meski untuk diketahui uang itu adalah uang masyarakat yang dititipkan kepada saya, dan bila itu hilang, maka mau tidak mau saya pun harus menggantinya). Yang mana, semua yang aku lakukan itu penuh pengorbanan baik berupa waktu, tenaga, materi dan yang paling berat adalah pikiran. Hingga beberapa hari tidak mampu untuk bekerja. Apalagi setelah kejadian itu, anak saya yang masih kecil 2thnan jadi rewel, sering marah-marah dan banyak menangis tidak seperti biasa.

Saya mohon kepada pihak terkait mohon bantuannya sekiranya sudi membatalkan polis dan yang terpenting adalah mengembalikan uang saya. Jika tidak mau, ya sudahlah saya lelah dan menyerah. Semoga Allah yang Maha Kuasa, Adil dan juga Penyayang yang akan menunjukkan keadilan dan keperkasaannya. Aamiin Allahuma Aamiin ya Robbal ‘almin. Terima kasih untuk pihak Media Konsumen yang telah sudi memuat surat ini.

Wassalamu’alaikum.

Miftakhul Azis
Magelang, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai BRI Life:
[Total:50    Rata-Rata: 2.1/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

29 komentar untuk “Pembatalan Polis BRI Life Tidak Semudah ketika Telemarketing Mengikutsertakan Saya

  • 25 Maret 2022 - (09:27 WIB)
    Permalink

    Mohon surat ini di hapus, sebab di waktu sekarang sudah ada respon dari pihak brilife, terima kasih

    • 25 Maret 2022 - (18:33 WIB)
      Permalink

      Surat yg sudah di muat tidak bisa dihapus…
      Nah ini kesalahan anda ke yg ke 2
      Pertama Tidak mendengar kan baik baik saat mendapat telpon
      Ke dua tidak membaca syarat dan ketentuan media konsumen,karena seluru surat yg telah di muat tidak dapat dihapus maka sebelum menulis wajib di pertimbangkan dari segi dampak, kebenarannya

      • 25 Maret 2022 - (19:27 WIB)
        Permalink

        @LimboFindEVO Ok terimakasih atas penilaiannya, tp menurut saya, saya sudah mencoba sebaik mungkin mendengarkan dan memahami pembicaraan si penelpon, dan itu jelas mengatakan dari bri pusat memberikan hadiah berupa asuransi selama 2 tahun, karena pengguna britama. Untuk nama programnya entah disebutkan atau tidak saya kurang tahu, sebab saya awam tentang asuransi, maka dari itu aku memintanya memberikan dokumen untuk bisa dipahami, dan dia menjanjikan polis yang akan di kirim. Tapi setelah 3 hari setelah di telpon tersebut, saldo saya ada yang hilang tanpa sepengetahuan saya& tidak ada pemberitahuan sebelumnya , setalah melalui banyak proses dan akhirnya tau uang tersebut masuk ke asuransi brilife, maka dari itu mengapa saya menyebutkan asuransi gratis yang katanya dihadiahan itu, saya menyebutnya jebakan & penipuan oleh telemarketing tersebut. Sebab setelah telpon itu, nomer tersebut juga tidak pernah bisa di hubungi kembali.
        Dan untuk nomer dua, maaf saya juga sudah memahami dan membaca syarat tersebut, dan sudah sangat memikirkan kebenaran dan juga dampaknya. Perlu untuk di ketahui saya mengirim surat tersebut tgl 21/03/22, berharap segera di muat oleh media konsumen agar cepat mendapatkan respon dari pihak terkait. Tapi tanggal 25/03/22 baru di muat, sedangkan respon dari bri life sudah ada pada tanggal 23/03/22. Dan jika anda menanyakan mengapa meski sudah tahu surat yang telah di terbitkan tidak bisa di hapus, namun saya tetap mencoba memintanya? Jawab saya adalah agar tidak ada komentar seperti anda, dan juga agar tidak ada kesalahpahaman dengan pihak terkait. Sebab saya menulis surat itu hanya bertujuan untuk ada pihak yang sudi membantu agar masalah saya terselesaikan dengan baik,terutama dengan pihak terkait. Bukanlah untuk menambah beban/ pun masalah kepada saya, yang merasa telah menjadi korban. Maaf & terimakasih

        • 25 Maret 2022 - (19:54 WIB)
          Permalink

          Kurang lebih sama dengan yg saya alami. Sy ke bank BRI thn 2018 dgn tujuan membuka rekening buat anak saya, kemudian sy ditawari untuk ikut BRI life waktu itu tdk ada persyaratan hanya KTP sy diambil datanya maka sy langsung jadi anggota asuransi BRI life. Dan saya langsung membayar polis saat itu RP 500.000/bln sampai -+1 thn. Sy mengundurkan diri/pembatalan polis Desember thn 2020 karena sdh tdk mampu membayar tpi sampai sekarang uang saya belum keluar. Waktu sy ke pegawai bagian asuransi bawa berkas pembatalan polis sy, sy di suruh menunggu paling lama 14 hari kerja uangnya sdh keluar tpi sampai sekarang uang itu belum juga keluar. Setiap sy tanyakan ke pegawai asuransinya katanya sabar masih proses. Sy tdk tau mau urus kemana lagi biar uang sy bisa kembali.

          • 25 Maret 2022 - (22:18 WIB)
            Permalink

            Apa tidak mencoba hubungi call centernya langsung (1500087) ? Saya juga hub callcenter tsb, dan disuruh mengurus lewat email. Dan katanya uang kembalian akan diproses dlm waktu 14 hr kerja. Tapi entah nantinya berhasil apa tidak, saya belum tahu, & masih menunggu.

    • 25 Maret 2022 - (21:22 WIB)
      Permalink

      Saya punya pengalaman yg sama mengenai ditelpon oleh telemarketing asuransi lalu tiba2 saldo tabungan terdebet otomatis. Jadi saran saya, next kalo ada telpon mengatasnamakan bank atau apalah yg meminta waktu kita 5 menit utk presentasi, langsung saja katakan dg tegas : “maaf, saya tidak tertarik” dan segera matikan telpon anda. Karena kalau ada kata “iya” pada percakapan anda dg pihak telemarketing, makan akan dijadikan dasar persetujuan utk dilakukannya autodebet. Saya juga heran kenapa pihak bank bisa semudah itu mengakomodir autodebet dari pihak asuransi tanpa meminta tandatangan/PIN nasabah.

      • 27 Maret 2022 - (14:47 WIB)
        Permalink

        Betul. Jangan sampai mengatakan “Ya”.
        Saya kalau ada penelpon mengatasnamakan bank ini itu, saya langsung katakan “TIDAK”, “Kalau saya butuh saya akan langsung ke Bank nya”, “Anda tidak berhak menelepon saya, karena nomor saya bukan untuk Anda, tapi untuk Keluarga saya”
        Penelponnya langsung kesurupan, ceracau nggak jelas.
        Beberapa saya sempat rekam otomatis.

    • 25 Maret 2022 - (21:49 WIB)
      Permalink

      Sebelum di proses biyasa nya ada email.dan surat yg di kirim ke rumah setelah ada surat pihak asuransi telpon lagi untuk memastikan bergabung atau tidak asuransi itu kita bayar bukan nabung

      • 25 Maret 2022 - (22:04 WIB)
        Permalink

        saya memang ga percaya ama ni asuransi..kalau dia telpon kalau saya bicara sebentar slangsung saya matiin..bodoh amat

      • 12 April 2022 - (16:15 WIB)
        Permalink

        Alhamdulillah uang yang telah di debet, di kembalikan sepenuhnya, dan pembatalan polis jg berhasil

        • 17 April 2022 - (10:18 WIB)
          Permalink

          Oh syukurlah..trus jarak antara surat yg ms ajukan di terima itu dengan pencairan berapa hari?

          • 17 April 2022 - (10:27 WIB)
            Permalink

            Janjinya 14 hari kerja, tp kira” baru seminggu sudah cair

          • 10 Mei 2022 - (08:20 WIB)
            Permalink

            Saya kok dah 14 hr blm cair ya

      • 10 Mei 2022 - (09:30 WIB)
        Permalink

        Apa kasusnya sama ya, punyaku sebelum cair di beritahu dulu lewat email, lalu di telp pakai telp kantor

  • 25 Maret 2022 - (15:43 WIB)
    Permalink

    Kenapa awalnya setuju ikut asuransi saat di telpon? Setelah kena potongan premi malah cepat cepat minta balikin dana. Literasi oh literasi

    2
    4
    • 27 Maret 2022 - (02:56 WIB)
      Permalink

      Baca mknya nyet asal jeplak jdi orang jgn males baca, klo males baca tdk tahu pokok persoalnya no nulis no jeplak

  • 25 Maret 2022 - (19:32 WIB)
    Permalink

    Terdapat ketentuan ‘Hak untuk Mempelajari Polis’ atau Cooling Off Period bahwa nasabah mendapatkan waktu 14 hari kalender sejak tanggal penerbitan polis untuk membaca polis. Dalam periode tersebut, nasabah bisa membatalkan polis tanpa dikenakan denda dan uang premi dikembalikan semuanya.

    Dah itu aja.

    • 25 Maret 2022 - (19:45 WIB)
      Permalink

      Ya terimakasih untuk penjelasannya, dan sebelumnya saya juga cari info dan mendapatkan penjelasan seperti yang anda jelaskan tersebut, maka dari itu saya bergerak cepat agar semua cepat beres dan mendapatkan hak saya kembali

  • 25 Maret 2022 - (19:56 WIB)
    Permalink

    Yang komen menyalahkan mungkin belum baca kronologi pertama sebelum surat ini terbit. Jadi menurut penulis memang ditawari dan hanya menjawab “setuju/ya/bersedia” semua lgsg di proses tanpa embel2 kontrak dan lain2. Kurang lebih seperti itu. Soalnya saya sudah pernah, dan untungnya sebelum itu saya sudah pernah baca thread orang kasusnya sama persis. Jd waktu ditelfon cmn bilang hmmm… gmn? Apa? Dan pura2 ngga denger.

    3
    1
  • 25 Maret 2022 - (20:08 WIB)
    Permalink

    Kebanyakan asuransi emang seperti itu… Tidak pernah dijelaskan secara detail, hanya di iming-imingi keuntungan jika mau ikut asuransi. Apalagi asuransi BRIlife, pernah kejadian pada saya. Saya langsung mengajukan pembatalan, meskipun uang yg terpotong dari rekening tidak kembali sepenuhnya, paling tidak saya tidak terbebani angsuran bulanannya.

  • 25 Maret 2022 - (20:13 WIB)
    Permalink

    Udah, ditutup saja rekeningnya, anggap musibah, lupakan dan jadikan pelajaran kejadian pahit ini, jangan injakkan kaki lagi ke kantor bank tersebut. Buat rekening baru atau pindah ke bank lain.
    Lanjutkan hidup, hati tenang, anak dan rumah tangga juga tentram.

  • 25 Maret 2022 - (22:03 WIB)
    Permalink

    Dalam kasus saya itu, tidak ada email masuk dan polis juga belum saya terima apalagi telpon konfirmasi tersebut, sebab kejadian itu baru selang 3 hari, setelah mendapat telpon telemarketing tersebut

  • 25 Maret 2022 - (23:30 WIB)
    Permalink

    Kalau sudah ada bank yang menawarkan investasi berbentuk tabungan itu wajib hati2. Karena nanti arahannya pasti ke asuransi. Bisa juga kedoknya berupa survey singkat. Abaikan saja dan langsung tutup cukup katakan sedang sibuk atau tidak berminat.

  • 26 Maret 2022 - (15:21 WIB)
    Permalink

    memang telemarketing ini bahasa nya bagus2… kemaren2 sy hampir kena jebakan dari kartu kredit dia bilang “selamat pa pengajuannya sudah acc KK nya mau di kirim ke mana” klo sy gak ngeuh sy jawab ke kantor dah jadi tuh KK nya padahal sy ga pernah ajuin. jadi saran saya bagi semua mending cut di awal pembicaraan saja jika ada telemarketing – maaf sy tidak tertarik- biar langsung clear … kecuali memang anda tertarik

 Apa Komentar Anda mengenai BRI Life?

Ada 29 komentar sampai saat ini..

Pembatalan Polis BRI Life Tidak Semudah ketika Telemarketing Mengikuts…

oleh Miftakhul dibaca dalam: 3 menit
29