Ancaman Sebar Data ke Media Sosial oleh Pinjol “Uang Lebih” di Aplikasi “Dana Mudah”

Karena kepepet dan sangat butuh uang, saya terpaksa meminjam uang di aplikasi pinjol Dana Mudah yang mengaku berizin OJK. Ternyata di dalamnya ada aplikasi lagi. Saya meminjam di aplikasi Uang Lebih, Kredit Pro, Cash Bank, One Dana, Siap Dana, dengan bunga tinggi tenor 7 hari (nilai pinjaman Rp1,6 juta, tapi yang ditransfer Rp900 ribuan).

Yang meresahkan, masih 2 hari jatuh tempo, saya sudah diancam sebar data di media sosial, jika tidak melakukan pelunasan. Saya terus diteror dan diancam dari berbagai nomor. Terparah Kredit Pro, saya pernah diancam dengan kata-kata yang sangat mengancam, jika tidak melunasi segera. Padahal saya tidak telat, bahkan jatuh tempo masih jauh 2 hari lagi.

Tidak ada yang ingin terlibat pinjol seperti ini, tapi saya sangat kepepet waktu itu dan tidak ada yang bisa meminjami saya.

Ade Putri
Makassar, Sulsel

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Pinjol Ilegal:
[Total:161    Rata-Rata: 2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

37 komentar untuk “Ancaman Sebar Data ke Media Sosial oleh Pinjol “Uang Lebih” di Aplikasi “Dana Mudah”

  • 1 April 2022 - (14:31 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami keadaan Yang sama, malah saya lebih parah, tenor 91 hari pas diproses acc, langsung 7 hari.. Belum jatuh tempo masih 3 hari, dipaksa bayar.. Saran saya bayarnya pas jatuh tempo aja,,kalau merasa dirugikan, suruh debc nya datang saja, Dan minta bertemu dengan dect yg kasar.. Kalau tidak, jangan dibayar dulu.. Dan kalau sudah disebar data, jangan dibayar sama sekali..

    20
    • 1 April 2022 - (16:33 WIB)
      Permalink

      Betul mereka menteror dengan kata kata kasar dan bahasa binatang sebaiknya laporkan ke pihak berwajib yuk karna ada UU nya

      14
      • 2 April 2022 - (00:33 WIB)
        Permalink

        Tiap hari ada yg ngeluh tentang PINJOL legal/ilegal sama saja .. OJK dan SATGAS sepertinya pura2 tuli dan buta .. Banyak Pinjol yg resmi tapi yg bernaung didalamnya semua ilegal dgn tawaran bunga Rendah, dengan tenor 180,91,60,30 hari tapi setelah di ajukan be rub ah 180 derajat menjadi 7 hari bahkan jatuh tempo masih 2 atau 3 hari sdh ditagih dgn berbagai kata2 kasar, cacian, makian, ancaman penyebaran data dan macam2 yg lucu lagi BANK Penerima Dana pura2 tuli … OJK DAN BAPAK POLISI TOLONG DI BASMI PINJOL2 INI .. APA TUNGGU SAMPAI ADA YG BUNUH DIRI GARA2 PINKOL LAGI .. ?

        20
        • 2 April 2022 - (08:02 WIB)
          Permalink

          iya ojk ya pada tutup mata..padahal jelas di plastore itu banyak pinjol ilegal tapi ga ada tindakan…mensing hapus aja ojk..

    • 1 April 2022 - (16:34 WIB)
      Permalink

      Kalau sudah sebar data lebih baik kita tetap bayar apa ngak usah.? Sedangkan data sudah di sebar dan di caci maki

      3
      1
      • 1 April 2022 - (19:22 WIB)
        Permalink

        @Vivi
        Gak usah, terutama pinjol ilegal. Perangi saja, kondisikan kepada kontak telepon bahwa yg nagih itu oknum DC penipuan pinjaman uang dengan dokumen manipulasi data.
        Pasti nanti semua yg ada di kontak tlp maki2 dia.

      • 2 April 2022 - (00:39 WIB)
        Permalink

        Ngga perlu sudah kadung Malu ngapain di lunasi .. Ganti Nomor .. Lebih baik Malu Karna berutang dari pada nyuri.. Klu kontak darurat di hub dan data sdh di debar … Stop ngga usah bayar .. Impas dan Lunas lalu ganti nomor .. Biar kan mereka hub no kontak lain sampai bosan sendiri sampaikan kepada kontak lain ngga usah d layani

        • 3 April 2022 - (16:51 WIB)
          Permalink

          Gitu, ya?
          Soalnya ada yg sudah menyebarkan data saya kmn” & kirim pesan WA, SMS, eMail yg isinya pengancaman nyawa tumpah darah segala.

    • 4 April 2022 - (11:18 WIB)
      Permalink

      Saya juga mengalami ini. Karena kepepet butuh dana dan tidak ada yg bisa minjamin saat itu jadi terpaksa pakai aplikasi model seperti ini ( banyak sekali loh di playstore ) bunga sekitar 65% ,H-2 di whatsapp dengan bahasa seperti itu, padahal saya berniat bayar sebelum h-1 jatuh tempo sudah dikonfirmasi di wa,namun pihak collectornya tidak koperatif dan ancam sebar data. Mereka tidak terima keadaan seperti evakuasi gempa, kecelakaan. HARUS BAYAR SEKARANG itu moto mereka. Miris sih kenapa aplikasi seperti ini diperbolehkan. Semoga yang punya hutang dapat segera dilunasi semua ya, hapus aplikasi pinjol pelan pelan. Karena yang minjam juga kena dampak riba nya.

  • 1 April 2022 - (15:43 WIB)
    Permalink

    Pelajaran aja kdpnny bnyk pinjol yg pke embel2 OJK tpi jika dilihat ada bnyk pinjol dlm 1 aplikasi sudah dipastikan itu “ILEGAL” yg masany cuma 7hri diaplikasi & penagihan H-2,
    Kalau mau pinjam pinjol LEGAL sebaikny search google dahulu, atau gabung group FB korban pinjol.
    Tpi lbh baik gx kenal sma pinjol

  • 1 April 2022 - (16:32 WIB)
    Permalink

    Saya baru saja mengalaminya.. Hari ini jatuh tempo tapi data saya sudah di sebar luas ke temen” Kerja, temen rumah, temen sekolah.. Kalau sudah begini apa kah saya harus membayar.? Tapi saya merasa di rugikan

      • 3 April 2022 - (03:22 WIB)
        Permalink

        Gak usah pinjem online lagi,bukan nya membantu tapi malah merugikan kita mana bunga nya besar,yg nagih pun seperti binatang mulutnya kasar,lawan aja seret ke kantor polisi laporkan mahmud md

    • 1 April 2022 - (23:52 WIB)
      Permalink

      Pokoknya sesulit apapun, jangan jadikan pinjol sebagai jalan keluar. Lebih baik gadaikan barang/aset ke pegadaian.

  • 1 April 2022 - (16:55 WIB)
    Permalink

    Jgn minjam duit dipinjol walaupun kepepet sama aja nyekek diri sendiri,dgn meminjam sampai jutaan dg tenor cuma 1mggu.

    1
    1
  • 1 April 2022 - (17:32 WIB)
    Permalink

    Ada baiknya jual barang yg kita punya dari pada terlilit pinjol.semoga cepat beres masalahnya

    1
    2
  • 1 April 2022 - (19:05 WIB)
    Permalink

    Kalau memang sdh di sebar data apalagi sdh mencaci maki lebih baik gak usah di bayar …biar pada tutup itu semua pinjol baik legal maupun ilegal.

  • 1 April 2022 - (19:40 WIB)
    Permalink

    Sebenarnya kan sudah banyak kasus kalau mengunakan pinjol pasti menyusahkan. Kenapa masih tertarik menggunakan pinjol, berarti sudah siap dengan segala resiko

    5
    3
    • 4 April 2022 - (11:22 WIB)
      Permalink

      Betul mas , harusnya sih ga pakai pinjol tp umumnya keadaan memaksa. Ke saudara ga bisa pinjam,ke teman apalagi.. dana darurat tidak cukup sedangkan ada kebutuhkan urgent yang harus hari itu dibayarkan. Karena efek riba kali ya mas jadi kurang berkah

  • 2 April 2022 - (00:53 WIB)
    Permalink

    Pinjol ilegal jgn di bayar sama sekali, ya pasti memang akan di sebar data krn dc tidak akan berani bertemu langsung.
    Saran saya kalau memang kepepet hrs ke pinjol ilegal hrs pakai HP yg isi kontak fiktif dan akun sosmed yg tidak begitu aktif.
    Mau berantas pinjol ilegal jgn cuma mengandalkan ojk atau pihak kepolisian tp kita hrs terlibat langsung utk merugikan pinjol ilegal

  • 2 April 2022 - (04:18 WIB)
    Permalink

    Ilegal itu, kalau kata pak mahfud md jangan bayar pinjol ilegal. Mereka tidak punya dasar hukum

  • 2 April 2022 - (09:24 WIB)
    Permalink

    S
    SAYA SELALU BERPESAN JAUHIN PINJAMAN PINJOL.SEMOGA ALLAH MEMBERIKAN KITA REZEKI YANG BANYAK.INGAT JAUHIN PINJAMAN PINJOL ATAU BANK..HIDUP SEDERHANA TANPA UTANG AKAN LEBIH MAKMUR DAMAI..DAN BAGI YG ISLAM JAUHIN RIBA SALAH SATUNYA YA PINJAM DUIT DI PINJOL

    2
    2
  • 2 April 2022 - (21:54 WIB)
    Permalink

    Benar sekali ..pinjol pinjol begitu isinya preman semuanya ..dan hati hati dl aplikasi Pinjam cepat..ternyata di dalamnya ada aplikasi liarnya..dan parahnya tidak ada konfirm setuju apa tdk akan dan yg cair dan bunganya melebihi ketentuan pinjaman,dan anehnya ininsaya yg alami..saya sudah bayar dengan no rekng yg ada di aplikasi..tetapi dua hari kemudian saya di tagih dengan alisan bukan linknya.bagi teman teman jangan takut kl dianccam laporkan polisi.dan itu sy laporkan polisi krn bukti2. Pembayaran semua ada.dan segera polisi menindak lanjutin

  • 2 April 2022 - (22:06 WIB)
    Permalink

    Saya sendiri udah pernah kena nih.baru kemaren pakai aplikasi dana now.
    Didalamnya banyak aplikasi lainnya ternya.parahnya saya dikatain anjing bayar utang u!!!!!
    Itu kurang satu hari seblm jatuh tempo.pas jatuh temponya saya kan kerja pagi saya bilangin entar sore yah saya habis plng kerja.eh data saya disebar2in kl saya katanya kabur…parah gmn sih pak OJK…mana minjem 1600 dapetnya 900rb

    • 4 April 2022 - (04:47 WIB)
      Permalink

      Jangan dibayar mas. Cek arahan pk Mahfud md mengenai pinjol ilegal kisaran oktober 2021

  • 4 April 2022 - (04:44 WIB)
    Permalink

    Menurut pengalaman pribadi saya saat pinjam dari Pinjol Ilegal.
    Saya banyak mendapat ancaman dan teror mulai makian, sebar data dan ancaman fisik.
    Sebenarnya tidak ada tips yang bisa kita gunakan untuk menghadapi pinjol Ilegal karena semua kembali ke diri kita sendiri. Berikut ini hal2 yang saya lakukan:
    1. Persiapkan mental. Intinya harus berani bilang ke keluarga dan teman2 “IYA…SAYA MINJOL”.
    2. Laporkan ke Pihak berwajib
    3. Jangan dibayar, walaupun hutang wajib di bayar. Lebih baik anda berikan ke orang2 miskin dan anak yatim daripada bayar pinjol.
    4. Install aplikasi truecaller

    • 4 April 2022 - (09:18 WIB)
      Permalink

      Harus ada laporan dulu dr korban baru diusut. Sy sdh laporkan ke cyberpolis, dan lampirkan semua bukti2 chat dan ancamannya.

      • 4 April 2022 - (11:27 WIB)
        Permalink

        Sudah ada yang respon dari mereka mba? Kalau perlu saya juga laporin supaya bener di usut dan ditutup pinjol ilegal seperti itu.

        • 4 April 2022 - (11:41 WIB)
          Permalink

          Iya sdh ada, iya harus dilaporin mbak, klo gak ada laporan gak bs diusut.

 Apa Komentar Anda mengenai Pinjol Ilegal?

Ada 37 komentar sampai saat ini..

Ancaman Sebar Data ke Media Sosial oleh Pinjol “Uang Lebih”…

oleh Putri Ar dibaca dalam: 1 menit
37