Traveloka Tidak Kunjung Menerbitkan Tiket Pesawat yang Sudah Dibayar

Saya melakukan pembelian tiket pesawat untuk tanggal keberangkatan 24 April 2022 melalui aplikasi Traveloka pada tanggal 28 Maret 2022, dengan metode pembayaran transfer bank. Booking ID: 791453344, dan pembayaran sudah selesai dan terkonfirmasi oleh pihak Traveloka.

Namun hingga hari ini tanggal 08 April 2022, status tiket saya masih pending dan tiket saya belum juga di-issued oleh pihak Traveloka. Terhitung saya sudah 7 kali menghubungi pihak Traveloka, baik via email dan via telepon langsung ke customer support Traveloka, dengan nomor pelaporan: 24546907 , 24644858 dan 24542476. Namun jawaban yang saya terima, sama saja, yaitu:

  1. Ada kendala pada sistem Traveloka.
  2. Sedang dicek oleh pihak spesialis kami.
  3. Kesalahan terjadi pada pihak MASKAPAI SINGAPORE AIRLINES (SQ).
  4. Mohon kesediaannya untuk menunggu , dari 1×24 jam, 3×24 jam, 2×24 jam, 1×24 jam hingga sampai hari ini pukul 15.00 WIB seperti yang Anda janjikan, tetap tidak mempunyai kepastian.

Untuk poin ke-3, suami saya sudah langsung mengonfirmasikan ke pihak maskapai Singapore Airline. Jawaban yang kami terima adalah, menurut pihak maskapai bahwa Traveloka melakukan booking sebanyak 6 kali atas nama saya. Namun dari semua pemesanan tersebut tidak ada sampai ke penerbitan tiket, karena pihak Traveloka belum melakukan pembayaran ke maskapai Singapore Airline.

Saya meminta agar pihak Traveloka segera memberikan kejelasan dan menerbitkan tiket yang sudah saya beli melalui aplikasi Anda. Karena saya sudah melakukan pembayaran dan sudah lelah selalu disuruh menunggu.

Pada tanggal 8 April 2022 , suami saya langsung ke kantor Customer Service Traveloka di daerah Tanah Abang, Jakarta Pusat untuk meminta kejelasan perihal tiket yang belum di-issued. Kemudian saya mendapat kan email dari Traveloka yang isinya adalah:

“Mohon maaf atas keterlambatan serta ketidaknyamanan yang terjadi terkait waktu penerbitan tiket Anda yang cukup lama. Saat ini kami sedang mengeskalasikan kembali ke Singapore Airlines agar dapat segera diterbitkan E-Ticket Anda.

Oleh karena itu, berat hati kami mohon kesediaan waktu Anda untuk menunggu kembali paling lambat pada hari ini sebelum pukul 15:00 WIB. Apabila kami sudah menerima tiket terbaru Anda, kami akan memperbaharui status pemesanan Anda pada aplikasi yang terdaftar. Mohon melakukan pengecekan pada aplikasi secara berkala, jika sampai pukul 15:00 WIB Anda belum menerima tiketnya, kami akan mengirimkan secara manual tiketnya melalui email ini.”

Bisa Anda pertanggungjawabkan janji Anda Traveloka? Sudah lewat jam yang Anda janjikan, tapi sampai sekarang Anda juga tidak memberikan informasi lanjutan.

Enny
Medan, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Traveloka:
[Total:31    Rata-Rata: 1.8/5]

6 komentar untuk “Traveloka Tidak Kunjung Menerbitkan Tiket Pesawat yang Sudah Dibayar

  • 12 April 2022 - (16:13 WIB)
    Permalink

    Kepada Yth.,
    Ibu Enny,

    Terima kasih telah menjadi pengguna setia Traveloka.

    Menanggapi surat terbuka yang Ibu Enny tujukan kepada Traveloka di MediaKonsumen.com pada 12 April 2022, dapat kami sampaikan bahwa Traveloka telah memperbaharui status pemesanan tiket Ibu Enny dan menghubungi Ibu Enny melalui sambungan telepon guna menginformasikan solusi terbaik terkait situasi yang Ibu Enny alami. Adapun solusi tersebut telah diterima dengan baik oleh Ibu Enny.

    Memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada para pengguna merupakan fokus utama kami. Maka dari itu, kritik dan saran yang disampaikan kepada Traveloka akan kami jadikan informasi berharga untuk terus meningkatkan layanan dan produk Traveloka di kemudian hari.

    Demikian pernyataan resmi ini kami sampaikan. Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.

    Hormat kami,
    Tim Customer Care Traveloka

    1
    10
    • 7 Mei 2022 - (22:28 WIB)
      Permalink

      Bu Enny, jadi hasil nya bagaimana bu? 10 hari digantung seperti itu? Saya sekarang pun sedang mengalami hal yg persis sama bu. Mohon dibalas. Terima kasih.

  • 12 April 2022 - (16:58 WIB)
    Permalink

    Kalo punya cc bisa tuker poin ke miles jd tiket lumayan tuh, misal cc bca sq..

    • 12 April 2022 - (21:20 WIB)
      Permalink

      Kasus yg sama jg terjadi pada kami bbrp tahun lalu.ada dugaan ini terjadi pada banyak orang .dana unt tiket pesawat pesanan kami .dan saya ada bukti termasuk balasan Traveloka dg tidak ada tidak lanjut yg bertanggung jawab
      ada bagusnya Traveloka d gugat dan d black list.

  • 13 April 2022 - (06:18 WIB)
    Permalink

    Kalau kendala yg saya alami adalah bahwa setelah pemesanan tiket pesawat 2 kali penginapan selama 3 malam, tiba-tiba poin saya 0 (nol), padahal sebelumnya juga saya sudah punya poin karena selalu memesan di Traveloka. Ada yg sama dengan yg saya alami gak??? 🙏

  • 13 April 2022 - (10:35 WIB)
    Permalink

    Dlu aplikasi spt laz&shop blm ada penjulan tiket atau aplikasi lainya saya penguna traveloka hampir asal pulang jkt-malang bgtu sbliknya malang- jkt saya sllu bli tiket disini baik darat kereta api/ pesawat. 1 dibikin kecewa disitu langsung uninstal pindah ke Bukalapa#

 Apa Komentar Anda mengenai Traveloka?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Traveloka Tidak Kunjung Menerbitkan Tiket Pesawat yang Sudah Dibayar

oleh Enny Enny dibaca dalam: 1 menit
6