Terjebak Janji Agen Asuransi AIA Financial

Pada tanggal 16 Maret 2020, bertempat di counter lantai 2 gedung BCA cabang Bogor, saya dijanjikan oleh agen AIA Financial a.n. Aloi (Kode Agen: 385650), bahwa hanya dengan penempatan tabungan awal saja (single premi) sekaligus untuk 3 tahun di muka sebesar Rp24 juta, maka akan memperoleh Proteksi Retirement Maksima (RetirePlan) sebesar 30% per tahun dan 150% pada akhir masa polis di tahun 2040.

Namun saya kaget, ketika tepat pada tanggal 17 Maret 2021, ditagih premi lanjutan, beserta penjelasan bahwa premi harus dibayar selama 5 tahun dan saya hanya membayar setahun (1/5-nya). Saya disarankan keberatan diajukan tertulis ke kantor AIA.

 Pupus! Sirna! janji agen AIA Financial, Aloi Yuseika Sebayang (Kode Agen: 385650), 16 Maret 2020 di counter lantai 2 gedung BCA Bogor cabang: Bogor bahwa hanya dengan penempatan tabungan awal saja (single premi) sekaligus untuk 3 tahun dimuka sebesar Rp24 juta, akan memperoleh Proteksi Retirement Maksima (RetirePlan) sebesar 30% per tahun dan 150% pada akhir masa polis di tahun 2040. Namun saya Terperajat! Tepat pada 17 Maret 2021, ditagih premi lanjutan beserta penjelasan premi harus dibayar selama 5 tahun, dan saya hanya membayar setahun (1/5nya)  dan disarankan keberatan diajukan tertulis ke kantor AIA Sebagai tindak lanjut keberatan tertulis, pada tanggal, 20 April 2021, di kantor pusat AIA, bertemu sdr.Satrio, customer service dan saya diminta mengajukan secara tertulis Permohonan beserta menulis Kronoligis Keluhan bahwa agen AIA telah mis selling, bahwa premi sekaligus yang dibayarkan ternyata hanya premi tahun pertama saja, yang tidak diceritakan sewaktu penawaran. Kemudian, tanggal 22 April 2021 customer care (*) memberikan Kebijakan, dengan 2 pilihan : 1.       Polis tetap aktif dengan tetap melakukan pembayaran tahun berikutnya dengan metode per bulan,   atau 2.       Polis beserta dana manfaat Hilang/Gugur, tanpa pengembalian apapun   Setelah itu, karena saya masih berupaya dengan kondisi ekonomi yang dilanda pandemik pertama kali, saya masih memaksakan pembayaran perbulan dari 2Mei hingga 2Desember 2021, sehingga akhirnya saya tidak mampu lagi menyicil premi yang seharusnya tidak saya bayarkan lagi itu, karena penurunan omzet usaha secara drastic disaat awal pandemic, hingga akhir polis saya dinyatakan lapsed per 1 April2022. Dalam kondisi ekonomi saya yang sangat sulit saat ini, ditambah dengan beban yang seharusnya tidak saya tanggung, saya sangat terpukul, kiranya saya boleh mendapat keadilan dari pihak AIA Financial, untuk menginvestigasi agennya dengan seksama, dan boleh mengembalikan apa yang menjadi hak saya. (*) Nama–nama customer care/staff email korespondensi : Anty, Norma, Febri, Amalia Dewi, Vovif. Koresponden, Arie Cahyana   Polis no: 362 675 98

Sebagai tindak lanjut keberatan tertulis, pada tanggal 20 April 2021, di kantor pusat AIA, saya bertemu dengan CS a.n. Sdr. Satrio. Saya diminta mengajukan secara tertulis permohonannya, beserta kronologi keluhan bahwa agen AIA telah mis selling. Bahwa premi sekaligus yang dibayarkan, tapi ternyata hanya premi tahun pertama saja, yang tidak diceritakan sewaktu penawaran.

Kemudian, tanggal 22 April 2021 customer care AIA memberikan kebijakan, dengan 2 pilihan:

  1. Polis tetap aktif dengan tetap melakukan pembayaran tahun berikutnya dengan metode per bulan.  Atau
  2. Polis beserta dana manfaat hilang/gugur, tanpa pengembalian apa pun.

Setelah itu, karena saya masih berupaya dengan kondisi ekonomi yang dilanda pandemi pertama kali, saya masih memaksakan pembayaran per bulan dari 2 Mei hingga 2 Desember 2021. Namun akhirnya saya tidak mampu lagi mencicil premi (yang seharusnya tidak saya bayarkan lagi itu), karena penurunan omzet usaha secara drastis pada saat awal pandemi. Hingga akhirnya polis saya dinyatakan lapsed per 1 April 2022.

Dalam kondisi ekonomi saya yang sangat sulit saat ini, ditambah dengan beban yang seharusnya tidak saya tanggung, saya sangat terpukul. Kiranya saya bisa mendapat keadilan dari pihak AIA Financial, untuk menginvestigasi agennya dengan seksama dan  mengembalikan apa yang menjadi hak saya.

Arie Cahyana
Nomor Polis: 362 675 98
Kota Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Asuransi AIA Financial:
[Total:50    Rata-Rata: 2.2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

9 komentar untuk “Terjebak Janji Agen Asuransi AIA Financial

  • 17 April 2022 - (00:44 WIB)
    Permalink

    hari gini masih percaya asuransi.?!!.. kurang gaul apa tidak ikut berita..?!!
    jangan percaya dengan nama besar dan iklan sebuah produk… telaah lebih jauh.. klo gak mau menyesal…

    7
    3
  • 17 April 2022 - (08:59 WIB)
    Permalink

    Udah berbagai macam asuransi ngga usah dikasih ijin aja. Udah banyak kasusnya. Jiwasraya aja kasus ky gitu. Sudah saatnya nabung sendiri. Asuransi hanyalah kebohongan. Ribet, kita bayar, kita tanggung. Ngga usah deh mendingan.

    2
    1
  • 17 April 2022 - (18:00 WIB)
    Permalink

    Saya juga merasa jd korban aia, antara janji pemasar dengan aktual beda.
    Berikut trik2 mereka:
    1. Sales akan memberikan janji2 super manis, sesekali dibumbui istilah2 yg ga dipahami nasabah
    2. Nasabah akan fokus ke hitung2an yg bodong itu
    3. Dokumen pendaftaran akan diisi oleh si sales, kita cuma nunjukin ktp, ujung2nya ttd doang, malah kadang di hp/tablet mereka, jadi ga ada kesempatam baca2 lg
    4. Terkadang alamat nasabah ditulis di kantor tempat buka, agar buku polis yg punya masa sanggah 15 hari tidak sempat disanggah karna dialatmatkan bukan ke rumah nasabah
    5. Mereka akan arahkan autodebet, agar jadi alasan, bayarnya lancar kok, jadi ga ada masalah/setuju
    6. Begitu sadar, semuanya sudah terlambat, mereka akan arahkan utk ajukan keberatan. Mereka yg kita komplain, mereka yg ‘mengadili’, dan mereka yg putuskan, ya mau berharap apa.

    Kesimpulannya, ini bukan mis selling, ini kolusi sales dan perusahaan secara umum, dan mereka perusahaan besar, kita cuma orang kecil.

 Apa Komentar Anda mengenai Asuransi AIA Financial?

Ada 9 komentar sampai saat ini..

Terjebak Janji Agen Asuransi AIA Financial

oleh DBYbags_Lezato dibaca dalam: 1 menit
9