Kecewa dengan Asuransi BCALife

Saya nasabah asuransi BCALife dari 2017, dengan nom0r asuransi 20157003726, dengan produk unggulan bayar 10 tahun premi kembali 100 persen. Saya merasa kecewa, karena ketika klaim bulan Mei karena sakit dan Juni 2021 kena covid, tidak dibayarkan dan dinyatakan lapse (baru tahu ketika telepon CS Agustus 2021). Padahal pembayaran auto debit dari CC BCA saya.

Dan saya baru mengetahui ketika telepon CS BCALife pada bulan Agustus 2021, ternyata dari bulan Oktober 2020 tidak didebit sampai sekarang.

Saya baru ingat ketika bulan Oktober 2020 saya memang menelepon CC BCA karena ada transaksi yang tidak dilakukan oleh saya. Oleh CS BCA disarankan memblokir dan diganti CC BCA yang baru dan semua transaksi yang telah terjadi saya tetap disuruh bayar. Saya terima saja. Dan saat saya bertanya saya ada auto debit asuransi BCALife bagaimana apakah masih tetap berlanjut. Jawaban CS CC BCA jangan khawatir tetap berlanjut di kartu yang baru. Saya tetap tenang sampai saat itu Agustus 2021.

Saya baru tahu ketika dikasih tahu oleh cs BCALife sudah gak aktif dari bulan Oktober 2020. Saya komplain karena itu bukan kesalahan saya. Beda dengan asuransi lain yang jika telat bayar atau gagal bayar karena saldo gak cukup pasti ada notifikasi SMS/email. Asuransi BCALife tidak ada notifikasi apa pun. Baik gagal debit, atau gagal bayar, atau keterangan polis akan lapse. Dan kata cs BCALife jangan khawatir bisa aktif kembali dan dibayarkan klaimnya asal mengisi formulir pengaktifan kembali (bukti screenshot email terlampir). Saya sudah isi dan lengkapi dan kirim ke kantor pusat.

Selang beberapa minggu ada telepon ternyata tidak bisa dan tetap lapse. Beda dengan keterangan dengan cs sebelumnya. Dengan arogannya juga CS itu berkata atasannya juga sudah fix gak bakal bisa aktif.

Alasan saya ikut waktu itu karena percaya dengan bank BCA, walaupun premi lumayan besar salah satu alasan saya ikut asuransi ini adalah premi 100 persen kembali. Jika memang begini cara pemutusan kontrak supaya premi semua peserta tidak kembali hangus seperti saya.

Satu, itu bukan salah saya. Seandainya ganti kartu harus menelepon supaya asuransi BCALife tetap auto debit. Tidak ada pemberitahuan dr CS CC BCA ketika saya blokir dan ganti kartu bahwa saya harus hubungi BCALife supaya bisa lanjut.

Kedua tidak ada SMS/notifikasi apa pun ketika auto debit gagal dilakukan, baik bulan pertama, kedua, ketiga.

Ketiga email yang mengatakan akan aktif kembali polis saya ternyata janji palsu.

Saya sangat kecewa sekali. Ingat ini kesalahan bukan pada saya. Jika saya tidak bayar saya yang salah. Dan ini pembayaran auto debit serta gak ada notifikasi belum bayar atau gagal debit sehingga saya tidak tahu sama sekali!!!!

Saya minta agar polis saya aktif kembali dan tiga klaim yang sudah saya ajukan, 11-12 September 2021 + perdarahan pasca operasi), bulan Mei 2021 dan Juni 2021 (covid) dibayarkan karena kesalahan bukan di pihak saya.

Hardi Yanto
Cirebon, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan BCA Life atas Surat Pembaca Bapak Hardi Yanto Wongsodiredjo

Jakarta, 31 Mei 2022 Yth. Bapak Hardi Yanto Wongsodiredjo Dengan Hormat, Menindaklanjuti surat pembaca yang Bapak sampaikan melalui kanal Media...
Baca Selengkapnya

16 komentar untuk “Kecewa dengan Asuransi BCALife

  • 26 April 2022 - (19:22 WIB)
    Permalink

    apakah tidak pernah mengecek billing statement kartu kredit yang tiap bulan dikirimkan?

    4
    1
    • 27 April 2022 - (18:41 WIB)
      Permalink

      Jarang cek. Saya aku salah karena jarang cek billing tagihan. Setelah tau lapse pasca telp cs baru saya cek billing tagihan.. Seandainya saja bcalife ada notifikasi jika tagihan sudah terbayar, atau blum terbayar via WA/email/SMS pasti tidak bakal seperti ini…

  • 27 April 2022 - (12:46 WIB)
    Permalink

    Saya bertanya saya ada autodebit asuransi BCALife bagaimana apakah masih tetap berlanjut. Jawaban CS CC BCA jangan khawatir tetap berlanjut di kartu yang baru.
    —–
    Menurut saya kena pranknya disini.

    • 27 April 2022 - (18:42 WIB)
      Permalink

      Betul.. Dan ada email balasan polis bisa dipulihkan ternyata PHP. Sayang aja premi yg sudah dibayarkan lumayan besar sudah belasan juta

      • 11 September 2022 - (15:55 WIB)
        Permalink

        Maaf saya juga pengguna assuransi BCA life. Saya pernah dikondisi tidak ada untuk bayar assuransi. Ketika gagal debet ke1 ke2 ada notif sms dr bca juga. Dan ditelfon juga. Selama tidak ganti email dan ganti nomer telpon. Tapi sampe sekarang juga masih lanjut dan saya cek via aplikasi Bca life.

  • 28 April 2022 - (12:23 WIB)
    Permalink

    Lagi lagi asuransi…….
    Lagi dan lagi masalah asuransi……

    Seyogyanya unit kerja asuransi bca mengetahui kalo pembayaran premium belum masuk dan diberitahukan kepada nasabahnya….. jd tanda tanya…

    • 29 April 2022 - (15:21 WIB)
      Permalink

      Kemaren ditelp dr pihak bcalife dgn jawaban enteng bgt. Karena bcalife produk dr bank BCA maka tidak ada pemberitahuan mengenai gagal debet via sms, WA atau email. Memang ketentuan dr pihak asuransi yg dari produk bank.. Saya balas jawab aja saya juga punya dr bnilife dan bank BNI tp setiap kali mau jatuh tempo selalu mengingatkan atau kalo gagal debet juga ada pengingat via SMS, atau email. Langsung cs bcalife berkelit beda bank beda prosedur. Sudah jelas salah berkelit.

    • 29 April 2022 - (15:26 WIB)
      Permalink

      Saya punya produk asuransi dari BCA ada 5. Dua asuransi CAR dana pendidikan, satu asuransi jiwa, satu asuransi KKB BCA dan satu asuransi bcalife. Yang empat sudah selesai kontrak dan puas dgn pelayanan BCA. Yg bermasalah hanya yg bcalife saja tidak ada notifikasi gagal atau apa tiba2 lapse. Kalo dari telp CS BCA tanggal 28 april kemaren. Katanya tinggal menunggu rapat direksi mengenai kasus saya ini. Semoga kabar baik hasilnya

  • 3 Januari 2023 - (15:42 WIB)
    Permalink

    sekitar september / oktober 2022 Saya di telp pihak BCA Life, menawarkan asuransi, tanya ini itu intinya nawarin asuransi. Saya tidak pernah menjawab Iya / Setuju didaftarkan tapi sekitar november 2022 ada 2 surat polis bcalife datang kerumah utk saya & istri saya.

    Artinya BCA Life melakukan pendaftaran nasabah secara sepihak tanpa konfirmasi nasabah mau atau tidak / setuju atau tidak didaftarkan. Kacau sekali kelakuan BcaLife ini.

    Saya komplain utk menutup kedua polis tsb tapi katanya uang saya yg sudah diauto debet tidak bisa dikembalikan. Gila sekali itu Bca Life membuat program pencurian uang nasabah secara sistematik.

    Yang mendaftarkan secara sepihak dia sendiri tanpa konfirmasi, pas kita batalkan uang saya yg sdh diautodebet selama kurang lebih 3 bln x @Rp. 372.050 (total 1.116.150,-) RAIB DIMAKAN ***** YG BERNAMA ASURANSI BCALIFE.

    Sampai hari ini saya masih mengharap uang itu dikembalikan oleh BCALIFE utk membeli susu 2 anak balita saya. Jika tidak sampai kapan pun saya akan terus berkeluh kesah di media konsumen & media sosial tentang “Kebiadaban program pencurian uang nasabah atas nama asuransi BcaLife yg mendaftarkan asuransi bcalife nasabah bca secara sepihak”.

    JAHAT SEKALI BUKAN ???

    • 28 Maret 2023 - (23:32 WIB)
      Permalink

      Datang aja pak ke kantor yang di pusat pak, di sudirman. Soalnya tmn sya yg ketipu duitnya bisa balik, pdhal hrusnya BCA ga ada kewajiban kembalikan. Cuma karena di bantu jd bisa balik ? nominalnya ga gede pdhal.
      Bca ini lebih mending lah dr pda bank lain setau sya. Soalnya kasus ketipu ga sbrpa ini BCA bnr² ngurusin loh. Salut sama BCA ( BCA Slipi ya) ?

  • 8 Maret 2023 - (15:51 WIB)
    Permalink

    Apakah ada yg ikut polis BCA life hospital 100% refundable juga?
    Adakah kasus pembatalan polis sebelum masa pertanggungan berakhir, uang premi yang sudah terbayar kan di kembalikan?
    Karena saat ini saya sudah tidak bekerja dan pembayaran premi saya sudah berjalan 4 tahun 7 bulan

    • 28 Maret 2023 - (23:23 WIB)
      Permalink

      Saya juga dari 2019 masuk pertengahan. Sampai skrg. Gara² banyak kasus jd getar getir sendiri sampai tlp halo BCA nanya berkali² duitnya bisa balik ga. Jwaban BCA sih bisa. Karena di buku polis ada pasal, lupa nomer brpa. Tp nnti di tujukan sama cs nya sih. Nah jd aman hrusnya. Kalau masalah gagal debit serem juga ya baca kasus bapak yg di atas ini, tiba² ga di debit pdhal dari CC, sya juga kbtulan dr CC. Jd sekarang sya download lah tuh apk BCA life buat pantau sttus asuransi saya. Alhamdulillah sampai skrg msih aktif ? tkt di prank sama BCA

    • 28 Maret 2023 - (23:27 WIB)
      Permalink

      Nah kalau pembatalan dulu saya pernah sendiri dtg ke BCA yang di sudirman, kantor pusatnya BCA Life ini, ktnya duitnya ga di kembalikan sepeserpun. Dlu sya mau berhenti juga sih. Tkt duitnya ga balik. Tp ktnya tidak ada pengembalian kalau berhenti skrg.

  • 28 Juli 2023 - (12:01 WIB)
    Permalink

    Tgl 13 Juli 2023 saya kirim klaim asuransi ke BCA life, dan langsung di respon oleh CS BCA life bahwa sudah menerima persyaratan dokumen klaim nya
    Tapi saya tunggu2 tidak ada uang klaim yg dibayarkan
    lalu tgl 25 Juli saya menelpon BCA life utk menanyakan status klaim, ternyata diinfokan bahwa ada 1 persyaratan yg kurang
    kemudian langsung saya kirimkan persyaratan tsb dan di respon bahwa sudah menerima dokumen tsb
    Yang bikin kesel udah 2 minggu ga diproses karena kekurangan dokumen TIDAK DIINFOKAN KE NASABAH, sampai NASABAH HARUS BOLAK BALIK nelpon utk nanyain statusnya
    Beda banget dengan asuransi lain yg saya punya, informatif dan mudah klaimnya
    Minta dikirim polis asuransi bolak balik nelpon ga di email2 juga hedeh..
    ID pelaporan 20230715630
    ID pelaporan 20230713626
    Ga recomended utk asuransi ini

 Apa Komentar Anda mengenai BCA Life?

Ada 16 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan Asuransi BCALife

oleh Hardi Yanto dibaca dalam: 2 menit
16