Tidak Dapat Driver Gosend Instant, Shopee Malah Memberikan Penalti Kepada Penjual

Saya sebagai penjual di Shopee pada tanggal 21 April 2022, mendapatkan 2 pesanan dengan kurir Gosend Instant dengan nomor pesanan 22042171EPQH3H (pukul 19.08) dan 22042174SU8E9K (pukul 20.08).

Berhubung sudah lewat dari jam operasional toko maka order tersebut saya kirimkan keesokan paginya tanggal 22 April 2022. Namun seharian kedua order itu tidak mendapatkan driver.

Saya sudah laporkan hal ini ke Shopee dengan nomor laporan 1517393452707864622 dan 1517494684845408291, namun jawaban customer service hanya meminta saya untuk menunggu, itu pun respon mereka sangat lama.

Saya menunggu driver sampai jam pickup maksimal instant di Shopee yaitu jam 20.00 tapi hasilnya nihil. Di kedua transaksi tersebut sudah muncul peringatan untuk penjual agar segera mengirimkan pesanan supaya tidak masuk dalam pengiriman terlambat/ berpotensi dibatalkan.

Saya push terus ke Shopee bagaimana dengan munculnya peringatan ini, sedangkan masalah ini terjadi bukan karena kesalahan penjual. Namun tidak ada respon dari Shopee. Saya sangat dipusingkan dengan masalah ini seharian apalagi pembeli juga tidak mau mengerti dengan mendesak terus kenapa barangnya belum dikirim walaupun saya sudah menjelaskan kendala sistem pencarian ada di pihak Shopee.

Akhirnya driver berhasil didapatkan keesokan paginya tanggal 23 April 2022 dan pesanan berhasil diantar ke alamat penerima. Namun tanggal 26 April 2022, saya cek di menu Kesehatan Toko kalau ternyata kedua pesanan tersebut dihitung masuk ke dalam keterlambatan pengiriman pesanan, yang berarti toko saya akan mendapatkan poin penalti di minggu selanjutnya.

Aneh sekali Shopee ini sistemnya, kesalahan sama sekali bukan terletak pada pihak seller namun seenaknya saja melimpahkan ke seller. Memang mungkin sistem seperti ini paling gampang ya, semua tinggal dilemparkan saja ke seller. Jelas-jelas masalah tidak mendapatkan driver bukan menjadi tanggung jawab penjual, semua dilakukan oleh sistem Shopee. Customer Service Shopee juga tidak bisa memahami masalah dan hanya menjawab dengan cara copy text-book.

Memang beberapa hari belakangan dalam masa Ramadan Sale di beberapa marketplace lain juga sangat sulit mencari driver dikarenakan tingginya volume permintaan request pickup, namun marketplace lain tidak melimpahkan kesalahan dan tidak merugikan penjual sama sekali. Shopee memang paling beda. You are doing such a very ‘brilliant’ job, Shopee!

Yuliana Husin
Jakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:77    Rata-Rata: 2.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

33 komentar untuk “Tidak Dapat Driver Gosend Instant, Shopee Malah Memberikan Penalti Kepada Penjual

      • 27 April 2022 - (18:54 WIB)
        Permalink

        Bukti klo seharian tdk mendapatkan driver gosend instant nya mana gan?? tanpa bukti itu komplainan agan msh blm bs dipercaya, driver gosend instant itu jumlahnya sangat banyak dan tdk mungkin mereka semua menolak orderan utk mengantarkan paket agan meskipun bnyk yg menolak pastilah akan ada 1 orang yg akan menerima orderan tsb tanpa sampai bergantinya hari, itu klo penyebab tdk mendapatkan driver gosend instantnya karena selalu dicancel oleh driver gosend instantnya.

        3
        20
        • 27 April 2022 - (23:47 WIB)
          Permalink

          Anda pembeli ga paham ini.yang paham pasti pernah jualan. Buktinya smua ya ada di akun jualan.riwayat kita klik request tapi ridak diambil.ini juga uda sering terjadi sama kita seller.makanya kalo pembeli cuman mau taunya dilayani cepet.problem seller ga mau tau,kurir telat seller salah, sistem error shopee juga seller lagi. Pokoknya seller korban komplain buyer pada hal gunanya shopee buat penemgah market apa?

          • 28 April 2022 - (08:37 WIB)
            Permalink

            Benar gan. Saya juga pernah terjadi beberapa kurir gosend menolak mengambil pesanan. Sampai akhirnya dpt kurir gosend yg ke 6 dan mau mengambil pesanan, saya sempatkan bertanya mengapa byk kurir gosend sedari td menolak permintaan pick up. Disana si kurir terakhir menjelaskan bhwa ongkir yg didapat mereka utk gosend jauh lbh kecil ketimbang mengantar customer. Maka dr itu byk kurir gosend yg tdk mau mengambil pick up brg utk gosend. Dan memang shopee makin kesini makin ribet, rata2 kesalahan selalu ditimpakan pd seller.

        • 29 April 2022 - (08:02 WIB)
          Permalink

          Ga perlu bukti sih gan. Saya juga bukti. Saya Jualan di marketplace sebelah. Dulu saya aktifkan pengiriman Go-send instan. Sudah cari nya lama setelah dapat di cancle pula sama mereka. Ada yg 1 harian ga ada hasil. Karena di tolak driver terus. Akhirnya saya tutup Go-send instan dan sameday. Pakai kurir reguler saja. Yg ada kita di kejar pembeli yg ga paham system kerja marketplace dianggap kita lelet. Kalo yg paham mereka tracking dari pemesanan mereka proses pesanannya sampai mana. Yg ga paham bikin sakit kepala.

      • 27 April 2022 - (19:33 WIB)
        Permalink

        Tiap tahun, hal yg sama terjadi alesan overload, cari driver atau pengiriman terlambat, tp promo dan penjualan jor joran, di kompken ke cs jawabnya ga ada penyelesaian, harusnta sdh tau klo ramadhan itu volume transaksi meningkat, brarti armadanta harus sdh siap,
        mmg payah ini shopee, klo cancel tdk terkirim dr system voucher hangus parah bgt, di blibli, klo gagal kirim, voucher balik lagi plus voucher permintaan maaf dr mereka.
        Benahi tuh shopee kerja sama dgn ekpidisinya
        Jgn promo di gedein pelayanan kaya keong

        12
  • 27 April 2022 - (17:47 WIB)
    Permalink

    yah kl shopee ga heran, lbh mau ngerjain shopeefood.. drivernya ga ad atribut, celana boxer, kaos oblong, pakai apk titik, jd ngapain ambil orderan express..
    kalo kata crazy rich #murahanbanget 😀

    4
    1
  • 27 April 2022 - (18:43 WIB)
    Permalink

    Memang parah, sy jg kena hal yg sama.
    Tp pnya sy malah pembeli pesan g*jek instan dan pemesanan sudah masuk, trus kt melakukan req pick up dari tgl 24 April jam 11 siang, tetapi tidak mendapatkan driver. Kt tnyakan ke CS Shopee, diblg bakal di cek dan di proses pelaporan kt. Trkhir tgl 25 April pelaporan kt di tutup dan dijawab kl jangkauan area tll jau jdnya tidak bs di proses.

    Trkhir pembeli jdnya beli lwt si ijo dan juga pake instan dan bs di proses di tgl 25 April 🙄.
    Aneh bin ajaib

    • 27 April 2022 - (23:49 WIB)
      Permalink

      Coba buka shopee instant kan jalan🤣🤣.soalnya aku bgitu skarang ga ada gojek.slalu dapat acak shopee instabt.kita taulah arahnya kemana juga

  • 27 April 2022 - (20:31 WIB)
    Permalink

    Kyk saya cuma saya yg jadi pembelinya 😢2 orderan saya pake instant dpet kurir gojek, order tgl 21/4 & 22/4. Dua orderan itu di pick up di hari yg sama tp keterangan tidak dapat driver..tau gaaaaaa sampe skrg itu ga terkirim². Mana order kue buat lebaran 11toples + 1lgi order makanan buat takjil 50pc. Sya ajuin pembatalan 2hri setelah order penjual ga bisa acc kaena eror anehnya sampe skrg itu orderan ga kena cancel dr shopee nya. Udah chat cs berkali² hasilnya cuma nunguuuuu + tggu pmbataln plg telat tgl25 lah skrg udah tgl27 msih blum batal. Saya email gojek nya suruh info ke shopee nya saja. Pusying ekeu mana lebaran sbntar lagi kue blum ada 🙄

    • 27 April 2022 - (23:26 WIB)
      Permalink

      bnyk seller dan buyer komplen Dgn marketplace satu ini.. . Apa ada pegawainya ya khususnya penanganan solusi /maslah /error sistem..

    • 27 April 2022 - (23:56 WIB)
      Permalink

      Sebetulnya banyak seller ingin kluar jualan dari shopee ke tokopedia.tapi apa daya pembeli selalu apa” ke shopee. Nanti kalo sudah penjual rame2 pindah itu akan lebih bagus. Ditokopedia pajaknya ga sampai 8% ke penjual.pada hal pembeli juga kena pajak layanan. Ditokopedia ga pajak” mencekik penjual dan ke pembeli cuman ganti biaya asuransi yg justru ini lebih manfaat ke perlindubgan konsumen. Ongkirnya ga pakai tunggu kayak shopee ada jatah terbatas banget dan subsidi cuman 10ribu. Tokopedia cashback juga ga harus toko tertenti bisa cashback.

      Saya penjual dan konsumen dishopee. jujur toko saya rame dishopee ratusan paket sehari dimana ditokopedia lebih sedikit penjualan banding shopee.tapi belanja saya malah banyak ke tokopedia karna lebih enak kalo komplain cs nya ga kayak kita bicara ama tembok macam shopee

      • 29 April 2022 - (08:09 WIB)
        Permalink

        Betul kata Kk. Fee disitu memang rendan. Fee marketplace hanya 1,5%. Fee ongkos kirim 1% max 10rb. Memang rendah. Cuma hati2 asuransi nya. Ga semua di proteksi. Seperti makanan kalau rusak setelah terkirim atau di kembalikan tidak akan di ganti. Saya sering alami kejadian itu. Mau komplain juga ga ada gunanya karena mereka bilang ga masuk kategori proteksi.

  • 27 April 2022 - (23:06 WIB)
    Permalink

    Driver – driver JAMAN NOW gak mau lagi DIPERAS APLIKATOR ONLINE ..jarak jauh tapi ongkirnya KERJA BAKTI..kadang buat nutup bensin saja susah karena argo di aplikatornya SANGAT – SANGAT GAK MANUSIAWI LAGI..makanya driver – driver sekarang BANYAK SORTIR KIRIMAN PAKET EKSPRESS..kalo argonya cocok ..diambil tapi kalo argonya murah di lewatin…dikirain motor gak pake bensin sehingga aplikator SEENAKJIDAT MASANG ONGKIR YANG MURAH..jangan heran yang pake jasa grab atau gojek pasti paket kirimannya akan menumpuk atau gak dapat driver….

    9
    3
    • 28 April 2022 - (12:19 WIB)
      Permalink

      ga tau ya, banyak juga ojol yang pamer penghasilan, bisa belasan juta dan sangat bangga sama kerjaan nya
      jadi kayak mau kasian sama ojol itu ya bingung, soalnya banyak juga yang sudah kaya ojol nya, ngapain kasian juga, wkwkwkwk

      terus kalo ada yang mau bilang, beda ojol yang paket, food sama penumpang, ya kalo ngirim paket jadi nya rugi ya jangan mau kirim paket, ya anterin penumpang lah, kan milih sendiri itu

      2
      1
  • 28 April 2022 - (00:05 WIB)
    Permalink

    Sama saya jg begitu, sameday yg dalam pencarian driver udah melebihi 24 jam masih disuruh nunggu oleh cs shopee, kan gk masuk akal, dan chat dica shopee balas jg lama, shopee jg gk pernah memihak kepenjual dan gk bisa bertundak adil, padahal tanpa seller shopee gk ada apa2nya.

  • 28 April 2022 - (02:21 WIB)
    Permalink

    Sepertinya sistem shopee akhir” ini bermasalah. Saya kena nya sameday sih, gak dapat driver. Akhirnya saya coba atur ulang jadwal pickup untuk besok paginya jam 8 berkali” dicoba gak berhasil, sekalinya berhasil malah dijadwalkan jam 3 sore. Saya chat ke cs disuruh tunggu aja sampe besok jam 5 sore kako gak dapat suruh chat lagi. Capede.. akhirnya pagi saya coba cek lagi, ternyata jadwal sudah berubah jam 8 pagi, dan dipickup driver jam 10 pagi.

  • 28 April 2022 - (13:59 WIB)
    Permalink

    mgkin banyak yg lum tau klu sistem shopee bobrok. sy seller d tokped,shopee,BL,COD tanpa platfomn. bedanya cuman d stok barang az. dulu stok barang d shopee sy perbanyak namun 2 bln trakhir sy kurangi. apalagi klu itu prodak unggulan.

  • 28 April 2022 - (17:51 WIB)
    Permalink

    Ohh Shopee biasa gan…
    Mereka mah GA BAKAL MAU DISALAHIN… Padahal sistemnya yg Error….

  • 29 April 2022 - (00:08 WIB)
    Permalink

    Yang saya tau, seperti pinalti itu sudah otomatis dari systemnya mau kalian complain juga percuma karna udah otomati dari system software nya

  • 29 April 2022 - (09:47 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami masalah yg mirip” yaitu beberapa kali system pengiriman Shopee ERROR, sehingga selama 3 hari tidak bisa kirimkan paket pesanan ke pembeli. Akibat nya saya merugi karena saya harus membeli ulang produk” yg sdh tidak layak konsumsi/ menjadi basi. Saya minta pihak Shopee bertanggung jawab utk mengganti kerugian yg saya alami, tetapi pihak Shopee sama sekali tidak menanggapi. Padahal masalah ini sdh jelas akibat system pengiriman Shopee yg ERROR. Agen Shopee melalui live chat juga tidak banyak membantu dgn jawaban baku sesuai kitab nya. Cuma disuruh menunggu sampai berhari-hari tanpa ada solusi yg cepat. Masalah pengiriman paket ini adalah masalah yg crucial bagi merchant/ seller, tetapi para Agen Shopee cuma meremehkan saja jika ada masalah complain soal pengiriman yg terhambat karena system Shopee yg ERROR/ karena KURIR nya yg tidak nongol”. Padahal sdh diberitahukan kpd mereka, jika paket pesanan tidak dikirimkan selama berhari-hari, maka beberapa produk yg sdh dikemas berpotensi menjadi tidak layak konsumsi/ menjadi basi. Oleh karenanya hrs diganti produk yg baru & fresh. Para pembeli tidak mau kan dikasih produk” yg tidak layak konsumsi ?
    Beberapa KURIR Shopee Express Instant juga nomor telepon HP nya tidak bisa dihubungi. Bikin kesal kan !! Udah berjam-jam tidak nongol” lalu ditelepon tidak bisa dgn pesan nomor yg anda hubungi salah. Akhirnya seller hrs ajukan complain ke Agen Shopee. Jawabannya selalu sama, mohon ditunggu saja sampai batas jam operasional KURIR. Ngeselin kan… Ada juga KURIR Shopee yg tidur, tetapi Hp & aplikasi Shopee nya tetap ON. Akibatnya pesanan pick-up masuk ke Hp KURIR yg sedang tidur tsb. User menunggu lama & jadi kesal ditelepon tidak bisa. Kalau mau tidur seharusnya Hp dimatikan saja, agar pesanan pick-up bisa masuk ke KURIR lainnya yg sdh siap bekerja, sehingga tidak membuat User menunggu lama sampai berjam-jam. Masalah” seperti itu harus dibenahi dan diperbaiki oleh manajemen Shopee, agar proses pengiriman bisa berjalan dengan bagus & lancar jaya. Kalau pengiriman terhambat, yg rugi merchant/ seller yaitu hrs membeli ulang produk” yg sdh tidak layak konsumsi. Pihak Shopee tidak mau menanggapi masalah kerugian tsb. Istilahnya lepas tangan aja lah. Masalah nomor telepon HP KURIR Shopee perlu di update lagi tuh oleh pihak kantor Shopee, supaya nomor nya up to date & bisa dihubungi oleh User jika lama sekali KURIR tidak nongol”. Pada akhirnya beberapa Customer saya hengkang & tidak mau lagi belanja di toko saya, karena trauma paket pesanan mereka bermasalah di proses pengiriman sampai berhari-hari.

    • 29 April 2022 - (16:13 WIB)
      Permalink

      Agen CS Shopee Ibu Silvi menghubungi saya di hari yang sama dengan surat ini dimuat di MedKos dan berjanji akan menyampaikan masalah ini ke tim terkait untuk solusinya. Hari ini tanggal 29 April 2022, Ibu Silvi menghubungi saya kembali dan menyampaikan kalau toko saya tidak akan dikenakan poin penalti di minggu selanjutnya. Maka dari itu, masalah ini sudah selesai. Terima kasih.

  • 7 Mei 2022 - (09:32 WIB)
    Permalink

    Saya seller tokopedia sejak 2019.. 3th berjualan ga banyak problem. Kalopun ada masalah tim customer service tokopedia bukan robot/menjawab copy paste.. Masalahnya bisa diselesaikan.
    Lalu 2021 sy berjualan di shopee.. Transaksi pertana sy lgs bermasalah.. Sy jualan vga jd nilainya lumayan. Brg dikirim baik sampai pembeli rusak dan shopee menyalahkan penjual padahal sy memiliki video saat barang di tes dan di packing. Anehnya saya yang salah? Untungnya msh garansi jd bs sy claim. Hanya saja sejak saat itu sy berhenti jualan di shopee..
    Note: klo di shopee sebaiknya jd pembeli jgn jd seller. Shopee sgt mengagungkan pembeli. Dan sy msh jd pembeli setia di shopee.. Tp sebagai seller? Ampun engga deh

    • 18 Mei 2022 - (00:04 WIB)
      Permalink

      Kl sdh cerita barang retur dari buyer walaupun saat di terima seller barang sudah tidak sama seperti saat dikirim, kotak produk sdh koyak dilakban Expedisi, padahal saat dikirim dilapisi kardus dan bubble tambahan, shopee gak mau tau, intinya barang sdh dikembalikan dan dana buyer pun dikembalikan,

 Apa Komentar Anda?

Ada 33 komentar sampai saat ini..

Tidak Dapat Driver Gosend Instant, Shopee Malah Memberikan Penalti Kep…

oleh Yuliana dibaca dalam: 1 menit
33