Tanggapan Indomaret atas Surat Bapak Jeka Ahmad Billah, Struk Indomaret Sesuai Belanjaan Konsumen

Kami telah menyimak surat pengaduan Bapak Jeka Ahmad Billah berjudul “Penambahan ‘Barang Gaib’ pada Struk Indomaret” (Media Konsumen, 4 Mei 2022).

Menanggapi surat pengaduan konsumen (Pak Jeka) tersebut, berikut ini klarifikasi Manajemen PT Indomarco Prismatama (Indomaret) untuk mendudukkan pada pokok masalahnya.

Sebagaimana dalam pengaduannya, konsumen menyebutkan bahwa ketika belanja di Indomaret Jomin , Cikampek, Jawa Barat tanggal 1 Mei 2022 terjadi penambahan barang Ultra Plain Slim yaitu barang yang dikatakan tidak dibelinya sehingga disebut sebagai barang gaib. Waktu belanja dibilang secara buru-buru sehingga dia tidak sempat mengecek barang belanjaan.

Dari hasil penelusuran transaksi belanja konsumen dan bukti struk belanja serta pengecekan di layar CCTV toko Indomaret Jomin, Cikampek pada 1 Mei 2022 , disimpulkan bahwa tidak benar data yang disampaikan oleh konsumen.

Terlihat dari rekaman CCTV yang bersangkutan melakukan pembelian 4 barang, termasuk produk susu Ultra Plain Slim. Pada saat transaksi pembayaran terdapat produk susu Ultra Milk dalam belanjaan dan hal ini telah dikonfirmasi ulang oleh kasir kepada konsumen. Dari pengecekan kasir yang bertugas Mira Kartika saat itu membenarkan transaksi belanjaan tersebut dan dibuktikan dengan cetakan struk.

Setelah melakukan pembayaran, konsumen kemudian membawa belanjaan ke luar toko dan menyerahkan susu Ultra kepada rekannya wanita yang menunggu di parkiran Indomaret dan langsung diminumnya. Konsumen sempat belanja lagi dengan membawa plastik belanja kecil dan lalu diserahkan kepada rekannya wanita. Susu yang belum habis diminum dimasukkan ke dalam plastik kecil oleh wanita tersebut. Sementara konsumen menenteng plastik lebih besar yang berisi snack Monde, Chitato dan mie instan. Sedangkan susu Ultra dibawa oleh rekannya.

Dalam pengaduannya konsumen bilang belanjanya buru-buru. Tetapi pada rekaman CCTV terlihat tidak tampak buru-buru, duduk cukup lama bersama rekannya wanita di depan toko.

Demikian penjelasan kami. Apabila diperlukan kami siap menjelaskan hal ini secara langsung kepada konsumen dan memutar rekaman CCTV. Mohon alamat dan nomor teleponnya jika berkenan. Dapat pula menghubungi Area Manager Indomaret, Sdr Agus Hermawan 0856 4389 5435 atau Call Center 1500 280.

Terima kasih atas perhatian dan kunjungannya ke Indomaret.

Anna Nenny Kristyawati
Public Relations PT Indomarco Prismatama (Indomaret)
Menara Indomaret. Jl. Pantai Indah Kapuk Blvd, No.1
Pantai Indah Kapuk, Jakarta 14470

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Tanggapan Indomaret:
[Total:217    Rata-Rata: 4.4/5]
Penambahan ‘Barang Gaib’ pada Struk Indomaret

Latar kejadian adalah di Indomaret Jl. By Pass Jomin KP. Rawasari pada tanggal 1 Mei 2022. Terjadi penambahan barang yang...
Baca Selengkapnya

50 komentar untuk “Tanggapan Indomaret atas Surat Bapak Jeka Ahmad Billah, Struk Indomaret Sesuai Belanjaan Konsumen

  • 9 Mei 2022 - (09:47 WIB)
    Permalink

    Wah wah wah, yg bnr yg mana nih? Indomart yakin dan punya bukti kuat, sedangkan bpk jeka gada bukti apa2. Ini bs di sebut pencemaran nama baik dan bs di pindanakan. Sebaiknya bpk jeka segera klarifikasi. Ayo di tunggu

    34
    1
    • 9 Mei 2022 - (21:36 WIB)
      Permalink

      Kenapa ga di datengin aja pak Indomaretnya untuk konfirmasi secara langsung sama kasir atau karyawannya lebih baik diselesaikan secara baik-baik terlebih dahulu secara kekeluargaan jangan masalah kecil seperti ini dibesar-besarkan Krn kalo salah kita sendiri yang bisa dilaporkan balik atas pencemaran nama baik.

      15
      • 10 Mei 2022 - (19:47 WIB)
        Permalink

        karena konsumen duluan yang besar2kan masalah ke media konsumen. Maka pihak lain juga wajib menjawab di media yang sama. Coba seandainya Bpk. Jeka datang lagi ke minimarket minta penjelasan adanya barang ghaib, sudah barang tentu gak akan mendapat malu di media ini.

  • 9 Mei 2022 - (10:03 WIB)
    Permalink

    Mohon maaf yang sebesar besarnya untuk pihak Indomaret dan kasir. Malam itu saya memesan pada teman saya 4 mie goreng, 1 chitato dan 1 monde. Saya tanya kepada teman saya “Apakah membeli ultra plain?” Ternyata jawabannya “tidak”. Karena saya sudah pernah mengalami kesalahan struk sebelumnya jadi saya menulis artikel ini. Setelah saya tanyakan kembali ternyata teman saya baru mengetahui kalau yang dimaksud ultra plain adalah susu kotak ultra milk sehingga dia baru ingat klau sempat membeli ultra milk yang dia belikan untuk pacarnya pada malam itu, dia kelupaan karena melakukan 2 kali pembelian. Saya benar benar sangat meminta maaf untuk kesalah pahaman saya. Saya tidak ada niat untuk menjelekkan atau mencemarkan nama baik. Tidak ada maksud hanya sebuah kekeliruan. Sebelumnya saya juga sudah minta take down untuk artikel ini. Terimakasih

    8
    115
      • 10 Mei 2022 - (23:48 WIB)
        Permalink

        Jadi pengen kenalan sama mas jeka . 🤭🤭
        Baru kali pertama belanja ya mass🙏🙏
        Hati² mas jgn asal tulis

    • 9 Mei 2022 - (19:56 WIB)
      Permalink

      Klu kya bgitu kasian Sma karyawannya ,, pasti sebelum di tanggapi sama Pihak indomart dr mulut ke mulut udah menyebar tentang barang goib ini, dan berdampak pda citra toko jd kurang baik, sehinggamembuat konsumen kurang percaya , dan membuat omset menurun , dan jika omset turun pasti ada perombakan karyawan yg jd tudingan Citra buruknya

      17
    • 9 Mei 2022 - (22:36 WIB)
      Permalink

      Bentar2,
      Jadi ini bkn TS yg belanje, alias temennya sama pacar temennya..
      Bener?
      Staff2 indomaret kalo baca ini tandain aja mukanya, bikin poster hati2 sama konsumen kayak gini, kyk komplainan dia sendiri

      19
    • 10 Mei 2022 - (02:26 WIB)
      Permalink

      Wahh parah ini orang, pencemaran nama baik indomaret nih… , pihak indomaret ambil langkah selanjutnya aja.. , keterlaluan

      12
    • 10 Mei 2022 - (07:19 WIB)
      Permalink

      Pembelajaran juga sih, jangan asal koar2 ngerasa terzolimi padahal kadang dia sendiri yang salah. Masalah kaya gini kan bisa tanya ke kasirnya langsung sih, galangsung koar2 begini.

      Nah Lho, pencemaran nama baik namanya lho. Hadeh.

    • 10 Mei 2022 - (08:21 WIB)
      Permalink

      Gak bisa di take down Mas Jeka…
      Jejak komplain anda akan tetap terbaca sampai kapan pun agar bisa dijadikan pelajaran orang-2 berikutnya. Lain kali jangan diulangi agar tidak mempermalukan diri sendri, keluarga & konsumen pada umumnya.

    • 10 Mei 2022 - (09:39 WIB)
      Permalink

      Pusing ga lu Tong.. Makannya, cek dulu sebelum komplen. Ibarat kata “punya mulut satu bacotnya luar biasa, punya Otak satu ga ada gunanya”
      Kalau sudah begini gimana? Pusing sendiri kan?
      Ditambah postingan di MK tidak bisa dihapus. Malu sendiri lagi kan.

      Ya sudah lah bro. Lain kali otaknya dipake yaa.
      Semoga masalah ini selesai disini.

    • 10 Mei 2022 - (23:21 WIB)
      Permalink

      Dari CCTV Indomart “…konsumen kemudian membawa belanjaan ke luar toko dan menyerahkan susu Ultra kepada rekannya wanita yang menunggu di parkiran Indomaret dan langsung diminumnya….”
      Kok beda lagi pak ceritanya sama CCTV indomart? Susunya kan langsung diminum, kok narasinya “teman” sampeyan membelikan susu untuk pacarnya?

    • 11 Mei 2022 - (00:02 WIB)
      Permalink

      Jaman sekarang enak ya pak, apa-apa tinggal posting. Banyak kok yg kek bapak. Manusia tempatnya lupa, maka alangkah baiknya cek langsung ke tkp alih-alih posting sesuatu yang bapak sendiri tidak yakin malah menjadi bumerang buat bapak dan bisa saja dilakukan penuntutan pencemaran nama baik

  • 9 Mei 2022 - (17:06 WIB)
    Permalink

    Disamping masalahnya, salut sih sama tanggapan pihak indomaret yang menjelaskan secara detail. Bukan cuma sekedar “Kami menyelesaikan masalahnya, dan telah menghubungi yang bersangkutan”. Jadi kita tau apakah itu kesalahan penulis atau pihak yang disebutkan.

    27
    • 9 Mei 2022 - (18:08 WIB)
      Permalink

      Karena mereka merasa benar ka jadi harus di jelaskan secara detail, menyangkut nama baik soalnya

      10
      2
  • 9 Mei 2022 - (17:41 WIB)
    Permalink

    Karna pada hakikatnya konsumen maha benar. Jikapun ada masalah, kita semua sebagai konsumen bisa menyelesaikan dengan secara baik baik . Tanpa adanya menghujat,melapor,menyebar sana sini . Karna pegawai juga manusia biasa, berusaha bekerja dengan baik dan tidak merugikan siapa pun.

    13
    1
  • 9 Mei 2022 - (17:55 WIB)
    Permalink

    Gile loh ampe dijelasin sedetail2nya, seharusnya pak Jeka jgn berfikir negatif kpd kasir dgn beranggapan si kasir berbuat kecurangan dgn sengaja menambahkan barang yg tdk dibeli, secara logika buat apa kasir berbuat seperti itu dan dapat keuntungan apa dia berbuat seperti itu karena semua transaksi yg dilakukan oleh kasir itu pasti akan tercatat disistemnya sesuai dgn struk yg dikeluarkan (dicetak), klo pun si kasir melakukan kecurangan tentunya uang hasil kecurangannya itu akan tetap masuk ke pendapatan perusahaannya karena tercatat disistemnya, klo uangnya itu tetap diambilnya tentu akan ada perbedaan pendapatan antara uang realnya dgn data disistemnya dan pihak perusahaannya pasti akan mengetahuinya jd intinya si kasir tdk akan mendapatkan keuntungan apa2 jika membuat kecurangan dgn menambahkan barang yg tdk dibeli kecuali klo dia berbuat kecurangannya dgn tdk memasukkan barang belanjaan kedlm struk (tdk ada distruk) tp tetap menagih dgn jumlah total yg jumlahnya termasuk barang yg tdk dimasukkan kedlm struk tsb.

    14
    3
    • 10 Mei 2022 - (17:07 WIB)
      Permalink

      Kasir bukan ambil uangnya tapi barangnya mereka bawa pulang/konsumsi sendiri.
      Jadi barang ghoib itu tetap di hitung penjualan, hanya saja tidak di serahkan ke konsumen tapi mereka pakai sendiri.
      Biasanya juga untuk mengganti barang yg hilang agar stok nya balance.
      Udh modus lama ini, gak cmn si merah dan biru tapi juga supermarket besar. Sasaran mereka biasanya cowok atau yg berbelanja puluhan item.

      1
      3
  • 9 Mei 2022 - (19:46 WIB)
    Permalink

    saya yg pengalaman jadi kasir di toko mainan pernah ngalamin ada bapak”beli mobil remote, trs saya tes dulu mobilnya dgn batrei tes ,, lalu si bapak bayar mobil remote nya sekalian batrey baru , pas saya tawarin unk sya pasangin batreinya sekalian tp dia bilang nanti aja di rumah dia psang sendiri,
    2 jam kemudian dia balik lagi ke toko sambil marah” dia bilang ke saya kalau mobilnya jelek nyampei rumah gak mau jalan,padahal di kasir org lg antri, sampei”org”lihatin ke saya,katanya sya jual barang rusak , pdahal pas di tes di toko mobilnya bagus ,,
    trs sya cek kembali mobilnya , dan ternyata si bapak kebalik pasang batrei di mobilnya.
    tp entah kenapa pas saya kasih tw si bapaknya malah pergi dan ninggalin mobil remote nya ,, mungkin malu atau kepalang marah

    13
  • 9 Mei 2022 - (19:54 WIB)
    Permalink

    Untung gak dipost CCtVnya, apa gak malu kalau diposting… 😁
    btw
    Saya sempat juga ngalami barang siluman masuk (berkomentar dipostingan Pak Jeka)
    Tapi itu mmg benar terjadi dan uang Saya dikembalikan kasih pengganti sip tengah malam waktu itu.

  • 9 Mei 2022 - (20:43 WIB)
    Permalink

    Malu banget tuh penulis,lagian perkara susu aja pake nulis di MK segala. Contoh orang yg memperbesar masalah kecil

  • 9 Mei 2022 - (20:54 WIB)
    Permalink

    Konsumen jaman sekarang ,asal bener aja. Ga dicek dulu. Bohong lagi demi memenuhi hasrat asal benar, coba kalau ga ada CCTV dan cuma penjelasan saja. Pasti masih ngeyel.
    Pantesan tanggapan pihak terkait di MK sekarang banyak yang jelas dan to the point, bahkan cenderung berani menantang dgn bukti yang jelas. Lah konsumen sekarang banyak yang model Karen.

  • 9 Mei 2022 - (22:12 WIB)
    Permalink

    Saya pernah belanja di Indomaret dpt barang expired. Komplain langsung ke toko & diganti baru, cuma rada aneh tdk langsung dilakukan sweeping barang expired.
    Beda dg alfamart, begitu dpt barang expired komplain diganti baru & langsung dilakukan sweeping barang expired di toko.
    Mungkin ini masukan aja buat indomaret.

    1
    3
  • 10 Mei 2022 - (00:15 WIB)
    Permalink

    terkadang konsumen juga bikin berita hoaxk kalau sudah ada cctv ya sudah jelas kalau konsumen nya yg membikin berita ndk bener. untuk pembaca harus bijak menyingkapi semua itu..krna jaman skrng ada aja yg mau di sebarluaskan..hanya ingin menjadi tenar..bijak lah dalam menyinhkapi masalah

  • 10 Mei 2022 - (00:16 WIB)
    Permalink

    emang skrng jaman sudah penuh fitnah ya beginilah jadinya cara apapun akan di lakukan supaya bisa menjadi viral..stop hoax

  • 10 Mei 2022 - (16:30 WIB)
    Permalink

    Kalau udah seperti ini baiknya pak jeka datang langsung ke indomart dan meminta maaf secara langsung kepada kasir.
    Dari pada masalah menjadi panjang akibat pencemaran nama baik.
    Ingat MK adalah solusi terakhir dalam menangani masalah jadi sebaiknya hati2 dalam menyampaikan keluhan.

  • 10 Mei 2022 - (17:54 WIB)
    Permalink

    Terlepas dri orang yg duluin bacod dripada mikir dlu, salut bget sama pihak Indomaret nya sedetail itu memberikan bukti,,
    Diawal koar2 kek ngerasa paling bener, dikasih tw buktinya langsung kincep minta maaf bikin klarifikasi, mw take down,,
    BASI

  • 10 Mei 2022 - (19:22 WIB)
    Permalink

    Masya Allah , kasian sekali Karyawati kasir nya , ini udah masuk ranah pidana , pencemaran nama baik , Harus ada yang bertanggung jawab secara hukum , paling tidak klarifikasi atau permohonan maaf di seluruh media terkait

  • 10 Mei 2022 - (22:10 WIB)
    Permalink

    Minta maaf ke kasirnya dech,, itu kasir pastinya diinterogasi sama atasannya dan si kasir pastinya udah deg2an juga walaupun ngga merasa bersalah,, untungnya ada cctv yg secara detail menjelaskannya..

  • 11 Mei 2022 - (08:09 WIB)
    Permalink

    PAK JEKA GAK SALAH KRN SEBELUMNYA DIA SDH NANYA TEMENNYA YG GAK NGERASA MEMBELI SUSU ULTRA TSB, PIHAK INDOMARET JG GAK SALAH KRN MEREKA PUNYA BUKTI CCTV. SO SALING MAAFKAN AJA DEH BIAR INDONESIA ITU DAMAI.

 Apa Komentar Anda mengenai Tanggapan Indomaret?

Ada 50 komentar sampai saat ini..

Tanggapan Indomaret atas Surat Bapak Jeka Ahmad Billah, Struk Indomare…

oleh Indomaret dibaca dalam: 1 menit
50