Penambahan ‘Barang Gaib’ pada Struk Indomaret

Latar kejadian adalah di Indomaret Jl. By Pass Jomin KP. Rawasari pada tanggal 1 Mei 2022. Terjadi penambahan barang yang tidak saya beli di Indomaret yaitu Ultra Plain Slim. Karena terburu-buru saya tidak mengecek barang belanjaan saya, sehingga ketika sampai di rumah baru kaget ketika ada barang gaib yang tidak saya beli.

Walaupun nilainya tidak seberapa, tetap saja ini disebut kecurangan. Hal ini membuktikan bahwa kasir tersebut kurang teliti atau berbuat curang yang dapat merugikan konsumen. Bagaimana jika bukan hanya saya saja yang diperlakukan seperti ini.

Jika kejadian ini terus berlanjut kemungkinan berdampak pada kurangnya minat masyarakat untuk berbelanja ke Indomaret. Sebaiknya ada tindak lanjut pada pihak Indomaret.

Untuk konsumen harap lebih berhati-hati dan cek ulang struk belanjaan Anda. Terima kasih.

Jeka Ahmad Billah
Karawang, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Indomaret:
[Total:285    Rata-Rata: 3.3/5]
Tanggapan Indomaret atas Surat Bapak Jeka Ahmad Billah, Struk Indomaret Sesuai Belanjaan Konsumen

Kami telah menyimak surat pengaduan Bapak Jeka Ahmad Billah berjudul “Penambahan ‘Barang Gaib’ pada Struk Indomaret” (Media Konsumen, 4 Mei...
Baca Selengkapnya

68 komentar untuk “Penambahan ‘Barang Gaib’ pada Struk Indomaret

  • 4 Mei 2022 - (11:08 WIB)
    Permalink

    Saya itu kl ke indomaret atau alpamat, paling ya ambil uang di atm. Mentok beli aqua, itu saja harganya bisa 50% lebih mahal dibanding supermarket lokal. Kl belanja bulanan ya superindo atau supermarket lokal, bisa hemat hingga 10-20%. Ato kl cuma beli kecil2an ya di warung kelontong tetangga.

    26
    15
    • 7 Mei 2022 - (06:07 WIB)
      Permalink

      Saya baru aja ngalamin kemarin beli eskrim banyak kan di indomaret buat anak pas lebaran. Nah karna belinya banyak saya juga ga liat struk. Pas sampe rumah baru cek ternyata ada eskrim magnum padahal saya ga beli eskrim itu. Ini merugikan sekali maling2 di indomaret.

  • 4 Mei 2022 - (11:15 WIB)
    Permalink

    Iya ini memang sering terjadi,saya juga pernah mengalaminya, suka curang memang
    Baru² ini dicurangi LG beli kecap kemasan harusnya berhadiah puring keramik sesuai pada kemasan eh malah dituker sama piring dari deterjen dg alasan piringnya habis,cuma akal²an, tlng manajemen dibenahi Lagi..biar konsumen tidak rugikan , bgmn mungkin produk promo hadiah tertera bisa dituker dg barang lain yg kwalitasnya dibawahnya..

    22
    4
    • 4 Mei 2022 - (21:31 WIB)
      Permalink

      Kita Sbg konsumen hrs sll periksa struk Pd saat selesse blanja klo ada yg aneh di struk masalah produk dan harga ya langsung komplen aj, klo ngga ya sengaja ato ngga di curungin terus ntar, sy gitu klo blanja cerewet tp demi kebaikan kita dan produsennya

      9
      2
    • 5 Mei 2022 - (02:04 WIB)
      Permalink

      Spill merk kecap nya, supaya produsen lihat.
      Bayangkan program Promo yang dipersiapkan oleh Marketing Perusahaan malah menjadi ‘permainan’ para karyawan. Tujuan program promo tidak tercapai.

      6
      1
      • 5 Mei 2022 - (16:53 WIB)
        Permalink

        Beda ya ama supermarket besar minim komplen dan hampir tidak pernah ada ceritaditilep kasir , ada yg salah kynya sama rekrutmen calon pegawe mereka

        4
        1
        • 6 Mei 2022 - (06:48 WIB)
          Permalink

          Siapa blg supermarket gede tdk bs brbuat curang ..sy dlu penh kejadian dgn total blnja blnja 2.jtaan pas qta cek drumah ad bbrp brg dgn nominal hampir 300rbu ad dstruk dan brg tdk ad di blnjaan akhrnya sy komplain dan dkmblikan uangny..intinya hrs lbh teliti lagi

  • 4 Mei 2022 - (11:24 WIB)
    Permalink

    Maaf, itu belanja cuma 3 item saja kenapa ketika scan produk tidak diawasi. Apalagi kalau belanja bulanan yang struk nya bermeter-meter panjangnya, mungkin lebih banyak lagi produk ghaib yang masuk struk. Lagian di minimarket kecil macam Alfa/Indo kan memang terlalu banyak produk dipajang didekat mesin kasir sehingga ya rawan kecurangan, beda dgn supermarket besar yang biasanya bagian kasir itu bersih dari produk yang dijual, belum lagi kadang suka ada perbedaan harga yang dilihat dari lemari kabinet dgn yang aktual di scan.

    24
    3
      • 5 Mei 2022 - (10:54 WIB)
        Permalink

        Hmmm…. Yg nama nya barang ga di scan sudah ga heran lagi… Yg paling sy heran kok harga barang jauh sekali beda nya di warung kecil…lebih murah di warung keci… Padahal produk sama.

        • 5 Mei 2022 - (20:27 WIB)
          Permalink

          Warung kecil tidak bayar karyawan, walaupun bayar karyawan gajinya tidak umk/umr.
          Hidup adalah pilihan jika menurut anda lebih mahal, yowis belinya yg lebih murah.

          6
          2
        • 6 Mei 2022 - (04:29 WIB)
          Permalink

          Indo/alfa mart bayar ac bayar karyawan gaji umr dn konsumen ambil barang sendiri lbh bebas itu yg jd hrg beda dgn warung

    • 5 Mei 2022 - (06:04 WIB)
      Permalink

      Balik lg ke kitanya hrs teliti atau awasin pas lg di scan barang belanjaan qt…kadang2 suka beda harga di pajangan dgn di kasir.saya protes,kasir alasan sdh tdk promo atau telat cabut…nanti kl hamil bagaimana😁

      5
      1
  • 4 Mei 2022 - (12:28 WIB)
    Permalink

    bisa disengaja atau memang terjadi kesalahan oleh kasir. memang satu-satunya cara adalah pembeli sendiri harus teliti dan meluangkan waktu mengecek sebentar struknya

    10
    3
  • 4 Mei 2022 - (15:14 WIB)
    Permalink

    Seminggu berikutnya saya ke Indomaret yg beda lokasi sama juga beli produk kecap yg berhadiah piring keramik yg tertera pada kemasan,waktu itu kasir juga bilang piring keramik sdh habis tinggal yang bening dari deterjen, terus saya bilang ke kasir klo bukan piring yang keramik saya cancel beli produknya, aneh setelah saya bilang cancel itu kasir langsung ty sama teman kasir satunya nggak taunya itu stok piring masih ada…tlng dibenahi lagi pelayanannya, toh produk promo yg di pajang masih byk mana mungkin hadiah sudah habis…masa ditukar dg yg lain..

    11
    • 4 Mei 2022 - (16:35 WIB)
      Permalink

      Kecap Sedap ya ini ceritanya ? 🤭
      Dikumpulin bonus piring,gelas,mug,detergen dll itu, trus dijual deh. Tahu donk, karena saya beberapa kali ditawarin. Tiap hari ke indomaret jadi akrab sama pegawainya

      7
      1
  • 4 Mei 2022 - (18:07 WIB)
    Permalink

    @Smin Lisianto…..Tuh kan ketauan bisa jadi akal²an pegawainya..hehe bukan masalah tentang hadiah piring yg harganya gak seberapa,tapi setidaknya bisa melatih kejujuran dan tidak merugikan konsumen..

    13
    1
  • 4 Mei 2022 - (18:20 WIB)
    Permalink

    Saya sendiri pernah mengalami, belanja sekitar jam 11 malam, sekitar jam 1 (dini hari) pas pulang cek struk kenapa ada rokok, padahal gak merasa beli rokok, lalu kembali ke Indomaret, malas debat, langsung Saya bilang coba cek cctv apa Saya ada beli rokok, gak perlu lama, teman kasir (karena cewe yang jaga sdh ganti sip) temannya yg nombokin mengganti uang Saya.

    • 5 Mei 2022 - (22:09 WIB)
      Permalink

      Saya juga 2 Minggu lalu,belanja dan beli bread nya indomart, kalo gak salah harga antara Rp.9.000 atau Rp.10.000,,
      Gak ngeh kalo bayar gak sesuai dengan belanjaan. pas udah 2hr, Nemu struk indomart di kocek celana,,, pas liat ketuju ke item roti,, eh kok di itung 2pcs distruk. Inget banget roti yg Aq beli cuma 1pcs..
      Alasan gak komplen :
      – Uda lewat 2hri dr tgl struk belanja
      – waktu itu masih dalam suasana Ramadhan,, takut kepancing emosi
      – jadi mikir apa mereka gak dapet THR sampai harus ngakalin konsumen..

  • 4 Mei 2022 - (18:54 WIB)
    Permalink

    Mmg itu sdh seperti “permainan” mrk. Itu sdh tdk heran…. Yg paling sering harga di rak disc, tp bgtu scan lgsg “harga normal”. Nti klo ditnya, lho… Kan lg disc. Dijawab “oiya.. Maaf”.. Sy sdh ktmu bgtu ratusan kli. Hmpir tiap Alfa/Indo kyknya krg lbih sama… Ga teliti ya lewat lah.. Lalu misalkan beli mie 10bgks…lalu di scan jd 11/12 bgks.. Jd ga heran lg… Lebih teliti aja.. Prhtikan ulang struk..

  • 4 Mei 2022 - (19:40 WIB)
    Permalink

    Saya setuju sih saya berpa kali ,kejadian nya gini di Indomaret yang sma ,kadang ada juga mereka nitip yang promo² gitu nitip ke struk kita entah apa tujuan nya ,tpi kbanyakan ya bgini , saya pernah 2 kali di perlakukan begini belanjaan gaib trus yang ketiga kali nya saya cek lagi begitu ktahuan saya marahin

  • 4 Mei 2022 - (20:13 WIB)
    Permalink

    Komplain setelah meninggalkan pembayaran di kasir sebenarnya sudah bukan tanggungjawab si kasir. Kesalahan ada di pembeli karena tidak kroscek barang yg dibeli sama harganya. Seharusnya komplain saat itu juga jika ada kekeliruan.
    Karena foto struk yang ditampilkan juga ada nama si kasir, dan tidak ada bukti kesesuaian barang dengan struk. Jangan sampai nanti ada perlakuan perbuatan tidak menyenangkan/pencemaran nama baik.
    Jadi sebagai konsumen harap bijaksana dalam komplain

    5
    9
    • 5 Mei 2022 - (16:50 WIB)
      Permalink

      Berarti setiap keluar alfa ato indo kita harus cek struk begitu kejadian seperti ini bukanhanya sekali banyaksekali modus nya mereka seperti memanpaatkan keteledoran kita dan berbeda 180derajat ketika kita belanja di supermarket besar minim kejadian seperti ini dan hampir gak ada , intinya apakah mereka sudah bekerja dengan jujur?

  • 4 Mei 2022 - (20:21 WIB)
    Permalink

    Iya, sering zonk harga di rak promo pas di kasir harga normal -,-‘ bilang cancel aja, awalnya kasir berbelit sudah discan ngga bs cancel, saya ngga mau bayar, akhirnya ternyata bisa dibatalkan ngga jadi beli.
    Sbnrnya ga cuma indoaret, alfamrt/midi, hypermart, superindo juga sama semua.
    Kita sebagai konsumen harus jeli, jangan gampang dibodohi, walaupun nominal ngga seberapa tapi tetep cheating tidak bisa dibenarkan.

    • 6 Mei 2022 - (20:46 WIB)
      Permalink

      Wah untung ketemu tulisan ini, jadi tau kalau belanja di indo/alfamart/midi suka begitu.

  • 4 Mei 2022 - (22:45 WIB)
    Permalink

    Pernah sih kejadian… Nakal2an si kasir sih.. Satu2nya solusi ya kita harus teliti setiap nerima nota harus langsung di cek bener2..

    • 5 Mei 2022 - (00:13 WIB)
      Permalink

      SUDAH SERING TERJADI
      Kalau kita tidak memperhatikan layar biasanya langsung dimasukkan…
      Tapi kalau kita memperhatikan transaksi biasanya mereka ijin untuk titip barang distruk dan nanti total pembayaran dikurangin nominal barang trs
      1 lagi yg harus diperhatikan biasanya jika hanya 1 kasir yg melayani pasti akan diarahkan ke monitor yg tidak ada display harga yg mengarang ke konsumen.. kalau kita tidak teliti pasti bisa juga ada barang gaib di struk kita..
      Tolong pihak HO lebih diperhatikan untuk display harga yg menghadap ke konsumen

  • 4 Mei 2022 - (22:59 WIB)
    Permalink

    Kasir juga manusia.tidak luput dari kesalahan.jd kita,sebagai konsumen.cek ulang struknya.sesuai gak.kalau gak sesuai.tanya…kasian kalau hanya kesalahan ini.memutus rezeki org…

    1
    1
  • 5 Mei 2022 - (00:08 WIB)
    Permalink

    Kasir indo dan yang lain sama aja memang. Suka nambah²in barang² gaib kaya gini. Ati² kalo deket scanner ada kotak rokok

  • 5 Mei 2022 - (02:21 WIB)
    Permalink

    Emang di warung gk akan ada kesalahan apa? Kmarin aj gua beli mercon tertulis harga 60.000 tp jadi 65.000 gua bayarin aj.. karena uang gua banyakk wkwwkwk

    1
    1
  • 5 Mei 2022 - (02:56 WIB)
    Permalink

    Ketika banyak kasus seperti ini, tidak adakah meeting di pusat indomaret thd para managernya? Ini perusahaan besar loh

  • 5 Mei 2022 - (06:25 WIB)
    Permalink

    Dan yg msh berlaku Pada bbrp minimarket sampai sekarang adalah pembulatan total belanja pd struk dg menyarankan untuk di donasikan

    • 5 Mei 2022 - (06:47 WIB)
      Permalink

      nah iya. .donasi😁 ,ketika kotak amal di warung makan/depot di sweeping dg tuduhan dana teroris tapi donasi alfa/indo yg larinya juga utk missionaris gak ada rwaksi sama sekali

      2
      1
    • 9 Mei 2022 - (22:08 WIB)
      Permalink

      Kan tinggal bilang aja tidak mau donasi. Untuk donasi nya kemana biasanya ada info di kaca atau tanya di donasikan nya kemana.. uang donasi gak akan jadi milik karyawan kok.

  • 5 Mei 2022 - (06:44 WIB)
    Permalink

    Aku ke indo/alpamart pas keorpet aja, paling cuman top up e-toll selebihnya kopi, kalo belanja macem macem mending ditoko/minimarket biasa udah harga jauh lebih murah juga gak rentan kena barang ghoib

    • 5 Mei 2022 - (23:02 WIB)
      Permalink

      Kalau mau lebih aman belanja lewat aplikasi Alfagift atau indomaret klik. Di beberapa cabang barang belanjaan bisa diantar kerumah GRATISS dengan belanja minimal. Atau bisa juga di ambil di cabang terdekat dg rumah kita. Plus bisa dapat poin dan kupon undian.

  • 5 Mei 2022 - (08:21 WIB)
    Permalink

    Serung banget ini. Udah standarnya curang kayaknya. Saya setuju pihak Infomart dan Alfamart harus lebih serius menyikapi masalah ini. Dulu ibu saya yg udah tua dicoba dinasukin rokok ga dibeli jadi langsung ketahuan. Ngakunya software nya error, wkwkw

  • 5 Mei 2022 - (09:28 WIB)
    Permalink

    Beli produk seharga Rp.24.700,-
    Bayar dg uang cash Rp 25.000,-
    Kembali = Donasi
    Ikhlasih…tp kok terus²an gitu ya

    • 9 Mei 2022 - (10:12 WIB)
      Permalink

      Yaelah cm msh bilangan ratusan perak bkn ribuan. Amal tiap hari sgtu sj anda berat, apalagi lbh dari itu. Ckckckckckckck

  • 5 Mei 2022 - (09:55 WIB)
    Permalink

    Itulah sebabnya kita harus mengecek ulang,saya juga sering kok di struk masuk 2 padahal beli 1 yaa kita komplain langsung je kasirnya dan pastinya si kasir ngembaliin uang lebihnya, kedepannya lebih teliti lagi yaa

    • 6 Mei 2022 - (09:01 WIB)
      Permalink

      Sy sering belanja di Indomaret beda2 lokasi.sy kadang suka merasa aneh dgn harga2nya.. contohnya Pas sy mau beli air mineral ukuran 1500 liter lihat harga di rak nya Rp.5000 tetapi pas sy di kasir sy diharuskan membayar Rp.7.000 utk air mineral tsb.Istri sy dirumah pun sering mengalami kejadian spt sy…apakah ini ketidaksengajaan atau memang mau mencari keuntungan tambahan pihak kasirnya? Soalnya bukan hanya di satu tempat saja kejadian yg sy alami..sy sering berpindah2 lokasi krna sy bekerja di lapangan kemana saja keliling

      • 10 Mei 2022 - (05:08 WIB)
        Permalink

        jd ingat pengalaman saya bbrp tahun lalu belenja di indomart daerah rancaekek atau cicalengka saya lupa. waktu itu saya belanja untuk keperluan perjalanan. tp ada yg janggal, saya belanja bbrp item tp harganya diatas 100rb. pas saya hitung ulang dgn harga normal, nominal seharusnya hanya 50rban. untuk balik lagi tidakungkin karena saya mudik. saya agak trauma belanja di indomart dan jg ada supermarket2 besar kalau harga yg dipajang dan yg distruk berbeda jauh

 Apa Komentar Anda mengenai Indomaret?

Ada 68 komentar sampai saat ini..

Penambahan ‘Barang Gaib’ pada Struk Indomaret

oleh jeka dibaca dalam: 1 menit
68