Penambahan ‘Barang Gaib’ pada Struk Indomaret

Latar kejadian adalah di Indomaret Jl. By Pass Jomin KP. Rawasari pada tanggal 1 Mei 2022. Terjadi penambahan barang yang tidak saya beli di Indomaret yaitu Ultra Plain Slim. Karena terburu-buru saya tidak mengecek barang belanjaan saya, sehingga ketika sampai di rumah baru kaget ketika ada barang gaib yang tidak saya beli.

Walaupun nilainya tidak seberapa, tetap saja ini disebut kecurangan. Hal ini membuktikan bahwa kasir tersebut kurang teliti atau berbuat curang yang dapat merugikan konsumen. Bagaimana jika bukan hanya saya saja yang diperlakukan seperti ini.

Jika kejadian ini terus berlanjut kemungkinan berdampak pada kurangnya minat masyarakat untuk berbelanja ke Indomaret. Sebaiknya ada tindak lanjut pada pihak Indomaret.

Untuk konsumen harap lebih berhati-hati dan cek ulang struk belanjaan Anda. Terima kasih.

Jeka Ahmad Billah
Karawang, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Indomaret atas Surat Bapak Jeka Ahmad Billah, Struk Indomaret Sesuai Belanjaan Konsumen

Kami telah menyimak surat pengaduan Bapak Jeka Ahmad Billah berjudul “Penambahan ‘Barang Gaib’ pada Struk Indomaret” (Media Konsumen, 4 Mei...
Baca Selengkapnya

68 komentar untuk “Penambahan ‘Barang Gaib’ pada Struk Indomaret

  • 5 Mei 2022 - (13:13 WIB)
    Permalink

    Sebenernya ini jalan ninja bagi kasir buat ngejar selisih sewaktu tutup toko, jadi gak nombok banyak kalau ada barang hilang, tapi ya mau bagaimana lagi emang kejujuran harus di utamakan meskipun mereka pada akhirnya harus jadi korban juga akibat nombokin barang yg hilang dicuri konsumen. Solusi sederhana nya bagi kasir biar enggak rugi nombok, ya input barang ghoib kaya gini.. sama aja seperti konsumen yang patungan membayar barang yang hilang… Harus nya management tidak menjatuhkan hukuman bagi kasir dan pekerja lain untuk mengganti rugi apabila ada kehilangan barang, cukup berikan rekaman cctv ke medsos biar viral sekalian. Itung itung hukuman sosial dan efek jera bagi para pencuri barang di minimarket.

  • 5 Mei 2022 - (14:05 WIB)
    Permalink

    Saya gak pernah tuh belanja di Indo atau Alfa… mending warung sebelah rumah aja… ada berkahnya buat tetangga sendiri….

  • 5 Mei 2022 - (15:03 WIB)
    Permalink

    Klo alfa biasanya emang ada bonus potongan untuk belanja di atas nominal tertentu dan kita ditawarkan untuk membeli item dengan harga miring. Jika kita melawatkan tawaran tsb biasanya kasir akan meminta ijin untuk ikut membeli dengan masuk ke struk kita tapi kita membayar hanya yang sesuai kita beli (tidak sesuai struk). Saya sih ok aja, biasanya pembeli yang tidak aware ucapan kasir kaget setelah smpe rumah

  • 5 Mei 2022 - (17:33 WIB)
    Permalink

    Management perusahaan sudah pasti melakukan yg terbaik, cuma kenakalan oknum personil toko memang tidak bisa seutuhnya di ketahui management. Saat proses rekruitment bisa saja penampilan dan attitude nya baik tapi saat di lapangan berhadapan dengan barang dan uang bisa jadi gelap mata.

  • 5 Mei 2022 - (21:05 WIB)
    Permalink

    Mereka juga manusia, kadang lupa dan salah.
    Kita sendiri yg harus jeli.
    Kadang dirak ada promo…dikasir harganya tak ada promo, seringnya malah bgt sayanya.

  • 6 Mei 2022 - (05:52 WIB)
    Permalink

    Gara2 baca tulisan ini sy jadi inget kejadian yg sama pernah sy alamami , jd waktu itu memang item belanjaan sy lumayan bnyk krn yg seingat sy abis 100rb an lebih , tp sy agak curiga kok bnyk bgt abisnya padahal yg sy beli klo sy hitung kasar gk sampai sgt , bener aja bgt selesai bayar lngsung sy cek dan ada rokok di dlm struk sy dan harganya 20rb lbh lngsung sy komplen ke kasirnya dan dia langsung minta maaf dan uang sy di kembalikan , sejak kejadian itu jd kebiasaan abis belanja lngsung sy cek apa lg pas item nya bnyk

  • 6 Mei 2022 - (09:49 WIB)
    Permalink

    kalo aku sebaliknya belanja di salah satu alfamart di wil tangerang selatan beli 2 pempers mamipokko uk XL (26) tapi yg tercantum di strook belanjaan hanya 1 padahal aku saat belanja aku sertakan kantong plastik gede jd kasirnya yg memasukan dlm kantong.
    Aku rencana mau dtg lagi lalu bayar lg 1 bag tp jd bingung gimana cara takut kasirnya dpt hukuman (dr bos alfamart) strook msh aku simpan mungkin ada saran bagi mrk yg pernah alami kasus spt aku tsb? (harga diskcount 64.900 – 7000 = 57.900) saat itu anak aku umur 3th ikut dan ikut antri sambil ngoceh2 dpn loket shgg mungkin konsentrasi kasir jd gak fokus. Mohon saran & masukan?

  • 6 Mei 2022 - (16:30 WIB)
    Permalink

    Saya belanja di Alfamart singkut malah tidak di kasih struk dan yang bikin sedih belanja remeh bayarnya seratus ribu lebih.. Kenapa sekarang belanja di alfamart jadi lebih mahal.. Kapok saya.

  • 7 Mei 2022 - (06:08 WIB)
    Permalink

    Saya baru aja ngalamin kemarin beli eskrim banyak kan di indomaret buat anak pas lebaran. Nah karna belinya banyak saya juga ga liat struk. Pas sampe rumah baru cek ternyata ada eskrim magnum padahal saya ga beli eskrim itu. Ini merugikan sekali maling2 di indomaret.

  • 8 Mei 2022 - (10:37 WIB)
    Permalink

    Mohon maaf untuk penulis,sudah di pastikan kah kebenarannya bukan karena anda sendiri yang lupa,di tunggu klarifikasinya dari anda!!!

    • 8 Mei 2022 - (14:31 WIB)
      Permalink

      Mohon maaf yang sebesar besarnya untuk pihak Indomaret dan kasir. Malam itu saya memesan pada teman saya 4 mie goreng, 1 chitato dan 1 monde. Saya tanya kepada teman saya “Apakah membeli ultra plain?” Ternyata jawabannya “tidak”. Karena saya sudah pernah mengalami kesalahan struk sebelumnya jadi saya menulis artikel ini. Setelah saya tanyakan kembali ternyata teman saya baru mengetahui kalau yang dimaksud ultra plain adalah susu kotak ultra milk sehingga dia baru ingat klau sempat membeli ultra milk yang dia belikan untuk pacarnya pada malam itu, dia kelupaan karena melakukan 2 kali pembelian. Saya benar benar sangat meminta maaf untuk kesalah pahaman saya. Sebelumnya saya juga sudah minta take down untuk artikel ini. Terimakasih

      • 9 Mei 2022 - (09:52 WIB)
        Permalink

        Hayo lo, anda bs di pidana dgn kasus pencemaran nama baik. Org2 yg komentar lgsg menyerbu dgn komentar buruk mereka gara2 tulisan anda ini

      • 10 Mei 2022 - (09:56 WIB)
        Permalink

        Respon bang di indomaret nya, klarifikasi dan minta maaf, takutnya pihak indomaret menuntut kerugian material, lebih bahaya

    • 9 Mei 2022 - (10:15 WIB)
      Permalink

      Tinggal tunggu respon dari indomart, mereka maafkan atau membawa kasus ini ke polisi.
      Peringatan tuk yg lain yg akan menulis keluhan dsni, pastikan anda sdh benar2 yakin dgn tulisan anda, jgn sampai kejadian ky gini lg.

  • 9 Mei 2022 - (09:50 WIB)
    Permalink

    Sdh ada tanggapan dari pihak indomart tuh, mereka punya bukti. Ayo bapak jeka muncul tuk klarifikasi mksdnya apa buat tulisan kaya gini?

  • 9 Mei 2022 - (16:49 WIB)
    Permalink

    Nah Loh, Tanggung Jawab Tuh… Udah direspon sama Pihak Indomart Dengan Bukti CCTV… Jangan Lebay Om, Pak, Mas, Abang Tampan Dengan Menulis Keluhan di Media Konsumen.

  • 10 Mei 2022 - (08:07 WIB)
    Permalink

    Wah ud di kasih tanggepan tuh sm indomaret, ternyata TS yg boong, jaman ud berubah om cctv dimana2 jadi kalo buat aduan akan baiknya jgn sembarangan menggiring opini kasian jg kalo laporan ngasal yg kena orang2 tokonya. Di kasus ini untung semua terlihat jelas di CCTV, entah tujuan ts apa coba bikin laporan palsu.

 Apa Komentar Anda mengenai Indomaret?

Ada 68 komentar sampai saat ini..

Penambahan ‘Barang Gaib’ pada Struk Indomaret

oleh jeka dibaca dalam: 1 menit
68