Kartu Kredit BRI Dibobol, Bank BRI Tetap Meminta untuk Dibayarkan Tagihannya

Di sini saya sebagai nasabah kartu kredit BRI, ingin menyampaikan keluhan terkait penyalahgunaan kartu kredit saya oleh orang lain. Kejadiannya pada tanggal 4 April 2022, ada transaksi di XL Axiata sebanyak 3 kali dan Traveloka sebanyak 3 kali (2 kali transaksi berhasil).

Kode OTP terkirim secara beruntun ke hp saya, disertai dengan bukti transaksi berhasil. Karena kaget, saya langsung menghubungi pihak BRI untuk pemblokiran kartu kredit saya dan melaporkan kejadian tersebut.

Saya sudah memberikan sanggahan terkait transaksi yang tidak saya lakukan via email dan berkali-kali menghubungi pihak BRI. Namun hasil yang saya dapatkan nihil. Saya tetap disuruh untuk membayar tagihan tersebut.

Setelah perdebatan panjang dan berkali-kali melapor, tagihan atas transaksi di XL dikembalikan ke limit BRI. Sedangkan untuk tagihan atas transaksi di Traveloka, saya tetap disuruh membayar. Hal yang sangat aneh dan merugikan nasabah.

Berikut saya kirimkan nomor pelaporannya: 39834840. Saya juga lampirkan surat sanggahan dan bukti transaksinya.

Bima Bagus Wicaksono
Tangerang Selatan, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Bank BRI atas Pengaduan Bapak Bima Bagus Wicaksono

Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Sebelumnya kami sampaikan terima kasih atas kesediaan Bapak Bima Bagus Wicaksono menjadi...
Baca Selengkapnya

33 komentar untuk “Kartu Kredit BRI Dibobol, Bank BRI Tetap Meminta untuk Dibayarkan Tagihannya

    • 26 Mei 2022 - (17:14 WIB)
      Permalink

      betul sekali keamanan suatu bank harus menjadi pertimbangan bagi nasabah. kejadian seperti ini menjadi kewaspadaan kita.

  • 24 Mei 2022 - (15:30 WIB)
    Permalink

    Lapor polisi dulu pak. Jejak digital yang bapak lampirkan itu gampang ciduknya kalau mau. nomor simpati itu dah dilaporin belum?

  • 24 Mei 2022 - (19:36 WIB)
    Permalink

    cc koq gk aman y.. Data2 CC berarti sudah diketahui semua sm pelakunya termasuk cvv nya.. Koq bs tau otp nya juga..

  • 24 Mei 2022 - (20:30 WIB)
    Permalink

    Yang jadi masalah kenapa bisa dibobol kartu kreditnya. Kan bisa ditelusuri nanti pihak mana yang lalai sampai kartu kredit itu bisa dipakai orang lain. Pihak bank pasti berpegang atas nama pemilik kartu itu, kecuali sudah terbukti kalau kelalaian ada dari pihak bank. Kalaupun sudah membayar pasti dikembalikan kalau sudah terbukti kesalahan ada dari pihak bank.

  • 24 Mei 2022 - (20:39 WIB)
    Permalink

    Saya sering khawatir kalau belanja di alfa. Karena kalau bayar pakai CC di catat semua data kartunya. Nomor kartu, cvv, tanggal expirednya. Saya pernah batalkan belanja karena hal itu. Tp pernah juga terpaksa tetap belanja karena tidak ada cash

    1
    1
    • 24 Mei 2022 - (22:00 WIB)
      Permalink

      Knapa yaa setiap transaksi CC pasti di catat semua nomor kartu sama cvv padahalkan transaksi sukses, apa prosedur nya CC memeng gitu yaa atau bagaiamana??? Saya hanya pakai 3x gesek 2 sukses 1 gagal, pas bayar ternyata sukses semua akhirnya saya tutup,

    • 25 Mei 2022 - (08:36 WIB)
      Permalink

      gawat itu kalau CVV di catat juga, tapi nomor CVV mungkin sebaiknya di ingat. kemudia di hilangkan

    • 25 Mei 2022 - (13:43 WIB)
      Permalink

      Ngayalnya ketinggian mblo, yg dicatet itu cuma 16 digit nomor kartu sama kasir, cvv ya kagak lah lagian kan cvv ada di balik kartu langsung ketauan itu kasir kalo mau nakal, bisa lo tegor itu kalo sampe dicatet, mangkanya jgn plonga plongo aja yes..

      6
      1
    • 25 Mei 2022 - (17:03 WIB)
      Permalink

      Biasa yg dicatat cuma nomor kartu, expired dan nama . Cvv tidak pernah dan tidak boleh dicatat. Kalo saya ccv di semua kartu kredit saya sudah dicatat di buku atau laptop dan cvv di kartu saya hilangkan dengan cara di gesek sampe hilang pake pisau atau cutter. Maka tidak ada yg bakal tahu ccv selain saya

    • 4 Juni 2022 - (19:53 WIB)
      Permalink

      makanya mba kalo kartu dipegang dikasir, perhatikan kartu cc kita kalo sampai membalikan kartu dan melihat cvv itu wahib kita tegur kasirnya. karena cvv itu sangat rahasia. biasanya kasir cuma ketik nomor kartu aja

  • 25 Mei 2022 - (09:08 WIB)
    Permalink

    Sy msh ga ngeh nih, anda blg kode OTP di kirim ke anda 3x berturut turut tp transaksi ttp terjadi. Bknnya kalau tdk input kode OTP transaksi tdk bs?

    7
    1
    • 25 Mei 2022 - (13:46 WIB)
      Permalink

      Nah ini ada yg miss emang dari ceritanya, jgn2 dikasih pula itu kode otpnya, bisa jadi kena social engineering lewat whatsapp/ by phone, ckckck..

      • 25 Mei 2022 - (14:43 WIB)
        Permalink

        gambar yg dilampirin jg ga ada otp, trus dia punya bukti pembelian traveloka? klo dihack masa iya punya invoicenya?

  • 25 Mei 2022 - (10:20 WIB)
    Permalink

    Barang buktinya kurang, belum bisa menyimpulkan klo kesalahan dari pihak bank (sistem keamanan yg kurang).
    Yg masih jadi pertanyaan, kok bisa pelakunya tau kode otp nya, padahal kode otp hanya dikirimkan pada 1 nomor hp/wa/email.

  • 25 Mei 2022 - (10:47 WIB)
    Permalink

    Karena kaget, saya langsung menghubungi pihak BRI untuk pemblokiran kartu kredit saya dan melaporkan kejadian tersebut.
    =
    Anda menghubungi pihak BRI tanggal berapa?

  • 25 Mei 2022 - (15:40 WIB)
    Permalink

    Hmmm… Bau amis nih, kok bisa anda mendapatkan invoice nya? Jadi yg dibobol itu CC nya atau akun Traveloka? Atau anda pura2 dibobol? Hampir semua transaksi CC sekarang pake OTP. Jadi hampir mustahil jika transaksi bisa sukses tanpa campur tangan anda.

  • 25 Mei 2022 - (16:00 WIB)
    Permalink

    Kejadian yang persis terjadi dengan saya tapi dengan Bank yang berbeda
    Dan sampe sekarang masih terus membayar cicilan CC nya
    Percuma ngomong sama pihak bank
    Ujung2 nasabah tetap salah dan harus membayar
    Berpikirlah baik2 jika ingin punya CC bagi yg belum punya

  • 26 Mei 2022 - (22:12 WIB)
    Permalink

    Merugikan nasabah? B R U H H
    sudah jelas sekali saat ingin menabung ataupun mengajukan kartu kredit kita di beritahu agar selalu menjaga data kita dan menyimpan kartu kita dengan aman anda di hack itu karena kesalahan anda sendiri tidak mau menjaga data tapi kenapa anda menyudutkan pihak bank dalam kasus ini?

    • 9 Februari 2023 - (01:43 WIB)
      Permalink

      8 februari tepat pukul 23.01 kartu kredit bri saya juga dibobol dengan transaksi penarikan tunai sebesar 1.7 jt , dan anehnya penarikan tsb didaerah denpasar , sedangkan sehari-hari saya tinggal di surabaya . Syokk bangett ketika melihat notifikasi dri bri , seketika itu saya langsung melaporkan ke pihak bank terkait . Semoga masalah segera teratasi , & limit kembali lagi . Jadi ragu pada keamanan bank bri

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit BRI?

Ada 33 komentar sampai saat ini..

Kartu Kredit BRI Dibobol, Bank BRI Tetap Meminta untuk Dibayarkan Tagi…

oleh Bima Wicaksono dibaca dalam: 1 menit
33