Penagihan Blibli PayLater Menghubungi Orang yang Tidak Ada Sangkut Pautnya dengan Tagihan Saya

Saya pemilik akun di Blibli.com. Saya memang memiliki tunggakan macet di Blibli PayLater, karena hampir 2 bulan terlambat bayar. Namun apa yang saya terima dari tim penagihan sungguh di luar ekspektasi saya. Mereka tidak menghubungi saya, tapi malah menghubungi orang yang tidak bersangkut paut dalam tagihan saya.

Pada tanggal 23 Mei 2022, pihak penagihan Blibli PayLater menghubungi leader saya (atasan), yang mana nomor teleponnya tidak tercantum di sistem. Pada tanggal 24 Mei 2022, pihak penagihan menghubungi saya. Ketika saya tanya dapat nomor telepon atasan saya dari mana, dia tidak mau menjawab dan malah mengancam saya, akan telepon ke manajer saya.

Saat ini penagihan dari pihak Blibli PayLater sudah melewati batas, karena sudah menghubungi manajer kantor saya, tanpa telepon atau konfirmasi ke saya. Akibat dari tindakan ini saya kena sanksi dan ini sudah sangat melewati batas aturan OJK.

Pertanyaannya, apakah pihak penagihan Blibli PayLater melakukan penyadapan via telepon? Mengapa melakukan penagihan bukan kepada yang bersangkutan? Apakah Blibli PayLater tidak diawasi oleh OJK sehingga bebas melakukan pengancaman dan pencemaran nama baik?

Tolong bantuannya.

Lidia Astika
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Blibli PayLater:
[Total:49    Rata-Rata: 2/5]
Tanggapan Blibli atas Surat Ibu Lidia Astika

Pertama-tama kami sampaikan terima kasih kepada Ibu Lidia Astika Simbolon yang sudah memercayakan penggunaan layanan pembayaran Blibli Paylater. Mohon maaf...
Baca Selengkapnya

41 komentar untuk “Penagihan Blibli PayLater Menghubungi Orang yang Tidak Ada Sangkut Pautnya dengan Tagihan Saya

    • 27 Mei 2022 - (18:42 WIB)
      Permalink

      Percuma kalian lapor ke tim kalian, toh staf kalian sudah merusak nama baik saya karena sudah menelpon kepada leader dan manager saya yang mana tidak ada hubungan nya dengan tagihan saya.

      Jadi saya sudah berkomitmen sekalian saja saya tidak bayar tagihan saya, karena saya juga sudah di permalukan habis habisan.

      14
      11
      • 27 Mei 2022 - (20:40 WIB)
        Permalink

        Gak Dibayar, Bakal Akan Ada Nomor Lain Yang ditelp sama Blibli.. Lagipula Sudah Tau Kewajibannya Kenapa Gak Dibayar Mbak, Mereka Gak akan Telp Ke Nomor Selain Si Peminjam Kalo Dari Anda Koperatif. Skg Anda Merasa Seperti Terzolimin, Padahal Anda Yang Kurang Ajar. Minjam Uang Orang Tapi Gak Bertanggung Jawab.

        22
        15
      • 27 Mei 2022 - (22:06 WIB)
        Permalink

        Dear Mbak Tika, FYI Blibli PayLater itu Powered by Indodana jd staff DC yang menghubungi Anda tsb adalah dari Indodana langsung tetapi memakai bendera Blibli, saya sudah pernah mengalami hal serupa bahkan belum jatuh tempo saja dalam satu hari sudah sekian banyak telepon reminder. saya menjawab telepon yg pertama selebihnya saya abaikan karena saya merasa sudah menjawab telepon reminder yg pertama saya terima. Memang demikianlah tata cara penagihan dari Indodana jadi label Legal itu hanya sekedar lebel saja cara penagihannya tetap sama seperti Pinjol Ilegal lainnya. Semoga masalahnya cepat ditanggapi dan ada jalan keluar untuk keluhan Mba Tika ini.

        Bahkan saat saya sudah melunasi semua tagihan saya di Indodana, Saya belum bisa menonaktifkan akun dan menghapus data karena saya masih ada tagihan aktif di Blibli PayLater (tersisa 1 bulan lagi yg jatuh temponya bulan Juni mendatang).

        14
      • 28 Mei 2022 - (08:09 WIB)
        Permalink

        DC memang kurang ajar menelpon orang yg tidak ada sangkut pautnya dengan hutang tsb.

        Tapi lain cerita kalau dari lembaga yg sudah terdaftar di OJK. Jika mbak nya bersikeras tidak membayar hutang yg ‘legal’ maka SLIK atas nama dan NIK mbak akan menjadi kolek 5. Kolek 5 itu semua kran lembaga perbankan dan jasa keuangan lainnya akan ditutup lho. Jadi kalau ke depan mbak mau mengajukan KPR, kartu kredit atau kredit kendaraan maka tidak akan bisa lagi. Tolong itu dipertimbangkan lagi plus minusnya.

        9
        1
      • 30 Mei 2022 - (16:10 WIB)
        Permalink

        Seharusnya kalo seperti ini mbak jangan update di media karna secara tidak langsung mba nya membuka aib mba sendiri punya hutang tapi ngga dibayar, kalo diliat dari chat nya “mba dari awal telat tidak pernah merespn” otomatis dari pihak penagih berusaha agar terhubung dgn org yg knal dgn mbaknya. Kalo nomer yg di cantumin mbak saat awal pengajuan merespon mungkin dari pihak penagih tidak akn menghubungi nomer lain, tapi kalo tidak merespon berarti nomer yg dicantumkan ngasal.

        Bukan sok tau / apa, sudah tidak aneh si kalo yg ngutang lebih galak dari yg meminjamkan hutang, seharus nya ada take and gift, ketika keperluannya sudah dikasih oleh yg meminjamkan & mbak nya selaku org yg sudah dibantu segera bayarkan sesuai tgl temponya

        2
        1
    • 28 Mei 2022 - (08:47 WIB)
      Permalink

      Berurusan dengan riba memang akan seperti ini, baiknya negosiasikan untuk melunasi hutangnya tanpa bunganya dan pokokny saja.. Minimalkan hawa nafsu dan kencangkan ikat pinggang. Hilangin pikiran kalo ga ngutang/nyicil ga akan punya.. Insha Allah lebih tenang

  • 27 Mei 2022 - (18:22 WIB)
    Permalink

    Ga usah di bayar sekalian
    Percuma jga buang buang uang
    Wong mereka sudah menagih ke orang yg tidak ada sangkut pautnya
    Toh nama anda sudh jelek ibarat nya
    Terlanjur basah
    Klo saya, sampai mati ga bakalan tak bayar.

    7
    19
  • 27 Mei 2022 - (19:03 WIB)
    Permalink

    Di tagih susah, di tlpon gak diangkat, trus ngadu merasa di zolimi, di bayar makannya woy

    20
    9
      • 27 Mei 2022 - (22:56 WIB)
        Permalink

        Tidak usah merasa terdzalimi. Pas pake blibli paylater enak, giliran bayar nunggak. Ya wajar kalau di telfon debt collector. Blibli paylater menggunakan pihak ketiga. Dan mereka bisa membaca kontak yang tersimpan di hp anda. Kalau gak mau ditagih debt collector, ya jangan ngutang.

        14
        1
      • 28 Mei 2022 - (00:34 WIB)
        Permalink

        Jangan2 anda ngarang cerita di atas biar ga bayar utang anda ya?
        Cerita anda tsbt (walaupun benar/bohong) sdh membuka aib anda sendiri. Ga malu ya?

        13
        1
      • 29 Mei 2022 - (10:49 WIB)
        Permalink

        Media konsumen itu harusnya: (contoh)
        1.sudah bayar tp status tagihan blm lunas
        2.beli barang, barang ga dikirim tp ditagihkan..
        3.tidak minjam tp lgs ditransfer dan diberi bunga tidak masuk akal
        Dan lain lain…

        Media konsumen today:
        1. Ga bayar 2 bulan, ditagih ke kantor/atasan malu.. Tp 2bln ga bayar ga malu.. Trus bikin diary di media konsumen.. Wkwkwk

      • 3 Juni 2022 - (18:06 WIB)
        Permalink

        Maaf mbak saya juga pemakai payleter di salah satu aplikasi. Dan aku enjoy enjoy aja sih… Alhamdulillah paling telat selalu bayar pas jatuh tempo dan itupun di telpon dulu. Dan kalau kita bisa berkomunikasi dengan baik mereka juga bicaranya sopan dan enak.

        Saat ingin menggunakan payleter ada 1 trik supaya bisa terbayar tanpa macet macet yaitu gunakan sesuai kebutuhan bukan kemauan hehe;)) semangat buat mbaknya semoga cepat menemukan jalan keluar

    • 28 Mei 2022 - (00:33 WIB)
      Permalink

      Di block coba. Block terus-terusan. Sy pernah telat sebulan. Selama sebulan itu sy block semua (tanpa sy respon). Mungkin menipis kali ya stock nmr wa nya. Akhirnya gak wa lagi. Terus pas dah gajian. Sy bayar, dan sy gak pernah pakai Blibli Paylater lagi. Kapok.

      6
      2
      • 29 Mei 2022 - (13:11 WIB)
        Permalink

        Seengganya kk niat bayar, ini penulis emang udh ga niat bayar alesannya malu, tapi ga berniat lunasin wkwk

  • 27 Mei 2022 - (19:05 WIB)
    Permalink

    Klo ga d bayar juga ga masalah..masalah ny suaty saat mao meminjam atau kredit gada lembaga mao meminjakan karna slik jelek

    11
  • 27 Mei 2022 - (21:30 WIB)
    Permalink

    Negara ini punya aturan.
    Apalagi masalah perbankan dan utang yg kalau ga diatur bakalan chaos.
    Dan peraturan itu sendiri mengaskan hal yg jelas bahwa hutang hanya boleh ditagih ke yg bersangkutan atau ke kontak darurat atau ke kontak lain diluar kontak darurat atas perserujuan nasabah.

    Saya paham logika dan doktrin DC. Dan paham bahwa DC bekerja dibawah tekanan. Tp itu bukan berarti DC boleh seenaknya. Semuanya ada aturan main.

    Dimana logikanya DC boleh menagih di luar kontak sementara OJK sendiri melarang? Saya paham Perusahaan jasa keuangan menggunakan pihak ke 3, tp itu bukan berarti bebas seenaknya.

    Apalagi telp kantor segala sementara nasabah koperatif selalu menjawab telp kalau tidak sibuk.

    Jadi intinya saat OJK ada wacana menertibkan ini semua, saya setuju.

    https://finance.detik.com/fintech/d-5938206/ojk-bakal-larang-pinjol-tagih-utang-pakai-debt-collector

    Gimana? Enak kan dapat ancaman kehilangan mata pencaharian?

    5
    1
    • 28 Mei 2022 - (09:12 WIB)
      Permalink

      ya justru itu sesuai yang anda bilang, Indodana atau pun blibli tidak melanggar aturan OJK apa pun, karena BUKAN MEREKA yang menagih, tapi pihak ke 3 diluar mereka

      “LHO YA KAN SAMA AJA” ya bagi kita sama, tapi di mata hukum beda

      itu penggunaan loophole aturan

  • 27 Mei 2022 - (22:01 WIB)
    Permalink

    Inilah indonesia dimana yg salah merasa di salahkan,,anda berhutang dan telat bayar ketika di tagih dengan cara yg menurut anda kurang pas anda lebih galak dr yg punya uang,,,pdhl masalah simple,,utang jatuh tempo bayar kelar…

    18
    3
    • 27 Mei 2022 - (22:58 WIB)
      Permalink

      Indonesia emang juara kalau soal playing victim. Bahkan tiang listrik yang diem pun pernah dikambing hitam kan. Luar biasa memang

      12
  • 28 Mei 2022 - (01:37 WIB)
    Permalink

    Mau heran baca surat pembaca ini tapi saya sadar lagi ada di Indonesia, dimana yang berhutang lebih galak daripada yang memberi hutang. Dan lebih miris lagi banyak yang bela.

    Sebenarnya artikel semacam ini tak perlu diposting oleh tim redaksi, karena yang namanya hutang apapun alasannya wajib dibayar.

    Dalam hal ini, pihak debt collector salah, tapi mereka melakukan kesalahan karena awalnya kamu yang menunggak hutang.

    Kamu malu namanya jadi buruk dimata atasan, tapi apa kamu malu posting cerita ini dalam posisi penunggak hutang?

    17
    2
  • 28 Mei 2022 - (06:25 WIB)
    Permalink

    Aduh bu bu
    sudah ngutang ga mau bayar
    gaya2 an mau lapor sana sini nanti di minta biaya pengadilan biaya lain2 kget2

    11
  • 28 Mei 2022 - (12:33 WIB)
    Permalink

    Saya bahkan di terror sekitar seminggu sebelum jatuh tempo. Waktu awal2, saya sudah 2-3× melunasi 1 bulan sebelumnya. Giliran saya memutuskan untuk melunasi di tanggal jatuh tempo, hp saya kebanjiran telepon dari indodana tsb. Nomornya ganti-ganti terus jadi tdk bisa diblokir. Kalau diangkat, ditanya macam-macam, seperti pembayaran via bank apa, kapan dibayarnya, mencurigakan seperti tukang tipu.

  • 28 Mei 2022 - (13:43 WIB)
    Permalink

    Mengharap OJK mah gak usah.. mereka cuma kumpulan singa ompong.. yang kerjanya cuma makan gaji buta

  • 28 Mei 2022 - (13:57 WIB)
    Permalink

    Maaf ni.. bukan menggampangkan atau merendahkan ato bgmana..tp diliat dr lampiran diatas cicilan anda tanpa denda itu ndk sampai 200rb, seharusny bisa menyisihkan sedikit dana utk angsur.. apalagi posisi bekerja & memiliki penghasilan tetap tiap bulan kn bu.. itu cm saran saya sih..

  • 28 Mei 2022 - (15:23 WIB)
    Permalink

    Kl dilihat cicilanjya sih kecil, tidak sampai 200an dan masih bekerja normal. Kenapa bisa tidak dibayar? Mungkin ada cicilan lainnya yg lebih besar.

  • 29 Mei 2022 - (07:38 WIB)
    Permalink

    Lunaskan saja jika ada dana, memang pekerjaan mereka menagih JIKA AD YANG TELAT.
    karena bakal lebih banyak lg yang tagih, semua nomor kontak pas pendaftaran pertama yang di salin. bakalan di hub semua dan di teror

  • 29 Mei 2022 - (12:02 WIB)
    Permalink

    Cicilannya gak besar itu, lunasi saja secepatnya. Sebelum jempol bertindak seharusnya otak anda sudah punya rencana. Bisa gak bayar cicilannya dll. Kalo sudah dipermalukan begini bagaimana? Semakin anda tidak bayar ya sulit jika ingin melakukan pinjaman / kredit kedepannya…

 Apa Komentar Anda mengenai Blibli PayLater?

Ada 41 komentar sampai saat ini..

Penagihan Blibli PayLater Menghubungi Orang yang Tidak Ada Sangkut Pau…

oleh Tika Uno dibaca dalam: 1 menit
41